BloggingDasar dasar Blog

8 Rahasia Menulis Artikel SEO Secara Profesional

Dalam menulis artikel SEO, seorang penulis harus bekerja sangat keras dalam menciptakan sebuah artikel yang menarik. Jika anda ingin mengembangkan bakat dan keahlian dalam menulis artikel, anda harus bisa melibatkan orang yang ahli dibidangnya termasuk mempublikasikan artikel fresh di blog Anda secara teratur.

Ketika sebuah blog mengalami peningkatan atau penurunan lalu lintas trafik pengunjung,  maka penting untuk membuat posting artikel baru yang berkualitas secara teratur.

Menulis artikel SEO sangat penting jika blog ingin tetap hidup. Faktanya sebuah blog yang hanya memiliki 100-200 artikel tapi tidak mendapatkan perubahan dalam pertumbuhan trafik.

Artikel yang anda tulis mungkin baik untuk dibaca oleh pengunjung anda, Tapi bukan berarti anda mengabaikan algortima Google. Menulis dengan artikel yang SEO-Friendly adalah penting untuk mendapatkan posisi yang baik di Google.

Bagaimana cara menulis artikel SEO yang efektif?

Dalam menulis artikel, ada banyak hal yang berpengaruh langsung pada kualitas dan efektivitas anda. Untuk memberikan tulisan yang menarik pada blog atau artikel, beberapa etika dan teknik-teknik dapat anda terapkan.

Dalam membuat sebuah artikel (konten), tentu saja Anda harus menulis dengan cara yang benar. Anda harus fokus pada pemahaman topik, dan ini adalah cara terbaik untuk membangun Audiens.

Berikut ini adalah tips dan rahasia dalam menulis artikel SEO yang dilakukan oleh profesional. Yang pasti akan sangat membantu anda untuk membuat sebuah artikel yang baik dan mendapatkan perhatian pengunjung.

8 Tips dan rahasia menulis artikel SEO secara Profesional

menulis artikel seo

Loading...

1. Penargetan kata kunci dan riset (penelitian)

Dalam menulis artikel SEO, mungkin Anda pernah dipusingkan dalam penentuan sebuah topik atau ide.

Agar artikel yang anda buat dapat diperhatikan oleh Google, maka hal ini sangat diperlukan untuk memastikan bahwa usaha anda dalam menemukan kata kunci dan frasa yang paling dicari oleh orang.

Ketika melakukan riset keyword (penelitian kata kunci), kadang-kadang kata kunci yang anda targetkan juga digunakan oleh pesaing anda.

Untuk melihat prilaku pengunjung, banyak sekali tool online (berbayar dan gratis) untuk memperlihatkan kata kunci yang paling kompetitif  dan tingkat peraingan.

Untuk menjadi bagian dari pembuatan konten, kurasi, dan strategi promosi dan analisis maka Anda harus memiliki kata kunci yang paling potensial.

Sebelum artikel dibangun maka riset keyword sangat penting untuk anda targetkan. Anda bisa baca dua referensi ini :

2. Penempatan kata kunci

Dari seluruh konten pada umumnya, kepadatan kata kunci dalam posting blog tidak lebih dari 2-3%. Selain itu artikel pertama dan kalimat terakhir perlu anda tambahkan frasa dan kata kunci.

Karena orang-orang ingin tahu tentang sesuatu yang dapat membantu mereka untuk memiliki pola pikir yang tepat dan membeli produk atau layanan anda.

Bagaimana anda bisa memberikan mereka sesuatu, maka Anda harus fokus pada apa yang orang cari. Seperti Tehnik Mengolah dan Menempatkan Kata Kunci Pada Artikel

Ini merupakan trik yang banyak dilakukan oleh profesional dalam menulis artikel SEO dan terapkan dalam tulisan mereka. Agar anda bisa mendapatkan banyak kunjungan, bisa Andaterapkan karena ini adalah trik yang sangat populer.

3. Membuat artikel berharga

Agar mereka dapat menggunakan artikel dengan lebih efisiensi, maka anda harus tahu tentang informasi bisnis anda secara detail dan menyampaikannya untuk klien anda.

Membuat berita yang berkaitan dengan bisnis dan industri atau berbagi dalam membahas informasi adalah sesuatu yang wajib dilakukan

Untuk menulis artikel SEO yang berharga pada umumnya, maka riset kata kunci yang anda targetkan sebelumnya akan memberikan cukup ide.

Jika dirasa perlu, jangan ragu untuk mencari ahli dibidangnya supaya mendapatkan ide kata kunci yang tertarget.

Dengan begitu Anda memiliki pandangan mereka (Ahli SEO) dalam posting anda. Mereka akan senang untuk berbagi artikel anda di jaringan sosial dan Anda dapat meningkatkan kualitas artikel, jadi 2 manfaat ganda!

4. Panjang artikel dengan informasi lengkap

Dalam mengembangkan blog, artikel berkualitas sangat berperan agar dapat menarik perhatian mesin pencari. Untuk itu, Anda dapat menulis artikel panjang dengan informasi yang lengkap.

Skala efektivitas dalam menulis artikel SEO berdasarkan jumlah kata, cenderung dilakukan oleh banyak ahli SEO dengan menulis dalam kisaran 1000-3000 kata.

Jika hal ini terasa berat untuk anda kerjakan, setidaknya anda bisa menulis minimal 750 kata.

5. Platform Blogging

Ada banyak platform blogging yang tersedia untuk memudahkan pekerjaan anda. Misalnya menggunakan WordPress sebagai platform blog anda, ada banyak keuntungan yang anda dapat disana. Seperti banyak built-in PR tools dan plugin.

Selain itu, beberapa plugin dapat membuat blog anda menjadi lebih SEO dengan menggunakan Yoast WordPress SEO serta bantak plugin lain untuk mendukung blog anda agar terlihat profesional.

6. Editing dan Revisi

Dalam menulis artikel SEO ada perbedaan utama antara penulis biasa dan penulis profesional. Penulis biasa biasanya hanya mengoreksi dan memberikan sentuhan akhir untuk sebuah artikel.

Sedangkan penulis professional selalu menerapkan alat yang sering digunakan dalam menulis yaitu Open Office, Google Docs, dan Microsoft Word, yang membuat tugas lebih mudah.

Penulis profesional selalu melakukan revisi sebelum mempublish atau mengirimkan hasilnya ke klein (Revisi adalah melakukan pengoreksian sebelum artikel tersebut dipublikasikan)

Penulis profesional biasanya juga tidak meremehkan estetis format (bullet, numbering).

7. Kejujuran dalam menulis

Satu hal yang menjadi tolak ukur anda dalam menulis yaitu kejujuran dalam memberi informasi kepada pembaca anda.

Sebuah situs web tidak akan memberi kualitas lalu lintas apabila informasi yang ditulis tidak akurat dan tidak jujur dalam penulisannya.

Resikonya adalah hilangnya reputasi bisnis Anda dalam jangka panjang, apabila anda membuat kekeliruan dalam menulis sebuah artikel.

8. Bersih dan bagus

Apabila artikel yang anda sajikan sangat bersih dan bagus, maka akan mudah untuk berinteraksi dengan pengunjung. Halaman web anda akan terlihat profesional dan smart

Penempatan teks, gambar beserta skema warna yang indah adalah unsur-unsur yang meningkatkan nilai visual dari artikel anda. Usahakanlah membuat tampilan blog yang disukai pengunjung dan search engine

Agar mudah mendapatkan informasi yang diinginkan, seorang penulis perlu untuk mengatur informasi seperti ini agar membantu para pengunjung situs dalam mencari informasi.

Untuk menarik lebih banyak pengunjung ke situs, merekrut penulis artikel profesional (content writer) adalah ide yang sangat bagus.

Jadi Anda tidak harus berurusan dengan banyak persyaratan, alat, dan teknik sehingga kualitas artikel akan jauh lebih baik.

Rahasia dalam menulis artikel SEO yang kami bahas diatas adalah hal umum yang sering dilakukan oleh para profesional seorang content writer.

Artikel yang anda tulis dengan sempurna akan mudah mendorong trafik pengunjung dan ini sangat mempengaruhi kualitas situs/blog anda sendiri.

Kesimpulan

Teknik menulis artikel SEO biasanya adalah tugas seorang content writer (penulis artikel) yang memiliki kemampuan dalam mengatasi beberapa statistik penting.

Jika anda ingin membuat artikel, setidaknya harus bisa memahami rahasia menulis artikel SEO yang sering dilakukan para ahli, minimal sesuai 8 kriteria diatas.



Loading...

Baca selengkapnya

Syarif Sabirin

Seorang Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.

Artikel terkait

One Comment

  1. jajan jajan dan jalan jalan ke manca makin asyik dan menarik, hingga membuat tulisan makin unik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *