Dunia Internet

Perlu Anda tau, Inilah Rahasia Bahagia di Usia Senja

Rahasia Bahagia di Usia Senja – Definisi bahagia bisa dijabarkan dalam banyak hal, ungkapan rasa yang mewakili seseorang untuk menikmati kebahagiaan ini juga berlaku untuk segala usia.

Namun, kadar kebahagiaan seseorang bisa saja berkurang atau bahkan hilang manakala seseorang memasuki masa lansia (lanjut usia), entah karena masalah psikologis atau masalah lainnya.

Menurunnya kapasitas intelektual, spritual, dan emosional terkadang menjadi beban tersendiri bagi seseorang di usia senja.

Namun perlu digaris bawahi, tak ada kata terlambat untuk bisa menikmati kebahagiaan di usia senja.

Rasa syukur yang terabaikan

Bahagia di Usia Senja

Satu hal penting tentang “rasa bahagia” yang mungkin diabaikan banyak orang adalah ketika masuk ke usia tua. Padahal, memasuki usia senja adalah hal yang wajib disyukuri, sebab Anda berada dalam usia emas. 

Bersyukur dan bahagialah Anda, karena sudah berhasil melewati masa-masa muda yang panjang dan dalam rentang waktu yang cukup lama.

Bayangkan saja, tidak semua orang bisa seberuntung Anda, tidak semua orang berhasil mencapai usia emas seperti yang Anda alami seperti sekarang ini.

Namun, tolok ukur “rasa bersyukur ” ini terkadang belum disadari sepenuhnya oleh sebagian orang. Sebab, pada dasarnya mereka ingin bahagia dalam bentuk lain. 

Kesehatan dan psikologis adalah faktor utama seseorang menjadi tidak bahagia di usia senja

Rasa bahagia di usia senja bisa saja tak dirasakan oleh sebagian lansia, sebab secara alami fungsi tubuh dan organ lain akan menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Bisa disimpulkan bahwa masalah kesehatan seseorang akan sangat berpengaruh pada kebahagiaannya di usia senja.

Baca jugaTernyata ini Penyebab Sakit Maag tidak Kunjung Sembuh

Meskipun mencapai masa emas dalam usianya, seseorang merasa dirinya tidak bisa berbuat banyak dan bahkan lebih menyusahkan orang lain. Ada semacam penurunan rasa percaya diri dan akibatnya hidup jadi tidak bergairah.

Meskipun ada rasa bahagia, namun hanya secuil bahkan merasakan bahagia semu. Ini dampak psikologis seseorang yang akan mengurangi rasa bahagia nya.

Meskipun tak ada satu alat pun untuk mengukur rasa bahagia seseorang, pancaran wajah dan aura seseorang akan terlihat jelas manakala dirinya sudah tua.

Oleh sebab itu, janganlah merasa menjadi tua..agar orang disekiling Anda tidak membaca raut wajah Anda yang sedang tidak merasakan bahagia.

Rahasia Bahagia di Usia Senja

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, masalah kesehatan dan psikologis seseorang akan sangat berpengaruh untuk kebahagiaanya di usia senja.

Sebenarnya sangat sederhana, Anda hanya perlu menjaga kesehatan dan tidak berpikir terlalu berat agar tidak berdampak pada masalah psikologis.

Namun bukan itu saja,…

Menjaga stamina dan kesehatan

Melakukan rutinitas berolah raga untuk tetap menjaga stamina di usia senja bukan perkara mudah. Apalagi kondisi seseorang (riwayat kesehatan) tidaklah sama.

Tetapi hal ini bisa dilakukan dengan rutinitas kecil yang tidak terlalu menguras banyak tenaga, seperti jalan pagi, bersepeda, jogging untuk jarak dekat, serta kegiatan ringan lainnya.

Apabila kegiatan ini sering dilakukan, maka stamina Anda di usia senja juga akan tetap terjaga.

Selain berolah raga, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan seperti berkebun, mengurus tanaman, mengurus hewan peliharaan, serta melakukan rutinitas lain untuk  mengisi waktu luang Anda.

Atasi masalah psikologis

Rahasia Bahagia di Usia Senja
Acara reuni Budi Utomo, pembicara Ibu Yuli dan Bpk Heru – herumindset.com

Informasi gambar :

  • Acara reuni Budi Utomo : Pembicara Ibu Yuli dan Bpk Heru.
  • Lokasi : Brawijaya, Kebayoran baru, Jakarta

Buatlah aktivitas positif dan menyenangkan yang membuat Anda sendiri merasa nyaman. Anda bisa melakukan acara reuni untuk teman seangkatan sekolah, teman kuliah ataupun teman kerja yang membangkitkan rasa bahagia.

Kurangi hal-hal negatif dari Anda untuk menghindari rasa emosi yang memicu masalah psikologis Anda.

Emosi sangat mempengaruhi cara berpikir dan bertindak. Emosi juga dapat memotivasi untuk melakukan hal baik ataupun hal buruk. Dan terkadang, emosi bisa membuat Anda kewalahan di usia senja.

Apabila dihubungkan, emosi bisa menimbulkan rasa kekhawatiran, rasa cemas yang berlebihan sehingga Anda sendiri tidak akan merasa bahagia.

Banyak lansia mengalami depresi justru karena hal-hal yang sepele dan biasanya dalam kondisi atau pengaruh alam bawah sadar.

Masalah atau gangguan alam sadar ini dapat menyebabkan emosi tidak terkontrol, rasa cemas berlebihan, tidak ada konsentrasi hingga memicu seseorang mengalami berbagai masalah psikosomatis / psikologi.

Di usia senja hal ini tentu akan sangat beresiko, berbagai penyakit bisa timbul karena masalah pikiran bawah sadar ini.

Agar tidak memperparah gangguan psikologis yang dirasakan, sudah saatnya Anda membutuhkan hipnoterapi.

Hipnoterapi tak hanya mampu menyembuhkan gangguan pikiran bawah sadar saja. Tetapi juga bermanfaat atau dapat merubah perilaku, masalah pribadi, kesehatan tubuh, hingga kebiasaan-kebiasaan lain termasuk mengusir kecemasan.

Herumindset.com atau Palm 88 Mindset bisa menjadi rekomendasi jasa Hipnoterapi dan terapi bersertifikat untuk wilayah Jakarta dan Bogor .

Palm 88 Mindset sudah berpengalaman selama belasan tahun dan banyak membantu mengatasi masalah pikiran bawah sadar.

Pengobatan terapi dengan hipnoterapi dapat membantu Anda untuk mengatasi depresi berat, fobia, kecemasan secara berlebihan, pengendalian emosi dan banyak hal lain yang berhubungan dengan kesehatan.

Bahagia di usia senja adalah hal utama yang paling di idamkan banyak orang. Selain menjaga kesehatan, Anda juga harus bisa memahami dan mengatasi permasalahan psikologis.

Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button