Mendapatkan Uang Dari Hobi

Rahasia Mendapatkan Uang Dari Hobi Yang Belum Banyak Orang Tahu

Cara mendapatkan uang dari hobi – Belakangan ini, banyak diantara kita yang sering mengeluh bosan jadi pegawai dan berpikiran ‘jika bisa, ingin rasanya bisa dapat duit dari hobi’.

Kalau pun Anda juga berpikiran seperti itu, kenapa tidak? Mulailah tekuni hobi Anda dan dapatkan uang darinya (hobi Anda).

Namun meskipun begitu, ternyata sebagian dari kita tidak berani untuk melakukannya. Padahal mereka sendiri yang ingin seperti itu. Sebab mereka tidak yakin dengan apa yang akan mereka lakukan, dan yang pasti karena mereka ingin mendapatkan hasilnya dengan cepat. Sehingga, mereka kembali lagi menjadi pegawai.

Baca jugaTips Jitu Mengubah Hobi jadi Peluang Bisnis Menguntungkan

Nah disini, jika Anda benar-benar ingin mendapatkan uang dari hobi Anda, saya akan berikan sebuah gambaran sederhana tentang bagaimana caranya mendapatkan penghasilan dari hobi yang di jalani. Apapun hobinya, Anda akan mendapatkan hasilnya.

Penasaran, kan? Atau tidak percaya? Anda boleh tidak mempercayainya, asalkan selesaikan dulu membacanya.

Pada dasarnya, semua hobi umat manusia di muka bumi ini bisa mendapatkan uang, jika manusia itu sendiri tahu celahnya.

Seperti hobi bermain bola, maka kita bisa mengajukan diri untuk masuk klub-klub sepak bola di daerah kita atau biar lebih greget, kita bisa menawarkan diri untuk bermain di klub besar yang sudah masuk TV.

Loading...

Adapun contoh lainnya bila kita suka musik, kita bisa membentuk sebuah band atau mungkin membuat lagu dan kemudian di ajukan ke studio rekaman. Bukankah itu bisa menghasilkan uang?

Cuman sayangnya, kita sebagai orang Indonesia normal selalu percaya dengan kata ‘tidak mungkin, kebanyakan mengkhayal, percuma saja, saya nggak akan bisa’, dan semacamnya. Maka dari itu, kita tidak pernah maju.

Yang ada impian menjadikan hobi sebagai ladang uang pun hanya tinggal mimpi saja. Seharusnya, jika hal tersebut untuk diri kita sendiri, maka kita tidak pantas untuk beralasan.

Lantas, mengapa tidak mau mencoba untuk memulai mendapatkan uang dari hobi mereka? Itu semua jawabannya adalah karena mereka ‘tidak percaya diri’. Anda pun juga merasakannya, bukan?

Mendapatkan uang dari hobi, tingkatkan rasa percaya diri terlebih dahulu

Mendapatkan uang dari hobi

Rasa percaya diri dalam diri manusia itu memang sangatlah penting dalam menentukan tindakan kita dalam mengambil suatu keputusan.

Maka dari itu, jika kita tidak percaya dengan diri kita sendiri, maka kita pun tidak akan mampu untuk melakukan sesuatu yang kita mau dan kita sukai, termasuk mendapatkan uang dari hobi. Untuk itu, mulailah kembangkan rasa percaya diri Anda terlebih dahulu.

Caranya sebagai berikut:

1. Hindari orang-orang yang meredupkan mental Anda

Jika Anda selalu berdampingan dengan orang-orang yang mempunyai dampak negatif untuk diri Anda (dalam hal ini meredupkan mental), maka selamanya Anda tidak akan pernah bisa untuk tegas dalam hal mengambil suatu keputusan.

Karena, pikiran Anda pun akan ikut terpengaruhi oleh kicauan mereka.

Tipe orang-orang yang dapat meredupkan mental Anda sebagai berikut:

  • Suka mengeluh.
  • Tidak punya tujuan hidup.
  • Datar / tidak punya prinsip.
  • Tidak ada pikiran untuk berkembang dan maju.
  • Dan sebagainya.

Jika di lingkungan sosial Anda terdapat orang-orang seperti yang saya sebutkan di atas, maka sudah dapat di pastikan Anda pun tidak akan pernah berani untuk mengambil keputusan yang Anda inginkan.

Misalnya dalam sebuah situasi dimana Anda bercerita bahwa Anda ingin berhenti bekerja dan ingin membuat komik saja biar dapat uang dari hobi Anda (anggap saja Anda hobi membuat komik).

Maka orang-orang di atas hanya akan bilang kepada Anda bahwa itu adalah keputusan yang mohon maaf ‘bodoh’ dan nggak logis.

Hal tersebut di dasari karena mereka hanya berpikiran ‘kalau mau dapat duit dan sukses, ya harus bekerja’. Padahal sebenarnya, mereka bekerja terus tapi tidak sukses-sukses. Benar, tidak?

Selain itu, jika kita terus berada di samping mereka, kita hanya akan melihat dan mendengarkan kicauan keluh kesah mereka.

Dan itu secara tidak sadar akan menguasai alam bawah sadar kita. Sehingga, kita yang tadinya positif untuk mengambil keputusan tersebut, menjadi tidak yakin dengan apa yang akan kita ambil.

2. Hindari orang-orang yang hanya berpikiran tentang uang

Berbicara soal uang, tentu tidak akan pernah ada habisnya. Contohnya saja Anda yang saat ini sedang mencari cara mendapatkan uang dari hobi Anda.

Jadi semuanya adalah tentang uang. Jika sudah seperti itu, dapat di pastikan bahwa Anda tidak akan pernah bisa menghasilkan uang dari hobi Anda.

Mengapa bisa begitu? Karena di pikiran Anda hanyalah tentang bagaimana caranya mendapatkan uang, bukan bagaimana caranya mengembangkan hobi. Maka dari itu, jauhilah dulu orang-orang yang selalu berpikiran tentang uang!

Mungkin dalam hal ini Anda tidak setuju dengan saya. Tidak apa-apa! Yang jelas, jika seseorang hendak melakukan sesuatu hanya dengan berdasarkan uang (bukan kesenangan), maka yang akan di dapat hanyalah sebuah kekecewaan.

Akhirnya mereka menganggap semuanya sia-sia. Padahal di dunia ini tidak ada yang sia-sia, jika kita melakukannya dengan cara yang benar.

Sebagai contohnya Nurfadli Mursyid, pencipta komik Tahilalats. Ia menekuni hobinya yaitu membuat komik, atas dasar karena suka melakukannya, bukan karena uang.

Ia bahkan sampai di rendahkan oleh orang-orang terdekatnya karena di anggap hanya membuang-buang waktu saja. Tapi apa hasilnya sekarang?

Komik Tahilalats di kenal oleh banyak kalangan dari yang muda hingga yang tua, bahkan selalu mendapatkan sponsor khusus untuk sebuah produk terkenal. Selain itu, komik Tahilalats juga dikabarkan telah menghasilkan jutaan rupiah untuk sang kreatornya.

Dengan hal ini sudah sangat jelas dan sudah dapat di pastikan bahwa uang bukanlah segalanya alasan untuk kita mengerjakan sesuatu. Melainkan apakah kita senang melakukannya?

Jadi mulai sekarang, hindarilah dulu orang-orang yang selalu berpikiran tentang uang! Karena itu akan mempengaruhi pola pikir Anda yang akhirnya tidak percaya diri dan memilih melupakan tujuan dan kembali bekerja, hanya karena sebuah rupiah yang nantinya bakal habis juga.

Ada orang bijak yang mengatakan, “rejeki itu bukan di cari atau di kejar! Tapi di pancing.”

Dari ungkapan tersebut memang sudah sangat jelas. Karena di saat kita mengejar-ngejar uang ataupun mencarinya, yang ada kita hanya dapat capeknya saja. Uangnya terus-terusan kabur. Sekalinya hinggap, satu jam kedepannya lepas lagi.

Berbeda jika kita memancing uang tersebut, seperti yang di lakukan Nurfadli. Maka meskipun uang gampang lepas, tapi akan ada uang baru yang hinggap lagi.

3. Katakan tidak pada rencana orang tua

Walaupun kita di tuntut untuk menuruti apa yang di perintahkan orang tua, tapi jika untuk pekerjaan dan tujuan hidup kamu, maka kamu wajib katakan ‘tidak!’.

Kalau kamu menganggap saya durhaka atau semacamnya, saya terima. Yang jelas, saya tidak mau ada campur tangan dari siapapun bahkan orang tua sekalipun dalam hal menentukan pekerjaan saya. Mengapa?

Karena biarpun sukses, saya tetap tidak akan bangga dengan diri saya. Karena itu semua sudah di atur oleh orang tua, maka ketika saya sukses yang ada saya malah berhutang budi pada mereka dan yang lebih menakutkannya lagi, jika gagal bisa saja mereka mencap saya sebagai anak yang tidak bisa di andalkan. Bukankah itu lebih sangat menyakitkan?

Lagipula, belum tentu juga saya menyukai pekerjaan yang di tawarkan oleh orang tua saya. Untuk itu, saya lebih memilih menolak tawaran orang tua dan lebih memilih untuk memilih pekerjaan yang saya sukai.

Mungkin pendapat saya yang satu ini agak berlebihan. Tapi, orang tua yang baik adalah orang tua yang mendukung impian anaknya, dan memberikan sebuah bimbingan. Bukan yang memaksakan kehendak mereka.

Hindari perdebatan dengan orang yang beda pemikiran

Mendapatkan uang dari hobi

Setelah Anda bisa meningkatkan rasa percaya diri untuk menjadikan hobi sebagai pekerjaan, sudah waktunya Anda untuk ambil tindakan. Jangan buang-buang waktu lagi!

Namun, semua itu terkadang terhalang oleh pikiran kita yang selalu menerka-nerka tentang apa yang akan terjadi di waktu mendatang, saat kita mengambil keputusan kita. Dan itu benar-benar sangat menggangu.

Hal tersebut bisa terjadi karena perbedaan pemikiran kita dengan orang lain yang kita ajak diskusi ataupun ketakutan yang tidak jelas yang kita pikirkan sendiri.

Maka dari itu, agar Anda tidak ragu-ragu dalam mengambil suatu keputusan, yaitu menjadikan hobi sebagai ladang uang, maka Anda harus bisa tegas dengan diri Anda.

Salah satunya adalah dengan menghindari perdebatan yang tidak perlu dengan orang yang tidak sejalan dengan kita.

Nah, itulah beberapa kunci yang saya lakukan untuk mendapatkan uang dari hobi, membuat sebuah hobi menjadi pekerjaan ataupun ladang uang. Tentunya hal ini bukan saya tulis sembarangan. Melainkan dengan beberapa pengamatan dan survey yang nyata.

Baca32 Hobi yang Bisa Dijadikan Bisnis Menguntungkan

Tapi ingat! Agar kreatifitas Anda tidak hilang ataupun kendor, usahakan jangan melakukan hobi hanya untuk uang! Karena bila sesuai sudah di dasarkan uang, hasilnya akan mengecewakan. Semoga bermanfaat!



Loading...

Bagikan

Ahaerudin13

Penulis

Komentar

    bimahartono

    ( - 09:57)

    Terimakasih gan . sangat bagus artikel dan pendapat yang diberikan klikmania .saya berharap juga bisa sukses dalam mengelola blog saya walaupun masih minim dalam menerbitkan konten yang berkualitas seperti di blog ini,

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 16:42)

      Aamiin..,.. semangat terus, mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *