Adsense On Blog

Panduan Lengkap Memasang Kode Iklan Adsense Di Blogspot (Update)

Cara pasang kode unit iklan adsense di blog. Jujur saja saya baru berani memposting pasang kode iklan adsense setelah blog ini di terima google adsense sebagai penayang resmi iklan google atau sering di sebut adsense publisher.

Saya sendiri sempat berkeliling ke blog teman karena kemarin menemukan sedikit kendala untuk pasang (pemasangan) iklan adsense di bawah judul, iklan tidak  mau keluar (tampil) alias eror karena bentrok dengan gambar yang tepat berada di bawah posting.

Untuk penempatan kode iklan adsense bisa di letakkan di mana saja, tergantung pada template blog dan yang paling bagus adalah di tempat strategis agar penghasilan adsense berpotensi ada peningkatan.

Kiat dan cara memaksimalkan pendapatan adsense juga tergantung kita sebagai pemilik blog, jadi penempatan iklan adsense pada bidang  template ini yang akan mempengaruhi pendapatan.

Untuk mendapatkan kode unit iklan adsense, silahkan Login ke akun google adsense dan masuk ke halaman iklan saya, terdapat beberapa pilihan serta ukuran yang bisa di sesuaikan pada template blog.

Memasang Kode Iklan Adsense

Keterangan

  1. Masuk ke menu iklan saya.
  2. Pilih ukuran iklan, pada menu di sarankan anda bisa memilih sesuai dengan template blog, ada horizontal, vertikal, kotak persegi dan responsive, pilih salah satunya.
  3. Pada jenis iklan bisa di pilih untuk iklan gambar dan teks, gambar saja atau teks saja, sesuaikan dengan pilihan anda. Di bawah nya terdapat menu untuk menyesuaikan dengan warna template blog anda, di sini saya sarankan pilih yang default saja, atau anda bisa mengkombinasikan sesuai selera.
  4. Terakhir klik simpan untuk mendapatakan kode iklannya.

Anda bisa lakukan lagi pengambilan kode iklan adsense untuk ukuran lain. Setelah mendapatkan kode iklan, sekarang giliran untuk memasangnya pada template blog. Perhatikan gambar di bawah ini, dimana anda ingin meletakkan iklan google adsense.

Memasang Kode Iklan Adsense

Keterangan

Loading...

Memasang Iklan di Header, Sidebar dan Footer

Anda bisa meletakkan iklan adsense pada header, sidebar maupun di footer pada template blog,untuk memasangnya bisa secara langsung melalui widget.

Masuk ke dashboard blogger > Tata letak >Tambahkan gadget, setelah itu pilih “gadget “HTML/Javascript” Tempatkan kode unit iklan yang sudah anda dapatkan, lalu klik simpan.

Memasang Iklan di bawah judul postingan

Anda bisa meletakkan iklan adsense pada postingan blog, tepatnya di bawah judul blog, membaur dengan teks postingan,sesuai selera anda bisa di pasang di kiri ataupun di kanan, tetapi sebelumnya anda harus memparse kode iklan terlebih dahulu, silahkan menuju halaman di bawah ini.

Parse Kode

Sebelumnya harus menambahkan Tag di antara kode iklan tersebut. 

  • Masuk ke dashboard blogger > Template > edit HTML
  • Cari dan temukan kode <data:post.body/> dengan menekan CTR+F
  • Untuk <data:post.body/> bisa terdapat 2 sampai 3 kode yang sama pada template
  • Pilihlah <data:post.body/> yang ke 2 atau ke 3 atau bisa di coba satu persatu
  • Lalu tempatkan kode di bawah ini tepat di atas kode tersebut. Jadinya akan terlihat seperti dibawah ini.
<div style=’float:left;padding-right:10px;’>
kode iklan anda yang sudah diparse
</div>
  • Untuk meletakkan iklan di kiri, anda bisa menambahkan left
  • Untuk meletakkan iklan di kanan anda bisa menambahkan right
  • Untuk meletakkan iklan di tengah anda bisa menambahkan center 

Jangan lupa untuk “Pratinjau “dulu sebelum di simpan untuk berjaga-jaga, setelah semuanya oke baru kemudian menyimpan nya untuk perubahan.

Memasang Iklan di Tengah postingan

Anda bisa meletakkan iklan adsense pada postingan blog, tepatnya di tengah tengah posting membaur menjadi satu dalam artikel. Kode unit iklan juga harus di parse terlebih dulu.

Untuk melakukan ini harus di kerjakan secara hati hati, sebab ada kemungkinan terdapat gambar di tengah-tengah postingan, hal ini akan menyebabkan “bentrok” antara kode iklan dengan gambar, kerjakan dengan seksama dan teliti.

Masuk ke dashboard blogger > Template > edit HTML

Cari dan temukan kode <data:post.body/> yang di tandai dengan tag kondisional post body yang menampilkan halaman posting bukan pada homepage.  Seperti contoh di bawah ini.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<data:post.body/>
</b:if>

Tambahkan kode <div id=’jobmiddlenew’> di atasnya,dan kode </div> di bawahnya. Sehingga menjadi seperti ini.

<div id='jobmiddlenew'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<data:post.body/>
</b:if>
</div>

Setelah itu cari kode </body> dan letakkan kode di bawah ini tepat di atas kode </body>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
 <style>
 #addcodemiddle{display: none;}
 </style>
 <div id='addcodemiddle'>
Kode iklan yang sudah di parse    </div>
 <script type='text/javascript'>
 var str1=document.getElementById(&quot;jobmiddlenew&quot;).innerHTML;
 var str2=str1.length;
 var str3=str2/2;
 var substr = str1.substring(str3, str2);
 var n = substr.search(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
 if(n&lt;0)
 {
 n = substr.indexOf(&#39;.&#39;);
 if(n&lt;0)
 {
 n=0;
 }
 var firsthalf = str1.substring(0, str3+n+1);
 var secondhalf = str1.substring(str3+n+1, str2);
 }
 else
 {
 var firsthalf = str1.substring(0, str3+n+4);
 var secondhalf = str1.substring(str3+n+4, str2);
 }
 var addcode=&quot;<center>&quot;+document.getElementById(&quot;addcodemiddle&quot;).innerHTML+&quot;</center><br/>&quot;;
 var newbody=firsthalf+addcode+secondhalf;
 var strnew=document.getElementsByClassName(&quot;post-body entry-content&quot;);
 strnew[0].innerHTML=newbody;
 document.getElementById(&quot;addcodemiddle&quot;).innerHTML=&quot;&quot;;
 </script>
 </b:if>

Sebelum di simpan alangkah baiknya di pratinjau dahulu, barangkali ada kesalahan dalam penepatan kode. Setelah semua selesai baru klik simpan untuk melihat perubahan.

Memasang iklan di bawah postingan

Anda bisa meletakkan iklan adsense di bawah postingan blog, bisa di atur untuk peletakan nya, di kiri, kanan ataupun di tengah.

  • Masuk ke dashboard blogger > Template > edit HTML
  • Cari dan temukan kode <data:post.body/> dengan menekan CTR+F
  • Karena <data:post.body/> yang tag kondisional sudah di gunakan, cari kode <data:post.body/> yang di bawahnya
  • Setelah itu copy kode di bawah ini tepat di bawah kode <data:post.body/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><div style='text-align: center;'>
Kode iklan yang sudah di parse
</div>
</b:if>
  • Untuk meletakkan iklan di kiri,anda bisa menambahkan left.
  • Untuk meletakkan iklan di kanan anda bisa menambahkan right.
  • Untuk meletakkan iklan di tengah anda bisa menambahkan center. 
  • Setelah di pratinjau dan oke, baru kemudian di simpan untuk melihat hasilnya.

Selamat mencoba dan lakukan secara teliti, kalau perlu di backup dahulu templatenya agar pemasangan kode unit iklan adsense ini tidak mengalami kendala.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

294 Comments

  1. Terima kasih panduannya Pak, mudah dipahami.. Sekarang tinggal mau nulisa apa yaaa.. Suka bingung mau nulis blog sendiri 😀

  2. Mas saya kok lama ya mengaktifkan akun adsense nya yang nempelin kode html dan saya nempatinnya di blog mas 2 kode itu saya tempatin di bawahnya bener kan mas ?

  3. Sama kaya temen” yang pernah tanyakan. kini ane yg ngalamin masalah ini. . .

    Could not load theme preview: Error parsing XML, line 3609, column 12: Open quote is expected for attribute “style” associated with an element type “div”.

    apa sudah di Fix ?

  4. Bagus artikel nya, jelas tutorialny. Sepertiny bsa buat panduan saya saat daftar ulang ke adsense. Kmrn sy dpt email yg menyatakan bhwa sya dsuruh perbaiki akun ny. Trz seingat sya, wkt saat mengisi formulir ads, saya sm skali tdk dpt kode. Bisa ksh tau sy, knp tdk dpt kode html ny.
    coba gan intip blog saya.. nuhun. .

  5. kode iklan google adsense bentuknya kayak gimana? kalau daftar adsense 2 blog masih satu account email bersamaan caranya gimana?

  6. “Terima kasih atas minat Anda terhadap Google AdSense. Mohon maaf, setelah meninjau permohonan Anda, saat ini kami tidak dapat menerima Anda untuk bergabung dalam program AdSense.
    Untuk melihat alasan mengapa kami tidak menyetujui permohonan Anda, kunjungi google.com/adsense dan login menggunakan alamat email dan sandi yang Anda ajukan bersama permohonan.
    Anda juga dapat mengubah dan mengirim ulang permohonan. Pakar kami akan meninjau kepatuhan akun Anda terhadap kebijakan program kami, jadi pastikan untuk menyelesaikan semua masalah. …….”

    ….ini dari email saya,apakah ini artinya acount saya ditolak? tapi saya masih bisa masuk ke beranda GA
    masih status review,bisa di jelasin ga mas? terima
    asih

  7. Jujur mas saya masih binggung, apakah setiap postingan harus di masukan kode script yang dari adsensenya? Kalo iya repot dong setiap kalo posting harus memasukan kode script iklannya.

  8. Terima kasih infonya bang. Kalau boleh saya simpulkan, dengan pemasangan kode iklan pada template, setiap postingan yg kita buat akan tampil iklan sesuai posisi yg kita pasang seperti diatas bang ya secara otomatis ???
    .
    Saya baru mendapatkan persetujuan adsense dan setiap saya buat postingan, saya pasang secara manual atau saya pilih pada postingan tertentu dgn merubah setingan html pada postingan yg sudah selesai membuat artikel, lalu saya pasangkan kode iklan sblm mempublishnya.
    .
    Mohon penjelasannya.. masih newbi bang. Terima kasih

  9. gan..seperti apa si kriteria agar qta dapat persetujuan google adsense,,apakah harus banyak pengikutnya dulu atau gmn,,maaf gan saya masih awam/baru

  10. saya di suruh tempel kode http/tanguntoto.habis daptar adsense tolong solusi nya saya masih baru mendaptar.(tanguntoto.situs saya) tolong solusi y….