13 Peluang Usaha Setelah Lebaran yang Layak dicoba!

Peluang usaha setelah lebaran – Waktu memang seperti begitu cepat berlalu. Tak terasa, bulan Ramadhan sudah usai. Momentum seperti ini seharusnya bisa menjadi peluang usaha bagi kita semua.

Mungkin kamu akan berpikir bahwa di bulan Ramadhan penjualan meningkat drastis dan penjualan di bulan berikutnya menurun. Namun, paradigma ini sepertinya tidak 100% benar. Masih ada kok barang yang laku setelah lebaran, bahkan mungkin saja akan laris manis.

Penasaran mengenai usaha-usaha ini?

Yuk simak beberapa peluang usaha setelah lebaran berikut…

Peluang Usaha Setelah Lebaran yang Layak dicoba!

Peluang Usaha Setelah Lebaran

1. Pelangsing dan Penurun Berat Badan

Bulan Ramadhan mungkin membuat sebagian dari kita malah jadi tambah gemuk. Karena pola makan yang kurang benar dan buka puasa dijadikan ajang balas dendam, maka sehabis lebaran berat badan malah meningkat drastis. Sungguh menyebalkan tentunya, khususnya untuk kaum hawa.

Di sinilah, kamu bisa menjual pelangsing atau penurun berat badan supaya menjadi solusi bagi banyak orang. Tentunya, kamu juga harus memastikan produk yang kamu jual ini halal, original dan sudah mendapat izin dari BPOM.

Untuk memaksimalkan penjualan, kamu mungkin bisa memberi promo spesial seperti diskon atau giveaway. Varian produk yang dapat dijual dalam hal ini sangatlah bermacam-macam, misalnya saja jamu, suplemen, pil dan sebagainya.

Loading...

2. Suplemen Kesehatan

Seperti yang kita tahu, Hari Raya Idul Fitri merupakan ajang untuk pulang ke kampung halaman. Banyak dari masyarakat Indonesia yang mudik demi bisa bersilaturahmi dan meminta maaf kepada kerabat keluarganya.

Namun tentu saja, aktivitas mudik ini cukup menguras tenaga. Tidak sedikit pula yang kelelahan bahkan jatuh sakit. Mungkin produk kesehatan yang terbuat dari bahan herbal menjadi incaran para pemudik agar kondisi tubuhnya semakin fit.

Pastikan juga, suplemen kesehatan yang kamu jual sudah berizin BPOM, halal dan aman sentosa. Bahan baku suplemen bisa dipilih dari sari buah, sayuran, umbi-umbian, dedaunan dan sebagainya.

Memang, kamu harus sedikit berani ambil risiko dan selalu bertanggungjawab bila ingin menjual produk kesehatan seperti ini. Jangan mencari sapi perah saja dan malah merugikan orang lain.

3. Makanan Instant

Menjual makanan instant juga bisa menjadi salah satu peluang usaha setelah lebaran yang menjanjikan.

Bila kamu suka memasak, maka berjualan produk semacam ini sangat layak dicoba. Ada banyak ide yang bisa kamu olah baik itu untuk dijual secara online maupun offline, misalnya rendang siap saji, lauk pauk, abon, dendeng, suwir ayam, balado dan masih banyak lagi.

Sebaiknya, kamu juga belajar bagaimana caranya membuat makanan instant siap saji yang tahan lama namun tanpa bahan pengawet. Dari teknik memasak, pengemasan maupun bahan yang digunakan, harus dipelajari baik-baik sehingga dapat dijual dalam jangka waktu yang lebih lama.

4. Bisnis Makanan di Tempat Wisata

Pasca lebaran, jumlah pengunjung di tempat wisata mungkin akan melonjak. Wajar sih, kan masih dalam libur panjang.

Nah, momentum seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk berbisnis. Kamu bisa menjual makanan khas di sekitaran objek wisata. Bagi yang mau mudik atau sedang melakukan arus balik, maka oleh-oleh biasanya lebih laris diburu. Untuk itu, sediakan juga kemasan yang menarik sehingga mereka bisa puas membelinya.

5 . Bisnis Makan Siang Kantoran

Berhubung banyak penjual makanan yang mudik dan biasanya pulang 1-3 minggu sehabis lebaran, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk meraup pundi-pundi rupiah.

6. Bisnis Mainan

Karena mendapat uang dari sanak saudaranya, biasanya anak-anak yang masih kecil punya banyak uang saat lebaran, Daripada menumpuk, mereka mungkin akan menggunakan uang tersebut untuk membeli mainan kesukaannya.

Dengan pemicu inilah, kamu bisa menembak target market khusus anak-anak. Coba selidiki terlebih dahulu, mainan apa saja yang sedang trend di kalangan anak-anak. Dalam kondisi tertentu, kamu mungkin bisa menjual produk mainan yang lebih mahal. Meski sedikit berisiko, namun kamu bisa mendapat profit yang jauh lebih besar.

7. Perawatan Tubuh

Keliling desa untuk bersalam-salaman dan berpanas-panasan karena mudik mungkin membuat kulit menjadi lebih kering, wajah berminyak dan berjerawat. Kalau perempuan mungkin akan sangat sensitif mengenai hal ini, jadi biasanya akan segera mencari produk perawatan tubuh dan wajah supaya terlihat cantik kembali.

Dengan alasan inilah, kamu bisa menawarkan produk perawatan tubuh. Namun perlu diingat, pastikan produk yang dijual bukan barang KW yah. Harus ada sertifikasi dari BPOM juga agar lebih aman untuk dikonsumsi.

8. Bisnis Hewan Kurban

Setelah lebaran Idul Fitri, maka beberapa bulan berikutnya kita akan merayakan Hari Raya Idul Adha yang identik dengan penyembelihan hewan qurban. Kalau kamu ingin berbisnis saat momentum tersebut, ada baiknya jika kamu memeprsiapkan beberapa hewan qurban untuk dijual sebelum datang Hari Raya Idul Adha.

9 . Bisnis Gadget Baru dan Bekas

Kebutuhan gadget biasanya akan meningkat saat menjelang dan sesudah lebaran. Untuk memanfaatkan peluang ini, kamu bisa menjual berbagai gadget. Kalau masih pemula, alangkah lebih baik jika menjual gadget bekas terlebih dahulu supaya harganya jadi lebih murah.

10. Berbisnis Jualan Kebutuhan Sembako

Menjual kebutuhan sembako merupakan peluang usaha setelah lebaran yang layak kamu coba. Bisnis ini sepertinya tidak ada matinya karena semua orang tentu membutuhkan sembako untuk kehidupan sehari-hari.

Minyak, beras, bumbu dapur, cabai, daging, sayuran dan bahan pangan lainnya tentu akan selalu dibutuhkan. Selain bahan pangan, kamu juga bisa menjual berbagai kebutuhan lain seperti deterjen, sabun, pasta gigi, shampo, jajanan anak-anak, roti dan lain sebagainya.

Kalau kamu pintar mengelola uang, maka toko kecilmu lama-lama akan jadi besar juga. Sangat disarankan untuk awal-awal harganya jangan melebihi toko sainganmu.

11. Peluang Usaha Jasa Untuk Anak Sekolah

Setelah lebaran, biasanya anak-anak akan kembali sekolah dan menjalani rutinitasnya sebagai pelajar. Mungkin, ini bisa kamu manfaatkan.

Coba buat usaha les privat, bimbel atau yang lainnya untuk mendukung kegiatan belajar anak-anak.

12. Bisnis Usaha Cuci Motor atau Mobil

Karena banyak yang bolak-balik ke luar kota, maka usaha cuci motor dan mobil bisa menjadi peluang usaha setelah lebaran yang menjanjikan.

Kalau cuci mobil masih belum mampu, cuci motor pun sebenarnya bisa saja. Selain karena modal yang dikeluarkan sedikit, memulai usaha ini pun relatif mudah. Cukup beli kompresor, kanebo, lap dan bahan/peralatan cuci lainnya.

13. Kesempatan Usaha Bisnis Day Care

Bisnis penitipan anak balita ini bisa menjadi peluang usaha setelah lebaran yang cukup bagus. Prospek ke depannya juga menarik, pasalnya orang-orang di perkotaan kerap disibukkan oleh pekerjaan yang begitu padat.

Kalau kamu tertarik memulai bisnis ini, kamu bisa mencari berbagai referensi yang lebih lengkap di sumber lain.

Namun kami rasa, hal yang terpenting dari bisnis ini yaitu soal kepercayaan dan service yang diberikan. Semakin baik servicenya, semakin baik pula hasilnya.

Baca juga:

Sekiranya itu saya yang dapat kami sampaikan mengenai peluang usaha setelah lebaran yang sekiranya cukup menjanjikan. Semoga bermanfaat.



Loading...


Bagikan

Mr.R

Penulis

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *