Peluang usaha

Peluang Usaha Event Organizer : Panduan Lengkap Memulai Usaha, Keunggulan, Tantangan dan Tips Sukses

Peluang usaha event organizer semakin bergairah untuk dijalankan saat ini. Hal ini dikarenakan kesempatan yang terbuka lebar dan potensi keuntungan yang diperoleh dari usaha event organizer yang akan dijalankan.

Banyaknya pihak yang membutuhkan jasa event organizer menjadikan usaha ini terus berpotensi untuk terus berkembang. Orang yang tidak sempat membentuk panitia acara biasanya lebih sering menunjuk salah satu EO untuk mengorganisir acara mereka.

Mulai dari acara pernikahan, seminar, sampai acara ulang tahun suatu kota/kabupaten pasti membutuhkan EO dalam menjalankan acaranya.

Bukan Cuma itu saja, usaha event organizer juga sangat diperlukan oleh beberapa kantor yang sering mengadakan internal. Sebut saja acara perpisahan dengan pimpinan lama, pelatihan pegawai baru biasanya sering menggunakan jasa EO dalam pelaksanaannya.

Banyaknya potensi pasar inilah yang membuat usaha event organizer sangat terbuka lebar menghasilkan keuntungan. Jika anda salah satu orang yang melihat potensi bisnis ini, maka panduan dalam membuka usaha event organizer berikut ini bisa kalian simak.

Apa yang Dimaksud Usaha Event Organizer

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam ada baiknya kita memahami apa yang dimaksud dengan usaha event organizer. Event organizer merupakan usaha yang masuk dalam kategori jasa, dimana jasa yang kita berikan adalah mengorganisir suatu kegiatan/acara agar dapat berjalan dengan baik.

EO merupakan pihak yang mirip dengan panitia suatu acara, sehingga dengan adanya EO orang yang memiliki suaru acara tidak perlu lagi direpotkan dengan pengurusan panitia.

Potensi yang Dimiliki Usaha Event Organizer

Setidaknya satu hal yang menjadikan usaha event organizer makin laris diburu pasar adalah karena adanya perubahan aktivitas masyarakat.

Banyak dari masyarakat yang terlalu sibuk dengan aktivitas mereka masing-masing sehingga tidak mungkin untuk mengurus suatu acara dengan baik. Oleh karena itulah jasa EO digunakan untuk mengatur dan mengorganisir acara mereka.

Persiapan Sebelum Memulai Bisnis

Disaat anda memilih untuk menekuni usaha event organizer, maka sangat diperlukan suatu persiapan agar usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik dan menguntungkan.

1. Pengalaman Anda Dalam Mengelola Acara

Pengalaman dalam mengelola acara merupakan hal yang sangat anda perlukan dalam memulai suatu usaha event organizer. Tanpa adanya pengalaman yang baik maka anda akan meraba-raba apa yang perlu dilakukan dan seperti apa menghadapi kendala yang datang.

Ada banyak sekali tempat untuk mendapatkan pengalaman kerja mengorganisir suatu acara salah satunya adalah kampus. Kampus bukan hanya tempat untuk mendalami ilmu kejurusan saja tapi lebih dari itu kampus mampu mengajarkan kalian tentang praktik kerja sekaligus.

Ikutlah ke dalam pengurusan suatu acara di kampus kalian dan mulai dapatkan pengalaman mengurus suatu acara disana.

Atau jika anda sudah terlanjur lulus atau tidak sempat merasakan pengalaman diatas, tidak perlu khawatir. Anda masih bisa mendapatkan pengalaman berharga dengan mengikuti EO orang lain terlebih dahulu.

Disaat anda ikut EO yang dimiliki oleh orang lain, kalian akan banyak belajar tentang pengalaman mengatur acara, cara bertemu dengan orang lain, cara koordinasi dengan rekan satu tim, dan bagaimana cara mengatur para staf dalam bekerja.

Pengalaman anda bekerja dengan orang lain inilah yang akan bermanfaat dalam usaha anda kelak. Sehingga disaat sudah tiba waktu usaha Event Organizer berjalan, anda sudah memiliki cukup banyak skill untuk mengelola usaha tersebut dan kendala yang dihadapi dapat dicegah karena anda sudah mengetahuinya.

3. Bangunlah Suatu Tim yang Kuat

Tim yang Dimiliki Harus Solid Via dmp-eo.com

Usaha Event organizer tidak bisa dilakukan seorang diri dan tanpa bantuan orang lain. Dalam usaha ini suatu tim yang solid dan kuat sangat anda perlukan untuk memastikan usaha tersebut dapat berjalan dengan baik.

Jadi mulailah mengajak teman dan kenalan yang kalian anggap dapat dijadikan rekan yang cocok untuk bekerja sama. Dengan tim yang baik, maka akan banyak ide-ide kreatif bermunculan dan hal ini tentu sangat diperlukan dalam sebuah usaha event organizer.

Bukan Cuma itu saja, usaha event organizer merupakan usaha jasa yang bisa jadi suatu saat anda harus mengurus sebuah acara yang sangat besar. Acara yang besar membutuhkan banyak kerja sama tim, mulai dari pihak yang mengurus perlengkapan acara, konsumsi para tamu, penganggaran dana, dan yang lainnya.

3. Mulailah Membangun Relasi yang Kuat

Relasi yang kuat dan luas sangat anda perlukan agar mampu mendukung berjalannya suatu usaha event organizer. Banyaknya relasi dalam usaha tentu akan sangat memudahkan kalian jika membutuhkan suatu hal.

Sebagai contohnya saja dalam usaha EO, anda memerlukan para pemasok bahan baku makanan, tempat menyewa sound system, dan hal lainnya. Dengan luasnya relasi, kebutuhan yang anda perlukan tersebut dapat lebih mudah terpenuhi. Bukan itu saja, kemungkinan anda mendapatkan harga yang lebih murah bisa saja terjadi karena hubungan relasi yang kuat tersebut.

Manfaat selanjutnya yang akan anda peroleh disaat memiliki banyak relasi dan jaringan adalah kemudahan untuk mendapatkan klien. Jaringan yang merasa puas dengan kualitas acara yang anda organisir kemudian akan merekomendasikan usaha EO anda kepada temannya yang lain.

Manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan dalam mendapatkan jaringan yang luas. Dengan luasnya jaringan yang kalian miliki akan menjadikan usaha yang anda dirikan dapat lebih mudah untuk berkembang.

4. Persiapkan Modal yang Benar

Persiapkan modal yang benar artinya anda harus tahu berap jumlah yang akan dikeluarkan jika akan memulai usaha event organizer. Jumlah modal ini dipengaruhi dengan sistem acara yang akan kalian buat dengan pihak klien yang menggunkan jasa.

Pertama, jika anda menggunakan sistem uang penyelenggaraan acara dibayar langsung dimuka, tentu saja anda tidak membutuhkan banyak modal yang harus dikeluarkan. Hal ini dikarenakan anda hanya perlu mengelola dana yang diberikan tersebut untuk kemudian dibuatkan suatu acara yang baik.

Dengan konsep seperti ini, dana yang perlu disiapkan hanya berupa dana cadangan saja agar jangan sampai acara tidak jadi berlangsung karena kekurangan biaya.

Kedua, anda menggunakan konsep dimana pihak klien membayar dana separuh dan sisanya dibelakang setelah acara selesai. Maka, anda harus siap dengan biaya ekstra dan lebih besar dari konsep yang sebelumnya. Belum lagi jika mereka ingin 100 persen dibayar dibelakang, tentu akan semakin besar dana awal yang kalian perlukan untuk memulai.

Jadi, perhitungkan dengan matang seperti apa konsep usaha yang akan dijalankan. Agar modal yang perlu dipersiapkan dapat terpenuhi dengan cukup.

5. Keluarkan Ide Kreativitas di Kepalamu

Kreativitas Via kellicrockett.com

Usaha event organizer sangatlah memerlukan ide dan kreativitas yang sangat tinggi. Kembangkanlah ide dan kreatifitas yang tinggi untuk mendukung berkembangnya usaha anda dimasa depan.

Hal ini diperlukan agar kepuasan klien yang menggunakan jasa anda dapat terpenuhi dan mereka tidak merasa kecewa dengan jasa yang telah anda berikan.

Fleksibilitas ide dan daya kreatif diperlukan karena usaha event organizer bukan hanya mengorganisir satu jenis acara saja. Selain acara pernikahan, usaha anda pasti akan mengurusi event yang lainnya seperti pelantikan pegawai baru dan perayaan ulang tahun.

Jadi jika kalian tidak mengembangkan ide, usaha yang dijalankan tidak akan menarik banyak calon pelanggan untuk menggunkan jasa anda.

Keunggulan dan Kelemahan Usaha Event Organizer

Pembahasan selanjutnya berkaitan dengan keunggulan yang dimiliki dan kelemahan yang ada saat menjalankan usaha event organizer. Hal ini perlu kita pahami agar dapat dengan segera mempersiapkan diri disaat kendala datang dan masalah yang memerlukan perbaikan dengan segera.

1. Waktu Kerja Anda Bebas

Keunggulan yang pertama adalah waktu kerja yang lebih fleksibel dan tidak kaku. Hal ini sangat berbeda dengan waktu kerja jika anda bekerja di instansi atau kantor yang menuntut waktu kerja yang sama setiap harinya.

Saat menjalankan usaha event organizer, anda bebas menentukan kapan waktu kerja terbaik yang bisa anda lakukan agar hasilnya optimal dan memuaskan klien.

Tidak ada aturan yang mengikat anda untuk datang pagi dan pulang sore karena ini usaha anda, maka kalianlah yang menentukan waktu kerja terbaik.

Namun, meskipun waktu kerja bisa diatur dengan bebas bukan berarti anda bisa hari ini bekerja dan besoknya tidak. Hal ini dikarenakan manajemen waktu dan memprioritaskan pekerjaan perlu anda lakukan. Jadi jangan sampai waktu kerja yang fleksibel malah membuat anda bermalas-malasan dan sering menunda pekerjaan.

2. Banyak Dibutuhkan Orang

Keunggulan kedua yang bisa kita dapatkan saat melakukan usaha event organizer adalah usaha ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Diperkotaan yang memiliki kesibukan yang padat dan orang sangat sulit untuk menyisihkan waktu untuk mempersiapkan acara, maka tempat inilah yang menjadi ladang pendapatan kalian.

Banyak orang yang membutuhkan jasa EO untuk mendukung berlangsungnya acara yang akan mereka lakukan.

3. Anggaran yang Bisa Anda Sesuaikan Sendiri

Usaha event organizer memiliki keunggulan dimana anggaran acara dapat lebih fleksibel dan tidak kaku. Anda hanya perlu berdiskusi kepada para klien yang menggunakan jasa anda tentang berapa anggaran yang bisa mereka siapkan untuk acara.

Kemudian dengan anggaran tersebut anda bisa mengelolanya agar mampu menjadi sebuah acara yang baik dan tersusun dengan rapi. Namun jangan lupa dengan porsi keuntungan dan biaya yang harus anda keluarkan. Jadi anda harus bisa memastikan ada bagian keuntungan yang akan anda dapatkan saat mengatur acara tersebut.

4. Memiliki Resiko yang Harus Diwaspadai

Resiko Konser Musik Via Mozaic.co.id

Setiap usaha pasti memiliki resiko tersendiri yang perlu diwaspadai dan dicarikan jalan keluarnya, begitu juga dengan usaha event organizer.

Resiko yang biasa menimpa adalah para EO yang fokus dibidang promotor konser musik dan sejenisnya. Usaha EO seperti ini sangat besar resiko terhadap hal-hal yang tidak diinginkan karena mereka bekerja bukan berdasarkan permintaan.

Sebagai contohnya saja saat mereka berencana untuk menyelenggarakan konser musik. Semua persiapan telah tersusun baik, mulai dari tiket yang habis terjual, peralatan konser, fee untuk pengisi acara juga sudah dibayarkan.

Namun, muncul masalah seperti serangan bom atau teroris di negara yang akan menyelenggarakan konser musik tersebut.

Ancaman yang membahayakan keselamatan ini pasti membuat artis yang akan tampil membatalkan konser tersebut.

Belum lagi resiko tambahan seperti tiket konser yang tidak laku terjual, padahal acara sebentar lagi akan dilaksanakan. Meskipun tahu akan rugi, konser harus tetap berjalan karena mereka tidak mungkin membatalkan konser secara sepihak saja.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Event Organizer

1. Konsep Event yang Matang

Tips sukses yang pertama adalah dengan kemampuan anda membuat sebuah konsep yang menarik dan memiliki kualitas terbaik.

Agar mampu mewujudkan hal ini, daya kreativitas yang tinggi sangat diperlukan oleh anda dan tim yang akan menyelanggarakan acara tesebut.

Konsep yang baik akan mencerminkan kualitas dari jasa EO yang kalian tawarkan. Jadi, persiapan konsep yang matang harus benar-benar anda pertimbangkan agar mampu menghasilkan acara yang baik.

Anda juga harus memiliki kemampuan bekerja sama dengan pihak klien yang akan menyelengarakan acara. Hal ini dikarenakan kalian harus mampu menyatukan pemikiran antara satu dengan yang lainya.

2. Tingkatkan Skill Tim yang Kalian Miliki

Ingatlah, usaha event organizer merupakan usaha yang memerlukan kerja sama tim yang baik. Oleh karena itu anda sangat membutuhkan kualitas tim yang mumpuni agar mampu menghadirkan acara yang berkualitas dan apik.

Tingkatkan kekompakan tim yang kalian miliki agar mampu menyatukan perbedaan pendapat yang ada. Saling bertukar ide dan pikiran diharapkan akan membantu berjalannya usaha ke arah yang lebih baik.

3. Jangan Lakukan Sendiri, Carilah Sponsor Acara

Sponsor Via nhora.org

Jika Event Organizer yang anda miliki mengarah ke arah promotor musik, maka inilah saatnya anda bekerja sama dengan para sponsor.

Konser musik yang kalian selenggarakan merupakan salah satu tempat yang menjadi potensi pasar para sponsor. Kembangkanlah relasi yang luas agar mampu mendapatkan lebih banyak sponsor yang akan mendukung anda menyelanggarakan acara .

Didalam konser musik sendiri, produsen rokok biasanya menjadi sponsor yang sering terlibat. Namun, anda juga harus berpikir agar mereka mau menjadi sponsor acara yang kalian buat. Carilah suatu kondisi win-win yaitu kalian terbantu dengan dana yang diberikan sponsor dan pihak sponsor juga mendapatkan keuntungan dengan banyaknya pasar yang akan melihat produk yang akan mereka tawarkan.

4. Mulailah Bekerjasama Dengan Komunitas

Melakukan pemasaran lewat keberadaan komunitas sangat diperlukan agar mampu mendukung berjalannya usaha yang sedang anda jalankan. Sifat dasar manusia yang senang berkumpul dan melakukan aktivitas secara bersama-sama menjadi salah satu keuntungan mengapa komunitas menjadi pemasaran yang efektif.

Sebagai contohnya saja, perusahaan penerbangan Indonesia yang bernama Garuda menggunakan komunitas golf untuk mereka ajak bekerja sama. Dimana komunitas golf tersebut mereka ajak bekerja sama untuk beberapa event dan penjualan yang dimiliki Garuda Indonesia.

Kembangkanlah ide pemasaran yang dimiliki Garuda Indonesia, mulailah untuk mengembangkan sebuah komunitas yang akan menjadi pasar anda di masa depan.

5. Lakukan Promosi Lewat Media Sosial

Dizaman yang serba terhubung dan terkoneksi satu sama lainnya sangat sayang jika anda tidak memanfaatkan media sosial untuk menjadi salah satu cara anda mengembangkan usaha.

Banyak sekali contoh produk yang mampu sukses berkat keunggulan mereka dalam memanfaatkan media sosial dengan baik. Ambil contohnya kripik Maicih yang mampu masuk ke banyak pasar lewat media sosial yang mereka miliki.

Belum lagi dengan adanya fakta bahwa pengguna media sosial di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia saat ini. Buktinya adalah seringkali peristiwa dan kejadian di Indonesia menjadi salah satu trending topic di berbagai media sosial.

Jadi, mengapa tidak anda manfaatkan untuk mempromosikan usaha event organizer yang dijalankan.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close