Peluang usaha

Belum dapat Kerja? Ini Beberapa Peluang Bisnis Bagi Para Programmer yang Mungkin Cocok buat Kamu

Menjadi seorang programmer merupakan sebuah kemampuan yang mungkin terbilang “spesial”, karena mungkin sedikit orang Indonesia yang memiliki kemampuan programming. Namun taukah anda bahwa peluang bisnis bagi para programmer itu sebenarnya banyak?

Dan ya begitulah, dari yang saya tau kemampuan programming ini kebanyakan dibutuhkan di luar negeri kita. Padahal apabila orang-orang yang mungkin memiliki kemampuan ekonomi yang tinggi, dia bisa mendirikan startup digital. Yang bermanfaat bagi masyarakat yang tentunya menggunakan tenaga para programmer.

Tetapi hanya beberapa segilintir orang saja yang mau berani membuat startup digital.

Namun tenang, kita sepakat bahwa rejeki setiap manusia sudah diatur oleh Allah. Yang penting kita ada tangan yang dikibaskan, dan ada kaki yang digerakan, kalau itu rejekimu maka InsyaAllah kamu dapat.

Emang Bisnis Bagi Para Programmer Apa Aja?

Sebenarnya banyak peluang bisnis yang menjanjikan bagi para programmer, namun mungkin sebaiknya kamu harus fokus saja pada satu bisnis. Sehingga kamu bisa mengembangkan bisnis tersebut agar menjadi sukses.

Nah setelah sukses jangan lupa buat bagi-bagi ilmu, jangan lupa juga kalau udah sukses bagi-bagi rejeki. Oke dari pada banyak basa-basi mari kita lihat, ini dia berbagai macam peluang bisnis bagi para programmer.

1. Menjadi Freelance

Freelance atau pekerja lepas adalah solusi pertama yang kita bahas disini. Dengan menjadi freelance kita bisa mengambil keuntungan yang banyak dan merupakan bisnis bagi para programmer. Dari yang saya perhatikan, satu project yang dikerjakan oleh freelance web service mencapai 2.5 juta sampai 5 juta rupiah.

Tentunya beda bidang beda rasa, apabila kamu memiliki kemampuan dekstop programming, maka mungkin bayarannya berbeda.

Loading...

Bagaimana Cara Menjadi Freelance?

Untuk menjadi seorang freelance mudah saja, salah satu bekal kamu untuk menjadi freelance adalah ilmu programming (bisa belajar programming di sekolahkoding.com atau di pondokprogrammer.com).

Setelah ilmu kamu sudah mencukupi untuk menjadi seorang freelance, maka kamu dapat membuat website portfolio yang berisikan data diri kamu serta beberapa project yang telah kamu buat.

Dan bagi kamu freelance web service, mungkin kamu memiliki PR yang dobel. Dimana kamu mungkin harus bisa mengatur keuangan untuk pembayaran jasa kamu dan pembayaran hosting dan domain dari para pelanggan kamu.

Apa Keuntungan Menjadi Freelance?

Keuntungannya ya tadi, sekali dapat project kamu bisa mengambil keuntungan yang banyak. Namun tentunya jangan sampai si pelanggan frustasi atas apa yang kamu kerjakan ya. Kamu mau matok harga tinggi, tapi kerjaan kamu gak bagus, tentunya si pelanggan marah.

Keuntungan lainnya adalah kerja tanpa paksaan dan bisa menjadi bisnis bagi para programmer tanpa ada bos yang main perintah. Dengan menjadi freelance kita kerjanya nyantai, tetapi kalau lagi dapat project maka saatnya untuk bekerja.

Apalagi si pelanggan mematok dead line, maka kamu harus menjadi pejuang pencari nafkah yang professional. Namun ingat, jangan menggunakan semua waktu yang kamu punya untuk kerja doang, semuanya ada porsinya.

Apa Kekurangan Menjadi Freelance?

Kekurangan menjadi freelance salah satunya menurut saya adalah kamu harus sabar. Karena apabila kamu baru memulai karir sebagai freelance, apalagi portfolio yang kamu punya masih kosong. Maka mungkin kamu harus bersabar menunggu client, atau kamu bisa juga melakukan promosi.

Referensi lain : Kamu Freelance Writer Pemula? Kenali Jenis-jenis Tulisannya Dulu, Baru Action!

2. Menjual Karya

Yang kedua adalah dengan menjual karya-karya yang sudah kamu buat dengan harga yang tentunya kamu tetapkan sendiri sebagai penghasilan bisnis bagi para programmer.

Mungkin banyak para programmer yang menjual karya mereka sendiri, tapi dimana saya bisa menjual karya saya? Nah pada bagian inilah kita bakal bahas.

a. Menjual di Envato Market (Themeforest atau CodeCanyon)

Kamu bisa menjual produk atau karya kamu di Themeforest atau di Codecanyon yang merupakan pusatnya bisnis bagi para programmer, kedua tempat tersebut merupakan milik Envato Market. Dimana kamu dapat menjadi Author disana, dan kamu bisa mendapat income dari orang-orang yang membeli produk kamu.

Tapi kamu tentunya harus bersabar, karena tidak semua produk/karya yang diterima untuk dijual di kedua tempat tersebut. Jadi ada team review yang nantinya akan me-review produk yang hendak kamu jual. Sementara harganya sendiri kalau tidak salah dapat kamu tentukan sendiri.

Untuk payoutnya sendiri bisa menggunakan PayPal, namun tentunya PayPal kamu harus legal ya. Kalau PayPal unverif sepertinya bisa, jadi setelah kita payout, kita bisa langsung withdraw (atau istilahnya ngambil duit PayPal ke bank lokal) dan minimal withdraw sendiri adalah 10$.

b. Menjual Mandiri

Yang kedua adalah dengan menjualnya secara mandiri. Maksudnya? Kamu bisa membuat website kamu sendiri kemudian kamu dapat memasukkan karya-karya kamu disitu lalu menetapkan harga dari karya-karya kamu.

Tips untuk metode ini adalah promosi dan sabar, karena nantinya tentu kamu akan berjuang agar mendapat pengunjung web kamu banyak, salah satu caranya adalah promosi.

Namun kalau sudah pontang-panting promosi kesana dan kesini tapi belum juga laku, maka kita pakai alternatif yang kedua, yaitu sabar, ingat, rejeki di tangan Allah semata.

3. Bekerja di Perusahaan

Yang ketiga ini mungkin agak sulit, namun kalau menemukan yang sulit-sulit seperti ini. Maka ingat prinsipnya, rejeki hanya Allah yang tau.

Sekarang sudah ada beberapa (walau mungkin tak banyak) perusahaan yang membutuhkan jasa para programmer, sehingga ini merupakan berita bagus dan sebagai bisnis bagi para programmer yang tidak ingin mengaplikasikan dua metode diatas.

Namun ya begitu, untuk bekerja di perusahaan, mungkin para programmer harus sabar dan kuat untuk bekerja di bawah tekanan, adanya dead line, dan berbagai peraturan yang ada. Namun ingat teman, bahwa yang namanya kerja itu semuanya capek, entah itu dia seorang freelance atau penjual.

Perusahaan Apa Saja Yang Butuh Programmer?

Banyak kok, intinya mungkin perusahaan tersebut bergerak di bidang digital seperti penjualan hosting, marketplace. Bahkan mungkin perusahaan-perusahaan yang tidak bergerak pada bidang digital pun membutuhkan jasa para programmer.

Seperti contohnya sebuah perusahaan roti, si bos perusahaan tersebut membutuhkan sebuah website toko online untuk memasarkan produk-produknya, maka disinlah programmer dibutuhkan.

Atau bisa juga sebuah perusahaan besar yang kewalahan saat menghitung pendapatannya dan membutuhkan software dekstop yang dapat meringankan pekerjaannya, maka disinilah programmer dibutuhkan.

Penutup

Intinya, apapun kemampuan yang kamu miliki asal kemampuan tersebut bermanfaat dan halal, maka InsyaAllah kemampuan tersebut dapat menjadi sumber rejeki untuk kamu.

Yang terpenting sih doa – belajar – action – tawakal.

Itu saja mungkin yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Loading...

Baca selengkapnya

Hanya seorang muslim biasa.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *