Peluang usaha

7 Peluang Usaha Modal Kecil, Sangat Cocok Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

Sebagai seorang pelajar, terkadang uang saku dari orang tua itu sangat ngepas, belum untuk jajan di sekolah, keperluan mendadak, sampai traktir si doi, terlebih bila kamu adalah anak kuliahan yang bisa dikatakan sudah cukup dewasa, tentu malu dong bila harus minta melulu sama orang tua.

“Lalu apa dong yang harus saya lakukan ?”

“Saya ingin kerja buat mendapatkan tambahan uang, tapi di satu sisi saya ingin fokus belajar”

peluang usaha modal kecil
Ilustrasi berbisnis dari memanfaatkan peluang usaha

Pernyataan di atas tidak salah, terkadang ada yang memiliki niat untuk bekerja, tapi di satu sisi ingin fokus untuk belajar, dan takut bila pekerjaan nantinya hanya menjadi penghalang untuk mendapatkan nilai yang bagus.

Maka dari itu, sebenarnya ada cara lain dalam mendapatkan uang, yaitu dengan memanfaatkan peluang usaha yang ada di sekitar anda, amati peluang usaha tersebut, pelajari , dan lancarkan aksi bisnismu, dengan begini anda bisa mendapatkan uang tambahan tanpa mengorbankan waktu belajar anda.

Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

Berikut telah saya rangkum beberapa usaha dengan modal yang kecil, dan sangat berpeluang untuk sukses bila anda tekuni dengan sunguh-sunguh, dan beberapa diantaranya juga sedang saya jalani saat ini.

1. Jasa Design Grafis

Diawali oleh usaha yang sedang saya geluti saat ini, memang sih kalau dipikir-pikir usaha ini lebih cocok untuk anda yang merupakan anak design dan multimedia, tapi toh saya bisa menjalaninya hanya dengan modal skill otodidak, dan kemampuan pengaplikasian software yang masih jauh di bawah design grafis profesional, tentu bila ada niat pasti ada jalan.

Saya sendiri memasarkan produk saya melalui situs E-Commerce yang sedang menjamur belakangan ini, adapun software yang saya gunakan hanyalah photoshop dan coreldraw, saat ini yang saya hanya menyediakan design karikatur, vector face, wpap, dan siluet, sedangkan untuk harga biasanya saya mematok harga mulai dari 50ribuan, dan pengiriman biasanya melalui email. dan hasilnya lumayan buat nambah biaya kuliah saya.

Loading...

2. Jasa Penyewaan Kamera

peluang usaha modal kecilMasih dengan usaha yang saya geluti, akhir-akhir ini minat masyarakat terhadap kamera dan foto sangat besar, terutama buat kaum anak baru gede, tiap waktu dan tiap jalan kemana-mana pasti musti meninggalkan jejak berupa selfie. di sini peluangnya, tidak semua orang mau membuang uangnya hanya untuk membeli kamera, kenyataannya kebanyakan mereka memilih untuk menyewa dibandingkan dengan membeli.

Sebenarnya poin ini modalnya tidak bisa dikatakan kecil, tapi bisa diakali dengan memanfaatkan diskon dari E-Commerce, saya sendiri hanya bermodalkan 2 buah kamera aksi dalam memulai usaha ini, dan dulu saya mendapatkan diskon dari situs E-Commerce yang membuat saya lebih hemat dalam mengeluarkan modal untuk bisnis ini, dan setelah 3 bulan belalu, bila saya totalkan maka hasil penyewaan kamera tersebut sudah dapat dibelikan 4 kamera sejenis.

Perlu diingat bila bisnis ini cukup beresiko, yaitu kamera yang rusak maupun hilang, untuk itu disarankan berjaga-jaga dengan membuat perjanjian terlebih dahulu dengan konsumen, dan mengharuskan konsumen menitipkan jaminan bisa berupa KK, maupun KTP yang masih berlaku.

3. Menjadi reseller atau dropshiper

Saya yakin anda sudah tidak asing lagi dengan poin ketiga ini, yap benar sekali, anda bisa saja menjadi sukses hanya dnegan menjadi reseller maupun dropshipper produk, terserah produk apa saja, bisa produk dari toko dekat rumah anda, atau anda bisa mengetikkan keword [reseller/dropshipper] pada kolom pencarian google untuk mengetahui toko-toko online yang menyediakan jasa reseller dan dropshipper.

Jadi tinggal pintar-pintarnya anda berpromosi saja dalam memasarkan produk dagangan anda, sangat disarankan untuk menggunakan internet dalam usah ini, karena dengan internet maka kesempatan produk dagangan anda dikenal luas akan semakin meningkat, dengan begitu akan menguntungkan pula untuk usaha anda ini.

4. Endorse Atau Review Produk Toko Online

Pernahkah anda mendegar kata endorse, endorse merupakan tindakan dimana kamu mendukung sesuatu. bisa juga diartikan sebagai review, dan peluang usaha ini sangat cocok untuk anda yang merasa “tenar” di sosial media seperti instagram, jadi anda diharuskan mereview produk yang diberikan oleh toko online,  anda bisa upload foto ke instagram dengan menggunakan produk milik mereka dengan memberikan review yang bagus terhadap produk mereka.

Untuk penghasilannya sih biasanya bila anda cukup tenar di sosial media tersebut anda akan diberikan produk yang anda review dengan gratis, tapi bila anda sangat tenar, bisa saja anda akan dibayar mahal untuk setiap foto endorse yang anda upload.

5. Menjual Artikel Atau Karya Tulisan Pribadi

Poin kelima ini juga merupakan usaha yang sedang saya lakoni, bila anda merasa bila anda jago menulis, atau setidaknya bisa menulis, dan memiliki ide ide dan inovasi baru dalam setiap tulisan, maka sangat dianjurkan untuk mencoba peluang usaha ini, di usaha ini modal utama yang harus anda miliki hanya pemikiran dan wawasan yang luas.

Saya sendiri selain menulis di KlikMania, pernah juga menjadi penulis bayaran di blog orang lain, dan pernah juga saya menjual karya pusi dan cerpen saya ke perusahaan koran, dan juga situs seperti republika, tawarannya cukup menggiurkan dan menjanjikan bila dilakoni dengan tekun.

6. Menjadi Seorang Blogger

Peluang usaha ini agak mirip dengan poin keempat, hanya saja bedanya di sini karya tulisan anda, akan anda pergunakan sendiri untuk mengisi blog pribadi anda, dengan kata lain tulisan anda tidak akan dibayar.

“Ndak dibayar iki piye mass??”

Tapi tunggu dulu, apa anda pernah mendengar tentang kisah blogger sukses, lalu darimanakah mereka mendapatkan uang bila tulisan mereka tidak dibayar ??

Jawabannya tentu dari Iklan

Ya, iklan lah yang membayar mereka, jadi ini yang membuat mereka tidak pernah merasa bosan berbagi meski tulisan mereka tidak dibayar, karena mereka medapatkan bayaran dari iklan yang terpajang di blog mereka, entah itu pembayarannya perklik atau perbulan, itu tergantung dari kebijakan masing-masing program iklan yang mereka ikuti.

7. Menjual Template Blogger Atau WordPress Karya Pribadi

Peluang usaha ini sebenarnya lebih tertuju kepada mereka yang memiliki kemampuan lebih dalam dunia web.

“Lo lo lo, yang masih pelajar mana ngerti sama urusan web”

Faktanya saya sebagai lulusan SMK dan di SMK saya dulu ada jurusan yang namanya rekayasa perangkat lunak, jadi mereka diajarkan membuat web tingkat dasar, dan dapat dikembangkan lagi bila ada kemauan, terbukti dengan teman saya yang sedari SMK dulu sudah jago membuat template blogger, inilah peluang usahanya, jika anda bisa membuat template yang responsive dan bagus dengan fitur premium, maka anda bisa menjual template buatan anda tersebut.

Peluang usaha ini cukup menjanjikan mengingat sekarang ini template responsive sangat diminati oleh kalangan blogger. saya sarankan untuk permulaan bisa memasang harga murah dulu, atau bisa juga dengan memberikan versi gratisnya juga untuk meyakinkan calon pembeli template anda.

Baiklah, hanya itu itu saja beberapa peluang usaha yang telah saya rangkum, yang beberapa diantaranya juga saya lakoni sendiri,  tentu perlu untuk diingat, setiap usaha hanya akan sukses bila dilakoni dengan serius, jadi selalu serius ya dalam memulai usahamu.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Vilandus

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

12 Comments

  1. setuju mas saya juga nyoba buka jasa desain dan alhamdulillah lumayan hasilnya.. dan hanya bermodalkan keterampilan dan kesabaran aja mas. hehe

  2. Wah, kalau saya masih jualan theme, walaupun masih sekedar ber-Affiliate..artikelnya sangat Inspiratif mas Arnoldus 😀

    1. wah terimakasih mas genisebastian sudah menyetujui saya untuk bergabung, ini juga merupakan artikel pertama saya di KlikMania, semoga laris dan sukses terus berjualan template/theme nya mas.

  3. menjadi seorang blogger sepertinnya menjadi pilihan yang asik ya, selain hobi kita juga bisa mendapatkan penghasilan buat tambahan uang jajan selagi fokus belajar 😀

    1. Wah ane lupa masukin yang ini mas, tapi kalau untuk orang awam yang tidak terlalu mengerti dengan sistem pembayaran online seperti paypal dsb, bisa saja merjualan pulsa elektrik saja, dengan target pemasaran paling besar yaitu tetangga. dan teman kampus atau sekolah. ini cukup menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *