paket wisata flores kelimutu

Paket Wisata Kelimutu Flores, Jaminan Liburan Seru dan Bermutu

Paket Wisata Kelimutu Flores – Taman Nasional Kelimutu adalah salah satu taman nasional yang dikenal akan keindahan alamnya yang begitu luar biasa. Taman Nasional Kelimutu terletak di Detusoko, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Dikutip dari Indonesia Travel, Taman Nasional Kelimutu adalah taman nasional terkecil di antara 6 taman nasional yang terletak dibentangan pulau Bali dan Nusa Tenggara.

Sekarang, mari kita mengenal Taman Nasional Kelimutu dan beberapa destinasi wisata yang ada di dalamnya.

Mengenal Taman Nasional Kelimutu

Taman Nasional Kelimutu terdiri dari beberapa kompleks pegunungan, seperti Gunung Kelimutu dan Gunung Kelibara. Di taman ini yang menjadi destinasi wisata favorit adalah Danau Kelimutu atau yang biasa disebut Danau Tiga Warna.

Danau Kelimutu adalah danau yang ditemukan Van Such Telen, seorang pegawai pemerintah Hindia Belanda di tahun 1915. Kemudian, nama Danau Kelimutu semakin terkenal dan mendunia, setelah Y. Bouman membuat lukisannya di tahun 1929.

Kini, Danau Kelimutu sudah banyak dikenal orang. Dan untuk kamu yang ingin mendapatkan liburan seru, sekaligus bermutu, silakan mengunjungi Danau Kelimutu di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Provinsi NTT.

Berkenalan dengan Danau Kelimutu

Paket wisata Kelimutu Flores
Gambar: florestourism.com

Warna dari ketiga Danau Kelimutu sering berubah-ubah, dan ketiga danau ini memiliki nama yang berbeda-beda, di antaranya adalah:

1. Danau Ata Mbupu

Loading...

Adalah danau yang menjadi tempat bersemayamnya roh-roh orang tua.

2. Danau Nuwa Muri Koo Fai

Adalah danau yang menjadi tempat bersemayamnya roh-roh anak-anak muda.

3. Danau Ata Polo

Adalah danau yang menjadi tempat bersemayamnya roh-roh orang jahat.

Itulah tadi nama-nama yang diberikan oleh penduduk setempat, berdasarkan sejarah yang ada. Dan kepercayaan penduduk di sini amat sangat kuat, dimana mereka yakin akan menempati kawasan Danau Kelimutu setelah mati.

Berikut ini adalah bukti kepercayaan penduduk setempat yang diambil dari papan informasi yang ada di kawasan Danau Kelimutu:

“Masyarakat percaya bahwa jiwa/arwah akan datang ke Kelimutu, setelah seseorang meninggal dunia jiwanya meninggalkan kampungnya dan tinggal di Kelimutu untuk selama-lamanya.

Sebelum masuk ke dalam salah satu danau/kawah, para arwah tersebut terlebih dahulu menghadap Konde Ratu penjaga pintu masuk Perekonde. Arwah tersebut masuk ke salah satu danau/kawah yang ada tergantung usia dan perbuatannya.”

Penjelasan Ilmiah Danau Kelimutu

Setelah mengenal Danau Kelimutu lewat penduduk setempat. Sekarang, saatnya kita mengenal Danau Kelimutu dari segi ilmiah.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Gunung Kelimutu menjelaskan, bahwasanya proses terbentuknya Danau Kelimutu disebabkan oleh letusan Gunung. Hanya saja, sejarah letusannya tidak tercatat, sehingga diperkirakan letusan Gunung Kelimutu terjadi di tahun 1800-an.

Pertanyaan selanjutnya muncul mengapa warna air di danau ini seringkali berubah? Hasil penelitian menyebutkan, perubahan warna terjadi karena kandungan gas yang larut ke dalam kawah.

Jadi, apabila yang dominan itu gas natrium akan cenderung berwarna hijau, dan apabila yang dominan itu gas besi akan berubah menjadi kemerah-merahan. Intinya, semua tergantung dari gas yang larut ke dalam kawah danau.

Menjelajah Danau Kelimutu dengan Paket Wisata Kelimutu Flores

Danau Kelimutu terletak di ketinggian 1.640 meter di atas permukaan laut, memiliki luas 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292.000 meter kubik, dan ketinggian dinding danaunya mencapai 50 – 150 meter.

Selain menikmati keindahan danaunya, para wisatawan juga bisa menikmati keindahan flora dan fauna di Puncak Gunung Kelimutu, karena kawasan ini pada 26 Februari 1992 sudah ditetapkan sebagai kawasan konservasi alam nasional.

Dan untuk lebih puas dalam melakukan penjelajahan di kawasan Kelimutu, ada baiknya kita memilih menggunakan Paket wisata Danau Kelimutu.

Mengapa harus paket wisata? Agar liburan Anda berjalan lebih mudah, dan tentunya tidak akan salah arah selama tujuan berwisata.

PT. TOP KOMODO TOURS adalah sebuah perusahan perjalanan wisata atau Biro Perjalanan Wisata sejak tahun 2014 . Sudah dipercaya oleh beberapa Biro Perjalanan Wisata ternama, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri untuk menjadi Agen Perjalanan Wisata resmi.

Paket Wisata Kelimutu flores
PT TOP KOMODO TOURS

Perusahaan ini juga sudah mendapat ijin resmi dari pemerintah dan terdaftar menjadi anggota resmi Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) dan berkantor pusat di kota Labuan Bajo, Pulau Flores, Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Nah, dengan Biro Perjalanan Wisata dan paket wisata Kelimutu Flores yang ditawarkan, Anda hanya perlu fokus untuk traveling.

Selain itu kita akan mendapatkan beberapa fasilitas, seperti:

1. Bermalam di hotel

2. Pemandu wisata berpengalaman

3. Transportasi ber AC.

4. Akomodasi + Makan Minum untuk Guide dan Supir.

5. Biaya tiket masuk ke obyek wisata dan di Taman Nasional Kelimutu.

Paket wisata Kelimutu Flores untuk liburan sesuai kebutuhan

Terdapat beberapa pilihan paket wisata danau kelimutu yang sudah dikemas secara lengkap untuk rencana traveling Anda , dan tentunya telah disesuiakan dengan kebutuhan wisatawan.

1. Starting – Ending : Ende Pulau Flores

Harge paket wisata Kelimutu Flores : Sesuai Permintaan

Hari pertama : Jemput di Hotel/Bandara Ende – Kampung Moni

  • Pemandu dan Supir dari perusahan akan menjemput Anda di hotel atau di bandara Ende Flores. Setelah itu, akan diantar nenuju ke Desa Moni.
  • Anda juga akan berhenti di tempat-tempat menarik lainya untuk berfoto foto. Selain itu akan singgah juga di pasar sayur dan buah seperti pasar traditional desa Nduria
  • Apabila penjemputan di pagi hari, Anda akan dipandu untuk tour keliling kota Ende serta mengujungi situs Bung Karno (Selama diasingkan Belanda  tahun 1934-1938) dan melihat benda-benda peninggalaan sejarah presiden Soekarno.
  • Setelah seharian berkeliling, Anda akan diantar kembali ke desa Moni untuk menginap dihotel pilihan anda.
Paket Wisata Flores Kelimutu
Museum bung Karno di Ende

Hari kedua : Desa Moni – Danau Kelimutu – Desa Moni – Ende

  • Bangun jam 04;30 pagi untuk berangkat menuju Danau Kelimutu dijemput kembali dengan mobil. Perjalanan akan ditempuh selama 30 menit sampai ditempat parkir.
  • Selanjutnya akan melakukan aktiviatas soft trekking menuju puncak Kelimutu selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah mengabadikan moment di puncak Kelimutu dengan berfoto-foto, kemudian berkendara kembali ke hotel.
  • Setelah sarapan pagi di hotel, selanjutnya  menuju kota Ende kota terdekat dari danau Kelimutu.
  • Dalam perjalanan pulang ke Ende, akan singgah di desa adat Wologai, untuk melihat dan menyaksikan bangunan rumah-rumah tradisional milik suku Lio yang memiliki keunikan tersendiri.
  • Setelah itu akan diantar menuju kota Ende atau langsung diantar kembali ke Bandara Ende.
2. Starting : Maumere, Pulau Flores – Ending : Ende, Pulau Flores

Harge Paket wisata Kelimutu Flores : Sesuai Permintaan

Hari  pertama : Kota Maumere – Desa Moni.

  • Pemandu dan Supir dari perusahan akan menjemput Anda di hotel atau Bandara Mauemere menuju Desa Moni untuk memulai tour Danau Kelimutu.
  • Dalam perjalanan menuju desa Moni anda akan singgah di beberapa tempat menarik untuk mengambil foto dan menikmati panorama alam yang menakjubkan.
  • Apabila waktu memungkinkan maka akan singgah dan berhenti di desa adat Wolowaru, selanjutnya akan diantar ke desa Moni untuk menginap dihotel pilihan Anda.

Hari kedua : Desa Moni – Danau Kelimutu – Kota Ende atau Kembali ke Maumere

  • Bangun jam 04;30 pagi untuk berangkat menuju Danau Kelimutu dijemput kembali dengan mobil. Perjalanan akan ditempuh selama 30 menit sampai dilokasi parkir.
  • Melakukan aktiviatas soft trekking mendaki menuju puncak Kelimutu selama kurang lebih 30 menit.
  • Setiba di puncak Kelimutu, tiba saaatnya untuk mengabadikan moment dengan pemandangan yang luar biasa.
  • Tiba saatnya sopir dan pemandu mengantar kembali ke hotel Anda.
  • Setelah sarapan pagi di hotel, selanjutnya berangkat menuju kota Ende dan singgah di desa Wologai yang mempunyai keunikan arsitek bangunan rumah traditional suku Lio.
  • Selanjutnya akan diantar ke Kota Ende untuk bermalam atau bisa langsung ke Bandara Ende untuk jadwal traveling Anda yang lain lainnya.
Desa adat Wologai

Kesimpulan

Taman Nasional Kelimutu adalah bukti nyata, bahwa Indonesia itu memiliki keanekaragaman dan potensi wisata yang luar biasa.

Dan yang harus diingat adalah berkunjung ke Nusa Tenggara Timur kurang afdol rasanya apabila tidak berkunjung ke Taman Nasional Kelimutu, khususnya Danau Kelimutu.

Kini, referensi tempat-tempat wisata yang kamu miliki semakin bertambah.

Liburan seru dan bermutu bukan hanya angan-angan semu, karena saat ini kamu bisa mewujudkannya dengan Paket wisata Danau Kelimutu dengan Tour guide yang berpengalaman.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *