Perkembangan Teknologi Dari Waktu ke Waktu yang Mengalami Banyak Kemajuan

Berbicara mengenai suatu hal yang berhubungan dengan perkembangan teknologi itu tak akan ada habis habisnya sama sekali. Tahun demi tahun pasti akan mengalami perkembangan, yang mana tujuan itu adalah tercipta suatu teknologi yang lebih mutakhir dan mampu membawa perubahan besar dalam membantu meringankan setiap tugas manusia.

Setiap tahun berbagai perusahaan teknologi seperti bersaing satu sama lain dalam membuat suatu perubahan besar. Kita sebagai penikmat dari teknologi sendiri hanya bisa melihat bagaimaana hasil yang telah mereka ciptakan. Karena bagaimanapun juga, jika ada yang mampu menciptakan suatu perubahan besar dalam teknologi ke arah yang lebih baik, maka mereka akan mendapatkan banyak keuntungan.

Namun hal yang terjadi di zaman sekarang ini dimana keterbukaan begitu lebar, banyak orang yang mengambil keuntungan dari ide yang telah dibuat oleh orang lain. Misalnya ada suatu perusahaan yang berhasil menemukan suatu teknologi terbaru, namun pihak lain bisa dengan mudah menyalin lalu memodifikasinya menjadi bentuk yang lebih baik tanpa adanya pelanggaran hak cipta. Hal inilah yang menjadikan persaingan terus menerus terjadi antara satu pihak dengan pihak lain.

Nah dikesempatan kali ini, saya ingin membahas lebih detail mengenai perkembangan teknologi di tahun 2017. karena saya mengamati banyak sekali terjadi perubahan dan perkembangan teknologi yang mungkin belum rilis tahun lalu dan tahun ini akan menjadi suatu kebutuhan yang diburu banyak orang.

Perkembangan teknologi di tahun 2017

Sebenarnya teknologi itu dibuat untuk membuat sesuatu kehidupan yang lebih baik, lebih cepat dan lebih mudah. Teknologi bukan hanya seputar alat alat canggih yang mungkin anda sering temui dalam bentuk gadget dan sebagainya. Tapi berbagai rekayasa diberbagai bidang seperti rekayasa di bidang biologi atau yang sering disebut dengan bioteknologi juga termasuk ke dalam golongan teknologi.

Jadi teknologi itu bukan soal alat semata, namun berbagai ide baru yang diterapkan menjadi suatu proses perubahan dalam berbagai bidang juga termasuk ke dalam perkembangan teknologi. Nah dibawah ini ada beberapa perkembangan teknologi di tahun 2017 yang mungkin akan populer, digandrungi masyarakat luas dan mendunia. Apa sajakah itu? Silakan simak pembahasannya dibawah ini.

1. Teknologi scan iris pada kebanyakan smartphone

perkembangan teknologi
The process of iris scanning on the Galaxy Note 7 via http://www.phonearena.com

Perlu anda tahu, bahwa teknologi iris scanner itu diyakini dapat memberikan kecepatan dan keamanan 10 kali lebih baik daripada fingerprint scanner. Jadi keduanya tentu akan menjadi perhatian bagi para perusahaan pembuat smartphone.

Apabila memang iris scanner ini bisa memberikan kemampuan dan kemudahan yang lebih baik daipada fingerprint scanner, maka kemungkinan besar teknologi fingerprint ini akan tergusur oleh perkembangan teknologi satu itu.

Loading...

Memang untuk membuat teknologi ini tak semudah yang dibayangkan. Karena ketepatan atau keakuratan sebuah kamera untuk melihat dan mengidentifikasi dengan detail bagaimana kondisi dan keadaan iris manusia itu cukup sulit. Jadi jika kamera HP terus menerus aktif untuk membuka HP, maka baterai juga boros. Namun dengan kemajuan teknologi terbaru itu sudah menggunakan terobosan untuk mengatasi dan menyempurnakan cara tersebut.

Di tahun ini, teknologi itu justru akan berkembang pesat, bahkan dimungkinan lebih dari 200%. jika kita lihat saat ini, handphone yang menggunakan iris scanner itu hanya beberapa saja. Misalnya fujitsu NX F-04G, UMI Iron, ALcatel idol 3, ZTE grand 3, Vivo X5 Pro, Microsoft 950 XL dan masih banyak lainnya.

Bahkan diprediksi, teknologi iris ini akan dijadikan dalam lebih banyak fungsi. Mulai dari absensi bagi sekolah atau kantor, cctv, dan bahkan bisa digunakan untuk masuk akun dan pembayaran. Jadi bisa dipastikan bahwa nantinya teknologi iris scanner ini akan berkembang pesat, dan tahun ini adalah tahun penelitian dan pengembangannya, namun puncaknya mungkin akan diaplikasikan dalam beberapa tahun lagi.

Untuk scanner jenis lain, kemungkinan juga diprediksi akan terjadi perubahan besar dalam beberapa tahun ini. Salah satunya adalah dari segi teknologi mouse scanner yang mampu digunakan untuk memasukan kata dari kertas langsung ke aplikasi pengolah kata. Memang cara kerjanya hampir mirip dengan scanner pada umumnya, cuma ini lebih canggih dan lebih simple penggunaannya.

2. VR & AR

perkembangan teknologi

Sekarang sudah banyak ponsel yang memiliki sensor gyroscope untuk mendukung pengalaman menggunakan VR dan AR ini. Ya saat ini memang teknologi VR atau Virtual Reality dan AR atau Augmented Reality bisa dibilang baru lahir. Jadi jika kita lihat banyak yang belum sempurna.

Penggunaanya juga akan bisa diterapkan dalam berbagai bidang. Misalnya di suatu Museum sendiri sudah ada yang menggunakan teknologi ini dengan dukungan google untuk menciptakan seolah-olah berbagai fosil itu hidup kembali layaknya pada zaman purba. Jadi hal ini memang suatu kemajuan yang benar-benar bisa memberikan suatu sensasi dan pengalaman yang begitu menarik, jadi siapapun berusaha untu menyempurnakan teknologi ini.

Diperkirakan teknologi VR dan AR ini akan mencapai puncaknya pada tahun 2021 nanti. Dan sekarang ini merupakan tahun mulai merangkaknya teknologi satu ini. Saya sendiri belum pernah menggunakan teknologi satu ini. Karena belum mampu membeli peralatan yang mendukung. Namun jika memang sudah pada puncaknya, siapapun bisa menggunakan teknologi ini dengan mudah dan tentunya murah.

Pada tahun ini dimungkinkan perkembangan teknologi ini akan dilakukan besar besaran. Yang mana nantinya akan difungsikan dengan tak hanya sebagai alat untuk hiburan saja, melainkan sebagai alat untuk kesehatan dan lainnya. Contohnya saja sekarang sudah ada alat bernama oculus rift yang merupakan suatu alat yang sedang dikembangkan oleh oculus VR.

3. Teknologi pengganti smartphone

perkembangan teknologi

Smartphone sepertinya saat ini menjadi teknologi yang tak bisa tergantikan oleh apapun. Peranannya dalam kehidupan begitu penting. Sehinga siapapun yang tidak menggunakan smartphone akan terasa ketinggalan zaman.

Maka dari itu, banyak sekali perusahaan yang berlomba lomba untuk memasukan semua kecanggihan kecanggihan yang dikemas dalam fitur canggih untuk smartphone tersebut. Maka dari itu, dengan versi yang selalu terbaru dan terbaru, smartphone tak justru turun harga, justru stabil, dan bahkan akan naik untuk varian jenis terbaru.

Namun dikabarkan akhir-akhir ini ada sebuah teknologi yang nantinya diprediksi mampu mengganti smartphone. Dan itu hanya berbentuk gelang saja yang mampu menampilkan layar dikulit kita. Jadi layarnya ini sifatnya portable, artinya bisa digunakan di permukaan apapun termasuk kulit kita. Dan yang nantinya kita sentuh juga kulit kita bukan gelang itu. Jadi alat ini berbeda jauh dengan smartwatch atau jam tangan pintar seperti kebanyakaan saat ini.

Cricet Bracelet

Alat itu bernama “Cricet Bracelet” yang mana saat ini tengah diteliti untuk dikembangkan lebih lanjut. Semua itu dilakukan oleh sebuah perusaah teknologi asal Perancis yang bernama Cricet. Bahkan gelang ini nantiya bisa menampilkan layar komputer, tablet dan smartphone dikulit seseorang.

Jadi ini bukan mimpi lagi. Mungkin anda pernah melihat di film film teknologi seperti ini, namun di tahun ini atau beberapa tahun lagi ini akan terwujud dan anda dapat menikmatinya. Namun untuk alat alat seperti halnya teknologi 3D yang mampu menampilkan sebuah display di udara layaknya hologram, mungkin sekarang itu hanya ada di film saja, di kenyataan belum ada namun bukan berarti tidak akan ada.

Ya ini adalah salah satu alat pengganti smartphone suatu saat nanti. Bagaimanapun juga, trend itu bisa berubah sesaat. Perkembangan teknologi semacam ini juga nantinya akan menjadi trend. Namun untuk mempertahankannya agar tetap digunakan oleh masyarakat dan selalu menjadi trend masyarakat itulah yang sulit. Namun jika memang memiliki manfaat yang lebih baik dan lebih simple penggunaanya dibanding smartphone, kelak teknologi ini bisa menggeser smartphone.

Cricet bracelet ini menjadikan kulit anda sebagai media layar sentuh. Jadi segala fungsi yang bisa dioperasikan di smartphone, maka itu akan dapat digunakan di alat satu ini. Contohnya untuk browsing, kirim email, chatting, SMS, telepon dan sebagainya. Jadi bisa dibilang fungsinya diatas smartwatch tapi dibawah smartphone, karena untuk main game saya rasa masih sulit.

4. Kecerdasan buatan

perkembangan teknologi

Kecerdasan buatan merupakan hal yang sedang digembor -gemborkan saat ini. Banyak sekali perusahaan perusahaan yang ingin mengembangkan teknologi semacam ini. Mulai dari facebook, google, microsoft dan masih banyak lagi. Mereka ingin menciptakan teknologi yang dapat memperbaiki diri sendiri dan juga bergerak sendiri.

Untuk contohnya sendiri saat ini bisa kita lihat pada mobil google. Mobil ini mampu berjalan sendiri tanpa ada yang mengemudikannya atau mengontrolnya secara jarak jauh. Jadi mobil ini memang sudah bisa mengendalikan dirinya sendiri untuk jalan di jalanan umum atau bahkan jalan sempit. Bahkan mobil ini jarang terjadi kecelakaan.

Selain itu di negara tertentu juga sudah ada yang menerapkan hal ini kepada taxi. Jadi saat penumpang memesan secara online, maka mobil ini akan menghampiri dan akan mengantarkan pengumpang tanpa ada yang mengemudikan atau mengontrolnya jarak jauh.

Tak hanya itu, untuk motor juga ada. Motobot ini bahkan mampu untuk balapan dengan pembalap papan atas dunia. Apalagi tanpa dikendalikan oleh siapapun, otak dari motor itulah yang mengendalikan motor itu. Untuk pesawat tempur juga ada, namun itu hanya sebatas pada film. Namun bukan berarti tidak mungkin jika itu diwujudkan di dunia nyata.

Dengan teknologi kecerdasan buatan, perkembangan teknologi apapun akan bisa dikerjakan tanpa manusia. Bahkan nantinya akan banyak manusia yang nganggur karena semua pekerjaan sudah tergantikan oleh teknologi.

Teknologi advance machine learning

Teknologi advance machine learning ini merupakan lanjutan dari inteligent artificial. Jadi semua sistem yang terkomputerisasi akan mampu mempelajari, memprediksi, memperbaiki, memahami, beradaptasi, dan bisa melakukan secara mandiri. Nantinya teknologi semacam ini akan digunakan untuk berbagai jenis bidang seperti virtual assiten, robot, peralatan elektronik rumah tangga, kendaraan, smart advisors dan masih banyak lainnya.

Jadi nantinya semua itu bisa memudahkan kita. Misalnya kulkas bisa meyediakan apa yang dibicarakan pemiliknya, atau bisa juga mobil yang bisa berjalan sendiri saat seseorang sibuk.

Namun ada yang menghawatirkan dari semua itu. Bill Gates saja juga khawatir akan hal ini. Karena jika mesin mampu melakukan segalanya dengan mandiri, dan manusia sudah memberikan kebebasan pada alat itu, bisa jadi mereka bisa mengambil daya sendiri, memperbaiki diri sendiri, dan bahkan bisa digunakan untuk kejahatan. Atau bahkan robot itu bisa berbuat semaunya sendiri dan sulit dikendalikan.

Ya seperti itulah kecanggihan dari kecerdasan buatan yang merupakan salah satu perkembangan teknologi yang pasti bakal terjadi. Manusia ingin membuat suatu alat yang memiliki kecerdasan melampaui manusia. Bahkan nantinya hal itu bisa berbahaya bagi manusia itu sendiri.

Teknologi semacam digital twin juga menjadi suatu hal yang akan menjadi trend. Teknologi digital twin dapat ini mampu memahami keadaan sekitar, merespon setiap adanya perubahan, melakukan suatu operasi tertentu dan banyak lagi. Jadi dengan sensor sensor itulah alat ini dapat bekerja dengan baik. Kedepannya, alat alat canggih dimungkinkan menggunakan teknologi ini yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan.

5. Pemuliaan genetika

Pemuliaan genetika ini dilarang untuk dilakukan kepada manusia walau ada percobaan cloning pada manusia beberapa waktu lalu. Karena itulah, hewan dan tumbuhan ini menjadi sasaran untuk pemuliaan genetika ini. Pemuliaan genetika dari tahun ke tahun menjadi salah satu hal yang menjadi pemikiran banyak orang dalam dunia perkembangan teknologi.

Mulai dari bioteknologi konvensional seperti cangkok, hingga yang modern seperti kultur jaringan atau bahkan ada yang lebih baik dari itu merupakan salah satu langkah dalam pemuliaan genetika. Jadi anda dapat menggunakan semua itu untuk memperbaiki sifat dari keturunan. Karena lahan untuk pertanian dan peternakan yang semakin sempit, diharapkan dengan adanya kemajuan dan perkembangan teknologi ini menjadi solusi yang tepat.

Bahkan dengan penelitian terus menerus di bidang biologi, dimungkinkan dapat membuat sesuatu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, atau bahkan sangat berbahaya. Karena jika disalah gunakan, perkembangan teknologi di bidang bio ini lebih mengerikan risikonya daripada dibidang kimia.

Jadi nuklir pun masih kalah risiko bahayanya daripada ini. Jadi harus-benar benar bisa memastikan mana yang tepat dan mana yang tidak untuk perkembangan teknologi di bidang satu ini.

Dengan ini, nantinya diharapkan bisa mencukupi kebutuhan pangan suatu wilayah, mengurangi hama, dan tentunya menciptakan kualitas dan kuantitas hasil yang lebih baik. Ini semua bisa dilakukan dengan pemuliaan genetika.

6. Adaptive security architecture

perkembangan teknologi
Via https://blogs.manageengine.com

Ini adalah teknologi keamanan. Jadi semakin banyak perkembangan teknologi kecerdasan buatan dan lainnya, maka ini harus diimbangi dengan teknologi keamanan yang mumpuni. Salah satunya dengan meningkatkan teknologi keamanan dalam berbagai bidang.

Pada dasarnya, semakin banyak orang yang pintar untuk menciptakan suatu teknologi, dibalik itu ada orang yang terus mencari kelemahan dari setiap teknologi yang diciptakan. Mereka sebaga hacker atau cracker menggunakan semua itu untuk keuntungan diri pribadi. Maka dari itu, teknologi keamanan dunia juga harus ditingkatkan sebaik mungkin untuk meminimalisir setiap celah yang berisiko untuk dibobol.

Kedepannya dunia teknologi dan dunia maya akan memiliki keterbukaan yang lebar. Jadi siapapun dapat mengakses dan memiliki hak untuk tahu. Misalnya sendiri teknologi yang sedang dikembangkan adalah teknologi blockhain. Blockhain merupakan buku raksasa yang dapat diakses bagi semua orang. Buku in berisikan segala seusatu yang berkaitan dengan transaksi dari jaringan bitcoin. Denan ini diharapkan mampu untuk menggabungkan setiap proses yang begitu beragam, mulai dari mencakup konsep dari middleware, database,keamanan, suatu analisa, manajemenan keuangan, dan juga identitas.

Hal itu adalah salah satu upaya untuk meningkatkan keamanan karena saat ini bitcoin sangat banyak digunakan untuk pembayaran transaksi ilegal seperti yang sering dilakukan di deep web. Mulai dari penjualan narkoba, penjualan alat terlarang,dan jasa jasa terlarang, mulai dari jasa hacking, pembunuhan, penculikan, penyiksaan anak dan sebagainya.

Demikianlah sekilas mengenai perkembangan teknologi di tahun 2017 kali ini. Semoga hal ini mampu memberikan manfaat untuk kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog klikmania untuk mendapatkan beragam informasi yang bermanfaat. Terima kasih.



Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 comments

  1. Semakin maju teknologi,Semakin mudah jiga manusia mempermudah pekerjaan nya. SAya harap kemajuan teknologi tidak dapat menimbulkan dampak yang tidak diingikan.