pedoman seo youtube

Pedoman SEO Youtube Whitehat untuk Memenangkan Hasil Pencarian Video

Pedoman seo youtube – Kita tahu, semakin kesini semakin banyak para pengguna youtube. Baik mereka yang ingin menjadikannya sebagai hiburan saja, atau bagi mereka yang ingin menjadikan youtube sebagai ladang untuk mengeruk pundi pundi dollar.

Namun yang perlu anda perhatikan adalah semakin banyak orang yang menggunakan youtube sebagai ajang untuk menghasilkan uang, maka secara tidak langsung akan menjadikan mereka lebih banyak persaingan. Jika chanel akun anda tidak anda optimasi sebaik mungkin, maka video anda tidak akan muncul di halaman pertama youtube.

Jadi youtube juga berpikir bagaimana cara menampilkan video yang paling relevan dan paling direkomendasikan untuk ditonton oleh jutaan orang yang mencarinya. Jadi misal ada 10000 video yang memiliki keyword sama, tentu youtube tidak bisa menampilkan video terakhir atau video pertama saja. Melainkan video paling relevan untuk dibaca.

SEO (search engine optimization) merupakan hal yang dilakukan untuk mengoptimasi mesin pencari. Jadi dalam mengoptimasi ini bisa menggunakan langkah untuk “mengakali” atau bisa dengan “mematuhi” mesin itu sendiri. Nah di dalam SEO youtube ini berarti kita akan melakukan optimasi untuk mesin pencari Youtube. Namun cara yang akan dilakukan dengan cara yang baik, dan tidak bermaksud untuk mengakali.

Oh ya, perlu saya tegaskan terlebih dahulu, bahwa disini saya tidak ingin membahas mengenai SEO video youtube di halaman pencarian google, melainkan SEO video youtube di halaman youtube sendiri. Jadi untuk SEO video agar bisa tampil di halaman pencarian google itu memang ada optimasi tersendiri, namun saya disini tidak akan membahasnya lebih lanjut.

Karena saya akan fokuskan untuk memberikan pedoman SEO youtube agar video bisa tampil di urutan atas halaman youtube, atau setidaknya bisa masuk halaman 10 besar.

Pedoman SEO Youtube yang dapat anda terapkan

Di bawah ini, saya ingin memberikan sedikit tips mengenai pedoman SEO youtube yang saya ambil dari beberapa sumber. Semoga hal ini dapat menolong anda yang saat ini sedang kesusahan untuk mengetahui cara agar bisa mendapatkan pengunjung dari pencarian pengunjung.

Loading...

Kita tahu, bahwa saat ini youtube menjadi salah satu platform video terbesar. Bahkan lebih dari 30 juta pencarian perhari dilakukan untuk mencari chanel video yang dituju. Jadi hal ini akan sangat menguntungkan anda jika ingin mendapatkan uang dari youtube.

Banyak yang bilang, bahwa youtube ini hampir sama dengan yang namanya TV masa kini. Karena menurut beberapa riset, bahwa popularitas TV ini semakin down karena kehadiran youtube. Bagaimana tidak, karena dengan youtube, anda akan mampu mencari video apapun dengan mudah, selain itu juga video disana tanpa iklan yang lama seperti di TV. Namun kekurangannya agak sedikit boros kuota internet dan jika lemot maka akan sering ngehang.

Maka dari itu, silakan baca, pahami dan praktikan dengan baik pedoman SEO youtube dibawah ini. Jadi nanti akan akan bisa bersaing dengan mudah dihalaman pencarian youtube.

1. Perhatikan faktor perangkingan

Perlu anda perhatikan, bahw youtube ini tidak perlu kita kasih backlink kalau itu ditujukan untuk bisa bersaing di halaman youtube. Namun dari beberapa pendapat, bahwa dengan memberi backlink, maka hal itu akan bisa tampil dengan baik di halaman mesin pencari google. Namun dalam pedeoman seo youtube kali ini hanya membahas mengenai seo di laman youtube, maka akan saya berikan beberapa poin yang menjadikan perangkingan di halaman youtube.

Beberapa faktor perangkingan itu adalah:

I. Jumlah pengunjung

Semakin banyak orang yang mengunjungi video anda, maka peluang anda untuk mendapatkan prioritas di halaman pertama youtube akan semakin besar. Namun untuk mendapatkan banyak pengunjung jika chanel masih baru dan baru memiliki sedikit subscriber itu akan sangat susah.

Berdasarkan pengamatan saya sendiri, untuk video yang baru memiliki sedikit views itu tidak ditempatkan pada halaman utama youtube. Maka dari itu, untuk bisa menempati halaman utama youtube, anda harus bisa mendapatkan banyak pengunjung terlebih dahulu. Anda bisa melakukan promosi, atau menggunakan cara lain yang dapat mendatangkan banyak pengunjung untuk video tersebut.

II.Video retention

Ini adalah video milik kita sendiri. Misalnya kita memiliki 2 video, yang satunya menyajikan tentang hewan terlangka, nah satunya lagi membahas mengenai hewan unik. Nah jika seseorang sudah menonton video milik kita tentang hewan terlangka, lalu beralih menonton mengenai hewan unik, maka ini menandakan chanel kita memiliki video yang menarik.

Jika hal ini terus menerus dilakukan oleh banyak orang, maka secara tidak langsung akan mendongkrak chanel milik anda maupun video itu sendiri untuk bisa tampil dihalaman utama youtube.

Jadi untuk mengatasi hal ini, sebaiknya anda perlu menggunakan satu niche per chanel. Jadi akan mendapatkan retensi yang tinggi.

III. Komentar

Ini masih simpang siur. Banyak pedoman SEO youtbe yang mengatakan hal ini memang berpengaruh, namun ada juga yang mengatakan bahwa ini tidak berpengaruh. Karena fitur komentar ini dapat dinonaktifkan begitu saja oleh si pemilik video. Jadi jika ini menjadi salah satu faktor perangkingan, maka ini bisa saja terjadi kekacauan di SE youtube.

IV. Perbandingan antara like dan dislike

Youtube sendiri memberikan fitur bagi pengguna untuk bisa memberikan like maupun dislike. Nah hal ini ternyata mampu menjadikan sinyal bagi mesin youtube untuk bisa tampil dihalaman pertama yang merupakan halaman paling diimpikan.

Ini bukan soal seberapa like maupun dislike yang ada, melainkan perbandingan antara keduanya. Karena jika menggunakan seberapa banyak like, maka kasihan kan video yang baru dimuat, pasti gak bisa tampil di halaman utama. Dengan semakin banyak like dan semakin sedikit dislike yang didapat, maka hal itu akan menandakan bahwa video tersebut memiliki kualitas dan konten yang bagus.

V. Jumlah pelanggan/subscriber

Ini sangat berpengaruh loh, mungkin anda pernah mencari suatu video di youtube. Nah jika yang dicari itu adalah video dengan jumlah pencarian yang besar seperti lirik lagu atau lainnya, maka yang ditemui itu video milik akun yang sudah memiliki subscriber yang banyak.

VI. Jumlah share

Ini ada kaitannya dengan “seberapa dahulu” yang memposting. Misal anda mengupload tentang video viral tentang bencana alam gempa bumi. Jika anda pertama kali yang posting, lalu di share oleh banyak orang, maka hal tersebut akan menimbulkan video tersebut muncul dihalaman utama. Jadi jika ingin membuat video viral, usahakan kontennya itu unik dan belum ada yang buat, sehingga tidak mudah kalah saing oleh banyak orang. Karena video sudah mendapatkan share lebih banyak dahulu dari pada yang lain.

VII. Embed pada web/blog

Mungkin anda pemilik blog, jika anda tidak memiliki video sendiri, pasti akan menautkan video di artikel anda bukan? Banyak yang meyakini jika semakin banyak video itu di embed, maka akan semakin besar mendapatkan peluang untuk bisa tampil di halaman utama youtube. Hal ini karena youtube akan menganggap bahwa video tersebut bisa memberikan efek manfaat yang besar akan hal ini.

2. Riset keyword

Keyword trend dan keyword abadi adalah pilihan yang harus anda buat. Saya sarankan jangan pernah membuat video dengan tak melakukan riset keyword terlebih dahulu. Hal ini karena SE itu bekerja tidak pernah terlepas dari yang namanya keyword. Ya walaupun SE engine youtube terlihat sangat sederhana dibandingkan dengan SE google, namun SE Youtube ini tentu sangat memperhatikan keyword.

Anda harus membuat keyword yang relevan dengan niche yang sedang dibahas. Selain itu, anda tak perlu dipusingkan untuk meletakan keyword di judul. Bahkan menurut beberapa riset, keyword yang berada di tengah judul justru mendapatkan peringkat lebih baik daripada keyword di belakang judul. Misalnya untuk keyword “tips mencuci pakaian” anda bisa menempatkan seperti ini: “Awas pakaian anda akan rusak, pahami tips mencuci pakaian berikut ini agar pakaian awet”

Selain itu, anda perlu memilih negara yang tepat saat meriset keyword. Anda bisa menggunakan berbagai tools untuk mengetahui hal ini, salah satunya adalah google keyword planner. Ini sangat sangat lengkap. Atau jika ingin yang mudah, gunakan lainnya seperti semrush atau ubersuggest. Kalau perlu selain memilih keyword yang banyak pencarian, gunakan juga keyword dengan CPC yang tinggi.

Riset keyword ini merupakan salah satu pedoman SEO youtube yang paling perlu dilakukan. Karena ini sangat berkaitan dengan algoritma bekerja. Jadi yang perlu anda perhatikan adalah dengan memilih keyword yang agak panjang. Jadi saingan bisa dipastikan sedikit. Selain itu, anda perlu memperhatikan untuk mengechek dilaman youtube terlebih dahulu mengenai keyword yang akan di bidik. Jadi anda bisa mempertimbangkan dengan lebih baik lagi nantinya.

3. Buat video yang lengkap, dan menarik

Ada yang menyarankan untuk membuat video dengan jumlah waktu setiap video minimal 5 menit. Selain iklan akan lebih banyak muncul, pengunjung juga akan semakin puas. Jangan membuat dalam waktu yang terlalu pendek. Usahakan pada 20 detik pertama gunakan video semenarik mungkin. Karena disitu adalah waktu yang paling berpangaruh, apakah pengunjung mau melanjutkan untuk menonton atau tidak.

Jika video yang anda buat itu menarik, pasti saat menonton tidak akan melompat dari menit satu ke menit lain, melainkan akan mengikuti video begitu saja.

Selain itu, video yang menarik biasanya akan di tampilkan sebagai video terkait. Jadi usahakan untuk membuat semenarik mungkin. Karena jika tampil sebagai video terkait di video dari chanel terkenal kan akan mendatangkan banyak pengunjung nantinya.

4. Lengkapi profil chanel

Melengkapi profil chanel kita sendiri merupakan bagian dari pedoman seo youtube yang tidak bisa disepelekan begitu saja. Karena saya sering melihat banyak video yang tampil di halaman pertama youtube itu memiliki chanel dengan profil yang lengkap.

Hal ini singkat dan mudah. Namun justru kebanyakan mereka pemula yang cepat cepat ingin mendapatkan pengunjung cepat akan melupakan hal ini. Mereka hanya fokus dan asyik dalam membuat video saja, tanpa memikirkan hal ini.

Lengkapi profil seperti about, yang bisa anda isi dengan nama, tujuan dan link lain. Selain itu tambahkan gambar chanel, logo dan sebagainya. Ini akan membuat pengunjung dan juga mesin pencari memahami diri anda.

5. Sering lakukan promosi

Semakin banyak views, maka akan semakin mendapatkan prioritas untuk bisa tampil dihalaman pertama google. Ini memang sudah saya katakan di atas pada poin sebelumnya. Anda perlu melakukan promosi baik secara berbayar maupun dengan cara gratis.

Sebenarnya jika video anda bagus, anda tidak perlu melakukan promosi dalam jumlah besar besaran. Karena pengunjung akan mengeshare video yang telah anda promosikan. Bahkan banyak juga pemilik situs yang mengembed video anda nantinya.

Bahkan saya sering temui untuk pemilik chanel yang telah memiliki video dalam jumlah banyak dan sudah terkenal pun mereka masih sering melakukan promosi ke berbagai tempat. Karena mereka tahu bahwa hal ini akan sangat berpangaruh terhadap jumlah views yang mana nantinya akan mendongkrak posisi di SE. Jadi jangan pernah sepelekan pedoman SEO youtube satu ini ya.

Baca : Tempat Promosi Video Youtube Selain Media Sosial

6. Buat gambar thumbnails sendiri

Custom thumbnails merupakan gambar yang akan tampil di tampilan disamping video itu. Memang tanpa anda membuatnya, youtube sendiri bisa membuat thumbnail otomatis. Namun dengan menggunakan custom thumbnail, susunan video anda akan lebih terlihat rapi. Selain itu, video juga akan lebih berpeluang untuk diklik, terlebih bila custom thumbnail tersebut membuat penasaran.

Pedoman seo youtube satu ini memang belum untuk pengaruh terhadap SE itu tidak secara langsung. Tapi karena dengan menggunakan thumbnail sendiri yang menarik, maka hal ini akan mengakibatkan pengunjung lebih banyak klik, dan jika pengunjung lebih banyak mengklik, maka views pun akan meningkat, sehingga hal ini akan mampu membuat video anda berada pada laman atas youtube.

7. Gunakan fitur playlist

Pernah gak lihat fitur playlist? Fitur playlist ini merupakan salah satu kumpulan dari beberapa video. Atau bisa disebut juga dengan daftar video. Saya sering menemukan playlist ini muncul di halaman utama youtube.

Namun dalam membuat ini harus lebih khusus dari 1 topik. Misalnya membahas tentang blog maka semua harus tentang blog. Jika tidak menggunakan seperti itu, maka tidak akan berpengaruh banyak soal ini.

Baca : Membuat Dan Mengelola Playlist Youtube Kolaborasi Untuk Menambah Jumlah Penonton

8. Usahakan update secara teratur

Semakin lama akun yotube dan semakin banyak memiliki postingan, maka itu akan lebih baik di mata youtube. Ya sama halnya dengan blog. Jika blog memiliki banyak postingan dan memiliki umur yang lebih lama, maka google akan menjadikan blog tersebut memiliki prioritasuntuk ditempatkan di halaman pertamanya.

Di berbagai pedoman SEO youtube manapun, pasti kebanyakan menyarankan agar mengupdate dengan berbagai video secara teratur. Misalnya dengan 1 minggu sekali atau paling lama 2 minggu sekali. Karena semakin sering mendapatkan update, maka pengunjung akan lebih sering penasaran dengan video yang akan di upload. Jadi ini akan sering dinanti nantikan oleh subscriber.

9. Gunakan nama file menggunakan keyword

Sebenarnya ini masalah sepele, namun tetap memiliki pengaruh di SE youtube. Hal ini yang sering dilupakan oleh banyak orang.

File yang mengandung keyword ini adalah file yang anda ubah namanya sebelum menguploadnya. Misalnya anda telah menyimpan file di komputer anda dengan nama aac20161224.mp4 atau bunga.mp4. Nah disitu anda harus mengubahnya sesuai dengan keyword yang ingin ditargetkan. Misalnya yaitu bunga-terbesar-di-dunia.mp4.

Saya sendiri masih mengamati hal ini apakah memang benar benar berpengaruh ataukah tidak. Namun banyak orang yang menyuruh untuk menggunakan ini. Jadi nggak ada salahnya anda mengikuti pedoman SEO satu ini. Namun jika dirasa ribet, tidak ada salahnya untuk skip langkah.

10. Gunakan deskripsi yang lengkap dan juga berikan tags

Youtube memberikan fitur berupa deskripsi dan tags yang akan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai video. Jadi gunakan fitur deskripsi dan tags yang ada untuk memasukan berbagai jenis keyword yang ingin ditampilkan.

Fitur deskripsi ini akan memberikan penjelasan lebih lanjut kepada para penonton dan juga kepada mesin. jadi ini juga memegang peranan penting dalam pedoman seo youtube.

Ada yang menyarankan untuk membuat deskripsi dalam video berisi lebih dari 150 kata. Hal ini agar dianggap lebih berbobot dan lebih lengkap pembahasannya.

Baca : Tips Membuat Tag Video Youtube Agar Maksimal Dihasil Pencarian

Memang jika saya mencoba mengunjungi chanel dari luar negeri, mereka suka memberikan penjabaran yang cukup jelas dan panjang di bagian deskripsi. Misal ada suatu hal yang tidak bisa disampaikan di video, maka anda bisa menambahkan di bagian deskripsi. Jadi ini bisa melengkapi video itu sendiri.

Selain itu, anda juga dapat menautkan link ke berbagai profil lainnya. Misalnya akun fanspage facebook, atau bisa juga ke blog anda. Jadi hal ini akan lebih menguntungkan untuk anda sendiri, selain mendapatkan like tambahan untuk fanspage, anda juga bisa lebih akrab untuk dikenal banyak orang melalui berbagai jenis sosial media.

Demikianlah pembahasan mengenai pedoman seo youtube kali ini. Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat bagi kita semuanya. Terima kasih juga atas kunjungan anda.


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Komentar

    Avatar

    Mantap… Saya suka penjelasan lengkap dan informatif.

    Avatar

    bukandroid

    ( - 18:13)

    gw sekarang bermain di channel genre gaming.
    namun sulit banget, krna channel type ini saingannya byk.
    tp walau gtu, dlm 6 bulan udah bisa menghasilkan

    Avatar

    Onoderra

    ( - 21:26)

    ohh, ternyata video yg diupload secara berkala itu bukan efek ke mata pencarian youtube ya.
    tapi lebih ke sugesti kepada subscriber ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *