Artikel Adsense

Penempatan Iklan Yang Dilarang Dan Melanggar Kebijakan Adsense

Bermain google adsense tidak hanya mematuhi kebijakan (TOs) dalam penerapan di artikel saja, tetapi juga harus memahami tentang penempatan iklan yang dilarang. Banyak para blogger khususnya saya kurang memahami dengan benar tentang hal ini, setau saya dan mereka menempatkan iklan boleh sesuka hati yang penting di tempat yang strategis dan berpotensi untuk di klik oleh pengunjung. Tetapi ternyata banyak hal atau larangan yang sudah di tetapkan oleh penyelenggara adsense, sehingga menempatkan iklan harus sesuai dengan prosedur dan kebijakan dari google adsense.

Penempatan iklan yang dilarang dalam pakteknya masih banyak yang di langgar oleh banyak blogger, ini yang menyebabkan nilai iklan tidak lagi relevan di mata pengunjung , dan yang menjadi penyebab nilai iklan adsense menjadi rendah. Membuat iklan yang seolah olah menyerupai halaman dan mengelabuhi pengunjung secara sengaja terhadap iklan adalah tindakan yang dilarang penyelenggara adsense, dan menyebabkan akun adsense anda berpotensi untuk di banned.

Penempatan Iklan Yang Dilarang Dan Melanggar Kebijakan Adsense
Kebijakan penempatan iklan adsense

Gambar di atas di ambil dari sumber resmi kebijakan penempatan iklan yang sudah dijelaskan secara lengkap mengenai aturan penempatan iklan yang berlaku dalam google adsense. Hal ini yang harus di perhatikan oleh para blogger agar sukses dalam bermain google adsense. Adapun hal pokok tentang penempatan iklan yang di larang yang sering dilanggar oleh para blogger adalah sebagai berikut.

Jumlah maksimal iklan adsense dalam satu halaman
Publisher dapat meletakkan 3 unit iklan adsense untuk konten dalam sebuah halaman blog yang berbeda ukuran atau 3 unit tautan dan maksimal 2 kotak telusur. Jadi jangan melebihi jumlah maksimal iklan yang sudah di tetapkan untuk di tayangkan.

Batas iklan di atas juga berlaku untuk situs seluler. Selain itu, dua atau beberapa iklan AdSense mungkin tidak muncul di layar secara bersamaan pada situs seluler. Tips untuk hal ini adalah, memasang unit iklan yang berbeda ukuran, dari penempatan iklan di atas, tengan atau bawah postingan.

Penempatan iklan pada daerah yang rawan terjadi kesalahan klik

Dilarang menempatkan iklan yang berpotensi menjadikan klik yang tidak sengaja oleh pengunjung, pihak adsense tidak memperbolehkan menempatkan slot iklan pada area yang sangat berdekatan dengan links, tombol play, tombol navigasi dan sebagainya yang berakibat pada “kesalahan klik”, untuk contohnya bisa di lihat pada gambar di bawah ini.

penempatan iklan yang dilarang
penempatan iklan yang dilarang

Membuat tanda khusus pada iklan

Penayang iklan dilarang menambahkan tanda khusus apapun terhadap iklan yang bisa berupa gambar, arahan, kode kode tertentu yang mengarah langsung kepada iklan, hal ini mencakup animasi mencolok yang menarik mata pengguna ke iklan, atau tanda panah dan simbol yang mengarah kepada iklan. Nah, ini termasuk penerapan sticky ( skrip kotak mengambang) yang tidak di perbolehkan, yang menyebabkan iklan muncul di posisi yang “melekat” pada laman ketika pengguna menggulir turun.

Menambahkan label pada iklan

Pihak penayang tidak diperbolehkan menambahkan label apapun pada iklan, seperti menambahkan tulisan “sumber info” atau “info yang bermanfaat”, “tautan yang menarik”, “bantu blog ini agar tetap berjalan”, “sponsor kami” dan lain sebagainya yang seolah olah mengajak atau membujuk pengumjung untuk melakukan klik tautan iklan. Penayang hanya boleh memberi label iklan dengan “Iklan” atau “Pesan Sponsor”. Variasi lainnya tidak diizinkan.

Memasang iklan yang bersanding dan berdekatan dengan gambar

Hal yang tidak diperbolehkan lainnya adalah memasang iklan yang bersanding dengan gambar, atau berdekatan sekali dengan gambar, karena akan mempengaruhi pengunjung dan mengira iklan tersebut adalah gambar. Hal hal ini termasuk memperdayai pengunjung dan dilarang oleh pihak adsense.

Penempatan iklan pada tata letak konten di paruh bawah

Untuk keterangan ini adalah, tidak boleh menempatkan iklan di atas konten sementara konten yang asli di letakkan di bawahnya, hal ini akan memaksa pengunjung untuk menggeser halaman terlebih dahulu (setelah iklan) baru kemudian mendapati konten/posting yang asli. Hal yang demikian juga tidak di perbolehkan, ini juga berlaku untuk situs seluler.

Memformat konten untuk meniru iklan

Harus terdapat perbedaan yang jelas antara konten bergambar dan iklan, tidak di perbolehkan untuk memodifikasi konten gambar yang menyerupai bentuk iklan. hal ini juga dilarang oleh pihak adsense, contoh seperti gambar di bawah.

format gambar yang menyerupai iklan
contoh gambar dari google

Hal ini yang sering di sebut oleh pihak penyelenggra adsense, yaitu menyelamatkan uang advertiser atau pihak pengiklan dengan aktifitas pemasangan iklan yang tidak sewajarnya kepada pihak penayang iklan yang di tempatkan di bagian bagian tertentu pada web/ blog. pihak google adsense hanya ingin pengunjung yang hanya melakukan klik yang sah, atau tidak membingungkan pengunjung yang akan menganggap bahwa iklan adalah konten yang sebenarnya.

Nah, itulah beberapa aturan penempatan iklan yang dilarang dan di anggap melanggar ketentuan serta kebijakan penyelenggara adsense, walaupun sudah di terima adsense dan bisa menayangkan iklan di beberapa blog, terkadang kita tidak menyadari akan kesalahan itu. Hal ini yang menjadi iklan kita bernilai kecil dan rawan terkena banned. Jika tidak ingin menyesal, segera perbaiki tata letak iklan adsense  anda yang tidak melanggar ketentuan di atas. Semoga bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

45 Comments

  1. Apakah penempatan iklan di blog safelink dan sebangsanya melanggar tos adsense juga

  2. Saya orang baru tentang iklan, Terus terang saya gak begitu paham mengenai iklan adsense, stlh baca artikel inipun gk banyak yang bisa saya pahami.

    Dari awal bergabung dgn adsense, iklan pd blog saya pakai otomatis, jadi penempatan iklan sdh disesuaikan oleh adsense sendiri.

  3. gan bisa tolong cek blog saya , saya selalu dapat email katanya penempatan iklan saya mlanggar kebijakan , tetapi tidak jelas iklan yang mana , bisa bantu saya , soalnya ppc nya jadi turun drastis :/

    ini url nya http://www.gajekan.com

    1. Halo mas, Iklan yang melanggar kebijakan biasanya disertakan melalui pemberitahuan dengan email.
      Apabila tidak mengetahuinya, lebih baik lepas semua iklan dan buat unit iklan baru sebagai penggantinya.

  4. makasih mas. mau tanya nih kalo saya masang iklan besar di sidebar berupa 300 x 600 dan 300 x 250 serta iklan native antara paragraph saya taruh 3. jadi jumlahnya ada 5 iklan . apakah itu diperblehkn?

  5. ternyata selama ini banyak sekali aturan yang saya langgar, demi menambah pemasukan. akhirnya akun dibanned. salut saya sama penulis artikel ini. menulis jujur apa adanya. bukan sekedar mencari pangunjung dari trafik SE google.lanjut mas.tetaplah seperti ini.

  6. Makasih sebelumnya mas gani, mau tanya dan urgent nih :
    Apakah melanggar jika iklan Adsene berada di tengah Related Pos dalam Artikel?
    Misal :
    Baca Juga :
    Iklan Adsense
    Judul Artikel
    Judul Artikel
    dst….

    Apakah itu melanggar mas?

  7. Kalau pasang iklan adsense yg ngikutin scrool kayak (bisanego.com di blog ini) apakah pelangaran?

  8. Gan ane mau nanya, misalnya kita set iklan adsense waktu di scroll ngikutin kayak di blog ini (bisanego.com yg melayang ngikutin scrooll) apakah pelanggaran?

    btw, caranya biar widget bisa ngikutin scrooll gimana ya? bikin tutor dong?

  9. Om. Saya hanya ingin memastikan. Setelah baca beberapa komentar dari pengunjung om. Saya baru paham, kalo om menempatkan 3 iklan dalam postingan (atas, tengah, bawah) dengan hanya menggunakan 1 Kode iklan yah om? kalo benar saya ingin ngikutin om seperti itu juga.

  10. mas, saya lihat dalam artikelnya ini ada 3 buah iklan, yang paling atas dibawah paragraf pertama, ditengah, dan di akhir artikel. kalo boleh tau cara pasangnya bagaimana ya? saya mau pasang 3 iklan juga tapi kmrn saya coba hanya bisa di dua tempat, ditengah & akhir. supaya bisa dipasang dibawah paragraf pertama caranya bagaimana mas? soalnya kalo pasang iklan langsung dibawah judul, kemarin saya dpt email peringatan dari adsense. mohon infonya.

  11. Masuk akal memang, kan kasihan orang ngiklan, tapi orang yg mengklik iklan itu tidak secara sengaja karena tertarik dengan iklan itu, alhasil saldo pengiklan berkurang, yang seharusnya terjadi malah pengklik iklan langsung close tab.

  12. Saya juga baru main adsense dan menempatkan 3 unit iklan dalam satu halaman, tapi kenapa iklannya kadang cuma satu yang muncul? dan kadang muncul semua.. apa ada solusi biar muncul terus? terimakasih

  13. Tapi banyak banget yang menempatkan iklan adsense dekat gambar baik baik saja bang’
    bagaimana dengan fenomena yang satu ini ?
    apa diabaikan oleh tim adsnese ?

  14. Lah kode agan kok dekat dengan menu “share on facebook” dan “share google” apa itu ga termasuk dekat dengan menu linknya?
    nanti di baned kagak kyak kode iklan diatas? jawab ya gan, kalau bz sms di nomerku 083808008800 atau bales di post ini nanti aku buka lagi

    1. Menu link dan menu share berbeda, lagian ini tombol share jelas sekali dan besaar 😀
      Penempatan iklan di blog ini otomatis menggunakab plugin.

  15. iklan menutup 1 halaman penuh saya pernah liat sampai saya harus geser laman untuk liat artikel tapi hal itu kok terlihat baik2 aj ya, utk penempatan iklan yg byak saya temui ada di bwah menu atas n di atas menu bawah.. yg menaruh di antara artikel hanya website langganan saya aj yang sering saya temui.. saya yang hingung utk dptkan code , pin adsense , cara tempatkan iklan… apakah yg dikirim di email itu termasuk pin ya? mksih

    1. Kalau iklan memenuhi layar tidak akan diperbolehkan, terutama iklan dari google, karena jelas menggangu pengunjung.
      Untuk mendapatkan semua kode iklan harus mengajukan sebuah blog untuk disetujui oleh pihak Adsense mas.

  16. thaks om penjelasannya. bisa dibuat warning atau peringatan hati hati bagi yang masih newbi kayak saya. Meski saya pun masih belum daftar adsense. salam

  17. kalau iklannya muncul di laman seperti about, privacy policy, disclaimer, sitemap dan lainnya.. apa itu melanggar TOS ? Saya menggunakan template bwaan blogger, jadi iklan yang saya pasang di dalam post ikut terlihat di laman… minta pnjelasannya ya 🙁 takut melanggar

    1. Sebenarnya tidak ada aturan secara khusus mengenai iklan tampil di halaman statis atau laman. Tapi bisa diakali dengan menyembuyikan iklan dengan tag kondisonal.

      Kalau di WordPress sangat mudah, cukup dengan pengaturan plugin maka iklan tidak akan tampil dilaman.

      Coba referensi ini cari di google, cara menyembuyikan iklan adsense pada halaman statis. Semoga membantu 😀

  18. Penempatan iklan pada daerah yang rawan terjadi kesalahan klik, saya lihat kalau berkunjung ke blog-blog orang masih banyak yg pasang iklannya di bawah navigasi menu dropdown tp kok masih tayang ya mas apa tidak ada notif dr google

    1. Pemasangan iklan dibawah dropdown itu menutup iklan secara otomatis ketika pengunjung mengarahkan mouse ke menu, Kalau search box.kan tidak 😀

  19. berguna sekali mas, terimakasih sudah mencerahkan
    saya uda berapa kali gagal mengenai adsense. tapi kali ini saya mau berhasil.. dengn mengikuti tips diatas semoga menjadi awal kesuksesan. Salam

  20. bermanfaat nih mas, makasih yah
    saya uda hberapa kali gagal mengenai adsense, sampe akhirnya putus semangat untuk daftar lagi, tpi setelah baca ini mau coba lagi deh

  21. mas saya menunggu GA dah 1 bln blm ada balasan dr GA, GA saya msh review thp k dua.. trs d akun GA saya d sebelah GIGI RODA ada tls kurang lbh begini” baru2 ini kami tlh mengotorisasi..” n saya dah otorisasi dg mencentang bahwa hanya di web saya saja iklan bs tampil…tp kok tls di minta otorisasi kok msh ada…

      1. mas saya dah pasang iklan adsen di sidebar 2 iklan n di dlm artikel juga, semua iklan tdk pkai link,,,apakah peletakan iklan saya salah,,krn saya dpt email dr adsen d minta untuk pasang iklan, dg alasan bahwa tim.dr adsen blm bisa mendeteksi iklan saya, lalu apa yg hrs saya lakukan?

        1. Apakah sudah menerapkan otoritas situs mas? Kalau belum maka iklan tidak akan terdeteksi dan penghasilan tidak akan dihitung.

          1. sudah saya otorisasi di situs saya,,di akun adsen ada pengelolaan situs lalu saya tambahkan situs saya “ligabolanasional.com” lalu saya centang bahwa hanya situs saya iklan akan dibtampilkan. apakah halbitu sudah benar?
            trs sdh hampir 2 bln saya blm trima balasan dr tim adsen

  22. Mas, yang dimaksud max 3 unit iklan, itu memakai 3 unit kode iklan dg ukuran yg berbeda gitu??? Apakah boleh 1 unit iklan dipakai di 3 posisi yg berbeda??? Trus di halaman ini kok saya hitung ada 4 iklan di posisi yg berbeda, apakah diperbolehkan???

    1. Baiklah mas atau mbak auramirza. 😀
      – Yang dimaksud max 3 unit iklan : Jadi dalam 1 laman hanya di perbolehkan max 3 unit iklan yang berbeda ukuran. Misalnya A, B dan C

      – Jika iklan A di tempatkan di atas dan di tengah, maka akan tampak seperti ini.
      Iklan A atas, iklan A tengah lalu iklan B dan C

      – Karena ukuran iklan A adalah sama, meskipun ditempatkan di 2 tempat yang berbeda (atas dan tengah) maka tetap di hitung satu.

      Ini sekaligus menjawab pertanyaan mbak “Apakah boleh 1 unit iklan dipakai di 3 posisi yg berbeda???

      Jawababnya adalah boleh, karena iklan tetap akan di hitung 1 ukuran, walupun tampil di berbeda tempat.

      Jika dalam 1 laman posting ini terlihat ada 4 unit iklan bahkan lebih, maka salah satu iklan itu mempunyai ukuran yang sama.

      Satu lagi, bahwa tiga unit tautan per laman dapat ditempatkan pada laman tersebut selain tiga unit iklan AdSense standar.

      Lihat sumber resmi : Optimalkan ruang terbatas dengan unit tautan

  23. Berarti perlu hati-hati juga nie dalam penempatan iklan, trmksh infonya slm knl ya mas

    1. Betul mas @iman, dan itu juga yang akan mempengaruhi besar kecilnya BPK yang akan berimbas kepada penghasilan adsense.

  24. ternyata rumit juga ya mainin adsense nih mas, dari awal pendaftaran susah udh di aprove ternyata msh bnyk juga aturan yg gk boleh di langgar

    1. Gampang gampang susah mas. namanya juga penyedia iklan berbasis PPC terbesar di dunia, banyak segala macam aturan 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close