BloggingUlasan Bisnis

Selalu Dianggap Sepele, 9 Teknik Copywriting Ini yang Paling Penting untuk Meningkatkan Konversi Penjualan

Sebelum beralih ke teknik copywriting, penting untuk diingat bahwa jenis tulisan tertentu memiliki tujuan komersial. Ini tidak berarti bahwa teks atau artikel Anda dianggap sebagai penawaran menarik, khususnya untuk penjualan.

Ada beberapa teknik dan cara untuk penulisan artikel, contohnya untuk penulisan jurnalistik, novel, cerpen, makalah, proposal dan bahkan tehnik menulis surat cinta.

Teknik copywriting tidak selalu mengikuti aturan yang sama seperti yang lainnya saat digunakan dalam pemasaran digital, khususnya untuk promosi menjual produk.

Jadi… lupakan sedikit dari apa yang Anda pelajari dari guru menulis anda, dan ingat bahwa jenis tulisan ini memiliki tujuan dan teknik lainnya.

Meski begitu populer, istilah ini banyak. Namun banyak orang masih belum mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut, apa sih copywriting?

Beberapa orang bisa membangkitkan dan menghidupkan tulisan hanya dari mesin ketik, sementara yang lain memikirkan pakar teknologi atau IT untuk tujuanyang sama, yaitu menulis.

Berikut ini beberapa penjelasannya, bahwa makna kata terkadang mampu membius sesorang, dengan cara kita mengolahnya.

5 Teknik copywriting yang dapat meningkatkan konversi dan penjualan

teknik copywriting

Loading...

1. Apa itu Copywriting?

Copywriting adalah seni dan sains untuk memberikan kata-kata yang strategis (baik tertulis maupun lisan) yang mengarahkan orang untuk melakukan beberapa tindakan.

Beberapa perusahaan besar menggunakan copywriter dan mempekerjakan para profesional yang terampil untuk penjualan produk mereka.

Mulai dari blog dan menyalin artikel ke konten jejaring sosial disertai deskripsi produk, tergantung pada apa yang mereka butuhkan pada waktu tertentu.

Saat ini bidang pekerjan copywriting lagi booming, karena semakin banyak penjualan bermigrasi ke toko online dan pengembangan kehadiran online melalui internet

Sebuah situs web juga wajib membuat konten berkualitas, penjualan di seluruh dunia mempekerjakan copywriter profesional dengan tawaaran harga yang sangat fantastis.

2. Mengapa Subjek Copywriting?

Sekarang kita menjawab pertanyaan “Apa itu copywriting?” Mari fokus pada mengapa perusahaan bertemu untuk ini secara massal.

Saat ini, lebih dari 27 juta konten dibagikan di web setiap hari

Itu jumlah yang sangat besar, dan tentu saja sulit untuk bersaing saat begitu banyak konten hadir setiap saat.

Itulah sebabnya penjualan semakin beralih ke arah profesional untuk membantu meraih peringkat yang lebih baik di mesin pencarian Google dan menarik lebih banyak pelanggan.

Intinya, copywriting adalah bentuk pemasaran inbound. copywriting biasanya berfokus untuk menciptakan hal-hal seperti blog, artikel, dan grafis komputer yang dirancang untuk menarik pembaca dan memberikan informasi yang relevan dan konten yang berharga.

Mengapa ini penting?

Saat ini, 61% pengguna Internet di seluruh dunia menuju ke mesin pencari untuk melihat dan mereview produk yang ingin mereka beli, sebelum membuat keputusan untuk melakukan pembelian.

Pengguna internet saat ini, melakukan lebih dari 12 miliar pencarian per bulan namun rasio klik-tayang untuk iklan berbayar hanya sekitar 2%.

Dengan pemikiran tersebut, mudah untuk melihat mengapa penjualan harus beralih ke copywriting. Selain mengisi website dengan konten berkualitas, usaha copywriting juga lebih efektif daripada metode periklanan outbound.

Dengan membuat konten unik, relevan, dan berkualitas di laman web, akun blog atau akun media sosial.

Perusahaan yang memiliki copywriter profesional, dapat mengembangkan reputasi yang solid kepada audience dengan cepat dan mudah.

3. Buat judul yang menarik

Ini adalah aturan pertama dan salah satu yang paling penting, karena judul bisa menarik pembaca dan membangkitkan keingintahuan untuk membaca.

Simak beberapa tips tentang bagaimana membuat judul yang bagus:

  1. Bisa gunakan nomor di awal judul
  2. Gunakan hingga 65 karakter
  3. 6 kata sudah cukup
  4. Bangkitkan rasa penasaran dengan pertanyaan, misalnya: Tahukah anda rumus untuk menulis judul yang bagus?
  5. Buat judul yang bersifat membuat ajakan.
  6. Gunakan kata keren dan kekinian di judul anda
  7. Dalam judul, buat kata-kata yang menarik perhatian
  8. Gunakan data : 10 contoh judul yang menghasilkan 100.000 tampilan
  9. Jadilah spesifik, langsung ke subjek, misalnya: bagaimana menulis judul yang bagus
  10. Rumus judul klasik: Nomor + kata sifat + kata kunci + manfaat. Misalnya: 10 cara menakjubkan untuk membuat judul menarik

4. Membuat kemampuan untuk mengambil keputusan bagi pembaca

Ini adalah salah satu teknik copywriting yang bisa membuat perbedaan, apakah pembaca memutuskan akan mulai membaca teks anda atau meninggalkan halaman.

Intinya, scannability memungkinkan pembaca untuk melihat dengan cepat, dengan melihat teksnya, tentang apa, pokok bahasan utama, dan tingkat detailnya masing-masing.

Untuk ini, dianjurkan untuk menggunakan judul yang terbagi dalam subjudul, daftar isi dan tabel.

5. Membuat tulisan yang mudah dipahami dan enak dibaca

Ada beberapa teknik copywriting yang membantu teks anda menjadi lebih mudah untuk dibaca. Paragraf panjang biasanya akan membuat bosan pembaca atau membuat pembaca anda jadi bingung.

Karena itu, gunakan paragraf pendek hingga 5 atau 6 baris agarterlihat enak dibaca.

Tips lainnya adalah menyelaraskan teks ke kiri, jangan gunakan teks rata tengah atau rata kiri- kanan karena akan menjadi celah diantara tulisa sehingga terlihat tidk rapi.

Jangan membuat teks besar tanpa jeda, gunakan sub judul untuk membaginya setiap 4 atau 5 paragraf paling banyak.

6. Hindari terlalu sering mengulang kata-kata

Dengan tidak terlalu sering mengulang – ulang kata, membuat pembaca percaya bahwa orang yang menulis teks adalah orang yang cerdas dan profesional. Pengaruhnya adalah terhadap kredibilitas terhadap situs itu sendiri.

7. Jangan gunakan kata-kata yang sangat sulit atau panjang

Ketika orang menemukan kata-kata yang tidak mereka mengerti atau sulit dibaca, akan sangat tidak menyenangkan bagi pembaca.

Hal ini akan membuat persepsi yang salah dengan mengaitkan teks dengan bahasa yang tidak jelas dan argumen yang tidak benar.

8. Gunakan realitas artikel beserta contohnya

Bila beberapa konsep tampak lebih kompleks, kontekstualisasi artikel akan membuat pembaca terhubung dengan situasi dan lebih mudah memahaminya.

Dengan membuat realitas artikel dan beberapa contohnya (bisa berupa gambar) akan semakin membuat argumennya lebih meyakinkan. Jangan mengada – ada dan ceritakan dengan keadaan yang sebenarnya.

9. Spesifik dan jelas

Bandingkan dua kalimat berikut ini:

  • Teknik copywriter wajib diterapkan untuk memberi nilai jual produk yang dipasarkan
  • Teknik copywriter mampu menarik pembeli dan meningkatkan penjualan.

Mana yang lebih mudah dimengerti? Kalimat yang bersifat persuasif akan jauh lebih rumit dan terkesan berbelit – belit, walaupun intinya memiliki tujuan yang sama.

Kalimat yang spesifik dan jelas akan membuat argumen lebih cepat dipahami.

Seperti yang telah anda lihat, teknik copywriting memiliki tujuan spesifik, yaitu untuk meyakinkan pembaca. Dalam konteks ini adalah untuk meningkatkan konversi serta penjualan.

Selamat bereksperimen..



Loading...

Baca selengkapnya

Suka nongkrong

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *