Tekno

Ini Beberapa Penyebab Laptop Menjadi Lemot !! Atasi dengan 5 Cara Ini

Penyebab Laptop Menjadi Lemot – Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Apalagi bagi seorang pelajar, mahasiswa, atau seorang yang bekerja di tempat-tempat tertentu yang memang menggunakan laptop dalam kesehariannya.

Bagi kamu yang sudah lama punya laptop, pasti menyadari bahwa laptop kamu dari tahun ke tahun kinerja laptop menjadi lemot. Ya, seperti kabanyakan alat elektronik lain, laptop juga akan mengamai penurunan kinerja setelah dipakai sekian tahun.

Baca jugaTips Membeli Komputer/Laptop Second Agar Tidak Tertipu

Alasan Kenapa Laptop Menjadi Lemot

Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa membuat laptop menjadi lemot selain karena laptop kita memang sudah lama dipakai terus-menerus.

Faktor-faktor itu bisa berasal dari software, bisa juga dari hardware. Nah, berikut beberapa alasan kenapa laptop menjadi lemot dari tahun ke tahun.

Baca juga: Sering Lag Pas Main Game? Ini Dia Penyebab Utamanya!!

1. Hardware Kotor dan Kurang Perawatan

Kurangnya maintenance atau perawatan pada laptop memang bisa membuat laptop menjadi lemot. Kurang perawatan bisa membuat laptop menjadi kotor dan berdebu yang membuat kinerja laptop sedikit terganggu. Biasanya bagian yang cepat kotor adalah ventilasinya.

Kamu bisa melakukan perawatan dengan membersihkannya minimal sebulan sekali. Kamu juga harus menggunakan cooling pad yang bagus untuk mengurangi panas pada laptop kamu.

Loading...

2. Terlalu banyak File Sampah yang Menumpuk

Tanpa kita sadari, mungkin ada banyak sekali file sampah atau file tidak berguna yang mengendap di harddisk laptop kita. File sampah yang biasanya juga berupa temporaray file dari web browser itu ternyata sangat berpengaruh dan menyebabkanlaptop menjadi lemot.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih file seperti CCleaner atau yang lainnya untuk membersihkan file-file tidak berguna tersebut.

3. Harddisk yang Terfragmentasi

Harddisk yang terfragmentasi dalah suatu kondisi harddisk keetika posisi file-file yang ada di dalamnya terpisah secara fisik dan membuat penyimpanan menjadi tidak beraturan. Kondisi ini ternyata juga bisa membuat laptop menjadi lemot.

Untuk mengatasi terfragmentasinya harddisk ini, kamu bisa melakukan tindakan defragmentasi data biasa dikenal dengan defrag untuk mengembalikannya.

4. Terlalu Banyak Program yang Berjalan

task manager

Banyaknya aplikasi yang terinstal di laptop ternyata juga bisa mempengaruhi kecepatan laptop itu sendiri. Terlebih lagi untuk startup programs.

Terkadang kita memang tidak menyadarinya ketika menyalakan laptop aplikasi-aplikasi tersebut secara otomatis berjalan.

Kamu bisa langsung meng-uninstall beberapa aplikasi tidak berguna atau terlalu berat untuk dijalankan. Selain itu kamu juga harus dengan tidak mengaktifkan beberapa program startup dan service dalam laptop.

5. Terinfeksi Virus dan Malware Berbahaya

Salah satu yang bisa membuat laptop menjadi lemot adalah kemungkinan infeksi virus atau malware dalam laptop. Kamu bisa melakukan penanganan awal dengan melakukan scanning menggunakan antivirus.

Kalau dirasa masih kurang ampuh, opsi terakhir adalah dengan melakukan install ulang. Namun, jangan sampai lupa mem-backup data-datang penting terlebih dulu.



Loading...

Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button