Artikel Adsense

Jangan Terlalu Mengharapkan Penghasilan Adsense, Ini Penjelasannya

Pernahkah anda berandai-andai mendapatkan penghasilan adsense rutin setiap bulan? Duduk manis dirumah sambil memandang blog yang jadi mesin uang anda.

Tidak keluar rumah dan tidak kepanasan tapi tiap bulan pergi ke Western Union untuk mengambil gaji adsense? Pasti anda pernah menghayalkan seperti itu kan? Jujur saja, karena saya adalah salah satunya.

Nah, itu jika kita bicara manisnya saja..Tapi apakah anda tau? Adsense adalah salah satu sumber penghasilan yang tidak pernah pasti.

Sekarang kita “ngomong” pahitnya

Saat ini anda mungkin mampu menghasilkan uang dari adsense secara rutin setiap bulan, tapi mungkin besok sudah tidak mendapatkan apa-apa.

Alasannya kenapa? Karena akun adsense anda di disable alias di banned oleh pihak adsense.

Penyebab Invalid Activity Adsense

Penyebabnya adalah kegiatan invalid activity, padahal anda sangat yakin tidak melakukan hal itu karena sebagai publisher sudah barang tentu tau akan TOS adsense.

Hal ini bisa dipicu dari pihak luar dengan secara sengaja, melakukan klik berulang-ulang dalam waktu yang sangat singkat dalam device yang sama dan dengan IP address yang sama pula.

Kejadian ini bukan hanya menimpa satu dua publisher adsense saja, tapi sudah banyak yang menjadi korban manipulasi sampai ratusan klik yang dilakukan dengan sengaja dalam waktu singkat.

Baca : Invalid Activity Adsense Bukan Hanya Klik Iklan Sendiri

Apa motifnya? iri atau memang tidak senang melihat keberhasilan orang? Padahal kalau anda tau..itu adalah hasil kerja keras.

Ironis sekali bukan, dan satu hal yang sebenarnya bisa kita sadari sepenuhnya..kita memang bukan karyawan google, jadi sewaktu waktu kita melakukan kesalahan kita akan di PHK tanpa pesangon.

Paling banter ya mengajukan banding, itupun kalau diterima.

Nah, untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya memang kita sendiri yang harus selalu waspada, memantau jalannya earning atau jumlah klik

Telusuri keberadaan jumlah klik, jika memang jumlahnya melambung secara mendadak. Anda bisa melaporkan kegiatan invalid activity terkait sabotase disini.

Penghasilan Adsense Setiap Bulan

Saya bukan bermaksud memperburuk keadaan dengan memberi dorongan agar jangan terlalu mengharapkan penghasilan Adsense, tapi yang harus Anda perlu ketahui menjadi publisher Adsense itu sama sekali tidak mudah.

Anda perlu kerja yang sangat “Ekstra” keras untuk dapat mendapatkan penghasilan Google Adsense setiap bulan. Hal ini saya alami sendiri, jadi ini berbagi pengalaman pribadi saja.

Untuk mendapatkan penghasilan Adsense dari blog secara rutin setiap bulan maka anda harus :

  • Mendapatkan setidaknya 500.000 Page view atau jumlah tayangan halaman blog setiap bulan.
  • Atau setidaknya 15.000 – 17.000 Page view atau jumlah tayangan halaman blog setiap hari.

Dengan estimasi jumlah di atas, berarti blog anda harus :

  • Mendapatkan setidaknya 150.000 – 200.000 Unique Visitor setiap bulan.
  • Atau setidaknya 5000 – 8000 Unique visitor setiap hari.

Dengan catatan setiap pengunjung sekurang-kurangnya membuka 3 halaman dalam setiap kunjungan.

penghasilan adsense

Gambar ini adalah ilustrasi  hasil yang saya peroleh dari blog saya sendiri untuk mencapai batas ambang minimal pembayaran Adsense, yaitu 100 USD.

Bukankah penghasilan Adsense didapatkan dengan jumlah hasil klik iklan?

Betul sekali, penghasilan Adsense terbesar adalah melalui jumlah klik iklan yang kita peroleh, selain itu tampilan iklan yang muncul dalam setiap halaman juga memperoleh pendapatan dolar. Ini akan diperhitungkan setelah mencapai 1000 tayangan halaman iklan.

Tetapi disamping itu ada beberapa hal yang seharusnya kita sadari, antara lain :

  • Minat pengunjung untuk melakukan klik iklan berkurang – Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa pengunjung yang mengetahui keberadaan iklan, jadi seolah-olah memang menghindari klik iklan.
  • Banyak pengunjung yang melengkapi browser dengan aplikasi pemblokir iklan, salah satu di antaranya adalah penggunaan Adblock.
  • Pada perangkat seluler sangat populer sekali menggunakan UC Browser, yang secara otomatis memblokir tampilan iklan pada halaman browser.

Dengan gambaran seperti diatas akan semakin berkurang potensi untuk memperoleh penghasilan Adsense secara maksimal, dalam perhitungan versi saya ilustrasinya sebagai berikut.

  • Dalam setiap 100 – 500 tampilan halaman rata-rata terjadi hanya 1 -3 klik iklan (itupun kalau beruntung)
  • Tergantung tinggi rendahnya nilai CPC atau Biaya per klik, istilah ini dalam versi bahasa Indonesia biasa disingkat dengan BPK.
  • Nilai CPC lokal untuk blog Indonesia rata-rata adalah 0.01 – 0.12 USD, nilai ini terbilang sangat kecil dibandingkan dengan nilai CPC blog diluar negara Indonesia.

Nah, sekarang jelas kan? jangan terlalu mengharapkan penghasilan Adsense setiap bulan jika Anda belum mencapai target untuk jumlah Visitor blog Anda sendiri. Ini fakta..

Jadi Anda sendiri yang harus mengejar target untuk mencapai mimpi duduk manis dirumah seperti yang saya sebutkan di atas.

Saya tau, blogger itu pantang menyerah…

Saya dan anda mungkin adalah salah satu contoh blogger yang tidak cepat putus asa, selalu punya semangat membara. tapi pertanyaannya…Sampai kapan anda bisa bertahan?

Baiklah, cukup sudah saya menceritakan pahitnya berjuang untuk menjadi publisher Adsense. Kini waktunya saya memberi semangat sekaligus motifasi yang akan menjadikan anda tidak terlalu menggantungkan penghasilan Adsense setiap bulan.

Sekarang mungkin belum,.. Tetapi saya percaya satu di antara anda yang membaca artikel saya akan mewujudkan mimpi yang menjadi kenyataan, Yaitu mendapatkan penghasilan adsense rutin setiap bulan.

  • Cobalah untuk santai..perjalanan blog anda masih panjang kedepan, jadi rutinitas blog bisa jadi sambilan dalam pekerjaan utama anda.
  • Cobalah untuk sementara tidak memikirkan penghasilan dari Adsense anda, tetapi coba berpikir bagaimana anda bisa update artikel secara rutin setidaknya 2 – 3 kali seminggu.
  • Atur waktu terbaik Anda untuk membagi kegiatan blog dan kegiatan sehari-hari, hidup juga harus seimbang..jangan terlalu memikirkan ngeblog saja.

Baca juga : Cara agar bisa update artikel setiap hari

Dan jika anda punya ide dan gagasan terbaik segera tuangkan kedalam blog anda, anggap sebagai unek-unek luar biasa yang anda alami saat ini.

Satu dua artikel anda akan terkumpul dan tidak terlalu menjadikan beban dengan selalu memikirkan penghasilan Adsense. Namun jika anda terlalu berambisi maka jalan terbaik adalah selalu fokus menulis dan menulis setiap hari, tapi jangan sampai lupa mandi ya…

Apapun yang kita kerjakan dengan sabar dan telaten pasti suatu saat akan membuahkan hasil, jadi optimis saja dan jangan putus ditengah jalan..jika mimpi Anda mendapatkan penghasilan adsense ingin segera menjadi kenyataan.

Dibawah ini artikel spesial untuk Anda atau sebagai pemula dalam bermain google Adsense

Baca : Strategi Pemula Untuk Meningkatkan Penghasilan Adsense Secara Konstan

Semoga memberi wawasan dan manfaat yang akan memberi dorongan semangat anda dalam menghasilkan uang melalui blog dengan menjadi publisher Adsense.

Wasalam..


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

98 Comments

  1. 3 tahun, punya akun google adsense. Belum pernah gajian, dan Saldo cuma 300k rupiah.
    Tetaapp semangat….

  2. makasih mas atas motivasi yang Anda share.
    Awalnya memang saya memiliki semangat yang membara, tapi waktu ke waktu semangat tersebut semakin mengecil karena melihat pendapatan Adsense tidak meningkat.

    tapu setelah saya baca artikel Anda, rasa semangat saya bertambah lagi, dan akan terus sabar dan berproses hingga berrujung hasil. Saya akan fokus. makasih mas motivasinya.

  3. Pejuang rupiah mana suaranya, hehehe. makasih mas udah mau sharing sangat bermanfaat sekali. tetap semangat dan konsisten. salam blogger semoga sukses terus. apalah daya pengunjung blogku mungkin bisa dibilang baru bisa diitung pake jari hehehehe

  4. Setuju bos. Bahkan menurut saya adsense atau PPC manapun sudah tidak layak lagi, kecuali buat para pemain lama yg memang sudah rutin dpt penghasilan. Kl buat yg baru, mending lupakan & cari model monetisasi lain, banyak jalan yg bisa dilakukan. Jangan terlalu lama meratapi pintu yg terus tertutup.
    Sy 5 th lebih ikut PPC, bukannya makin bnyk klik, eh malah berkurang drastis. Bener-bener gak setimpal dg yg dilakukan. Akhirnya sy banting stir jualan AIR. Blm nyampe 2 th sdh bisa dpt komisi & bonus 8 digit, lumayan.
    Btw, terima kasih & salam kenal buat semuanya.

  5. butuh waktu untuk sukses.motivasi buat semangat seperti saya gak kunjung hasil.curhatlah….

  6. apakah dengan menggunakan beberapa unit iklan google adsense lalu di tempatkan di 2 atau 3 blog yang berbeda, apakah itu diperblehkan?

  7. Bagus gan menarik artikelnya. Blog saya cakmustop.blogspot.com saja sehari cuman dapetin 20 rupiah perhari.

    Memang ngeblog itu hari ini tidak bisa dijadikan sebagai pekerjaan. Ya ngeblog itu kek nanem pohon mangga di depan rumah, sering di sirami pakai artikel yang menarik, pasti suatu saat dia akan jadi besar. Tapi walau sudah besar dan dapat menghasilkan buah, tetap saja pohon mangga tidak bisa dijadikan pekerjaan utama.

    Kecuali pohon mangga yang itu ratusan. Beda lagi itu ceritanya

  8. Thanks ya infonya, sangat masuk akal, hampir 2 tahun ikutan adsense sya cuma dpat 0,02 dolar aj perhari, jadi perlu 20 tahun, untuk bayar sewa domain setahun. Haaa…a.. Menyedihkan….tapi nggak apa2 namanya juga belajar dan pada intinya sih halaman blog saya ini sebagai media berbagi dan sharing informasi buat yg perlu.

  9. Benar sekali mas, jgn terlalu mengharapkan klo visitor blm bnyk, jadi pemicu semangat terus semoga blog saya bisa konsisten dan nanti bisa duduk manis
    terimakasih semangatnya hhi

  10. Ini sangat bermanfaat. Untuk itu kita harus pantang menyerah …

    Mohon kunjungannya juga di blog saya ya teman”

    Akupecintaakuntansi.blogspot.com

  11. Saya setuju dengan om gani. Daripada naif mendapatkan income adsense dengan budget 5 juta (dari artikel sebelah) dg dijanjikan balik modal (katanya) menggunakan jasa penulis artikel. Untung belum karuan, bisa 2 malah tekor. Daripada buang duit percuma, bisa dipakai utk beli fasilitas penunjang menulis. Heheh

    Mending konsisten update seminggu secara intens dg buah pikir sendiri. Usaha sendiri lebih memuaskan secara psikologi dan managerial menurut saya. Coz ada pepatah jawa: alon2 asal kelakon. Salam

  12. mantap gan. cukup membuka mata buat ane yang berharap besar ini. jadi realistis aja ya gan. yang penting rajin update gitu ya. hehe makasih

    kunjungi blog ane gan klo berkenan 🙂

  13. Makasih mas informasinya , jadi tahu apa yang harus dilakukan..yaitu tenang dan santai dan fokus saja untuk berbagi ilmu.. dollar jadi bonus saja

  14. seneng banget klo baca artikel kmudian rame komentar begini… ga cuma artikelnya, tapi komentarnya juga bawa informasi yang bagus bagus. lagi ga mood nulis, ga semangat liatin earning adsense, trus ga sengaja nemu artikel ini di mbah…bisa semangat lagi…memang jadi blogger harus bisa jaga semangat biar ga tenggelam di tengah jalan.

  15. Pengalaman saya ngeblog beberapa bulan ini juga mirip banget. Bahkan traffic 10k perhari jarang uang menghasilkan 5 dolar. Rata rata 1 atau 2 dollar.

    Tapi tetap semangat lah.

  16. Wah ini mas gani yg di IAPD yah?
    Ternyata yang punya klimania masnya toh. Saya baru sadar saat lihat foto authornya. Sukses terus mas.

    1. Di Klik Mania sendiri ada ratusan penulis mas Woiden 😀 Bahkan tiap artikel juga tidak sama penulisnya.
      Salam kenal mas dan sukses selalu.

  17. Paling cepet berapa bulan mas mendapatkan hasil dari google adsence? Kalau tiap hari upload 2-3 tulisan
    Terimakasih

    1. Jangan terlalu berharap banget mas, untuk 2- 3 posting secara rutin bisa dipastikan minimal 6 bulan baru mendapatkan trafik yang ideal. Kalau masalah penghasilan ya untung -untungan, sebab sekarang pengunjung lebih tau mana iklan dan mana konten 😀

    1. Saya juga ingin curhat panjang lebar tentang perjuangan saya, kalo ada yang sharing pengalaman pribadi tentunya nambah semangat. Yang saya sesali adalah sering gonta ganti template dan tampilan. Rasanya ada yang kurang terus, akhirnya sekarang ngrasain juga pv sehari cm 100. Mungkin salah satunya backlink saya yang kurang (baru 1 backlink eksternal), kalau berkenan monggo teman2 bisa kunjungi blog saya..

  18. mas gani mw tanya soal adsense, tanggal 15 desember hari ini earning youtube belum masuk ke penghasilan adsense mas, awal desember ada notif “Saat ini saluran anda tidak layak untuk di monetisasi dan silahkan mencoba untuk mengajukan kembali setelah 30 hari”, nah untuk pay out bulan november masih belum masuk, yang membingungkan tanggal 21 desember nanti bisa cair tidak ya mas? sudah di ambang batas soale.
    baru ini adsense telat masuk biasane tanggal 11-12,

  19. Salam Youtubers gan…
    saya seorang publiser dengan penghaislan Alhamdulillah.
    Pada pertengahan bulan kemarin tepatnya pada tanggal 8 november 2017 tiba tiba ada notofikasi di akun youtube saya seperti ini ” Saat ini saluran anda tidak layak untuk di monetisasi dan silahkan mencoba untuk mengajukan kembali setelah 30 hari”…Shok dan kaged hehe.
    Nah yang jadi pertanyaan nya,,,, Penghasilan saya yang terkumpul selama bulan november sudah melebihi ambang batas pembayaran estimasi yg nominalnya Rp: 30 juta lebih.’ Apakah penghasilan tersebut akan dibayarkan oleh adsense atau ditangguhkan gan..??
    tapi channel ane tidak terkait dengan pelanggara/banned, melainkan hanya tidak layak untuk di monetisasi. pleass ane bingung gan..soalnya uda tanggal 13 belum masuk ke earning adsense.
    saya mohon jawabannya gan…terimakasih banyak

  20. Trimakasih atas pencerahannya, 5000 page view, saya baru dapat 100 view…. biar bisa update 3x dalam seminggu, gimana caranya mas admin?

  21. Makasi bro atas sharingnya.
    Ikutan komen nih,
    Baca tulisan mas gan bro, buat nyali ciut.tapi ga ada salahnya nyoba trs kan mas ?
    Anyway thanks mas atas penjernihannya 🙂

  22. Salam kenal mas, Senang membaca artikel di blog ini.

    Saya pernah membaca sebuah artikel di salah satu forum bisnis online indonesia yang membahas tentang trik adsense agar cepat PO, mulai dari bangun blog baru sampai PO.

    Dengan estimasi atau perkiraan dari blog baru hingga Payout sekitar 4 bulan dengan trik:

    Konsisten Posting artikel perhari min 3 post (bukan kopas) selama 4 bulan

    Pertanyaannya:
    1. Kalau menurut pengalaman mas, bisakan dengan trik seperti itu, kita menghasilkan trafik dan juga pembayaran adsense minimal 300$/bulan setelah 4 bulan tersebut.

    2. Untuk memposting artikel dengan jumlah 3 post per hari, biasanya memakan berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam sehari?

    Pertanyaan kedua inilah yang membuat kita harus memutuskan kita mau jadi parttime blogger atau fulltime blogger.

    Terimakasih,

    1. Halo mas, Rohman.
      Senang juga bisa ada yang mampir di blog saya dan baca tulisan serta unek-uneknya.
      1. Apabila Posting artikel perhari min 3 post (bukan kopas) selama 4 bulan berarti jumlah artikel keseluruhan ada 360. Tetapi saya tidak menjamin bahwa semua artikel dapat bersaing di SERP dan mesin pencarian.

      Sebab index artikel untuk menuju halaman pertama memerlukan pondasi SEO yang kuat, dan butuh waktu lebih dari sekedar 4 bulan saja.

      Apabila blog baru, untuk mendapatkan $50 saya katakan masih beruntung, tapi tetap optimis saja.

      2. Apabila artikel dengan full optimasi, mungkin membutuhkan ekstra waktu,,apalagi buat sampai 3 artikel. Saya sndiri bisa menghabiskan 3-4 jam lebih untuk satu artikel saja, itupun kalau referensi artikelnya tersedia.

      Untuk menjadi fulltimer blogger seharusnya sudah ada penghasilan yang bisa diharapkan mas, intinya tetap semangat saja.

  23. Artikel yang logis, realistis dan rasional. Saya juga termasuk orang yang ngoyo pengen cepet cepet gajian dari adsense, padahal visitor masih kurang dari 2000 perday. Wkwkwk…!! Tapi ya santai saja lah…

  24. baru aja mau daftar adsense, baca artikelnya om gani jadi jiper..ekekekeke. anyway makaaih banyak pencerahannya om.

  25. baru mau daftar adsense, baca artikelnya om gani jadi jiper..ekekekekeke. anyway makasih banyak pencerahannya om

  26. blog saya pv 6k-7k perhari cuman bisa dapet kurang dari sedolar, dengan niche android, gegara visitor pengunjung blog 20% dari uc browser, ngeness. Tapi Bner kata mas gani semangat telaten terus update, usaha gak menghianati hasil

  27. Betul banget nih…. saya juga merasakan hal serupa.. sekarang saya juga menjalani apa adanya.. ga ngoyo seperti awal2 ngeblog. Hehehe.. thx tuk pencerahannya sob.. semoga sukses slalu.. ^_^

  28. Pak, mau nanya, blog saya niche film bisa sampai 700 ribu PV per bulan, tapi penghasilannya rendah banget. Hanya 45-50 dollar per bulan. Ngga bisa payout tiap bulan. Saya rajin ngeblog. Dulu hanya 3000 pv per hari, naik bertahap jadi 5000 pv, lalu jadi 10-15 ribu selama beberapa bulan. Tiba-tiba melonjak ke 25-30 ribu. Sekarang pelan-pelan naik ke 40 ribu PV per hari. Tapi kenaikan penghasilan adsense ngga sebanding. Ada solusi buat saya, Pak? Terima kasih.

    1. mas , kalau blog downlod mah mending make revenuhits yang tipe pop up… penghasilannnya bakal besar kayaknya … coba aja deh hehehe sedikkit saran sh …

  29. 8k Uv kalo niche nya blog, otomatis pengunjung juga blogger dah paham adsense/adblocker, kemungkinan klik kecil

    mendingan niche emak-emak 5kUV/day, iklan diskon langsung di klik.

    cpc diluar kendli publisher, tp CTR dan traffic masih bisa diupayakan. fokus ke traffic.

  30. santai saja ya gak usah ‘ngoyo’
    rejeki sudah ada yang mengatur katanya 🙂
    bila dari adsense gak ada, barangkali dari tempat lain.
    keep smile dan enjoy ajalah…

  31. sekarang kayaknya pengunjung pada paham iklan y mas jadi ctr anjlok, udah gitu cpc jg aduhai hehehehee

    tp setuju sm mas gani, blogger pantang menyerah. misal penghasilan berkurang y itung2 sedekah informasi, klo krg bermanfaat y itung2 bwt hobi nulis ngisi wkt luang 🙂

  32. hemmm… setelah baca ini koq agak sedikit down….
    okelah dibuat santai saja….mengalir saja…hehehe
    sambil belajar terus…

  33. Mas
    Visitor blog total
    133427
    Dan tidak ada yang klik iklan
    berapakah dollar yang saya terima

  34. Benar bgt Mas, harus bekerja keras agar bisa memperoleh hasil, apalagi jika masih baru…Terima kasih atas motivasinya…

  35. Nambahin saja. Untuk mempercepat penghasilan dari adsense dari blog yang minim visitor adalah memasang adsense di beberapa blog. Jika punya 5 blog dengan jumlah visitor rata-rata 200/hari maka bisa didapat tampilan adsense 1000/hari, peluang klik lebih besar. Apalagi masing-masing blog bisa meningkat visitornya.

    Sekecil apapun pendapatan jika digabungkan akan menjadi besar. Memang butuh usaha keras dan bersabar.

    1. Thanks masukannya mas Kanal 😀
      Boleh juga ide-nya, tapi harus butuh waktu ekstra juga untuk memperbanyak blog.

  36. halo, mas gani.

    saya senang sekali membaca blog/webstite portalnya.
    saya juga sering ngikutin beberapa tips. untuk stabil di adsense
    cuma kebetulan saya buat blog baru dan lebih segmented.

    apakah agan gani punya proyeksi keyword untuk bulan-bulan kedepan?
    sepertinya teknik 1 tahun terakhir udah engga ampuh lagi untuk ningkatin organic search.

    terima kasih

    cp: [email protected]

  37. Mikirkan penghasilan nomor urut terakhir saja mas..trafik aja masih merangkak,tapi harus selalu optimis.

  38. semakin lama, perjalanan supaya bisa PO seorang publisher adsense semakin terjal..

  39. Saya dapat 10K PV per hari blog Indo, tapi hasilnya nihil. Rata2 0,5 dollar dari Adsense. Syukur2 bisa 1 dollar per hari

  40. sangat memberikan motivasi…semnagat ngeblog,,,semangat menulis artikel…hehehe…
    kalau bleh tau misal jumlah pengunjung sampai 5000 uv,, di dapat dalam berapa bulan atau tahun mas???

  41. Visitor tempat saya di atas 75% dari HP. Dan browser yang paling sering dipake UC browser. Lantas
    saya pake Simple Adblock Notice plugin, saya set ke strict mode. Jadi begitu visitor lagi mau baca2, tau2 ketutup sama layar pop up 1 halaman penuh. Visitor harus refresh halaman dulu biar bisa balik lagi. Tapi karena visitor gak menonaktifkan adblokernya, jadinya setelah direfresh ya balik lagi, muncul pop up lagi, begitu seterusnya. Lumayan, buat jagain bounce rate.
    Makanya saya ajak teman2 yg pada pake wp, pake plugin Simple Adblock Notice aja. Toh lagian visitor dari UC browser juga seringnya gak menguntungkan. Cuman bikin berat server dan gak bisa kasih hasil. Lagian saya cuman pake adsense, bukan iklan pop ads, jadi gak begitu menggangu, mengapa iklan saya harus diblok? buat beli susu anak saya nanti pake apa?

    1. Sepertinya layak di coba mas bambang, selama halaman iklan tetap tayang, selama itu pula adsense akan berpotensi medapatkan penghasilan.

      Hanya saya berfikir efek yang ditimbulkan dari adblock akan meningkatkan bounce rate, itu artinya tidak begitu bagus buat blog.

      Nah..nanti bisa saya sambil praktekkan..setidaknya uji pluginnya untuk beberapa hari kedepan.

      Betul, saya rasa iklan adsense tidak mengganggu selama penempatannya sesuai kaidah penempatan iklan.

      1. bounce rate jadi tinggi karena kurang pintar saja, sebagai contoh script untuk memblokir iklan diberi tulisan stop adblock, matikan adblock, bla bla bla… akhirnya visitor gone away. coba kalo dikasih tulisan lain ya enggak

  42. Setuju sekali mas gani….
    hm,,,, tak ada sesuatu yang di dapatkan dengan mudah tanpa bekerja keras…
    semangat.. makasihh ilmunya hari ini… salam IAPD.

  43. Cara mendapatkan 5000 UV susah mas,. paling mentok 200..
    haduh,.
    klo dapat UV segitu mayoritas dari sosial media, bahaya ga mas ?
    klo seo sy kurang paham,.

    1. Nanti juga akan bisa mas, semua butuh proses :D, bukan berarti saya sudah mampu menjangkau target segitu.
      kalau semua trafik dari sosial mdia kelas beresiko mas, harus ada trafik organik yang ideal.

  44. Memang benar sekali ya mas, jangan terlalu bergantung pada adsense ketika blog baru sedikit dalam mendapatkan traffik, saya pernah berfikir mas, ingin keluar dari pekerjaan saya dan menjadi full time blogger, namun semuanya masih dalam tahap pemikiran saja mas. Tapi setelah baca artikel ini saya akan coba berfikir yang realistis saja mas, biarkan aktifitas ngeblog ini berjalan seiring dengan aktifitas yang lain. Makasih mas pencerahannya.

    1. Pasti suatu saat akan bisa terwujud mas Isrofi, Pasti nanti ada waktunya…

      Kalau memang Adsense sudah ada hasil maksimal…Bolehlah kita meninggalkan kerjaan dan fokus pada kegiatan blog.

  45. Wah benar, yang menjadi patokan adalah visitor dan jumlah klik, jumlah klik yang normal akan sesuai dengan jumlah visitor, akhir-akhir ini seiring visitor gara-gara beberapa artikel yang dianggap melanggar kebijakan dihapus juga ikut mempengaruhi pendapatan google adsense, lebih parahnya lagi kurang tau kenapa 2016 CPC begitu sangat kecil sekali.

    Manusiawi ketika performa blog dan adsense tidak sesuai yang diharapkan, bawaannya adalah males…
    Betul sekali benar-benar jagnan pantang menyerah. ingin sukses kuncinya selalu kerja keras pantang menyerah dan selalu berdoa, Keep blogging, thanks atas artikelnya brother. 🙂 salam kenal

    1. Wah..mas didin Ajidin, sepertinya saya masih jauh dibandingkan dengan semua pengalaman mas. Tapi memang benar adanya, semua tergantung dari trafik.

      Jatuh bangun masalah visitor saya anggap sebagai pengalaman saja, walaupun sebenarnya adalah pengalaman pahit.

      Tapi saya berharap pada semua rekan blogger agar jangan cepat putus asa..semua kerja keras pasti akan berbuah hasil.

      Salam kenal juga mas, suatu kebangggan mas Ajidin berkunjung di blog saya 😀

  46. Memang bener mas, sejak 2016 penghasilan saya juga turun drastis. Jumlah pageview rata-rata 15.000 namun di bulan Januari dan Februari penghasilan maksimal $5 per hari.

    1. Wah..hebat, sehari $5..Sudah bisa gajian tiap bulan mas Syamsu. Faktor hoki juga ikut berpengaruh…Selain itu niche blog juga ikut menunjang. 😀

  47. aduh jadi down nih setelah baca tulisan pak Ganisebastian, tapi emang iya sih jangan terlalu berharap. penghasilan para publiser sangat tergantung sama pengunjung.
    OH ya pak saya mau tanya nih penghasilan “GA” sekecil apa pun apakah harus diambil apa bisa di kumpulin dulu selama beberapa bulan gitu?

    1. Sebenarnya bukan menambah down atau patah semangat, tapi itulah kenyataan yang ada.

      Nah jika trafik pengunjung mendekati angka tersebut, itu tandanya mas supri sudah berhasil mencapai target yang diharapkan. Selain trafik blog yang tinggi ada pula penghasilan tetap.

      Penghasilan Adsense akan dibayarkan jika sudah mencapai ambang batas minimal 100 USD atau setara dengan mata uang Rupiah dengan jumlah tersebut.

      Pihak google akan membayarkan semuanya sesuai dengan yang tercantum dalam laporan pembayaran akhir..Jadi tidak akan ada yang disimpan.

      Setelah selesai proses pembayaran, maka saldo kita di dashboard Adsense menjadi NOL.

      1. thanks mas responnya,
        maaf nih banyak nanya mas, saya kalau baca artikel dari google langsung masih suka bingung mending nanya langsung sm yg sudah berpengalaman.
        ini pemikiran saya, apa yg dimaksud mas diatas bahwa GA akan membayar kita apabila mencapai batas minimal $100. Pertanyaan saya :
        1. kalau misalkan selama 1 atau 3 bulan saya baru dapet $30 berarti belum bisa diambil harus nunggu sampai $100 gitu ya?
        2. kalau selama 1 tahun tidak mencapai ambang batas minimal $100 apakah akan hangus atau tidak

        1. Its Oke mas Supri, silahkan bertanya sebanyak-banyaknya 😀
          Betul, penghasilan Adsense baru bisa diambil jika sudah mencapai $100.
          1. jika dalam bulan 1,2 atau ke 3 belum mencapai $100, maka akan terus dijumlahkan pada dashboard Adsense, dan laporan tersebut bisa dibaca secara akurat, per hari, per minggu dan setiap bulan. Bahkan setiap hasil klik per-iklan yang menghasilkan Dolar juga dilaporkan secara detail.

          Nantinya jika sudah mencapai $100, maka mas supri akan disuruh memilih metode pembayaran, apakah menggunakan Western Union Atau pembayaran melalui transfer bank.

          2. Jika dalam 1 tahun atau bahkan lebih belum mencapai $100 maka penghasilan masih tetap utuh, tidak hangus ataupun hilang, asalkan pasword akun Adsense tidak lupa 😀

          #Satu lagi, harus melakukan verifikasi PIN Adsense yang akan dikirimkan melalui Pos ke alamat mas Supri. PIN Adsense akan dikirimkan setelah menghasilkan $10. Dan jika PIN tidak terkirim, bisa melakukan Verifikasi PIN Adsense dengan KTP.

          1. mas sebenarnya apakah ada perbedaan penghasilan dari ngeblog sama dari youtube, soalnya kalau rasain youtube lebih mudah dan cepet diterima dan ga lama iklan sudah tampil. tapi kalau pake blog aduh pusing saya sudah banyak unit iklan yang ga diterima.
            kalau boleh mas gani kasi saran, atau masukan ke saya harus digimanain untuk blog saya agar iklan cepat tayang. blog saya.
            Terimakasih sebelumnya,

            1. Sebenarnya sama saja mas, yang penting tetap konsisten dan berkelanjutan. Maaf link terdelete otomatis, sesuai kebijakan berkomentar di blog ini 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close