Kisah Inspiratif

Pendiri Nintendo : Gamer Wajib Tahu Biografi Beliau

Pendiri Nintendo merupakan salah seorang yang memperkenalkan konsol game untuk menjadi salah satu jenis permainan di dunia. Jika kalian seorang gamer, pasti kalian sangat mengenal konsol permainan seperti Playstation, X-Box, dan Nintendo. Ketiga jenis konsol game ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh banyak masyarakat di seluruh dunia.

Konsol game terbaru keluaran para produsen diatas meliputi Playstation 4, X-Box One, dan Nintendo Wii-U. Dengan grafis yang memukau dan pengalaman bermain game yang sangat memuaskan, sangatlah pantas ketiga produsen diatas terus bersaing satu sama lainnya.

Namun meskipun kalian mengetahui konsol game diatas secara baik mulai dari beberapa game yang ditawarkan hingga spesifikasinya. Pasti kalian tidak pernah tahu siapa orang dibalik berdirinya konsol game diatas.

Nah untuk itulah sekarang kami akan mengulas kisah salah satu pendiri konsol game diatas yang bernama Fusajiro Yamuchi. Ia adalah sosok yang bertanggung jawab atas berdirinya Nintendo hingga mampu menjadi produsen konsol game besar seperti sekarang.

Lalu seperti apa kisah pendiri Nintendo dalam mengembangkan bisnisnya ?

Berikut ini kisah lengkapnya untuk kalian.

Kisah Awal Pendiri Nintendo

Pendiri Nintendo yang bernama lengkap Fusajiro Yamauchi lahir pada tanggal 22 November 1859 di Jepang. Di tahun 1889, Fusajiro Yamuchi mulai mendirikan usahanya sendiri dengan nama Nintendo Koppai yang kemudian akan berganti nama Nintendo seperti yang kita kenal sekarang.

Pada abad ke 19 akhir penduduk Jepang sudah terlalu bosan dengan permainan kartu yang sering mereka mainkan. Bahkan pemerintah Jepang melarang permainan ini sejak tahun 1633 yang bertujuan untuk mencegah terjadinya perjudian ilegal di dalam masyarakat. Hal tersebut terus berlangsung hingga ratusan tahun ke depan.

Peristiwa diatas menjadikan Fusajiro Yamuchi mulai berpikiran untuk mengubah permainan yang selama ini dimainkan oleh masyarakat Jepang. Fusajiro Yamauchi pun datang untuk melakukan pendekatan baru dengan tujuan mempopulerkan permainan yang ada.

Ia pun mulai mengembangkan permainan yang diberi nama Hanafuda dan yakin bahwa permaian ini dapat diterima oleh pemerintah Jepang pada saat itu. Hanafuda yang dikembangkan Fusajiro adalah sebuah permaian kartu yang menggunakan ilustrasi bukan menggunakan nomor.

Bukan Cuma itu saja yang dilakukannya untuk memperkenalkan permaian kartu yang baru diciptakannya. Ia pun mulai mengembangkan sebuah karya seni kerajinan tangan unik yang akan meningkatkan penjualan permaian kartu yang telah ia ciptakan.

Baca juga : 5 Teknologi Masa Lalu yangTidak Akan Pernah Ditemukan Oleh Anak Jaman Sekarang

Perkembangan

Benar saja permaian kartu yang telah diciptakan Fusajiro Yamuchi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hingga akhirnya ia harus mempekerjakan seorang asisten untuk membantu dirinya mengelola bisnis.

Permainan kartu Hanafuda yang ia kembangkan ternyata terus berkembang pesat di Jepang. Namun selain menekuni bisnis permainan kartu Hanfuda, Fusajiro Yamauchi juga mendirikan berbagai bisnis kecil selain itu. Bisnis tersebut meliputi penginapan asrama dan sebuah perusahaan taksi yang dilakukannya karena perekonomian Jepang yang kala itu sedang dilanda krisis.

Ditahun 1929, Fusajiro Yamauchi harus pensiun pada usia yang ke 70 tahun dan perusahaan yang ia dirikan dilanjutkan oleh anak dan cucunya. Fusajiro Yamauchi meninggal pada tahun 1940, 11 tahun setelah ia menyatakan untuk pensiun dari perusahaannya.

Fusajiro Yamuchi tidak pernah tahu bahwa perusahaan yang ia rintis akan berkembang dimasa depan dan kemudian akan benama Nintendo Entertainment System yang merupakan sebuah perusahaan konsol game besar di dunia bersaing dengan Playstation dan X-Box.

Pergantian Generasi dan Terus Mengembangkan Nintendo

Sepeninggal dari pendiri Nintendo, Fusajiro Yamauchi, Nintendo terus bergerak dan dijalankan oleh anak dan cucunya. Salah satu cucu yang ikut membantu mengembangkan perusahaan Nintendo adalah Hiroshi Yamauchi.

Pada tahun 1956, Hiroshi Yamauchi pun datang ke Amerika Serikat dengan tujuan bertemu dan berbicara dengan United States Playing Card Company yang pada saat itu menjadi pemimpin di industri Playing Card seluruh dunia. Saat sampai dikantor US Playing Card Company, Hiroshi Yamuchi terkejut melihat kantor mereka yang kecil. Belum lagi mengingat bahwa US Playing Card merupakan pemimpin di industri tersebut. Hal ini membuat Hiroshi Yamauchi berpikir bahwa bisnis ini terlalu kecil untuk dijalankan dan memutuskan bahwa Nintendo harus mulai berekspansi ke bisnis yang lain.

Cita-cita tersebut pun mulai diwujudkan dengan mengubah nama Nintendo Playing Card Company Limited menjadi Nintendo Company Limited di tahun 1963. Nintendo pun mulai melakukan eksperimen dengan mencoba berbagai industri lain yang mampu memberikan keuntungan yang lebih baik. Dimana mulai dari tahun 1963-1968, Nintendo melakukan eksperimen dengan masuk ke industri taksi, hotel, TV network, dan juga makanan instant.

Mulai Masuk Ke Industri Mainan

Setelah mencoba berbagai industri, Nintendo pun akhirnya mulai masuk ke industri mainan anak-anak pada tahun 1966. Produk mereka pada saat itu bernaman Ultra Hand yang pengembangannya dilakukan oleh Gunpei Yokoi.

Nintendo pun mulai mengembangkan dan menggeluti di bidang mainan anak-anak yang kemudian mereka mengeluarkan produk Ultra Machine, Love Tester, dan juga Kosenjuu yang merupakan sebuah Light Gun Games.

Namun saat memasuki industri mainan, Nintendo masih ketinggalan jika dibandingkan dengan perusahaan lain seperti Bandai dan Tomy dimana perusahaan tersebut telah memiliki nama besar dalam indusri mainan.

Ditahun 1973, Nintendo mulai berfokus menggeluti bidang family entertainment dengan mengeluarkan produk Laser Clay Shooting System yang memiliki teknologi sama dengan yang telah dimiliki Kousenjuu. Produk yang dikeluarkan itupun mereka tempatkan di wahana permainan bowling yang memiliki pengunjung yang ramai. Namun sebab biaya yang terlalu besar, akhirnya produk tersebut harus berhenti beroperasi dan ditutup.

Ditahun 1974, Nintendo akhirnya mendapatkan hak untuk mendistribusikan Magnavox Odyssey di Jepang. Kemudian di tahun 1977, Nintendo mulai mengembangkan sendiri sistem video game yang bernama Color TV Game.

Nintendo mulai masuk kedalam industri Arcade Game pada tahun 1978 dengan mengeluarkan produk Computer Othello dan seiring berjalannya waktu terus mengeluarkan judul yang lain. Pada awalnya pihak Nintendo hanya mendapatkan keuntungan yang sedikitm namun hal itu berubah setelah mereka mengeluarkan game yang berjudul Donkey King di tahun 1981 dimana Ninten mulai mendapatkan keuntungan yang drastis.

Game Donkey King yang dikeluarkan Nintendo pun dibuat ke berbagai versi konsol game mulai dari dari Atari 2600, Intellvision, dan juga Colecovision. Hal ini tentu berdampak sangat baik bagi perkembangan finansial Nintendo karena keuntungan finansial mereka terus meningkat.

Kesuksesan Nintendo Mulai Terlihat

pendiri nintendo
Game Watch Via pocketgamer.co.uk

Ditahun 1980 Nintendo pun mengembangkan Game & Watch yang terbukti sukses di pasaran. Kemudian dilanjutnkan dengan mengeluarkan Famicom atau Family Computer pada tahun 1983 di Jepang.

Pada tahun 1989, Nintendo mengembangkan produk terbaru mereka yang diberi nama Game Boy dan dikembangkan oleh Yokoi. Game Boy terus berkembang dan kemudian menjadi Game Boy Pocket lalu Game Boy Color yang spesifikasinya hampir mirip dengan versi yang original.

Game Boy yang sukses dipasaran diteruskan dengan Game Boy Advance (GBA) dimana teknologi yang dimiliki hampir mirip dengan SNES. Kemudian diperbarui lagi dengan Game Boy Advance SP yang menjadi versi flip dari GBA. Bukan Cuma itu saja, Nintendo juga mengembangkan GBA Micro yang lebih kecil dari GBA original pada saat itu.

Pengembangan Nintendo DS

Sukses dengan produk Game Boy Advance, akhirnya Nintendo pun mulai mengembangkan Nintendo DS yang spesifikasinya mirip dengan Nintendo 64 namun Nintendo DS memiliki 2 layar LCD bukan hanya 1 layar.Dimana salah satu layar tersebut digunakan sebagai layar sentuh dan digunakan dalam permaianan.

Meskipun mendapatkan persaingan yang sengit dari PSP, Nintendo mampu berjaya dalam mengembangkan produk yang dibuatnya.

Kemudian pihak Nintendo pun mulai melakukan remake dan mulai mengembangkan Nintendo DS Lite yang memiliki tampilan yang lebih ramping dan lebih bergaya dari sebelumnya.

Tidak sampai disana saja, Nintendo juga mulai mengumumkan untuk mengembangkan Nintendo Dsi yang memiliki kemiripan dengan Nintendo DS namun memiliki layar yang lebih besar, kualitas suara yang lebih baik, serta built in web browser dan adanya 2 kamera.

Nintendo Wii

pendiri nintendo
Nintendo Wii U Via ebay.com

Konsol game yang dikeluarkan Nintendo dan mendapatkan sambutan yang baik selanjutnya adalah Nintendo Wii. Dengan konsol ini perusahaan Nintendo kembali berjaya di industri game karena Nintendo Wii memiliki sensor gerak sebagai kontrolnya serta joystick yang mirip dengan remote. Bukan itu saja, Nintendo Wii juga memiliki fitur online yang beraneka macam meliputi WiiWare, Virtual Console, dan masih banyak yang lainnya.

Kesuksesan Nintendo menjadi perusahaan game besar bukan hanya karena konsol game yang mereka hasilkan, namun karena permainan yang terus melegenda seperti sekarang. Ambil contohnya saja game seperti Mario Kart, Legend of Zelda, dan yang paling populer saat ini adalah Pokemon Go.

Pelajaran Berharga Dari Pendiri Nintendo

Kesuksesan para pendiri Nintendo tentu memiliki beberapa pelajaran berharga yang dapat kita ambil dari kisah sukses mereka.

Pertama, tentang pentingnya menemukan bisnis yang menghasilkan. Hiroshi Yamauchi memberikan pelajaran kepada kita bahwa menemukan bisnis yang menguntungkan sangat diperlukan agar keberlangsungan usaha dapat terus berlanjut di masa depan dan tidak menjadi bangkrut.

Pada saat itu Hiroshi Yamauchi melihat bisnis permainan kartu tidak terlalu menguntungan karena pemimpin industri tersebut tidak menghasilkan keuntungan yang besar dan hal ini tentu tidak efektif jika dilakukan.

Akhirnya ia memutuskan bereksperimen dengan mencoba berbagai bisnis yang ada mulai dari Kotel, taksi, dan makanan instant.

Menemukan bisnis yang menghasilkan perlu kalian lakukan jika berencana untuk memulai usaha di masa depan. Mulailah menganalisis beberapa usaha yang memiliki prospek yang cerah dimasa depan dan perhatikan siapa pemimpin di dalam industri tersebut. Jika orang yang lebih dahulu masuk ke dalam industri tersebut mampu manghasilkan keuntungan yang besar, maka bisnis tersebut dapat kalian pertimbangkan untuk dijalankan di masa depan.

Mengapa menemukan bisnis yang menghasilakan sangatlah penting ?

Hal ini dikarenakan bisnis sangat memerlukan laba untuk dapat berjalan dan membayar biaya operasionalnya. Tanpa itu semua bisnis tidak akan mampu berjalan baik dan lama ke lamaan dapat bangkrut degan sendirinya.

Pelajaran Kedua adalah tentang perlunya sebuah inovasi atas produk yang dikeluarkan. Inovasi atau pembaruan sangatlah diperlukan dalam sebuah industri agar produk yang dikeluarkan tetap menarik perhatian banyak konsumen untuk menggunakan.

Ditambah lagi dengan persaingan yang semakin ketat dari industri yang sama membuat kegiatan inovasi perlu dilakukan secara terus menerus. Jika hal ini tidak dilakukan, maka akibatnya produk yang kita keluarkan akan kalah bersaing dengan produk lain yang lebih canggih dan berkualitas. Produk yang kalah bersaing tidak akan mampu menghasilkan keuntungan usaha dan akhirnya akan berdampak pada perkembangan perusahaan yang stagnan. Jika ini terjadi terus menerus, bisnis yang dijalankan bisa mengalami kebangkrutan dimasa depan.

Hal ini juga yang dilakukan oleh pendiri nintendo untuk memastikan bahwa perusahaan yang dijalankannya dapat terus berkembang dimasa depan. Mulai dengan melakukan inovasi pada Nintendo yang terus diperbaiki dengan Nintendo Wii dan terakhir diperbarui lagi dengan adanya Nintendo Wii U.

Fokus

Pelajaran ketiga dari pendiri nintendo adalah tentang pentingnya sebuah fokus dalam menjalankan bisnis yang dimiliki. Perhatikan dalam perjalanannya Nintendo pada saat itu memiliki banyak sekali cabang industri yang dilakukan. Hal tersebut mereka lakukan karena belum mengetahui industri mana yang menghasilkan untuk dijalankan. Akhirnya berbagai industri yang dilakukan tersebut tidak mampu berjalan dengan efektif dan efisien sebab fokus yang telah terpecah dan manjadikan usaha yang dilakukan tidak optimal.

Barulah saat mereka telah fokus menjalankan bisnis pada industri family entertainment  perkembangan bisnis mulai terlihat dan terus menanjak. Hal ini terjadi berkat fokus yang dilakukan dan menjadikan hasil yang dilakukan lebih optimal jika dibandingkan dengan bisnis yang bercabang.

Kita ambil contoh saja Bill Gates yang sukses menjadi salah satu orang terkaya di dunia berkat Microsoft yang ia dirikan. Microsoft bukanlah perusahaan yang melakukan banyak hal sekaligus dalam satu waktu, dimana Microsoft hanya fokus pada bidang teknologi dan perangkat lunak. Namun lihatlah apa yang terjadi sekarang, berkat kekuatan fokus menjadikan Microsoft sebagai perusahaan yang bernilai tinggi saat ini. Hasil yang didapatkan pun tidak main-main karena Bill Gates sang pendirinya telah  mampu menjadi orang terkaya di dunia.

Semoga Kisah Pendiri Nintendo Dapat Menginspirasi Kalian Semua

Itulah kisah inspirasi yang dapat kami bagikan untuk kalian semua. Semoga berbagai perjuangan hidup, rintangan yang dihadapi oleh para pendiri. Sampai akhirnya Nintendo mampu menjadi perusahaan besar seperti sekarang dapat menginspirasi kalian semua.

Hal yang terpenting lagi adalah perlunya mengambil pelajaran penting dari kisah tokoh diatas seperti apa yang telah kami sampaikan kepada kalian semua sebelum ini. Dengan mampu mengambil pelajaran diharapkan kalian yang membaca kisah inspiratif ini dapat menjadi  orang sukses di masa depan.

Sampai jumpa di kisah inspiratif selanjutnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

2 Comments

  1. Wow, sejarah nintendo yang panjang. Pertama kali saya mengenal nintendo saat main game donkey kong series di snes, itu pengalaman tidak pernah saya lupakan. Terima kasih sudah berbagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close