Internet

6 Objek Wisata Air Terjun Di Sumatera Utara yang Wajib Dikunjungi

Wisata Air Terjun Di Sumatera Utara Yang Direkomendasikan –  Wisata air terjun merupakan sebuah pilihan yang tepat selain objek wisata umum lainnya yang bernuansa alam. Siapa yang tidak menyukai nuansa alam indah yang mampu menghjilangkan rasa jenuh, stres, dan penat dari pekerjaan.

Ditambah lagi dengan guyuran air terjun yang menambah suasana tenang dan mampu membuat kita lupa akan masalah walau untuk sementara. Jika kamu memilih untuk berwisata ke Sumatera Utara, ada beberapa objek wisata air terjun yang wajib kamu datangi.

6 Objek Wisata Air Terjun Di Sumatera Utara

Disamping memiliki keindahan yang luar biasa, beberapa objek wisata air terjun di Sumatera utara ini hampir jarang didatangi sehingga keasriannya masih sangat terjaga.

1. Air Terjun Telaga Dua Warna Sibolangit

air terjun di sumatera utara
Air Terjun Telaga Dua Warna Sibolangit

Air terjun Dua Warna atau dikenal dengan Air terjun Telaga Bitu Sibolangit memiliki ketinggian terjunan air mencapai hingga 75 meter dan berada di ketinggain 1475 m dpl. Air terjun ini terbentuk dari letusan letusan gunung Sibayak ratusan tahun silam.

Keunikan salah satu air terjun di Sumatera utara ini adalah warna air yang berbeda, yaitu biru dan putih sehingga disebut air terjun dua warna. Untuk air yang berwarna biru indah ini, kondisi airnya sangat dingin dan segar dengan pesona warna hijau pada tebing akibat lumut disekitarnya.

Untuk air yang berwarna putih, kondisi airnya sangat jernih dan terasa hangat ketika kita menginjakkan kaki kedalamnya. Air terjun ini menjadi dua bagian terpisah oleh beberapa air terjun kecil penghias tebing namun masih berdekatan.

Walaupun air terjun ini merupakan hasil dari letusan gunung berapi yaitu gunung Sibayak, tidak terdapat bau belerang pada kawasan air terjun tersebut. Bahkan beberapa traveller berani meminum air terjun secara langsung dikarenakan kesegaran yang terdapat pada air.

Mereka beranggapan bahwa kandungan mineral dan pH pada air terjun ini layak untuk diminum. Letak lokasi air terjun ini tersebunyi di dalam hutan yang merupakan hutan lindung hujan tropis sibayak I dan Sibayak II dengan ketinggian 1475 meter dari permukaan laut.

Air terjun ini berlokasi di daerah kawasan Sibolangit, hulu Sungai Sinembah 1 Desa Durian Sirugun, Sumatera Utara. Untuk dapat mencapai lokasi ini, kamu akan menempuh perjalanan yang cukup lama yaitu sekitar 4 hingga 6 jam perjalanan dari Kota Medan. Tetapi tenang saja, lelah mu akan terbalaskan dengan indahnya air terjun ini.

2. Air Terjun Sempuran Putih

air terjun di sumatera utara
Air Terjun Sempuran Putih

Bagi kamu yang mau memanjat air terjun, lokasi wisata air terjun di Sumatera Utara ini dapat menjadi pilihan. Karena air terjun Sempuran Putih hanya memiliki ketinggian 3 meter saja. Namun sebenarnya air terjun ini mencapai ketinggian hingga 150 meter, tetapi tertutup oleh bebatuan gunung.

Air yang mengalir pada air terjun ini merupakan air yang mengalir melewati tebing yang curam dan berkelok. Bahkan membentuk aliran sungai Lau Jabi yang banyak mengandung belerang.

Air yang keluar pada ketinggian 3 meter inilah yang menjadi pesona yang luar biasa. Air yang seakan keluar dari mulut goa ini, jatuh dan menciptakan buih berwarna putih yang menjadikan air terjun ini memiliki pemandangan yang indah. Air yang tergenang juga tidak terlalu dalam sehingga kamu dapat berenang.

Menurut warga sekitar, air terjun sampuren putih tercipta karena perseteruan dua abang beradik yang jatuh cinta dengan seorang gadis. Iri melihat adiknya, sang abang lalu membawa adiknya ke atas gunung. Setibanya di atas gunung, sang abang meminta sang adik turun dengan menggunakan tali.

Saat si adik turun, si abang memutuskan tali hingga sang adiknyapun terjatuh dan mati. Posisi jatuhnya sang adik akhirnya membentuk tujuh tingkatan air terjun yang kemudian diberi nama sampuren putih, air terjun berwarna putih.

Jika kamu berminat mengunjungi objek wisata air terjun Sempuran Putih, kamu bisa mendatangi desa Cinta Rakyat/Basukum, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara.

Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Kota Medan, hanya menghabiskan waktu sekita 2 sampai 3 jam perjalanan, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 30 menit.

Sepanjang perjalanan dengan berjalan kaki,kamu akan mendapati hutan yang asri dengan hawa udara yang segar. Dan pastinya akan menambah nikmat perjalanan wisata kamu disini.

3. Air Terjun Sipiso-piso

air terjun di sumatera utara
Air Terjun Sipiso-piso

Objek wisata air terjun yang satu ini merupakan air terjun di Sumatera Utara yang paling sering dikunjungi karena dekat dengan danau Toba bagian Utara Tanah Karo. Air Terjun Sipiso-piso berada begitu dekat dengan Gunung Sipiso-piso.

Nama air terjun ini diambil dari kata Piso yang berarti Pisau. Pisau ini diibaratkan air yang berjatuhan dari bukit yang mencapai ketinggian 120 meter. Air terjun yang tumpah ini seolah memotong-motong layaknya pisau yang tajam.

Lokasi air terjun Sipiso-piso ini berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara. Kamu akan menyusuri daerah perbukitan yang akan menyajikan pemandangan Danau Toba dari atas.

Namun sesampainya kamu dilokasi, kamu tidak dapat langsung menikmati keindahan air terjun dari dekat. Kamu akan berhenti diatas lokasi air terjun, sehingga kamu perlu menuruni anak tangga untuk dapat mencapai lokasi lebih dekat.

Keindahan alam air terjun ini akan membuat kamu lupa akan lelah sepanjang perjalanan. Dari bawah air terjun ini, kamu akan mendapati keindahan alam yang akan membuat kamu lupa pulang.

4. Air Terjun Sigura-gura

air terjun di sumatera utara
Air Terjun Sigura-gura

Air terjun ini merupakan anak sungai yang berasal dari Air Terjun Ponot, Sumatera Utara. Air Terjun Sigura-gura menjadi air terjun tertinggi di Indonesia dengan suara air yang dapat terdengar hingga kejauhan dan memiliki aliran yang deras. Ketinggian air terjun ini mencapai hingga 250 meter dan bermuara di Danau Toba.

Air Terjun Sigura-gura dikelilingi oleh tebing bebatuan yang sangat terjal dan licin serta hutan rimba yang alami. Debit air yang Deras yang dikeluarkan dari air terjun ini dimanfaatkan oleh pemerintah sekitar untuk membuat bendungan yang dinamai Bendungan Sigura-gura yang saat ini menjadi sumber pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Lokasi salah satu air terjun di Sumatera Utara ini tidak terlalu jauh, hanya berjarak hingga 250 km dari kota Medan atau menempuh waktu perjalanan 2 sampai 3 jam. Dilokasi objek wisata air terjun ini, kamu dapat melakukan kegiatan seperti berkemah, rafting, mengambil foto dengan latar belakang keindahan air terjun, dan sebagainya.

5. Air Terjun Binanga Janji

air terjun di sumatera utara
Air Terjun Binanga Janji

Sumatera Utara memiliki banyak tempat untuk liburan dan berwisata. Di daerah Baktiraja, Anda bisa menemukan sebuah lokasi wisata alam yang memiliki nuansa legenda yang bernama Air Terjun Janji.

Air terjun ini memiliki legenda Raja Batak Sisingamangaraja dan Raja Batak lainnya dalam mengambil sumpah atau janji. Raja-raja Batak bersumpah di tempat ini sebelum mereka berangkat berperang.

Salah satu air terjun di sumatera utara ini terletak di Humbang Hasundutan, Siborong-Borong, yang sangat dekat dengan danau Toba. Air janji memiliki ketinggian 25-28 meter dan dikelilingi pepohonan dan perbukitan.

BacaTips Murah Dan Hemat Untuk Wisata Danau Toba Dan Pulau Samosir 

Terkadang lokasi ini dijadikan tempat pasangan kekasih ataupun suami istri untuk mengikat janji. Tidak hanya itu saja, setelah kamu mendatangi Air Terjun Janji ini, kamu bisa langsung mendatangi objek wisata terdekat lainnya seperti pulau Sibandang yang merupakan pulau terbesar setelah Pulau Samosir.

6. Air Terjun Sikulikap

air terjun di sumatera utara
Air Terjun Sikulikap

Objek wisata air terjun yang terakhir adalah Air Terjun Sikulingkap yang berada di Desa Doulu, Kecamatan Brastagi, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatera Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dan merupakan sumber air dari Taman Hutan Rakyat Bukit Barisan yang berada dalam Kawasan Taman Wisata Lau Debuk Tanah Karo.

Disekeliling air terjun terdapat hutan tropis yang lebat, dengan tonjolan dinding-dinding tajam pada beberapa tempat. Beberapa pemanjat sering melakukan aksi panjat tebing yang memanfaatkan batu cadas di samping air terjun.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Sikulikap, kita harus menempuh perjalanan dari gapura Air Terjun Sikulikap di sebelah kiri jalan dekat Gerbang Selamat Datang di Kabupaten Karo. Turun lewat anak tangga tak jauh dari gapura tersebut, butuh waktu sekitar 20 menit.

Selain objek wisata air terjun, kamu juga bisa menemukan objek wisata lainnya seperti Tomok yang menjadi wisata oleh-oleh. Itu saja beberapa rekomendasi objek wisata air terjun di Sumatera Utara.

Untuk melalukan perjalanan didaerah ini, sebaiknya kamu membawa perbekalan makanan dan minuman. Karena kamu akan susah menemui penjual makanan disana.


Loading...
Baca selengkapnya

Berbagi Untuk Saling Mengasihi

Artikel terkait

2 Comments

  1. Tempat wisata alami yang sangat menarik saya belum pernah mengunjungitetapi sangat tertarik untuk pergi ketempat tersebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close