Perubahan Algoritma Google Dari Waktu Ke Waktu

Google adalah sebuah pelopor mesin pencari yang sekarang tumbuh menjadi sangat besar dan sekaligus merajai dunia search engine, google selalu berusaha dari waktu ke waktu semakin menyempurnakan system yang di gunakan sebagai mesin penjelajah di dunia internet.

Kiat dan usaha yang di lakukan google ini berjalan dalam beberapa periode, dan di dalam masa itu banyak terjadi beberapa perubahan, untuk hasil akhir yang di harapkan. Dan sebagai acuan nya adalah system algoritma.

Algoritma Google adalah sebuah rancangan perhitungan yang terstruktur tahap demi tahap untuk sebuah proses karena tidaklah mungkin mesin pencari akan melakukan sebuah pengecekan satu demi satu pada semua halaman web.

Pada system mesin pencari google terdapat beberapa algoritma yang di tanamkan untuk mengolah data dari setiap halaman web diantaranya memperoses nama domain, link, onpage,konten dan juga memproses popularitas sebagainya.

Proses algoritma inilah yang kemudian akan memberikan peringkat pada setiap halaman blog/web menurut kueri yang dimasukan pencari. Demikianlah kira kira kinerja dasar dari sebuah algoritma.

Untuk para webmaster dan para aktifitas Search Engine Optimation (SEO), perubahan ini sangat berpengaruh pada hasil pencarian di blog atau web. Oleh karena itu perlu di lakukan optimasi yang maksimal, sesuai dengan algoritma google terbaru. Ttujuan akhirnya adalah untuk memperoleh traffic pengunjung secara alamiah (organik) di mata mesin pencari. (google.)

Perubahan algoritma google dari waktu ke waktu

Google Toolbar

Desember 2000 : Dari sinilah permulaan para webmaster memonitoring toolbar pagerank dan dimulainya era google dance. (googlepress)

1st Documented Update

September 2002 : Perombakan secara besar besaran bukan hanya sekedar PageRank & Google Dance.

Boston

February 2003 : Secara resmi diumumkan google saat event SES, tadinya bertujuan update perbulan dimana perpaduan antara berubahnya algoritma dan refresh index utama yang dikenal dengan sebutan Google .

Cassandra

April 2003 : Google mulai menyadari mengenai kualitas sebuah tautan, seperti link banyak dari domain sendiri (co-owned). Menindak keras pada teks dan link tersembunyi.

Dominic

Mei 2003 : Terlihat tingkah kurang jelas, banyak sekali perombakan termasuk perilaku Google bot Freshbot dan Deepcrawl ketika menelusuri website. Banyak sekali informasi terkait dengan cara Google menghitung.

Esmeralda

Juni 2003 : Akhir dari rutinitas laporan bulanan Google, disini istilah google dance digantikan oleh Everflux.

Fritz

Juli 2003 : Google dance kembali diganti dengan sebutan Fritz tujuannya perubahan besar index tiap bulan digeser dengan update index setiap hari.

Supplemental Index

September 2003 : Tujuannya menambah indeks dokumen secara terpisah tanpa mengorbankan kinerja. Dari sini menjadi debat panas topik forum SEO, sampai akhirnya indeks tersebut reintegrasi.

Florida

November 2003 : Perubahan dari update ini sebuah pemetaan terhadap SEO, banyak website tumbang dan pemilik bisnisnya marah. Sebuah tanda bagi para aktivis SEO teknik keyword murahan dan SERP google kian menarik.
Austin

Januari 2004 : Yang lolos dari bersih-bersih gaya florida akan berhadapan dengan algoritma ini. Google terus konsen pada teknik menipu onpage (teks tak terlihat & meta keyword). Banyak spekulan mengatakan bahwa Google menempatkan puncak algoritma dan mulai serius menanggapi relevansi halaman.

Brandy

Februari 2014 : Google giat meluncurkan berbagai jenis perubahan, termasuk didalamnya ekspansi secara besar-besaran atas indeks. Penggunaan Latent Semantic Indexing (LSI) lebih memperhatian untuk relevansi tautan teks, dan konsep link terdekat. Google memperluas kemampuan untuk memahami persamaan kata dan mengambil riset kata kunci ke level berikutnya.

Google IPO

Augustus 2004 : Disini tidak ada update algoritma, namun sebuah peristiwa besar terjadi dalam sejarah Google yaitu menjual milayaran saham, meningkatkan triliunan modal.

Nofollow

Januari 2005 : Pernyataan perang terhadap spam dan mengontrol kualitas link keluar (outbound) 3 raksasa yaitu Google, Yahoo, dan Microsoft serentak memperkenalkan attribut link “nofollow”. Ini sangat membantu membersihkan komentar pada blog spam.

Allegra

Februari 2005 : Para Webmaster menyaksikan perubahan pada peringkat, tetapi secara spesifik pembaruan ini tidak jelas. Beberapa praktisi berpikir Allegra bisa mempengaruhi “sandbox” sementara tidak sedikit mempercayai bahwa cara LSI google telah ditweak, pendapat lain bahwa Google sedang menghukum link yang “mencurigakan”.

Bourbon

Mei 2005 : Seseorang dari pihak google mengumumkan bahwa big-G sedang menggelar perubahan kualitas pencarian. Disini banyak tidak yakin akan perubahan itu, tetapi ada salah satu anggota Webmaster Dunia

Personalized Search

Juni 2005 : Tidak mirip sama sekali dengan usaha sebelumnya untuk urusan pribadi, nampak pengaturan khusus juga profil. Tujuan google dari personalisasi pencarian yang diambil dari tingkah laku pengguna secara otomatis SERP bisa menyesuaikan. Awalnya memang berdampak kecil, namun ini sebuah tonggak Google untuk senantiasa menggunakan riwayat penelusuran bagi banyak aplikasi.

XML Sitemaps

Juni 2005 : Google membolehkan webmaster untuk submit peta situs dengan protokol XML kedalam Webmaster Tools, tujuannya melewati Sitemap HTML tradisional ini jelas memberikan dampak SEO secara langsung meskipun pengaruh crawl & index terbilang kecil.

Gilligan

September 2005 : Perubahan ini disebut juga “False” update. Para webmaster melihat banyak perubahan tapi Google mengatakan tidak ada update major algoritma mereka. Kepala head spam Matt Cutts saat itu mencatat guna menjelaskan bahwa kehadiran update atas data indeks perhari tetapi Toolbar PageRank dan beberapa metrik lainnya hanya setiap triwulan.
Jagger

Oktober 2005 : Google merilis banyak rangkaian perubahan, tujuan update meminimalisir atas link dengan kualitas rendah, termasuk didalamnya hubungan tukar link, koleksi link, dan link berbayar. Update diluncurkan secara bertahap, mulai September-November 2005, dengan dampak paling bersar terjadi pada bulan Oktober.

Google Local / Maps

Oktober 2005 : Setelah meluncurkan pusat bisnis lokal bulan maret 2005 serta menyarankan perusahaan supaya memperbarui informasi mereka. Google menggabungkan data Maps ke dalam pusat bisnis lokal, langkah tersebut akhirnya mendorong sejumlah perubahan dalam SEO lokal.

Big Daddy

Desember 2005 : Secara teknis adalah perubahan dari infrastruktur mirip seperti brandnew “Kafein” dan diluncurkan selama beberapa bulan hingga Maret 2006. Disini google mengubah cara mereka menangani URL canonicalization, jenis redirect permanen atau temporer (301/302) dan masalah teknis lainnya.

Supplemental Update

November 2006 : Hampir sepanjang tahun 2006, Google berusaha membuat perubahan terhadap indeks dan bagaimana memfilter halaman. Pernyataan muncul pada akhir 2006 bahwa tambahan itu bukanlah sebuah hukuman meskipun banyak merasa itu adalah penalti.

False Alarm

Desember 2006 : Ada beberapa yang peduli mengenai pembaruan pada bulan Desember diikuti dengan beberapa laporan perubahan peringkat utama pada bulan November, namun Google menyatakan tidak ada perubahan besar.

Universal Search

Mei 2007 : Meskipun tidak memperbarui gaya algoritma khas, Google mulai menggabungkan hasil pencarian format tradisional secara dramatis dengan Berita, Video, Gambar, lokal, dan lainnya. Old-style 10 daftar SERP secara resmi mati. Hiduplah 10-daftar SERP terkuat.

Buffy

Juni 2007 : Untuk menghormati meninggalnya Vanessa Fox, “Buffy” update dinobatkan. Tidak ada kepastian apa yang sebenarnya terjadi namun Matt Cutts menyatakan bahwa Buffy itu hanya akumulasi perubahan kecil.

Dewey

April 2008 : Sebuah acak dalam skala besar telah terjadi pada akhir Maret dan ke awal April, tetapi secara spesifik tidak jelas. Beberapa praktisi menduga Google lebih mendorong ke internalnya sendiri, termasuk Google Books namun bukti updatenya terbatas.

Google Suggest

Agustus 2008 : Ada perubahan besar untuk logo & kotak pencarian dari halaman beranda Google yaitu dikenalkannya Suggest, menampilkan saran atas pencarian dalam dropdown ketika mengetik kata.

Rel-canonical Tag

Februari 2009 : Tiga raksasa Google, Microsoft, dan Yahoo bersama-sama mengumumkan dukungan untuk Tag Canonical, yang memungkinkan webmaster untuk mengirim sinyal canonicalization untuk bots tanpa mempengaruhi kepada pengunjung manusia.

Vince

Februari 2009 : Praktisi SEO melaporkan ada update signifikan yang tampaknya sangat mendukung merek ternama. Namun Matt Cutts menyebut Vince “perubahan kecil”, tetapi itu menjadi sebuah implikasi jangka panjang yang mendalam.

Caffeine (Preview)

Agustus 2009 : Google merilis perubahan infrastruktur secara besar-besaran, yang dirancang untuk guna mempercepat proses crawling, memperluas indeks dan mengintegrasikan index serta peringkat hampir secara real-time.

Real-time Pencarian

Desember 2009 : Kali ini betul-betul real-time untuk Twitter feed, Google News, konten baru dalam index, dan sejumlah sumber lain diintegrasikan ke dalam umpan-balik real-time pada beberapa SERPs. Informasi terus berkembang dari waktu ke waktu, termasuk media sosial.

Google Places

April 2010. : Meskipun halaman ini sudah ada bulan September 2009 yang awalnya hanya bagian dari Google Maps.

May Day

Mei 2010 : Pada akhir April dan awal bulan Mei, para webmaster seluruh dunia melihat penurunan yang signifikan dalam traffic organik long-tail. Matt Cutts kemudian menegaskan bahwa update tersebut adalah perubahan algoritma yang mempengaruhi juga konten rendah dalam skala besar, bisa dikatakan sebagai bayangan dari Google Panda.

Caffeine (Rollout)

Juni 2010 : Setelah beberapa bulan melakukan pengujian, Google selesai meluncurkan infrastruktur “sari pati” kopi. Hal ini tidak hanya meningkatkan kecepatan Google, tetapi terintegrasi dengan crawling dan index sehingga 50% lebih kinclong.

Brand Update

Agustus 2010 : Meskipun tidak ada perubahan algoritma “biasa”, Google mulai memungkinkan domain yang sama untuk tampil lebih dari satu kali dalam SERP. Sebelumnya, domain dibatasi pada 1-2 tampilan, atau 1 daftar dengan hasil menjorok.

Google Instant

September 2010 : Guna memperluas Google Suggest, algoritma ini meluncur dimana menampilkan hasil pencarian ketika kata permintaan sedang diketik. Seluruh praktisi SEO dimana pur secara spontan menggebu, hanya bisa menyadari bahwa dampak pada akhirnya cukup kecil.

Social Signals

Desember 2010 : Google dan Bing menegaskan bahwa mereka akan menggunakan sinyal sosial dalam menentukan faktor peringkat, termasuk data dari Twitter dan Facebook. Matt Cutts mengkonfirmasi bahwa ini adalah perkembangan yang relatif baru bagi Google, meskipun para aktivis SEO telah lama menduga hal tersebut akan terjadi.

Negative Reviews

Desember 2010 : Setelah diekspos dari sebuah media besar Amerika mengenai bagaimana sebuah situs e-commerce meningkat peringkat karena ulasan negatif, Google mengambil langkah unik dan reaktif disesuaikan algoritma untuk menargetkan situs jika menggunakan taktik serupa.

Overstock.com Penalty

Januari 2011 : Akhirnya sebuah gilirannya dari peristiwa langka, praktek SEO dari Overstock.com mengakibatkan hukuman Google dengan penalti pada bulan Februari untuk perilaku buruk yang sama. Kedua situasi mewakili pergeseran sikap Google dan meramalkan update Panda.

Attribution Update

28 Januari 2011 : Berdasar untuk menanggapi profil tinggi pada kasus spam, Google meluncurkan update untuk membantu lebih baik memilah konten atribusi dan menghentikan scrapers. Menurut Matt Cutts, ini mempengaruhi sekitar 2% dari permintaan. Itu adalah perintis jelas update Panda.

Panda/Farmer

23 Februari 2011 : Sebuah update algoritma utama memukul website dengan keras, resmi mempengaruhi hingga 12% dari hasil pencarian. Panda tampaknya menindak konten tipis, peternakan konten, situs dengan rasio tinggi iklan-atas-konten dan sejumlah masalah kualitas lainnya. Panda diluncurkan selama setidaknya beberapa bulan, hadir di Eropa pada April 2011.

The +1 Button

30 Maret 2011 : Guna menyikapi persaingan dengan situs media sosial utama seperti Facebook dan Twitter, Google meluncurkan tombol +1. Dengan mengklik memungkinkan pengguna untuk mempengaruhi hasil pencarian dalam lingkaran sosial.

Panda 2.0

April 11, 2011 : Google meluncurkan update untuk semua pertanyaan bahasa Inggris di seluruh dunia tidak terbatas pada negara-negara berbahasa Inggris. Sinyal baru juga terintegrasi, termasuk data tentang situs pengguna diblokir melalui SERPs secara langsung atau browser Chrome mereka.

Panda 2.1

9 Mei 2011 : Awalnya dijuluki “Panda 3.0”, Google tampaknya menggelar perubahan lain. Tidak ada yang membahas secara rinci dari Google dan tampaknya relatif kecil.

Schema.org

2 Juni 2011 : Tiga raksasa besar Google, Yahoo dan Microsoft bersama-sama mengumumkan dukungan untuk pendekatan kepada data terstruktur. Mereka juga menciptakan sejumlah skema baru dalam upaya nyata untuk bergerak ke arah hasil pencarian lebih bagus.

Panda 2.2

21 Juni 2011 : Google resmi memperbarui data situs terkena dampak Panda. Update Panda terjadi secara terpisah dari indeks utama dan tidak secara real-time, mengingatkan akan awal update Google Dance.

Google+

28 Juni 2011 : Setelah serangkaian kegagalan membuat media sosial, Google meluncurkan serangan serius terhadap Facebook dengan menghadirkan Google+. Bisa berbagi konten dalam lingkaran dan terintegrasi ke dalam produk seperti Gmail. Langkah awal yang cepat untuk dalam waktu 2 minggu Google+ mencapai pengguna lebih dari 10M.

Panda 2.3

23 Juli 2011 : Dari obrolan webmaster dimana menyarankan Google kenapa belum meluncurkan update lagi. Kurang jelas faktor apa saja yang diperkenalkan.
Panda 2.4

12 Agustus 2011 : Google Panda disebar secara internasional, baik untuk query bahasa Inggris secara global dan permintaan non-Inggris kecuali untuk Cina, Jepang, dan Korea. Google melaporkan bahwa ini berdampak 6-9% dari permintaan di negara-negara yang terkena dampak.

Expanded Sitelinks

16 Agustus 2011 : Setelah bereksperimen cukup lama Google resmi meluncurkan Expanded Sitelinks, paling sering untuk permintaan merek. Pada awalnya, ini adalah 12 paket namun Google akhirnya membatasi hingga 6.

Pagination Elements

15 September 2011 : Untuk membantu memperbaiki crawling dan masalah duplikasi yang diciptakan oleh pagination, Google memperkenalkan atribut rel = “next” dan rel = link “prev”. Google juga mengumumkan bahwa mereka telah meningkatkan konsolidasi otomatis dan canonicalization untuk “View All” halaman.

516 Algo Updates 21 September 2011.

Panda 2.528 September 2011.

Panda “Flux”5 Oktober 2011.

Query Encryption

18 Oktober 2011 : Google mengumumkan akan mengenkripsi permintaan pencarian, untuk alasan privasi. Sayangnya, ini mengganggu data kata kunci rujukan organik menunjukan not provided untuk beberapa traffic. Jumlah ini meningkat dalam minggu-minggu setelah peluncuran.

Freshness Update 3 November 2011.

Panda 3.118 November 2011.

December 10-PackDesember 2011.

January 30-Pack5 Januari 2012.

Search + Your World 10 Januari 2012.

Panda 3.2 18 Januari 2012.

Ads Above The Fold – 19 Januari 2012.

February 17-Pack – 3 Februari 2012.

Panda 3.3 – 27 Februari 2012.

February 40-Pack – 27 Februari 2012.

Venice – 27 Februari 2012.

Search Quality Video – 12 Maret 2012.

Panda 3.4 – 23 Maret 2012.

March 50-Pack – 3 April 2012.

Parked Domain Bug – 16 April 2012.

Panda 3.5 – 19 April 2012.

Penguin – 24 April 2012.

Panda 3.6 – 27 April 2012.

April 52-Pack — 4 Mei 2012.

Knowledge Graph – 16 Mei 2012.

Penguin 1.1 – 25 mei 2012.

May 39-Pack — 7 Juni 2012.

Panda 3.7 – 8 Juni 2012.

Panda 3.8 – 25 Juni 2012.

Link Warnings — 19 Juli 2012.

Panda 3.9 – 24 Juli 2012.

DMCA Penalty (“Pirate”) — 10 Agustus 2012.

June/July 86-Pack — 10 August 2012.

7-Result SERPs — 14 August 2012.

Panda 3.9.1 – 20 Agustus 2012.

Panda 3.9.2 – 18 September 2012.

Exact-Match Domain Update – 27 September 2012

Panda #20 – 27 September 2012.

August/September 65-Pack – 4 Oktober 2012.

Penguin #3 – 5 Oktober 2012.

Panda #21 – 5 November 2012.

Panda #22 – 21 November 2012.

Knowledge Graph Expansion – 4 December 2012.

Panda #24 – 22 Januari 2013.

Panda #25 – 14 Maret 2013.

Phantom – 9 Mei 2013.

Domain Crowding – 21 Mei 2013.

Penguin 2.0 – 22 Mei 2013.

Panda Dance – 11 Juni 2013.

“Payday Loan” Update – 11 Juni 2013.

Multi-Week Update – 27 Juni 2013.

Panda Recovery – 18 Juli 2013.

Knowledge Graph Expansion – 19 Juli 2013.

Unnamed Update – 26 Juli 2013.

In-depth Articles – 6 Agustus 2013.

Hummingbird – 20 Agustus 2013.

Penguin 2.1 – 4 Oktober 2013.

Unnamed Update – 14 November 2013.

Unnamed Update – 17 Desember 2013.

Authorship Shake-up – 19 Desember 2013.

Page Layout #3 – 6 Februari 2014.

Unnamed Update – 24 Maret 2014.

Payday Loan 2.0 – 16 Mei, 2014.

Panda 4.0 – 19 Mei 2014.

Payday Loan 3.0 – 12 Juni 2014.

Authorship Photo Drop – 28 Juni 2014.

Pigeon — 24 Juli 2014.

HTTPS/SSL Update – 6 Agustus 2014.

Authorship Removed – 28 Agustus 2014.

Panda 4.1 (#27) – 23 September 2014.

“In The News” Box – Oktober 2014.

Penguin 3.0 – 17 Oktober 2014.

Pirate 2.0 – 21 Oktober 2014.

Penguin Everflux – 10 Desember 2014.

Pigeon Expands (UK, CA, AU) — 22 Desember 2014.

Unnamed Update

4 Februari 2015 : Beberapa pelacak SERP dan banyak webmaster melaporkan fluktuasi besar di Google SERPs. Spekulasi berkisar dari e-commerce terfokus update untuk update kegunaan mobile. Google tidak resmi mengkonfirmasi update.

Mobile Update AKA “Mobilegeddon”

21 April 2015 : mulai tanggal tersebut google akan memperluas penggunaan keramahan-mobile (ponsel) sebagai peringkat. Perubahan ini akan mempengaruhi pencarian ponsel dalam semua bahasa di seluruh dunia dan akan memiliki dampak signifikan dalam hasil pencarian.

The Quality Update

3 Mei 2015 : Setelah banyak laporan perubahan peringkat skala besar, awalnya dijuluki “phantom 2”, Google mengakui perubahan algoritma inti yang berdampak “kualitas sinyal”. Pembaruan ini tampaknya memiliki dampak yang luas, namun Google tidak mengungkapkan secara spesifik tentang sifat sinyal yang terlibat.

Panda 4.2 (#28)

Dampak langsung tidak jelas, dan tidak ada tanda-tanda yang jelas dari update algoritma utama.

RankBrain

Google membuat pengumuman besar, mengungkapkan bahwa pembelajaran mesin telah menjadi bagian dari algoritma untuk bulan, berkontribusi terhadap faktor peringkat paling berpengaruh ke-3.

Unnamed Update – 8 Januari 2016

Beberapa alat pelacakan (termasuk MozCast) melaporkan gerakan peringkat historis-besar, yang kemudian dikukuhkan sebagai “update algo inti”. Google secara resmi mengatakan bahwa ini bukan update Penguin, namun perincian masih tetap samar.

What next……?

Artikel hebat ini bisa anda lihat selengkapnya dari sumber dibawah ini dalam versi bahasa inggris.

Source link from : Google Algorithm Change History

Diterjemahkan bebas oleh : Ganisebastian

Last update : February 8 2016

Related Posts

About The Author

20 Comments

  1. bucek bangka
    • ganisebastian
    • ganisebastian

Add Comment