Dasar dasar BlogOptimasi Blog

Perbandingan Blog Gratis Dan Berbayar Dari Segi Pengunjung

Perbedaan blog gratis dan blog berbayar. Apakah pengguna dan pemakai blog gratisan seperti blogspot akan mendapatkan trafik yang tinggi? Ataukah web/blog yang hanya menggunakan fasilitas berbayar (premium) saja yang akan mendapatkan pengunjung yang banyak? Bagaimanakah perbandingan nya?

Mungkin ini pertanyaan yang terkadang ada di benak masing-masing blogger, lantas ada yang langung membeli perabotan ngeblog dengan tujuan ingin meningkatkan trafik blog mereka.

Ini sebenarnya adalah pandangan yang sepenuhnya tidak benar, karena google sendiri tidak memandang hal tersebut, baik blog gratisan maupun premium semua mendapat jatah yang sama. Dan itupun tergantung pada owner blog masing-masing.

Pengertian Blog Gratisan

Yang di sebut blog gratis adalah blog yang menggunakan sarana domain dan hosting dari pihak lain, contohnya seperti blogger/blogspot, wordpress, Weebly dan lainnya.

Dalam penggunaanya kita di wajibkan memenuhi persyaratan yang sudah di tetapkan oleh penyedia domain. Apa itu domain dan hosting? Jika ada yang belum mengerti silahkan baca penjelasannya di bawah ini (khusus blogspot).

Baca : Perbedaan domain dan hosting beserta penjelasannya

Di bawah ini adalah Daftar Situs Penyedia Layanan Blog Gratis lainnya.

  • http://www.webs.com
  • http://www.yola.com
  • http://blog.com
  • http://www.jimdo.com
  • http://blogsome.com
  • http://edublogs.org
  • http://friendster.com
  • http://knol.google.com
  • http://squidoo.com
  • http://viviti.com
  • http://blog.co.uk
  • http://diaryland.com
  • http://gather.com
  • http://hubpages.com
  • http://opendiary.com
  • http://thoughts.com

Blogger (blogspot) dan wordpress (org) lebih mendominasi dan lebih populer di antara penyedia daftar situs gratis lainnya, dan umumnya kita sering menjumpai dua flatform ini di layar browser kita, sewaktu berselancar mencari artikel atau sumber berita.

Pengertian Blog Berbayar/Premium

Mungkin saya yang memberi istilah Blog premium, karena fasilitasnya berbayar,, Blog premium yaitu dalam penggunaanya memakai domain sendiri atau hosting sendiri(self hosting) walaupun harus menginstal CMS dari pihak wordpress (org), jadi dalam menggunakan web/blog tersebut tidak terikat dengan ketentuan dan kebijkan seperti blog gratisan.

Untuk domain dan hosting biasanya menggunakan jasa atau menyewa pada penyedia domain dan hosting untuk beberapa bulan atau hitungan tahun.

Untuk blogspot dan wordpress (org) juga tersedia fasilitas Custom domain, yaitu fasilitas untuk mengganti nama domain saja, tetapi hosting masih ikut pada induk utama dari blog gratisan tersebut. Sebagai contoh http://www.budigaul.blogspot.com menjadi http://www.budigaul.com.

Jika anda hanya ingin meng-custom domain saja anda bisa baca artikel di bawah ini :

Panduan Custom domain Di IDwebhost
– Mengganti Blogspot menjadi Com di RumahWeb

Baiklah sekarang kembali ke topik, di sini saya akan memberikan perbandingan mengenai blog personal, yaitu blog yang di kelola oleh 1 orang saja.

Apakah menggunakan blog gratisan akan kalah saing untuk masalah trafik atau pengunjung blog? saya bisa menjawab ” Tidak”, apa dasar yang jelas jelas meyakinkan bahwa blog premium bisa unggul untuk masalah trafik/pengunjung?

Alasan yang tidak masuk akal jika ada yang berkata demikian, mari kita buktikan bahwa saya berkata apa adanya, dan penjelasan secara rasional yang akan mementahkan hal tersebut. Berikut ini adalah penjelasan yang berhubungan dengan masalah trafik saja, yaitu tampilan blog, performa dan masalah SEO untuk blog.

Perbandingan Antara Blog premium dan Gratisan

1. Blog premium yang rata rata di dominasi oleh wordpress (org)  mempunyai tampilan serta template (theme) yang mudah di ganti, penambahan widget secara mudah dan juga standar SEO (Fast loading dan mobile friendly), sehingga familiar di mata search engine.

– Hal ini juga sama untuk blogspot, sekarang sudah banyak tersedia jenis template yang sama dan tak kalah bagusnya untuk masalah tampilan serta performa.

2. Blog premium mempunyai kelebihan untuk mendownload dan memasang plugins, terutama plugins SEO, pengaturan permalink yang lebih baik yang dapat bersaing dan memungkinkan memenangkan di hasil pencarian di serach engine.

Masalah SEO adalah Rahasia google, optimasi SEO yang berlebihan justru akan membahayakan blog anda sendiri, di blog gratisan kita juga mengoptimasi SEO, masalah bagaimana memenangkan  di hasil pencarian itu tergantung dari artikel anda sendiri.

Baca : Artikel berkualitas adalah optimasi SEO era baru

3. Blog premium (terutama self hosting) mempunyai kelebihan untuk memposting artikel tanpa batas dan bisa sebanyak banyaknya.

Untuk blog personal, saya bisa yakin dan melihat kemampuan anda, untuk bisa menulis artikel original (tanpa copas) sehari menghasilkan 3 – 5 artikel saja sudah saya acungi 4 jempol. Lebih baik 1 artikel berkualitas dari pada 10 artikel yang tidak jelas.

4. Memiliki kredibilitas tinggi atau kepercayaan yang lebih baik dan lebih profesional. ini yang keliahatan di mata visitor, jadi blog premium lebih di minati para pengunjung.

Semua kembali ke masing masing, masalah kredibilitas itu tergantung pada isi blog itu sendiri, apa yang di tuliskan, format bahasa dan pemahaman, serta penyampaian kepada pembaca. Sebuah blog premium akan terlihat lebih rendah dan tidak profesional, manakala di kelola oleh owner yang kurang tepat.

Semua terjawab secara rasional dan masuk akal, jadi masalah trafik bukan terletak pada perbedaan blog gratis dan blog premium. Seorang owner blog gratisan yang mengelola dengan sungguh-sungguh dan konsisten serta continue akan membuahkan trafik bagi blognya.

Dan seorang yang hanya mengandalkan tampang blog premium tanpa melakukan sesuatu yang continue tidak akan mendapatkan apa-apa, kecuali dia sendiri sebagai pengunjung blognya.

Jadi jangan malu menggunakan blog gratis dan jangan takut untuk tidak mendapatkan visitor yang melimpah, semua itu tergantung kita.

Sekarang algoritma google lebih menekankan kepada kualitas konten dan relevansi sebuah artikel, siapa yang cerdik, mampu konsisten dan bertahan tetap eksis, maka dia akan mendapat perhatian, terutama dari google.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

51 Comments

  1. Betul banget itu mas, walaupun blog saya sekarang pakai domain gratisan, saya selalu tekun dalam membangun blog saya. Dan alhamdulilah setiap bulannya menunjukkan peningkatan sedikit demi sedikit Saya juga terniat mau upgrade ke TLD, tapi perlu di submit lagi ya mas supaya ke indeks? Terima kasih

  2. Saya kira traffik saya ga naik naik gegara saya pake blog gratisan. Sehingga pada akhirnya saya mencoba cari tau pengaruh blog berbayar dengan gratisan. Jujur saya bingung kenapa pengunjung saya segitu segitu saja. Apakah ada pengaruh di template/ theme? Karena Saya pake template bawaan. Terimakasih sebelumny

  3. Salam kenal mas dan semua penghuni di komentar ini. Saya pemula, gaptek lagi. Izin bertanya, apakah ada yg mau membimbing saya?

  4. Terima kasih kepada klikmania atas ulasan yang tuangkan di media ini.
    Sehingga saya timbul keyakinan dan penuh kepercayaan diri untuk kreatif di blogger.
    Thanks banget and goog luck untuk anda.

  5. Terimakasih atas pengetahuan yang telah diberikan melalui artikel ini.. sangat menjawab pertanyaan saya selama ini

  6. Jadi cuma itu yah mas perbandingan antara blog premium dan gratis heeeeheee yang pasti konten tetep nomor satu

  7. artikel yg membawa pencerahan. tapi saya ada pertanyaan nih mas. mengapa blog wordpress premium banyak bertengger di posisi tinggi dan blog ini banyak di gunakan oleh Perusahaan-Perusahaan Media Besar. seperti Perusahaan berita.

    mengapa perusahaan berita tak menggunakan platform blogger.com dan lebih memilih ke wordpress.org

    1. karena faltform blogger tidak bersifat opensource dan hanya di akomodir oleh pihak google sehingga para pengembang flatform lebih banyak tertarik pada wordpress, sehingga perkembangan wordpress berada jauh diatas blogger, selain itu juga lebih lengkap fiturnya karena di kroyok banyak pengembang aplikasi dan plugin. 😀

  8. ane dukung nih yang kaya gini,, meski gratisan belum tentu yg premium lebih bagus dari ane 🙂 hehe

  9. Benar mas, tapi adakala nya juga ya buat blog ke premium. Karena menurut saya, ketekunan ditambah dengan fitur yang memadai akan meningkatkan peluang lebih sukses

  10. Terima kasih motivasinya mas Gan. 😀

    Saya juga mendapati ada blog gratisan yang pengunjung perbulannya sampai jutaan. ^^

  11. Wah, sharing yang sangat bermanfaat Mas,

    Saya baru mulai lagi nulis di blog dan masih menggunakan yang gratis.

      1. Tujuan kita ngeblok mungkin berbeda kalau saya terus terang cari duit soalnya saya pengangguran dari pada ngalamun !

  12. gimana buat blog dn gimana dapat uang nya mas gani?????

  13. saya masih mencoba di blog gratisan hehehe 🙂 maybe nanti akan ke yang berbayar sepertinya. makasih sharing nya 🙂

  14. Mas Gani..Bagaimana jika blog di wordpress self host, isinya ada yg copas, apakah dapat di daftarkn ke Adsense juga…? Tp saat ini sy msh mggunkn Blog grtsn di Blogspot,,Terima kasih atas jawabannya.

    1. Untuk Artikel copas jangan sepenuhnya, edit bagian tertentu agar lolos plagiarisme. Program Adsense tidak menerima artikel yang sudah pernah ditayangkan atau terindex dalam mesin pencari sebelumnya.

      1. Boleh dijelaskan, maksudnya terindex mas.

  15. Tulisan yang berimbang mas Klik, awalnya saya pengguna blog gratisan, lalu pengen eksis sebagai prof. blogger saya beli tuh domain .com, tapiiiii kalo postingannya sebulan sekali atau beberapa bulan sekali gak bisa juga ya disebut blogger…, karena idealnya berbayar dan kontinyu tapi bilapun tetep memilih gratisan kalo kontennya berbobot sangat wajar juga dibilang blogger yang profesional, nice sharing dan membuat saya jd mempertimbangkan perpanjangan domain blog saya hehehe… (karena saya jarang posting :-P) Salam kenal Mas Klik

  16. Saya tambahkan satu platform blog yang saya bangun ya.
    Kelebihannya :
    – Fast Loading
    – Kapasitas Penyimpanan Data / Artikelnya, dibuat Unlimited.
    – Cepat terindeks di Google, bahkan beberapa user saya sering menang kontes SEO.
    – Bisa Customize Template dengan bebas.
    – Ada Halaman Utama yang menghubungkan seluruh Bloger dengan memuat setiap artikel terbaru yang di posting di masing-masing blog. Dan masih banyak lagi.

  17. thanks info nya mas Gani.. sangat membantu saya ..soalnya saya terus mikirin.. apa bisa saya cukup pakai blog gratisan sj.., rupanya bisa ya mas.. sy lg pakai blogspot.com nih. konsen di konten nya.

    Herry

    1. Ok, sama-sama mas Herry, jika menggunakan blogspot bisa saja dicustom domain, nantinya menggunakan nama domain sendiri 😀

  18. APAKAH DENGAN CARA mengklik sendiri bisa menaikan rating ?
    saya butuh banget orang yang bisa membantu sya dalam mengembangkan blog sy mas

    1. Klik sendiri bagaimana ya mas Umar 😀 ? untuk mengembangkan blog tidak butuh orang lain, melainkan diri sendiri secara konsisten.

  19. Selamat siang mas Gani, maaf pertanyaan saya agak keluar topik. Untuk semua platform blog gratis yang telah mas Gani sebitkan dalam artikel ini apakah semua bisa di monetisasi kecuali wordpress. Makasih mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close