Alternatif Pengganti Microsoft Excel

8 Program Spreadsheet Gratis Alternatif Pengganti Microsoft Excel

Anda bisa download program spreadsheet gratis pengganti Microsoft Excel dengan mudah dari internet. Sebagian program spreadsheet ini kompatibel dengan file Excel, bahkan memiliki fungsi spreadsheet yang lebih baik dibanding Microsoft Excel sendiri.

Program spreadsheet gratis ini dilengkapi dengan fitur unggulan seperti auto save, spell checker otomatis, pembuatan makro, dan antarmuka yang bersih. Program spreadsheet gratis ini ideal untuk pengguna pribadi maupun bisnis profesional.

Jadi sangat mungkin anda akan menyukai salah satu program spreadsheet gratis ini lebih baik dibanding Microsoft Excel.

Baca juga8 Website Penyedia Template PowerPoint Gratis untuk Presentasi

8 Program Spreadsheet Gratis Pengganti Microsoft Excel

Daftar dimulai dari software spreadsheet dengan fitur paling lengkap, hingga program kecil pembuat daftar tabel sederhana.

1. Kingsoft Spreadsheet

Alternatif Pengganti Microsoft Excel

Kingsoft Spreadsheets merupakan alternatif pengganti Microsoft Excel yang memiliki tampilan indah yang intuitif dan mudah digunakan. Dilengkapi lebih dari 100 rumus untuk bekerja dengan data, spell checker bahasa Inggris, dan fitur hebat lain yang perlu ada di program spreadsheet.

Software Kingsoft Spreadsheet bisa bekerja dengan jenis file yang sama seperti versi Microsoft Excel. Bukan hanya bisa membuka jenis file yang umum tapi juga bisa menyimpan file ke format semula, termasuk format .xlsx, dan .xlsm.

Loading...

Anda bisa install software Kingsoft Spreadsheet saja sebagai pengganti Excel, atau unduh seluruh paket Kingsoft Office sebagai pengganti Microsoft Office. Karena semua itu, Kingsoft Spreadsheet jadi program spreadsheet gratis terbaik.

2. Gnumeric

Alternatif Pengganti Microsoft Excel

Gnumeric adalah program spreadsheet open-source yang cukup maju. Artinya, kode sumber (source code) Gnumeric tersedia gratis di bawah lisensi GNU General Public License versi 2 atau versi 3.

Gnumeric dilengkapi dengan banyak fitur canggih dan unik, juga semua fitur biasa yang umum ditemukan dalam program spreadsheet. Mendukung format MS Excel 2003 dan 2007, serta bisa impor data dari file teks.

Gnumeric memiliki alat dan fungsi built-in yang akurat, responsive, dan bisa menangani spreadsheet ukuran besar. Tersedia petunjuk online yang sangat rinci untuk membantu anda menggunakan alat atau fitur Gnumeric.

3. OpenOffice Calc

Alternatif Pengganti Microsoft Excel

OpenOffice Calc adalah aplikasi spreadsheet gratis lengkap dengan banyak alat yang dibutuhkan untuk menghitung, menganalisa, dan menyajikan data dalam bentuk laporan numerik atau grafik.

Bisa impor file Excel, simpan ke format Excel, juga bisa membaca file .xlsx yang dibuat dengan Microsoft Office 2007 atau Microsoft Office 2008 untuk Mac OS X. Bisa pula simpan file ke format PDF yang lebih umum.

Keunggulan lain adalah fitur Extension Manager untuk menambahkan fitur yang tak termasuk dalam program default ke OpenOffice Calc. Jadi, program OpenOffice Calc bisa  diatur sesuai keinginan anda.

4. SSuite Accel Spreadsheet

Alternatif Pengganti Microsoft Excel

Accel Spreadsheet dari SSuite Office adalah program spreadsheet gratis yang profesional dan praktis untuk penggunaan harian. Meski tampilannya tak cukup bagus seperti program lain, tapi tetap bisa menjalankan fungsi yang sama.

Accel Spreadsheet memiliki semua alat yang dibutuhkan untuk hitung, analisa, dan sajikan data ke bentuk laporan numerik atau grafik penuh warna. File data bisa anda simpan ke format XLS, CSV, juga ke format VTS dan ATP.

Beberapa fitur unik dari Accel Spreadsheet adalah bisa terhubung ke file database eksternal, dan mampu membuka file langsung dari layanan online storage seperti Dropbox. Ada juga versi portabel dari software Accel Spreadsheet.

5. Spread32

Versi terakhir Spread32 sangat kompatibel dengan Microsoft Excel. Bahkan bisa dibilang, Spread32 adalah Excel mini yang mendukung lebih dari 300 fungsi dan semua fitur dasar yang umum ada di program spreadsheet kompeten.

Program Spread32 juga bisa impor dan ekspor file Excel, Pocket Excel, CSV. Dengan semua kelebihan itu, Spread32 tetap memiliki tampilan antarmuka yang mudah digunakan dan menyediakan ruang kerja yang bersih bagi pengguna.

Spread32 adalah program portabel, jadi tak perlu diinstal ke komputer dan bisa dijalankan dari media portabel seperti flash drive. Ukuran Spread32 di bawah satu megabyte, jadi hanya makan sedikit ruang dan tak memberatkan perangkat.

6. Abykus

Abykus adalah program spreadsheet gratis yang memungkinkan objek seperti susunan, tabel, matriks, dll untuk disimpan di sel individu. Sehingga sangat cocok untuk penggunaan yang membutuhkan tipe data kompleks.

Abiykus punya 190 fungsi built-in, script bahasa terstruktur, dan bisa akses 32 worksheet bersamaan. Tapi sayangnya Abykus hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows (95/98/ME/NT/2000/XP/Vista/7/8).

Abykus hanya butuh disk space kurang dari tiga megabyte, jadi sangat ringan dan tidak akan memberatkan komputer anda.

7. Sphygmic Software Spreadsheet

Sphygmic adalah program tepat untuk anda yang butuh spreadsheet ramping, cepat dan fitur relevan. Dengan software spreadsheet Sphygmic gratis, anda bisa dapat semua fungsi yang anda butuhkan dalam ukuran kurang dari 4MB.

Sphygmic memiliki 125 fungsi built-in, fitur chart mudah digunakan, worksheets hingga ratusan kolom dan ribuan baris. Buka banyak worksheets di saat yang sama. Bisa impor file CSV, serta membuat dan membaca file Excel 4.0.

8. List² (ListSquared)

List² adalah program kecil untuk membuat daftar atau tabel. List² memiliki fitur dasar seperti rename, find and replace, ekspor ke HTML, print preview, dan opsi sederhana lain. List² bisa digunakan pada sistem operasi Windows 95 ke atas.

Ukuran program List² sangat kecil, kurang dari satu megabyte. List² memang terlalu sederhana untuk disebut spreadsheet apalagi untuk jadi pengganti Excel. Tapi program List² cukup bagus untuk penggunaan pribadi sehari-hari.

Kenapa membuang uang dan disk space ratusan megabyte demi program Excel yang rumit dan mahal, kalau anda bisa dapat program gratis sederhana yang cukup untuk membantu tugas sehari-hari anda?



Loading...

Bagikan

Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *