Oppo A1 review

Oppo A1 Bisa Jepret Foto 50 MP, Harga Hanya 3 Jutaan !

Oppo A1 merupakan jagoan baru Oppo yang baru-baru ini telah diperkenalkan di pasar China. Smartphone yang sangat terkenal dengan kualitas kameranya yang memukau ini, telah membuat banyak para penggemar selfi terpesona. Apalagi pada seri Oppo A1 ini, kabarnya kameranya mampu menjepret pada resolusi 50 Megapiksel.

Pengguna akan semakin PD dengan penampilan Oppo A1, sebab smartphone ini dilengkapi dengan body metal dengan aspek full view screen 18:9. Hal ini didukung pula dengan skin Color OS 3,2 yang membuat tampilannya semakin mempesona.

Melihat namanya maka akan teringat dengan smartphone Xiaomi Mi A1. Lantas apakah  spesifikasi dan harganya bisa bersaing dengan Xiaomi Mi A1?

Baca JugaXiaomi MI A1, Smartphone Murah Kamera Belakang Ganda

Dilansir dari Kompas.com (26/03/2018), Kamera Oppo A1 sebenarnya memiliki resolusi 13 MP. Namun dengan adanya software interpolasi pada perangkat ini, maka hasil fotonya bisa diperbesar hingga setara 50 megapiksel.

Teknik interpolasi sendiri, merupakan suatu teknik untuk meningkatkan resolusi dengan cara meniru atau memanipulasi piksel.

Cara kerjanya, software mengenali warna piksel yang ada di sekitar, kemudian selanjutnya piksel kosong yang ada di dekatnya diisi sehingga kemudian resolusinya meningkat.

Spesifikasi Oppo A1

Spesifikasi Oppo A1
Source image : NDTV Gadgets

Dilihat dari desainnya, secara keseluruan penampilan Oppo A1 ini cukup sederhana. Pada sudutnya smartphone ini memiliki layar lengkung 2,5D yang berbentuk membulat.

Loading...

Sementara dibagian belakangnya, penampilannya juga dipercantik dengan kamera tunggal yang sudah dilengkapi dengan LED flash.

Umunya desain penuh warna yang mencolok  sangat disukai para pengguna gadget. Namun pada seri Oppo A1 ini, nampaknya desain warna putih akan sangat digemari.

Jika kita melihat gambar di atas, bagian punggung smartphone tersebut terlihat memantulkan cahaya. Hal ini menandakan jika bagian tersebut telah dilapisi material kaca.

Untuk spesifikasi layarnya, seri Oppo A1 ini memiliki layar dengan luas 5,7 inchi. Layar tersebut juga telah didukung dengan panel IPS LCD yang dikombinasikan dengan  720 x 1440 pixels.

Untuk pelindung layarnya sendiri, smartphone ini sudah dilengkapi dengan lapisan proteksi Corning Gorilla Glass. Selain itu juga sudah didukung sistem pengaman face unlock.

Hal menarik lain pada seri Oppo A1 ini adalah pada sistem operasi sistem softwarenya yang sudah menggunakan OS Android v7.1 Nougat.

Sementara untuk memaksimalkan kinerja yang dihasilkannya, smartphone ini tela didukung dengan prosesor Mediatek MT6750 yang berkecepatan Octa Core 1.5 GHz . Selain itu untuk pendukung grafisnya smartphone ini juga telah didukung dengan GPU mali-T830MP1.

RAM Oppo A1 Menjadi Salah Satu Daya Tarik Utama Customer

Oppo A1 memiliki kapasitas RAM yang sangat mumpuni yaitu 4 GB. Dengan RAM sebesar ini maka smartphone ini dapat melakukan multi tasking, dengan kinerja yang semakin bertenaga.

Sementara untuk kebutuhan menyimpan datanya, smartphone ini telah dilengkapi dengan memori internal berukuran 64 GB. Dengan memori internal sebesar itu, maka pengguna bisa menyimpan banyak file didalamnya.

Bahkan jika ukuran sebesar itu dirasa kurang, pengguna bisa menambahkannya dengan memori eksternal melalui slot microSD hingga 128 GB.

Selain ukuran memorinya yang sangat besar, Oppo A1 juga didukung dengan daya baterai yang besar pula. Memiliki kapasitas baterai 3180 mAh, tentu akan membuat penggunanya tak perlu direpotkan karena harus sering mencharger smartphonenya.

Bagi sobat yang ingin mengetahui lebih detail mengenai spesifikasi Oppo A1 ini, dapat dilihat pada tabel yang dilansir dari GSM Arena berikut:

SpesifikasiOppo A1
StatusComing Soon
Dimensi– mm , Bahan : Metal
Jaringan3G HSDPA, 4G LTE Cat4 150/50 Mbps
SIMDual SIM, Nano SIM
Layar5.7 inchi IPS LCD Capacitive touchscreen, 16M colors
Resolusi720 x 1440 pixels
PelindungCorning Gorilla Glass
Sistem OperasiAndroid v7.1 Nougat, Color OS
ChipsetMediatek MT6750
CPUOcta-core 1.5 GHz
GPUMali-T830 MP1
RAM4 GB
MemoriInternal : 64 GB , MicroSD : up to 128 GB
Kamera Utama13 MP phase detection autofocus, LED flash
Perekam Video[email protected]
Kamera Depan8 MP , Screen Flash
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0, jack audio 3,5 mm, microUSB 2.0, USB OTG
SensorAccelerometer, Proximity
BateraiLi-Ion 3180 mAh , Non-removable
WarnaBlue, Red, White
Skot Antutu± 40000 Poin

Pilihan Wara Oppo A1

Melihat gambar yang beredar luas di jagat maya, warna Oppo A1 yang dirilis tersebut sepertinya memiliki tiga varian warna yaitu dark blue (biru), cherry red (merah), dan putih.

Dengan varian warna tersebut, sepertinya sudah cukup memuaskan para pecinta gadget yang menginginkan beberapa pilihan warna, pada produk yang akan dibelinya.

Kelebihan Oppo A1

Harga Oppo A1
Source image : GSM Arena
  • Bodynya yang mengusung bahan metal membuat tampilannya semakin menggoda untuk bisa dimiliki
  • Penampilannya semakin sempurna dengan hadirnyadengan 2.5 D Curved, sehingga tampilannya semakin terlihat elegan dengan sedikit kelengkungan pada layar.
  • Dukungan konektifitas 4G LTE nya Membuat akses internet dan  aktivitas mendownload file sangat kencang.
  • Mendukung penggunaan dua kartu SIM selular sekaligus yang dapat aktif secara bersamaan. Maka dengan ini pengguna bisa membawa satu handphone dengan dua nomor seluler yang berbeda, bahkan dari layanan operator berbeda.
  • Layar 5,7 inchi yang sudah didukung dengan panel IPS LCD capactive nya semakin membuat smartphone ini semakin nyaman untuk digunakan.
  • Dengan resolusi 720 x 1440 pixels smartphone ini akan semakin menyuguhkan penampilannya yang semakin terlihat natural.
  • Proteksi Corning Gorilla Glass yang dibawanya akan membuat layar terlindungi dan membuatnya lebih bandel.
  • Sistem operasi OS Android v7.1 Nougat yang dipadukan dengan skin Color OS 3.2 membuat kinerja smartphone ini  semakin responsif. Selain itu tampilan antar mukanya pun makin terlihat menawan.
  • Ditenagai prosesor Mediatek MT6750 dengan GPU mali T830MP1 sehingga membuat pengguna semakin nyaman saat menjalankan aplikasi di smartphonenya.
  • RAM besarnya akan membuat kinerja lebih tangguh dan berjalan lebih lancar.
  • Memori internal 64 GB nya mampu menyimpan banyak data dan aplikasi.
  • Memiliki slot microSD yang dapat ditambahkan dengan memori eksternal hingga 128 GB. Dengan hal ini maka pengguna semakin puas dalam hal menyimpan berbagai file besar sekali pun.
  • Meskipun digunakan untuk memotret pada saat minim cahaya seperti malam hari, smartphone ini akan senantiasa menghasilkan hasil foto yang bokeh. Hal ini dikarenakan kamera belakangnya yang beresolusi 13 MP, telah dilengkapi dengan LED Flash bahkan Phase detection autofocus.
  • Mampu merekam video dengan kualitas  kualitas Full HD ( 1080p ).
  • Kamera depan 8 MP + Screen Flash nya membuat kegiatan selfie makin asik, dan hasilnya pun sangat memuaskan serta lebih terlihat natural.
  • Didukung dengan baterai berkapasitas 3180 mAh, sehingga smartphone ini bisa standbay dan digunakan dalam waktu yang lama.

Kekurangan Oppo A1

  • Belum suport transfer data dengan USB type-C.
  • Baterainya memiliki kapasitas besar, namun belum suport dengan teknologi Fast Charging.

Harga Oppo A1

Kabarnya smartphone ini akan segera dipasarkan di China pada awal April di tahun ini. Adapun untuk informasi harganya smartpone ini akan dibandrol 1.399 yuan, atau sekitar 3 jutaan jika di Rupiahkan.

Namun mengingat akan adanya biaya masuk, jika sudah masuk Indonesia maka dapat dipastikan harganya akan lebih dari 3 juta rupiah.

Hingga tulisan ini dibuat, belum ada kabar yang menjelaskan kapan waktu peluncurannya di Indonesia, kita tunggu saja ya.


Loading...

Bagikan

Penulis

Dede tatang
Dede tatang
خير الناس أنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Putra Kamal Larangan Brebes

Me Visit us :
https://www.duniaelektronik.net/
http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com
https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9A

Berusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).
Dede tatang

Penulis

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Komentar

    Averyzalia

    Averyzalia

    ( - 00:22)

    Software interpolation..hmmm nope

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *