Peluang usaha

Peluang Usaha Petshop : Ini Tips Sebelum Memulai Usaha dan Analisa Modal Awal Membuka Usaha

Peluang usaha petshop saat ini sudah semakin marak ditekuni oleh sebagian orang di Indonesia. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya petshop yang mulai dibuka untuk memenuhi berbagai keperluan para pecinta binatang.

Maraknya masyarakat yang mencoba peluang usaha petshop dikarenakan semakin banyaknya permintaan di dalam masyarakat akan keperluan hewan peliharaan mereka. Banyak dari masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing dan anjing dan sangat membutuhkan makanan dan pelayanan yang tersedia di petshop.

Jika anda termasuk ke dalam orang yang mencintai binatang  dan senang berinteraksi dengan mereka, peluang usaha petshop bisa menjadi bisnis yang harus anda coba.

Berikut ini tips yang bisa anda lakukan sebelum memulai usaha petshop dan selanjutnya akan dijabarkan analisa modal awal yang diperlukan untuk memulai usaha.

Peluang Usaha Petshop
Petshop Via pawspets.co.uk

Pertimbangkan Tempat Usaha yang Strategis

Langkah awal sebelum anda mulai menekuni bisnis petshop adalah dengan terlebih dahulu menemukan tempat usaha yang cocok untuk keberlangsungan bisnis anda.

Menjadikan rumah anda sebagai tempat usaha bukanlah langkah yang bijak dalam memulai usaha ini. Hal ini dikarenakan hewan-hewan yang ada di dalam petshop seperti anjing sangatlah berisik dan akan mengganggu kenyamanan rumah anda. Belum lagi jika anda berada di dalam sebuah perumahan yang padat dengan penduduk, hal ini pasti akan mengganggu para tetangga yang tinggal berdekatan dengan anda.

Carilah sebuah ruko yang mudah diakses banyak orang seperti ruko yang berlokasi dekat dengan jalan raya. Memilih ruko lebih meminimalisir protes masyarakat akan suara anjing yang berisik karena ruko merupakan tempat yang ditujukan untuk berdagang dan berbisnis oleh siapa saja.

Namun sebagai etika anda seharusnya tetap meminta izin kepada para pemiliki ruko yang berdekatan dengan anda. Hal ini merupakan cara yang perlu kita lakukan sebagai masyarakat yang memiliki tata krama.

Perhatikan Luas Bangunan Ruko yang Anda Miliki

Ruko yang anda sewa atau beli paling tidak harus cukup luas untuk mendukung anda mulai melakukan usaha petshop tersebut. Hal ini dikarenakan anda harus bisa memberikan kenyamanan kepada hewan peliharaan yang ada di dalam petshop dan kenyamanan para pelanggan anda.

Ruangan pertama yang perlu anda persiapkan adalah tempat anda menjual berbagai macam barang yang diperlukan hewan peliharaan. Barang-barang tersebut meliputi berbagai jenis makanan anjing dan kucing, berbagai obat dan suplemen yang dibutuhkan hewan peliharaan, sampo untuk memandikan hewan peliharaan, sampai berbagai macam aksesoris untuk hewan peliharaan.

Didalam ruangan ini pula anda bisa meletakkan tempat kasir sebagai tempat para pelanggan anda membayar transaksi yang mereka lakukan.

Selanjutnya anda membutuhkan ruangan yang berfungsi untuk hewan peliharaan yang dijual atau yang sedang dititipkan kedalam petshop anda. Tempat ini bisa anda gunakan juga untuk meletakkan berbagai kandang yang akan anda jual dan sebagai tempat untuk memberikan perawatan kepada hewan peliharaan yang ada.

Ditempat khusus ini hewan peliharaan tersebut bisa leluasa bermain agar mereka tidak mengalami stres namun tetap tidak mengganggu kenyamanan pengunjung yang datang.

Kedua ruangan tersebut harus anda pisahkan keberadaanya dan jangan pernah digabungkan dengan alasan apapun. Alasan yang pertama dengan terpisahnya kedua ruangan akan menjadikan para pengunjung yang berniat membeli makanan dan perlengkapan hewan tidak terganggu dengan bau kotoran hewan yang menyengat, sehingga mereka bisa lebih leluasa dalam berbelanja.

Alasan yang kedua adalah agar anda sebagai pemilik usaha memiliki ruangan yang khusus merawat hewan dan sebagai tempat agar hewan dapat bermain dan terhindar dari stres.

Persiapan Peralatan  Usaha dan Barang yang Akan Dijual

Setelah semua tempat usaha siap, langkah selanjnya adalah dengan mencari peralatan yang akan mendukung usaha anda dan berbagai macam barang yang akan anda jual.

Peralatan usaha yang dimaksudkan adalah peralatan yang akan mendukung anda memberikan pelayanan seperti penitipan hewan, jual beli hewan, dan salon hewan.

Hewan yang anda jual tidak mungkin dibiarkan berkeliaran disekitar ruangan sepanjang hari. Mereka membutuhkan beberapa kandang untuk tempat tinggal mereka dan sebagai tempat agar para pelanggan bisa melihat hewan peliharaan yang akan mereka beli.

Selanjutnya berkenaan dengan jasa penitipan hewan yang anda berikan. Para pelanggan yang menitipkan hewan peliharaan mereka kepada pet shop pasti menginginkan layanan yang lebih dari itu. Hewan yang dititipkan perlu untuk dibersihkan, diberi makanan, dan tempat bermain agar tidak stres.

Persiapkanlah peralatan usaha yang meliputi beberapa sampo dan pengering rambut untuk membersihkan hewan yang dititipkan. Belilah beberapa aksesoris agar hewan yang dititipkan ke petshop anda tidak mudah menjadi stres dan dapat bermain dengan aksesoris tersebut.

Kemudian jika petshop yang anda dirikan memberikan jasa salon untuk perawatan hewan peliharaan, pastikan juga anda menyediakan berbagai keperluan salon tersebut untuk kelancaran usaha yang dijalankan.

Barang yang Diperdagangkan

Setelah anda mempersiapkan beberapa peralatan yang mendukung anda memberikan pelayanan di dalam petshop. Selanjutnya anda harus menyediakan berbagai jenis barang untuk keperluan pelanggan berbelanja di dalam petshop anda.

Siapkanlah berbagai jenis makanan hewan yang bervariasi mereknya agar para pelanggan dapat leluasa memilih produk yang terbaik untuk hewan peliharaan mereka. Jika mereka belum memahami perihal mahanan hewan yang terbaik anda bisa memberikan rekomendasi makanan hewan dengan menyebutkan berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki produk tersebut.

Stok makanan hewan harus benar-benar anda perhatikan agar jangan sampai kehabisan dalam menjalankan usaha ini. Hal ini dikarenakan banyak dari pelanggan yang datang ke petshop pasti bertujuan untuk membeli makanan untuk hewan peliharaan mereka.

Barang dagangan yang harus anda persiapkan selanjutnya adalah vitamin dan obat yang dibutuhkan para hewan peliharaan. Kedua jenis barang ini memiliki permintaan yang cukup banyak setelah makanan hewan peliharaan. Persiapkan berbagai vitamin untuk pertumbuhan hewan, obat flu, dan juga obat cacing khusus hewan peliharaan.

Pastikan untuk hal ini anda telah benar-benar paham berbagai jenis suplemen dan obat sebelum menawarkannya kepada pelanggan. Kesalahan dalam pemberian obat tentu akan berdampak buruk bagi hewan peliharaan.

Barang dagangan yang terakhir merupakan berbagai macam barang yang cenderung tidak banyak dibeli oleh para pelanggan. Namun meskipun demikian, anda selaku pengusaha petshop tetap memerlukan barang untuk disediakan di dalam petshop.

Barang-barang tersebut meliputi kandang hewan peliharaan, aksesoris hewan seperti pakaian, kalung, dan mainan untuk hewan peliharaan.

Hewan Apa yang Dilayani Didalam Petshop Anda

Meskipun peluang usaha petshop bukan berarti semua hewan peliharaan tersedia di dalam sebuah petshop. Pada umumnya petshop lebih menitikberatkan pada pelayanan dua jenis binatang saja anjing dan kucing.

Hal ini bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan para pemilik hewan anjing dan kucing merupakan orang-orang yang memiliki tingkat ekonomi menengah ke atas. Masyarakat seperti ini cenderung rela melakukan apa saja untuk hobi yang mereka miliki dan tidak terlalu sensitif terhadap harga yang mahal.

Pangsa pasar seperti mereka juga lah yang akan menggunakan jasa penitipan hewan dan salon hewan yang anda tawarkan.

Jadi peluang usaha petshop yang anda lirik memiliki pangsa pasar menengah ke atas dan hewan yang dipilih pun anjing dan kucing saja.

Jika sudah menentukan hal ini, maka anda sebagai pelaku usaha harus menyediakan beberapa jenis hewan untuk dijual di dalam petshop yang anda bangun.

Carilah jenis hewan yang diminati oleh sebagian besar pasar agar perputaran uang yang anda dapatkan cepat terjadi. Memilih hewan yang tidak diminati pasar akan menjadikannya lama untuk laku dipasaran. Hal ini tentu sangat tidak efisien dilakukan karena akan menambah biaya pengeluaran dan biaya perawatan hewan.

Beberapa jenis kucing yang memiliki banyak peminat meliputi jenis kucing anggora dan kucing persia. Selanjutnya untuk jenis anjing meliputi anjing puppy dan bulldog yang memiliki banyak peminat di Indonesia.

Jangan terlalu banyak menghabiskan modal awal untuk membeli banyak hewan yang akan dijual. Hal ini dikarenakan jenis hewan tersebut memakan banyak biaya dan tidak setiap hari dapat terjual.

Fokuslah dengan memiliki 2 ekor kucing dan 2 ekor anjing terlebih dahulu sebagai tahap awal memulai usaha. Jika ada hewan yang laku terjual ,baru selanjutnya bisa anda belikan lagi jenis hewan yang lain untuk stok hewan yang akan dijual.

Layanan Apa yang Anda Tawarkan Kepada Pelanggan ?

Peluang usaha petshop memiliki peluang keuntungan yang sangat luas untuk dijalalanka. Artinya ada banyak sekali sumber pendapatan yang bisa diperoleh lewat berbisnis petshop. Dengan demikian sebagai pelaku usaha anda tidak boleh membatasi keuntungan yang didapatkan.

Petshop yang anda dirikan bisa menjadi tempat masyarakat membeli hewan peliharaan, menjadi tempat perawatan anjing dan kucing, tempat penitipan hewan peliharaan, dan juga menjual berbagai jenis makanan dan aksesoris untuk digunakan oleh hewan peliharaan.

Namun jika anda masih kekurangan dana modal untuk melakukan keseluruhan layanan tersebut, anda bisa fokus melayani beberapa layanan saja terlebih dahulu. Anda bisa terlebih dahulu menjual berbagai jenis makanan dan vitamin hewan ditambah dengan pemberian jasa salon dan penitipan hewan.

Jasa-jasa diatas telah terbukti memiliki pasar yang lebih besar dan memiliki perputaran uang yang tinggi demi berlangsungnya usaha yang anda jalankan.

Jika dana anda sudah cukup dan telah terakumulasi cukup banyak, barulah anda tambahkan dengan memberikan pelayanan menjual anjing dan kucing peliharaan.

Cara yang paling jitu menghemat pengeluaran ini adalah dengan membeli 2 jenis hewan yang berlainan jenis untuk selanjutnya anda kawinkan. Hasil perkawinan tadi bisa anda rawat dan selanjutnya baru bisa dijual apabila telah cukup umur dan bisa lepas dari induknya.

Cara seperti ini terbukti mampu menekan biaya pengadaan hewan yang akan anda jual kepada para pelanggan.

Usaha Anda Perlu Dipromosikan

Lakukanlah promosi terhadap usaha yang anda jalankan dengan konsiten dan terus menerus. Mengenalkan usaha kepada para pelanggan memiliki banyak sekali cara dan bisa dilakukan secara online dan offline.

Pertama kita akan membahas cara melakukan promosi secara offline atau promosi dengan cara konvensional. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan pada metode promosi offline yang bisa anda lakukan. Anda bisa menyebarkan brosur petshop kepada para pengunjung yang datang ke acara kontes hewan. Diketahui bahwa sebagian besar masyarakat yang datang ke kontes hewan biasanya para pecinta binatang. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi anda karena dengan membagikan brosur di acara kontes hewan kemungkinan petshop anda dikenal masyarakat luas akan semakin besar.

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan mobil yang anda miliki sebagai tempat promosi berjalan. Caranya adalah dengan menempel berbagai stiker yang mengenalkan tempat usaha anda kepada khalayak ramai pada mobil yang dimiliki. Sehingga dengan demikian disaat anda berkendara akan ada banyak mata yang melihat mobil yang anda kendarai dan mulai mengetahui petshop yang anda dirikan.

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan promosi yang menggunakan media online dan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Gunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk mengenalkan petshop yang anda dirikan kepada masyarakat luas. Berikan keterangan yang lengkap tentang manfaat yang akan mereka dapatkan jika menggunakan jasa dari petshop yang anda tawarkan.

Gunakan Facebook sebagai tempat anda mengedukasi masyarakat tentang berbagai cara merawat hewan peliharaan. Dengan cara seperti ini masyarakat akan lebih percaya kepada jasa yang anda tawarkan dan selanjuntya akan berusaha menggunakan jasa yang ditawarkan.

Manajemen Usaha yang Baik

Keberlangsungan sebuah usaha sangat ditentukan dengan cara pengelolaan yang handal. Maka dari itu selaku pengusaha petshop anda wajib memiliki manajemen usaha yang baik dan kepemimpinan yang baik.

Selaku pemiliki usaha anda harus memiliki gambaran yang jelas tentang pengembangan usaha di masa depan. Anda harus mengetahui cara meningkatkan laba agar selanjutnya bisnis yang anda miliki mampu berkembang dan memiliki banyak cabang di Indonesia.

Anda harus mampu memimpin para karyawan yang anda rekrut dan mendelegasikan beberapa tugas disaat anda tidak berada ditempat. Jelaskan kepada mereka budaya kerja yang anda inginkan dan bagaimana melayani pelanggan dengan baik.

Anda juga harus memiliki kerjasama dengan berbagai pihak agar bisnis yang anda kelola dapat berjalan dengan baik. Pihak yang harus anda ajak kerjasama meliputi para pemasok makanan hewan dan para dokter hewan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada hewan yang ada di dalam petshop anda.

Anda juga harus menentukan jam operasional usaha yang pas dan berbagai paket pelayanan yang anda sediakan di dalam petshop.

Kejelasan sistem usaha dan manajemen usaha yang apik merupakan kombinasi yang baik demi berlangsungnya usaha di masa depan. Jadi anda yang melihat peluang usaha petshop ini harus benar-benar jeli mempersiapkan hal ini.

Rekrutlah Tenaga Kerja

Anda harus dibantu beberapa orang karyawan untuk menjalankan usaha petshop karena usaha ini tidak bisa dilakukan seorang diri tanpa bantuan sama sekali.

Paling tidak anda harus memiliki 2 orang karyawan yang membantu anda menjalalankan usaha. Satu orang sebagai penjaga ruangan yang menjual berbagai aksesoris hewan dan makanannya. Satu orang lagi bertugas melakukan perawatan terhadap hewan yang dititipkan atau hewan yang akan dijual di petshop anda.

Jika anda tidak menyediakan karyawan untuk menjaga hewan yang dititipkan maka resiko kerugian yang akan anda terima semakin besar. Resiko hewan yang tidak terurus bisa menyebakan kematian pada hewan peliharaan yang dititipkan.

Pastikan juga anda merekrut tenaga kerja yang cekatan dalam bekerja dan terampil dalam memberikan perawatan pada hewan. Akan lebih baik lagi jika anda merekrut tenaga kerja yang memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap hewan peliharaan. Karyawan yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap hewan dapat dipastikan memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan karyawan yang tidak suka berdekatan dengan hewan.

Analisa Modal Awal Peluang Usaha Petshop

Penjelasan selanjutnya berkaitan dengan modal peluang usaha petshop yang harus anda persiapkan sebelum memulai usaha petshop. Walaupun peluang usaha petshop termasuk ke dalam usaha yang membutuhkan modal yang cukup besar namun mengingat besarnya peluang pada usaha ini menjadikan anda tidak perlu terlalu memikirkan besarnya modal yang dikeluarkan.

Modal Awal Usaha Petshop

Berbagai Jenis dan Ukurang Kandang untuk Dijual Rp 3.000.000

Berbagai macam makanan anjing dan kucing Rp 6.000.000

Sampo, Vitamin, dan Obat Hewan Peliharaan Rp 2.000.000

Aksesoris dan Perlengkapan Hewan Peliharaan Rp 1.000.000

Total Modal Awal sebesar Rp 12.000.000

Asumsi Laba yang Didapatkan

Pendapatan Usaha Selama Satu Bulan

Penitipan Hewan Peliharaan selama 30 Hari (30 x Rp 50.000) Rp 1.500.000

Jasa Salon Hewan Peliharaan (90 hewan x Rp 70.000) Rp 6.300.000

Keuntungan dari Makanan Hewan yang Dijual Rp 1.500.000

Keuntungan Penjualan Aneka Aksesoris Rp 1.500.000

Maka selama satu bulan anda akan mendapatkan pendapatan sebesar Rp 10.800.000

Beban yang Harus Dikeluarkan Selama Satu Bulan

Gaji 2 Orang Karyawan (Rp 1.000.000 x 2) Rp 2.000.000

Biaya Makanan Hewan yang Dititipkan Rp 3.000.000

Biaya Sampo dan sebagainya untuk Hewan yang Dititipkan dan Salon Rp 2.000.000

Biaya Listrik, Air, dan Telpon Rp 800.000

Total Biaya yang Dikeluarkan Selama Satu Bulan Rp 7.800.000

Maka, Total Laba yang akan anda dapatkan selama satu bulan,

Laba = Rp 10.800.000 – Rp 7.800.000 = Rp 3.000.000

Perkiraan diatas merupakan asumsi dengan meniadakan biaya sewa ruko karena dianggap anda telah memilki bangunan tempat usaha. Jika anda belum memilikinya jangan lupa memasukkan asumsi biaya sewa ruko kedalam perhitungan diatas.

Semoga dengan penjabaran diatas, peluang usaha petshop bisa menjadi ladang anda dalam mendapatkan rezeki yang besar. Jika anda tekun dan mau berusaha, pasti anda akan mendapatkan hasil yang terbaik.

Selamat Berwirausaha !


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

5 Comments

  1. peetanyaan saya sama kak untuk membeli semua perlengkapannya dengan harga murah itu dimana kak?

  2. Hai ka, Pertanyaan nya sama untuk membeli makanan/ aksesoris dan lainnya itu di mana ? Apakah ada distributor langsung atau suplayer nya ?

  3. Mau tanya ka, untuk membeli makanan serta aksesoris maupun kandang gitu beliny dimana ya untuk mendapatkan harga murah? Apakah ada pasar tertentu?

    1. Saya juga menanyakan hal yg sama….tolong pencerahannya…terima kasih

  4. Ada berapa banyak sih orang indonesia yang nggediriin pet shop?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close