Peluang usahaUlasan Bisnis

Ide Bisnis Praktis dengan Menjalankan Peluang Bisnis Perantara Online

Peluang Bisnis Perantara Online – Dunia digital yang semakin berkembang menjadikan banyak transaksi menggunakan media online. Secara umum transaksi online ini masuk dalam kategori Online Shop yang menggunakan media internet melalui website dalam memasarkan dan memfinalkan transaksi.

Sudah sangat banyak bisnis online yang tumbuh dan berkembang di Indonesia, baik sebagai penjual ataupun hanya sebagai perantara.

Perantara transaksi inilah yang sebenarnya menjadi sebuah peluang bisnis yang masih sangat berpeluang besar untuk bertahan.

Saat ini saja, sudah ada hampir 100 perantara transaksi online seperti Bukalapak, Shopee, Blibli, Lazada dan masih banyak yang lainnya.

Bahkan para penjual produk Online seperti Bhineka.com pun masih menggunakan jasa layanan perantara transaksi ini.

Peluang Bisnis Perantara Online

Tentu saja sebagai pemula dibidang bisnis ini kita tidak akan mampu menyaingi perusahaan diatas. Namun bukan berarti hal ini menjadikan pangsa pasar perantara online menjadi berkurang.

Seperti yang disebutkan oleh artikel yang ditulis oleh Firdaus Deni yang berjudul “Resiko Jual beli Adsense“, bahwa banyak sekali para Blogger yang melakukan transaksi jual beli akun adsense dengan resiko tertipu yang tinggi.

Selain itu ada juga para penulis yang tidak berhasil mendaftar sebagai Penulis di Freelancer.com ataupun yang lainnya, yang berminat menjual tulisannya kepada penerbit.

Loading...

Rasa was-was dan ketidakpercayaan akibat tidak adanya informasi yang akurat antara penjual dan pembeli menjadikan transaksi menjadi terhambat. Disinilah peran perantara bisnis yang saya maksudkan.

Keuntungan Berbisnis Perantara Online

Peluang Bisnis Perantara Online

Sebelum kita membahas bagaimana memulai berbisnis perantara online, kita akan mengupas terlebih dahulu apa saja keuntungan yang akan didapat.

Tidak Ada Modal Pembuatan Produk

Seperti halnya Shopee atau Bukalapak, tidak ada produk yang mereka buat untuk dijual kembali. Tugas sebagai perantara transaksi menjadi prioritas mereka.

Yang dibutuhkan adalah anggaran untuk memperbaiki fasilitas agar konsumen lebih mudah dan nyaman bertransaksi melalui jasa yang kamu tawarkan.

Fee Dari Penjual

Walau perusahaan e-commerce saat ini tidak mengenakan Fee kepada penjual, tetapi mereka tetap menarik keuntungan dari perusahaan resmi yang mengiklankan produknya disana.

Sebagai pemula dibidang bisnis ini, kamu bisa menarik biaya administrasi yang dapat kamu bebankan kepada penjual ataupun pembeli layaknya situs Freelancer.

Setiap transaksi yang berhasil dilakukan, kamu dapat mengenakan fee dari 5% hingga 10% dari nilai total.

Jika saja dalam satu hari kamu mendapatkan 30 kepercayaan dari penjual dan pembeli dengan nominal transaksi 1.000.000 saja, maka keuntungan yang kamu dapat bisa mencapai 150.000 s/d 300.000 per hari.

Ditambah transaksi jual beli adsense saat ini semakin pesat dikalangan para Blogger.

Menjadi Penyedia Layanan Lapak Online

Tentu saja target terakhir dalam melakukan bisnis perantara online ini adalah menjadi pelapak online seperti kebanyakan perusahaan e-commerce.

Dengan melakukan secara cermat dan teliti, maka tidak tertutup kemungkinan bisnis perantara yang kamu jalankan akan menjadi lebih profesional.

Memulai Bisnis Perantara Online

Peluang bisnis perantara online memang sangat menjanjikan, disamping karena tidak adanya modal besar yang terpendam, kita bisa menjual berbagai macam produk.

Untuk menjadikan peluang bisnis perantara online ini menjadi sukses, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan yaitu sebagai berikut :

1. Memiliki Website

Nah, memulai bisnis online pastinya membutuhkan sebuah website yang akan menjadi media dalam mengembangkan peluang bisnis perantara.

Untuk itu, buatlah sebuah website yang bagus baik dari segi tampilan, dan juga dari segi identitas diri.

Hal yang paling utama dalam bisnis perantara online adalah identitas diri kamu terkait masalah Legalitas dan Pengalaman.

Kamu bisa membuat sebuah CV dengan Akta Notaris agar kamu semakin dipercaya. Selain itu, kamu bisa menempatkan testimoni dari orang-orang yang pernah bekerja sama dengan kamu.

2. Gunakan Template Website Yang Menarik Dan Sesuai

Selanjutnya adalah mendesain tampilan dengan kesesuaian bisnis.

Jika kamu fokus kepada bisnis perantara Jual Beli hendaknya kamu menggunakan Template Website Premium berkategori Online Shop.

Berikan fasilitas untuk orang dapat berkolaborasi atau menyediakan menu Sign Up bagi penjual dan pembeli.

Dengan adanya Akta Notaris dan Identitas yang jelas, tentunya orang tidak akan segan menjual barang di Lapak yang kamu sediakan.

Oleh karena itu, template menjadi salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan.

3. Berikan Promosi Besar-besaran kepada Penjual

Pastinya dalam mengembangkan peluang bisnis perantara online dibutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan perlu adanya kepercayaan besar yang dapat terlihat di perspektif konsumen.

Untuk mendapatkan kepercayaan itu, salah satunya adalah dengan memberikan Promosi besar-besaran bagi Penjual dan Pembeli.

Misalnya dengan tidak mengambil biaya apapun dari transaksi jual beli. Gunakan kesempatan ini dengan baik dengan tidak mengecewakan pelanggan.

4. Berikan Sebuah Konsep Transaksi Yang Jelas

Dan yang terakhir adalah memberikan sebuah konsep transaksi yang jelas dan transparan.

Kebanyakan saat ini perusahaan E-Commerce tidak terbuka terkait harga yang ditetapkan sebagai biaya Administrasi.

Untuk itu, kesempatan kamu untuk meningkatkan peluang bisnis perantara online dengan memberikan sebuah sistem yang baru.

Semakin rinci penjelasan yang kamu berikan, maka semakin banyak orang akan menggunakan media yang kamu tawarkan.

Terlepas dari pendapatan dari Fee transaksi, kamu bisa saja mendapatkan penghasilan dari iklan Google yang kamu miliki. Sebuah peluang bisnis yang sangat menggiurkan bukan? Selamat Mencoba.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *