Nonton Kembang Api Gratis di Singapura

9 Tempat Favorit untuk Nonton Kembang Api Gratis di Singapura

Ada dua waktu terbaik untuk nonton kembang api gratis di Singapura, yaitu malam tahun baru, dan saat National Day Parade untuk merayakan hari kemerdekaan Singapura. Untuk bisa hadir di acara utama National Day Parade memang harus beli tiket, tapi anda bisa nonton kemegahan festival kembang api gratis di akhir acara.

Baca jugaBaca 10 Aturan Ini Sebelum Traveling ke Singapura

Tempat favorit untuk nonton kembang api gratis di Singapura

Sedikit tips: datanglah ke lokasi sebelum sore karena spot kembang api selalu padat pengunjung, bawalah kamera atau HP full-batt, bekal makanan dan minuman, serta bersiap hadapi antrian panjang di MRT saat akan pulang.

nonton kembang api gratis di singapura
Skylights II. Photo by Tan Cheng Joo. CC BY-ND 2.0
  1. Merlion Park

Pemandangan yang bisa dilihat dari Merlion Park termasuk dua ikon Singapura, yaitu Marina Bay Sands dan ArtScience Museum. Sehingga terlihat seolah dua ikon itu adalah background dari atraksi kembang api yang sedang ditonton.

Kelebihan lain dari Merlion Park adalah lokasinya yang dekat dengan stasiun MRT Esplanade dan Civic District, sehingga mudah dijangkau baik saat menuju ataupun saat keluar dari Merlion Park.

Merlion Park adalah tempat nonton kembang api gratis di Singapura yang selalu penuh oleh pengunjung, apalagi di malam tahun baru.

Makin banyak yang datang untuk menonton kembang api. Kalau ingin dapat tempat terbaik, sebaiknya datang awal sebelum sore untuk menandai tempat.

Jangan lupa bawa bekal makanan ringan. Walaupun di sana ada Makansutra Gluttons Bay yang menjual makanan berat, tapi tidak mudah beli makan karena harus berdesakan dengan pengunjung lain.

Loading...
  1. Marina Bay Sands Event Space

Marina Bay Sands Event Space adalah salah satu spot untuk nonton kembang api gratis di Singapura. Tempat ini merupakan ruang terbuka tepat di luar Marina Bay Sands yang menyediakan pemandangan langit Singapura yang seolah tanpa batas.

Anda bisa merasakan semilir angin sejuk saat nonton kembang api. Tapi anda harus datang awal sebelum kehabisan tempat.

  1. The Promontory

The Promontory terletak di sebelah kiri Marina Bay Sands. Walau tidak semeriah Merlion Park, tapi anda bisa menonton pemandangan kembang api yang menakjubkan dari The Promontory.

Karena dari tempat ini anda bisa langsung melihat kembang api, dengan Helix Bridge dan Civic District sebagai latar belakangnya. Ini adalah alternatif terbaik kalau anda tidak ingin berdesakan di Merlion Park.

  1. Marina Barrage

Marina Barrage adalah taman rumput luas yang biasa digunakan untuk main layang-layang atau piknik keluarga. Berlokasi di ujung Gardens by the Bay, melewati Cloud Forest dan Flower Dome. Walau agak jauh, tapi anda tetap bisa melihat pemandangan yang bagus.

Bagian terbaiknya adalah anda bisa menikmati pemandangan langit Singapura yang dipenuhi kembang api, tapi telinga tidak bengkak karena lokasinya agak jauh dari pusat keramaian.

  1. The Lawn

The Lawn berlokasi di antara The Sail @ Marina Bay dan Marina Bay Financial Centre. The Lawn merupakan taman rumput yang tidak terlalu luas, tapi taman ini sering digunakan untuk rekreasi di akhir pekan.

Tempat ini tidak terlalu ramai karena pemandangannya memang tidak sebagus pemandangan dari Marina Bay Sands Event Space, tapi The Lawn tetap bisa jadi alternatif tempat nonton kembang api gratis di Singapura.

  1. Helix Bridge

Helix Bridge adalah jembatan yang menyambungkan The Float @ Marina Bay dengan kompleks Marina Bay Sands. Helix Bridge berlokasi di dekat ArtScience Museum, sehingga jadi salah satu tempat paling ramai untuk nonton kembang api.

Helix Bridge juga populer di antara fotografer karena pemandangannya yang terbuka tidak terhalangi oleh struktur desain jembatan yang rumit.

Helix Bridge jadi tempat populer untuk nonton kembang api gratis di Singapura karena lokasinya strategis, tapi juga jadi tempat yang paling tidak nyaman karena padat pengunjung dan tidak ada tempat duduk saat menunggu. Pokoknya sangat ramai dan bising luar biasa.

  1. Esplanade Waterfront

Ada dua pilihan tempat untuk menyaksikan kembang api di sini, yaitu Esplanade Rooftop yang merupakan lantai terbuka paling atas dari gedung Esplanade, dan di Waterfront Promenade yang lebih nyaman.

Kedua tempat ini berada di samping platform terapung. Di sini anda bisa beli makanan dan minuman dengan mudah karena dekat dengan hawker centre yang menjual makanan lokal.

Esplanade Waterfront merupakan boardwalk di sepanjang teluk yang membentang dari depan teater Esplanade hingga The Float @ Marina Bay. Esplanade Waterfront dihubungkan dengan Merlion Park oleh jembatan bernama Jubilee Bridge yang dibangun tahun 2015.

Jubilee Bridge hanya boleh dilalui oleh pejalan kaki. Esplanade Waterfront adalah tempat favorit bagi para fotografer untuk nonton kembang api gratis di Singapura, karena dari sini bisa terlihat pemandangan kembang api yang menakjubkan.

  1. F1 Pit Building

F1 Pit Building terletak tepat di sebelah Singapore Flyer. F1 Pit Building memang bukan lokasi utama untuk menyaksikan kembang api, sehingga tidak seramai lokasi lain.

Tapi justru itulah kelebihan dari tempat ini. Bagian terbaiknya adalah anda bisa memandang matahari terbenam yang indah kemudian menyaksikan kembang api yang meriah. Anda juga bisa melihat Gardens by the Bay dari tempat ini.

  1. Mount Faber

Nonton pesta kembang api dari puncak Mount Faber adalah pengalaman yang menenangkan. Jika anda ingin mendapatkan udara segar, pemandangan ‘alami’.

Ingin menghindari keramaian tapi tetap ingin menyaksikan kembang api, maka Mount Faber adalah pilihan baik bagi anda. Puncak Mount Faber bisa dijangkau dengan jalan kaki, naik taksi, atau naik cable car.

BacaBerwisata ke Singapura ? Rugi Banget Jika Tidak Berkunjung ke 10 Tempat Ini

Note:

National Day Parade Singapura diselenggarakan tiap tanggal 9 Agustus. Rencanakan dari sekarang kalau ingin nonton kemegahan pesta kembang api gratis di Singapura.



Loading...

Bagikan

Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *