Ulasan Bisnis

Pengusaha Pemula Gagal Sukses? Inilah 5 Alasan Paling Mendasar!

Pengusaha Pemula Gagal Sukses – Menjadi seorang pengusaha adalah opsi atau pilihan yang paling banyak di minati oleh sebagian besar rakyat Indonesia. Di mulai dari usaha kecil sampai skala besar, semua pasti hanya memiliki 1 cita-cita, yaitu kesuksesan.

Banyak sekali sarana untuk memulai usaha di zaman modern ini, semua kembali kepada diri kita, mampukah untuk turut bersaing?

Karena semakin tingginya minat masyarakat Indonesia untuk menjadi seorang pengusaha, banyak sekali marketplace pendukung yang bisa kita akses dengan sangat mudah untuk memulai usaha.

Contoh yang lebih praktis adalah bisnis online seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Hanya dengan sedikit gestur jari pada ponsel pintar, semua mimpi bisa saja terwujud, semua tergantung kepada kita, mampukah untuk mewujudkannya?

Data statistik menunjukan bahwa, sebesar 50% pengusaha pemula gagal sukses untuk memulai keberhasilannya, padahal umur dari usahanya baru saja seumuran jagung.

Hal ini terjadi karena banyak faktor yang membuat sang pengusaha pemula gagal sukses untuk turut bersaing secara berkepanjangan di medan marketing. Tentu saja, faktor tersebut adalah kurangnya pengetahuan,  dan mental yang seharusnya bisa mengimbangi usaha yang ia geluti.

Keinginan setiap orang pada umumnya adalah sukses dalam menjalani hidup, itulah alasannya mengapa banyak orang yang memilih untuk menjadi seorang pengusaha ketibang hanya menjadi bekerja sebagai seorang pekerja.

Tetapi banyak diantara mereka yang takut memulai bisnis atau usaha. Hal itu di sebabkan karena banyak di antaranya yang takut mengalami kegagalan dan menjadi seorang pengusaha pemula gagal sukses.

Loading...

Melihat banyak pengusaha pemula gagal sukses dalam bisnisnya, tentu saja merupakan nuansa tantangan tersendiri untuk para pengusaha pemula ketika memulai karirnya. Sehingga, bobot pengetahuan, dan mental baja harus di persiapkan dengan sangat matang dalam hal ini.

Berikut Penulis akan mengulas tuntas alasan apa saja yang membuat kamu gagal mendulang kesuksesan ketika menjadi seorang pengusaha pemula.

Baca juga : 6 Langkah Cara untuk Jualan Online yang Sukses Bagi Pemula

5 Alasan Pengusaha Pemula Gagal Sukses

alasan pengusaha pemula gagal sukses
Sumber gambar: hedisasrawan.blogspot.co.id

Tidak Melakukan Penelitian Persaingan Bisnis dan Kompetisi

Inilah yang biasa terjadi, banyak sekali para pengusaha pemula gagal sukses untuk melakukan startup di karenakan oleh hal ini. Sebagai seorang pengusaha, kompetisi menjadi suatu hal yang tak bisa di hindari.

Penting bagi kita untuk melakukan sedikit penelitian lebih lanjut mengenai kompetitor kita di medan usaha, sebagai modal kita untuk memasuki medan pertempuran.

Tetapi salahnya para pengusaha pemula adalah karena tidak melakukan hal ini. Kebanyakan di antara mereka malah melakukan tindakan tanpa mengetahui siapa yang mereka lawan, dan dengan apa ia akan melawan.

Hal ini berdampak pada kegagalan dalam usaha yang ia geluti, tak heran banyak pengusaha yang sampai gulung tikar sehabis di hancurkan oleh lawan mainnya.

Hal yang pertama harus kalian kerjakan adalah melakukan analisa persaingan bisnis, dan kompetisi. Ketahuilah kelemahan bisnismu berbanding dengan usaha lawan main.

Hal ini menjadi sangat penting bagi kalian untuk bisa menjadi yang unggul di antara para pesaing usaha.  Jika kalian tidak melakukan hal ini, bayangkan saja jika kompetitor kalian di luar sana melakukan hal ini. Usaha kalian di jamin akan gagal dan kalah dalam persaingan.

Mesin tidak berkompetisi, namun manusia berkompetisi. Berfikirlah secara inovatif dan kembangkan usaha kalian dengan kreatif. Ciptakan pembeda antara usahamu dengan usaha lawan mainmu. Buat semua terasa berbeda walaupun jenis usaha yang kalian geluti adalah sama.

Untuk melakukan hal itu, tentu saja di butuhkan hasil penelitian persaingan dan kompetisi yang kalian lakukan. Seberapa besar peluang kamu dan seberapa sengit persaingan di medan usaha. Hal ini sangat penting untuk mengukur kerugian dan keuntungan.

Menjadi seorang pengusaha pemula gagal sukses dalam startup pastinya akan sangat kalian hindari. Semua kembali kepada diri kalian masing-masing, apakah kalian sudah cukup siap untuk membongkar isi kepala kalian, mengeluarkannya, dan mendapatkan pemikiran terbaik untuk menentukan keputusan jitu dalam berkompetisi.

Mereka Tidak Menyelesaikan Problem

Alasan pengusaha pemula gagal sukses
Sumber gambar: mobe.com

Menyelesaikan masalah adalah hal yang paling utama dalam kesuksesan usaha.  Apakah semua pengusaha pemula gagal sukses tidak melakukan hal ini?

Tentu saja mereka melakukannya, dan mencoba untuk menyelesaikannya. Tetapi mengapa mereka tetap saja gagal? Itu terjadi karena mereka tidak menyelesaikan masalah yang sebenarnya harus mereka selesaikan.

Masalah yang tepat, membutuhkan kunci yang tepat. Salah mengidentifikasi masalah menjadi masalah yang dominan terjadi diantara para pengusaha pemula gagal sukses. Perlu di pahami bahwa, penyelesaian masalah terhadap masalah selalu di lakukan oleh semua pengusaha.

Banyaknya penyelesaian masalah, berujung menyebabkan semakin sengitnya persaingan di antara para pengusaha. Menyelesaikan masalah dengan niat mendapatkan keuntungan hanya akan mendatangkan masalah lain yang berkelanjutan.

Banyak para pengusaha pemula gagal sukses untuk startup karena keinginan untuk cepat kaya. Mengidentifikasi masalah bukanlah hal yang di putuskan dengan sepele.

Kesalahan yang di hasilkan dalam kegagalan pemilihan topik yang jitu akan berdampak pada kerugian yang berkelanjutan, dan merobohkan usaha anda seketika.

Indentifikasi masalah yang menyebabkan masalah dalam persaingan usaha! Sangat penting untuk bisa tampil berbeda dengan cara yang berbeda dalam bersaing.

Hal itu mampu menciptakan nilai plus yang memindahkan anda ke zona yang lebih aman dalam persaingan usaha, dan meminimalisir kerugian untuk tetap bisa bertahan dalam jalur kesuksesan.

Kesuksesan bukan hanya di kejar oleh kalian para pengusaha pemula, tetapi saingan kalian bahkan ada juga yang sampai memburunya, dan melakukan segala macam cara untuk mendapatkannya.

Tanpa ide yang brilian untuk menyelesaikan masalah, puncak kesuksesan dalam usaha akan menjadi mustahil untuk di raih, dan semakin menjauh, seiring dengan sengitnya persaingan yang lambat laun akan menghancurkan semua peluang usaha.

Tidak Cukup Modal yang Di Alokasikan

Alasan Pengusaha Pemula Gagal sukses
Sumber gambar: thecable.ng

Modal adalah dasar yang harus di curahkan oleh pengusaha untuk membangun usahanya. Modal di ibaratkan seperti uang yang di tanam ke dalam tanah untuk menumbuhkan pohon uang tinggi yang sebentar akan berbuah uang di masa depan.

Apakah banyaknya modal yang di alokasikan sangat berpengaruh dalam membangun usaha? Jawabannya adalah sangat berpengaruh.

Kita tidak sedang menanam pohon rambutan yang hanya di tanam 1 biji akan tumbuh ratusan yang baru. Menanam modal dalam usaha, lebih terbilang seperti menyempurnakan segala aspek dalam usaha.

Modal menentukan kualitas, adalah bahasa yang sering di lontarkan para pengusaha sukses ketika membahas tentang seminar bertema usaha.

Jumlah besaran modal juga sangat berpengaruh dalam durasi persaingan di medan usaha, tak sedikit pengusaha pemula gagal sukses dan kandas di tengah-tengah persaingan yang sengit karena faktor yang satu ini. Alokasikan modal dengan sesuai kebutuhan usahamu dan berusaha segiat mungkin!

Manajemen yang Buruk

alasan pengusaha pemula gagal sukses
Sumber gambar: slideshare.net

Manajemen bukan hanya sekedar mengatur pengeluaran dan pendapatan saja, melainkan juga segala jenis aspek yang ada dalam usaha. Manajemen menjadi sangat penting untuk menyempurnakan hubungan, komunikasi, dan kualitas dari usaha.

Bagi kamu yang memiliki karyawan, pasti sangat penting untuk menciptakan hubungan ala manajemen dengan karyawan dalam usaha yang sedang kalian kembangkan.

Walau sesempurna apapun perencanaan yang kamu buat, jika karyawan melakukan kesalahan atau bahkan tak mampu melakukan tugasnya dengan baik, pastinya akan berdampak fatal pada usaha yang sudah susah payah kalian bangun.

Mulai dari sekarang kenalilah segala macam aspek dalam usaha yang sedang kalian geluti. Kesalahan sedikit saja dalam perhitungan akan berdampak fatal, dan mungkin saja bisa menyebabkan kalian menjadi pengusaha pemula gagal sukses untuk meraih keberhasilan dalam usaha.

Manajemen yang baik, meliputi;

  • Perencanaan yang matang;
  • Sumber daya manusia yang berkualitas;
  • Kepemimpinan yang terbuka; dan
  • Lingkungan kerja yang nyaman

Perencanaan yang matang sangat penting untuk mengantar bisnis anda menuju kesuksesan. Tentu saja tanpa perencanaan, usaha kalian akan bergerak statis, dan tidak akan ada kemajuan.

Melakukan perancangan dengan perencanaan yang berkualitas,  tentu akan membuat kuda-kuda usaha kalian lebih kuat dalam menerima berbagai kesulitan yang di akibatkan oleh sengitnya persaingan.

Sumber daya manusia yang berkualitas juga sangat penting untuk memaksimalkan perencanaan yang baru saja kalian rancang.

Di tambah dengan kepemimpinan secara terbuka dengan lingkungan kerja yang nyaman, akan semakin membuat usaha yang sedang kalian jalankan menjadi semakin sempurna terhadap penyerangan dengan pertahanan yang kuat, serta siap meluncur di dalam arus persaingan yang sengit.

Tidak Ada Kegigihan

Alasan Pengusaha Pemula Gagal sukses

Banyak sekali pengusaha pemula gagal sukses karena faktor yang satu ini. Tidak ada kegigihan membuat para pengusaha terkesan malas dan cenderung tidak mau untuk melakukan 4 poin di atas.

Membuat ia tidak bekerja secara maksimal untuk menyempurnakan usahanya, dan lambat laun akan tenggelam dalam sengitnya persaingan.

Ibaratkan kalian sedang berjalan di negri entah berantah, dan mencoba untuk mencapai pemukiman. Hal pertama yang anda harus lakukan adalah gigih dan terus berusaha! Seperti itulah cara seorang pengusaha mencapai kesuksesan.

Tanpa harus takut akan banyaknya pengusaha pemula gagal sukses dalam karirnya, kalian harus terus berusaha dan gigih menjalankan bisnis atau usaha yang telah kalian bangun.

Poin ini adalah hal yang paling penting untuk mencapai semua yang kalian inginkan, dan apa yang kalian mau dalam mencapai kesuksesan.

Bahkan sekalipun kalian pernah mengalami kegagalan, bila di barengi dengan watak yang penuh dengan kegigihan, kalian pasti akan mencapai kesuksesan di suatu hari nanti. Kegigihan adalah kunci penting dalam kesuksesan, itu yang harus perlu kalian ingat.

Semoga apa yang saya sampaikan dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya. Terima kasih karena telah membaca artikel ini sampai tuntas. Tetap semangat, dan pantang menyerah!

Terima kasih karena telah menyimak sampai tuntas. Sampai jumpa sobat Klik mania semua pada kesempatan kita yang selanjutnya.



Loading...

Baca selengkapnya

Seorang penulis professional yang selalu berupaya untuk menciptakan konten berkualitas tinggi dengan pengaplikasian SEO semaksimal mungkin.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *