Internet

8 Pantai Tercantik di Malang, Surga Kecil yang Masih Jarang dikunjungi!

Pantai Tercantik di Malang – Tak kalah dengan julukan kota apelnya, Malang juga terkenal dengan berbagai tempat wisata yang mengasyikkan. Sebut saja wisata candi, wisata kuliner, taman hiburan, gunung berapi dan beberapa wisata lainnya yang wajib dikunjungi.

Nampaknya, banyak orang yang akan dengan mudah terpikat pada kota yang satu ini. Setelah kamu menjelajahi beberapa tempat wisata yang ada di Malang, tak lengkap rasanya kalau belum singgah ke sejumlah pantai.

Akan lebih seru lagi jika pantai-pantai yang akan kami sajikan belum banyak diketahui wisatawan dalam waktu yang lama, bahkan ada yang jarang sekali terjamah loh!

Pantai-pantai ini juga cocok buat kamu yang suka tantangan, jiwa petualang dan suka mengeksplore hal-hal baru. Mari simak pantai – pantai tercantik di Malang berikut ini…

1. Pantai Licin di Malang, Bisa dirikan Sesuatu dari Pasir Hitam

PANTAI TERCANTIK DI MALANG _ PANTAI LICIN

Pasir hitam yang ada di Pantai Licin memang indah. Kalau dilihat sepintas, pasir hitam ini mungkin berasal dari letusan Gunung Semeru.

Meski pasirnya cukup lembut, namun kamu perlu berhati-hati saat berjalan di sini. Sesuai namanya, pantai ini memang cenderung licin karena banyak ditumbuhi dengan lumut.

Untuk sampai ke pantai, kamu juga harus menyusuri jalan panjang berkelok dengan sepeda motor. Sayangnya, kondisi jalannnya cukup terjal sehingga motormu harus bekerja lebih keras.

Loading...

Namun tenang saja, pemerintah akan memperbaiki dan mengembangkan jalan tersebut agar lebih mudah untuk dilalui. Ini tentu supaya wisatawan lebih banyak yang berkunjung ke Pantai Licin yang satu ini.

Bagi yang mau ke sana, berikut adalah lokasi dan rute Pantai Licin :

Alamat: Lebakharjo, Kec. Ampel Gading, Kab. Malang, Jawa Timur 65183, Indonesia

Rute perjalanan : Ikuti saja jalan dari Malang ke arah Dampit. Kemudian ke Ampel Gading dan beloklah ke arah Sumorejo. Setelah itu, lanjutkan terus perjalanan menuju Lebakharjo.

2. Pantai Ngliyep, Bikin Kaki Kamu Nyaman Karena Kelembutan Pasirnya

PANTAI TERCANTIK DI MALANG _ PANTAI NGliyep
Pantai Ngliyep via Dolan Dolen

Kabarnya, nama Pantai Ngliyep itu berasal dari pasir putihnya yang begitu lembut. Kamu bisa mencoba sendiri saat berkunjung ke pantai ini.

Di sana, ada juga pula kecil, Gunung Kambang yang bisa kamu capai dengan jembatan kayu. Pulau kecil ini sangat cocok untuk menikmati sunrise dan sunset karena bisa viewnya benar-benar mendukung.

Selain itu, kamu juga bisa menelusuri Bukit Cinta Kasih yang konon katanya kalau ada anak muda datang ketempat itu akan menjadi sepasang kekasih. Ya, bagi yang muslim jangan mempercayainya ya soalnya termasuk takhayul dan itu dosa.

Setelah menjajaki Bukit Cinta Kasih, kamu juga bisa berjalan ke atas bukit bernama Teluk Putri yang namanya berasal dari kulit Putri Raja yang sangat lembut seperti sutera. Hmm, ada-ada saja ya?

Pemandangan yang begitu indah memang menyejukkan, pantas rasanya jika kita masukkan ke dalam salah satu pantai tercantik di Malang, Jawa Timur.

So, buat kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Ngliyep, berikut ini alamat lengkapnya:

Alamat: Desa Edungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kode pos : 65167.

Cara ke lokasi : Perlu kamu tahu, Pantai Ngliyep ini berada 62 km di sebelah Selatan kota Malang. Kamu bisa tiba di sana melalui Donomulyo atau Sumbermaning Kulon.

Telepon: 0813 3318 3380

Jam Operasional: 07.00 – 16.00

Tiket Masuk: Rp.15.000,- (biaya parkir Rp. 5.000,-)

3. Laguna Segara Anakan di Pulau Sempu, Amazing!

Segara Anakan
Segara Anakan via HA MIKRON MEDIA

Pasir putih bertemu dengan laguna raksasa, mengagumkan!

Itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan Segara Anakan yang ada di Malang ini. Ukuran Segara Anakan ini cukup luas dan lokasinya berada tersembunyi di balik hutan rimbun. Saat pertama kali ke sana, kamu pasti akan langsung terpesona akan keindahan yang ditawarkan.

Pantainya pun cukup aman karena airnya tenang, tidak seperti banyak pantai di bagian selatan Pulau Jawa lainnya. Asal kamu tidak berada di dekat dinding karang, maka sepertinya berenang di sana aman-aman saja.

Mengapa tenang? Ya tentu saja karena bukit karang yang mengelilingi pantai bisa meredam ombak yang besar dari Samudera Hindia.

Perlu kamu tahu juga, ekosistem yang ada di sekitar pantai pun beragam seperti tanaman tropis, vegetasi pesisir seperti bakau, hewan seperti kepiting, kera dan rusa liar juga masih berkeliaran di pulau ini.

Untuk mencapai lokasi, kamu juga harus mengurus perizinan dan melintasi rute sejauh 2,5 Km yang harus ditempuh dalam waktu sekitar 1-5 jam tergantung rute dan kondisi cuaca.

Kalau kamu ingin datang ke Laguna Segara Anakan Pulau Sempu, kamu bisa menuju ke lokasi berikut:

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang

Rute perjalanan: Dari pusat Kota Malang, silahkan menuju selatan ke pelabuhan Sendang Biru. Di situ ada pos tempat kamu bisa meminta izin mengunjungi Pulau Sempu dengan biaya masuk sekitar Rp20.000 dan mengurus transportasi sekitar Rp100.000.

4. Pantai Banyu Anjlok, Ada Kolam Alami yang Bikin Adem!

Pantai Banyu Anjlok
Pantai Banyu Anjlok

Di sini, kamu bisa melihat kolam alami di puncak air terjun. Spot ini tentu sangat cocok untuk berfoto ria karena kalau dipikir-pikir sangat Instagrammable. Kamu bisa memanjakan diri di dalam air yang tenang di kolam tersebut, menikmati air terjun dan melihat matahari terbenam yang menakjubkan.

Selain itu, pantainya sendiri tak kalah kerennya. Pantai Banyu Anjlok menawarkan sisi ekskulif tersendiri, bahkan pemandangannya begitu indah. Cobalah pijakkan kakimu saat pertama kali ke sana dan rasakan sensasinya!

Meski perjalanan untuk sampai ke pantai ini cukup menantang dan sulit, namun rasanya akan tergantikan setelah menikmati keindahan pantai yang sangat mengesankan.

Kalau kamu ingin berkunjung ke sana, berikut lokasi Pantai Banyu Anjlok :

Pantai Banyu Anjlok

Rute perjalanan : Dari Pantai Lenggoksono, kamu bisa jalan kaki selama 2-3 jam ke arah Pantai Banyu Anjlok. Atau kalau ingin lebih cepat, kamu Anda bisa numpang pada perahu nelayan yang ada di pantai.

5. Pantai Jonggring Saloko Malang, Panorama Deburan Ombak Menghempas Batu Karang

Apakah kamu ingin mendapat pengalaman yang berbeda saat berwisata ke pantai? Coba saja kunjungi Pantai Jonggring Saloko di Malang, maka kamu bisa menikmati sensasi yang menyenangkan.

Kamu bisa merasakan deburan ombak laut di pantai yang menghempas ke pantai. Saat ombak datang dan menabrak batu karang, kamu bisa merasakan cipratan air bersama buih dan gelembung yang amat menyegarkan! Meski menyenangkan, namun kamu tetap harus hati-hati ya…

Kalau kamu ingin mendapat view yang lebih bagus, kamu bisa naik ke tebing yang lebih tinggii untuk menikmati fenomena ketika deburan air menciptakan lekukan setiap kali ombak menghantam karang.

Kalau kamu ingin sampai ke sini, medan yang harus dilalui memang cukup sulit. Namun tetap saja, kamu akan mendapatkan hal yang pantas setelah bekerja keras melaluinya. Pantai tercantik di Malang yang satu ini benar-benar bersih dan jernih!

Pantai Jonggring Saloko Malang

Alamat: Desa Mentaraman, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167

Rute perjalanan: Coba ikuti arah menuju Kepang Pagak Pantai lalu ke arah Donomulyo. Terakhir, belok ke kiri di T-Junction.

6. Pantai Batu Bengkung, Nikmati Sensasi Jacuzzi Alami yang Menenangkan

Pantai Batu Bengkung
Pantai Batu Bengkung

Ya, siapa sangka kamu bisa menikmati Jacuzzi pribadi yang ada di Pantai Batu Bengkung. Kamu bisa lebih rileks dan mengademkan pikiran dengan Jacuzzi ini.

Pantai berbatu yang indah ini bisa berubah menjadi kolam renang air asin ketika air sedang pasang.

Kamu juga bisa melihat ombak besar dari Samudera Hindia yang menabrak dinding karang dan meluberi cerukan di baliknya sehingga membentuk kolam. Bener-bener seru loh!

Tempat ini juga jadi tempat yang paling aman untuk berenang, karena ombak di lautnya kurang bersahabat dan sama sekali tak cocok untuk berenang.

Karena ombak lautnya yang cukup besar, maka pantai ini sangat tidak disarankan untuk berenang. Namun menikmati sensasi pantai di sini sepertinya sudah cukup mengobati hal itu. Melihat sunset di pantai ini juga cukup mengademkan pikiran karena kalau cuacanya cerah pemandangannya sangat keren.

Pancaran sinar matahari begitu maksimal terlihat dan batu-batu karang yang bersebaran menciptakan pemandangan terbaik yang cukup memorable.

Jika berminat datang ke Pantai Banyu Anjlok, silahkan ikuti rute perjalanan berikut:

Rute perjalanan : Dari kota Malang, kamu mungkin akan membutuhkan waktu 2-3 jam untuk sampai ke Pantai Banyu Anjlok. Ikuti petunjuknya saja ke Pantai Sendangbiru, tapi lalu belok ke arah Pantai Goa Cina dan Pantai Bajulmati. Pantai Batu Bengkung setidaknya berjarak sekitar 2 km dari Pantai Bajulmati.

Tiket Masuk: Rp5.000,-

7. Pantai Mbehi & Teluk Bidadari, Ada Kawah di Tepi Pantai dan Kolam Renang Alami

Teluk Bidadari
Teluk Bidadari via travelingyuk

Pantai eksotis nan menawan bukan hanya ada di Bali, di Lombok atau di Raja Ampat saja, di Malang juga ada kok. Salah satu yang banyak direkomendasikan keindahannya yaitu Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari.

Pantai Mbehi ini sebenarnya salah satu pantai tersembunyi di Malang karena belum terjamah/belum banyak orang yang tahu keberadaannya. Maklum, dari pusat kota saja sekitar 66 Km.

Meskipun cukup jauh, namun pantai tercantik di Malang yang satu ini cukup layak untuk kita eksplor. Lokasinya yang berada di balik hutan lindung membuat pantai ini terlihat sangat asri dan bersih.

Pasir pantainya putih bersih dan air lautnya sangat jernih dengan gradasi warna turquoise yang menawan. Rasa lelahmu setelah susah payah datang ke pantai ini pasti akan tergantikan. Semua lelahmu akan sirna begitu saja!

Tak hanya sampai di situ saja, di pantai ini kamu juga akan menemukan fenomena alam yang begitu mengesankan. Ada sebuah lubang mirip kawah di tepi karang yang tembus langsung ke permukaan air laut.

Saat ombak besar datang, maka airnya akan menyembur melalui sela-sela tersebut sehingga terdengar suara yang menderu. Berhubung tidak ada pembatas, kamu juga harus selalu jaga jarak dan berhati-hati jika ingin melihat fenomena tersebut.

Di dekat kawah, kamu juga akan menemukan hal lain yang sering dikenal dengan Teluk Bidadari. Ceruk pada batu karang yang berisi air laut ini menghasilkan fenomena alam seperti kolam renang alami yang cukup cetek/dangkal.

Kamu bisa berendam dengan bebas, sambil menikmati pemandangan alam yang sangat menenangkan pikiran.

Pantai Mbehi & Teluk Bidadari

Lokasi: Desa Sumber Bening, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur

Tiket Masuk: Rp5.000,- (kawasan Pantai Mbehi) | Rp10.000,- (Jasa pemandu untuk trekking ke Teluk Bidadari)

Rute perjalanan : Dari pusat Kota Malang, kamu bisa langsung menuju arah selatan menuju Pantai Kondang Merak yang melalui Gadang, Bululawang, Godanglegi, dan Bantur.

Silahkan ikuti papan petunjuk arah untuk menuju Pantai Kondang Merak. Dari pantai tersebut sekiranya Pantai Mbehi berjarak sekitar 3 Km maka kamu sudah bisa singgah ke pantai tercantik di Malang yang satu ini.

Kalau masih bingung, kamu bisa bertanya ke warga setempat. Kamu bisa memarkirkan kendaraan di pintu masuk Pantai Sugu dan dari situ kamu masih harus berjalan kaki sekiranya 40 menit untuk sampai ke lokasi.

8. Pantai Bantol, Pantai Tercantik di Malang yang Tersembunyi dan Punya Banyak Kejutan Indah!

Pantai Bantol Malang
Pantai Bantol Malang via Zabhie Site

Belum banyak orang yang mengetahui keindahan Pantai Bantol. Sangat jarang wisatawan yang datang ke sana dan ini menjadi salah satu keunggulan tersendiri karena pesona alamnya masih terjaga.

Pantai tercantik di Malang ini juga menawarkan view yang mengesankan, pasir putihnya benar-benar lembut berpadu dengan birunya air laut yang cukup tenang.

Bahkan mungkin hanya segelintir penduduk, nelayan dan sekelompok orang saja yang tahu keberadaan pantai ini.

Kalau diperhatikan dengan seksama, pantai ini sebenarnya sebuah teluk. Teluk dengan air yang jernih dan tenang disertai pemandangan koral berwarna-warni yang bisa dilihat dari permukaan. Sangat indah!

Kalau kamu datang di waktu yang pas, kamu juga bisa menikmati sunset yang super menawan. Matahari akan tenggelam perlahan di balik karang yang ada di lautan, meninggalkan horizon samudera.

Sebagai pelengkap, ada juga beberapa gua yang bisa dijelajahi dengan baik. Kamu bisa sangat puas melakukan petualanganmu bersama teman-teman tercinta.

Bagi kamu yang penasaran dan cukup tertantang untuk melakukan petualangan baru di Pantai Bantol, silahkan datangi alamat berikut:

Alamat: Dusun Sumber Celeng, Desa Banjarejo, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur, 60253.

Rute perjalanan: Mungkin perjalan kira-kira 10 km dari Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak.

Baca spot wisata lainnya:

Nah, itulah beberapa Pantai Tercantik di Malang yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Betapa pantai cantik tersebut masih sangat asri dan nyaman untuk dinikmati.

Pantai di Malang memang tidak kalah bagusnya dengan pantai di Bali, Lombok dan pantai-pantai indah lainnya di Indonesia. Kita sudah sepantasnya bersyukur dan selalu menjaga pesona alam Indonesia dengan sebaik-baiknya, minimal tidak membuang sampah sembarangan.



Loading...

Baca selengkapnya

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Artikel terkait

One Comment

  1. Wah, beautiful mas…
    jadi pengin liburan kesana.. kayanya enak banget yah…hem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *