Rahasia Youtubers Dalam Membangun Channel, Pahamilah!

Rahasia Youtubers – Membahas Youtube memang tak ada habisnya, apalagi jika cita-citamu memang menjadi seorang Youtubers papan atas dengan banyak subscriber. Tiap ada artikel seputar Youtube pasti kamu akan bersemangat dan berusaha mempraktekkannya dengan sebaik mungkin.

Berdasarkan data hootsuite, Youtube menempati urutan pertama (negara Indonesia) dengan persentase sebanyak 49 persen atau hanya terpaut satu persen dari Facebook yang menempati urutan kedua.

Setelah mendengar kabar tersebut, bagaimana reaksimu? Apakah senang, sedih atau biasa saja?

Rahasia Youtubers Yang Harus Diketahui

Membangun sebuah channel Youtube itu tak semudah membalikkan telapak tangan, karena harus keluar uang yang lumayan besar dalam proses pembuatan video atau menjalankan ide kreatif.

Rahasia Youtubers dalam membangun sebuah channel pastinya sudah diketahui oleh banyak orang, dimana kita harus mempersiapkan kamera, program editing video, jaringan internet dan beberapa hal lainnya. Jika sesuatu yang umum tadi sudah dilakukan, kira-kira langkah apalagi yang harus ditempuh untuk membuat channel Youtube semakin populer?

Fokus Dengan Kualitas

rahasia youtubers

Kualitas | famous.id

Anak muda jaman now pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Agung Hapsah. Kamu yang mengikuti perkembangan channelnya pasti sangat setuju, apabila saya mengatakan video-video yang diproduksi Agung kebanyakannya sangat berkualitas.

Berkat kualitas videonya yang bagus inipula, nama Agung Hapsah kian tenar di dunia Youtube Indonesia. Nama-nama tenar seperti, Chandra Liow, Reza Oktovian dan beberapa Youtubers lainnya pun kepincut untuk mengajaknya berkolaborasi.

Selain berkolaborasi dengan Youtubers terkenal di Indonesia, saya rasa penghargaan tertinggi yang ia dapatkan adalah ketika dirinya berhasil masuk di salah stasiun televisi, mendapat pengakuan dari Raditya Dika jika videonya memang bagus-bagus dan diundang Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan.

Jadi, poin yang satu ini terbukti manjur, dimana perjuangan tidak akan mengkhianati hasil karena Agung Hapsah sudah membuktikannya.

Video Blog

Tips sukses dalam membangun sebuah channel Youtube adalah dengan membuat video blog atau yang kita kenal dengan nama vlog. Membuat vlog sangatlah mudah, karena video yang satu ini adalah rangkaian dari kehidupan kita sehari-hari, baik itu yang direncanakan ataupun tidak.

Vlog diawal kemunculannya sempat ditentang karena terkesan pamer, tidak kreatif dan cari gampangnya saja. Karena memang faktanya membuat vlog sangatlah mudah dibanding dengan membuat video yang terkonsep, seperti drama, wawancara dan yang lainnya.

Meski diawal kemunculannya menuai kontroversi, akhirnya vlog berhasil keluar sebagai pemenang dimana banyak sekali Youtubers vlog bermunculan dan Youtubers yang tidak mengutamakan konten vlog dalam channelnya pun ikut-ikutan untuk membuat vlog.

Baca : Seandainya Vlog jadi Mata Pelajaran Sekolah

Jadi, jika kamu ingin berkarya di Youtube bisa menjadikan vlog sebagai konten utama, apalagi jika hidupmu itu dipenuhi dengan berbagai aktivitas yang sangat seru dan bermanfaat untuk orang lain.

Ikuti Trend

Cara yang satu ini terbukti ampuh dan menjadi salah satu rahasia youtubers, dimana sesuatu yang sedang ramai pasti akan dicari orang banyak. Mari kita ambil contoh, ketika Youtube Indonesia diramaikan dengan demam akad dari Payung Teduh atau asal kau bahagia dari Armada.

Pasti penikmat Youtube akan melihat banyak sekali orang-orang yang membuat cover maupun reaction. Meski cara ini 60% tingkat keberhasilannya, setidaknya kamu bisa mencobanya.

Kamu ingat dengan Hanin Dhiya, gadis jebolan Rising Star Indonesia? Jika menengok channel Youtubenya, maka kamu akan melihat banyak sekali cover lagu yang ia buat. Langkah yang dibuat Hanin ini akhirnya semakin cemerlang, setelah asal kau bahagia dan akad meledak yang akhirnya mengangkat namanya pula di dunia Youtube, meskipun sebelumnya ia sudah terkenal.

Berbagi Hadiah

Nama keren untuk poin yang satu ini adalah Giveaway. Giveaway adalah membagikan hadiah dari orang tertentu kepada orang tertentu. Jadi, dalam membangun channel Youtube membagikan hadiah tergolong efektif, meskipun jumlah subscribers masih tergolong sedikit.

Giveaway selain meningkatkan popularitas channel Youtube, ternyata juga mampu mengangkat sosial media lainnya, seperti, Instagram, snapchat atau yang semacamnya.

Kenapa demikian? Karena sang Youtuber biasanya memberikan syarat tertentu agar dirinya juga mendapatkan keuntungan, entah itu subscribe channelnya, follow Instagram pribadinya atau follow Instagram bisnisnya.

Judul dan Thumbnail

rahasia youtubers

Thumbnail | youtube.com

Video “Nabrakin Lamborghini” ini sempat masuk trending Youtube Indonesia. Yang unik dari video ini bukanlah settingannya yang sangat terlihat, melainkan thumbnailnya yang sempat berganti.

Saat video “Nabrakin Lamborghini” keluar, thumbnail yang dibuat bukanlah seperti gambar diatas. Tidak jelas mengapa thumbnail video tersebut diganti. Akan tetapi dalam dunia Youtube, masalah judul dan thumbnail memang sangatlah penting karena seseorang akan tertarik menonton atau tidak hanya karena melihat dua poin yang disebutkan tadi.

Namun, yang harus diperhatikan adalah dalam membuat judul haruslah sama dengan isi video. Jangan sampai isi video, thumbnail hingga judul tidak terkait satu sama lain atau yang lebih kita kenal dengan nama clickbait.

Tanggapi Komentar

Sering-sering membalas komentar dari viewers atau subscribers juga terbukti ampuh dalam membangun channel Youtube. Mari kita tenggok channel Picky Picks yang jumlah subscribersnya mencapai 163k untuk saat ini.

Tahun lalu, channel Picky Picks bisa dibilang memiliki pertumbuhan subscribers yang sangat cepat. Jika kita melihat lebih kedalam, sebenarnya konten yang ditonjolkan hanyalah challenge dan video reaction.

Namun, para penikmat Youtube nampaknya lebih menyukai personalnya, sehingga mereka rela untuk menunggu videonya dan menjadi subscribers. Itu merupakan salah satu rahasia youtubers dalam mengumpulkan subscribers.

Selain memiliki keunggulan dari sisi personal, ternyata dalam hal komen Picky Picks (Bimo) juga cukup aktif, sehingga para subscribers merasa diperhatikan dan tentunya lebih mudah berkomunikasi.

Jika kamu memiliki channel Youtube, menjalankan poin yang satu ini sangatlah direkomendasikan agar mereka yang menjadi penonton berubah menjadi subscribers dan kemudian menjadi pendamping setia channelmu.

Promosi

rahasia youtubers

Promosi | youtube.com

Promosi channel Youtube bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kamu bisa promosi channel Youtube dengan membuat kartu nama, lewat sosial media atau membuat tulisan.

Kamu tahu Richard Goodboy? Ya, dia adalah salah satu penulis di Klik Mania. Jika kamu jeli, dia mencantumkan alamat Youtubenya di kolom bio dan dia memberikan link ke dalam artikel yang ia tulis, seperti dibawah ini:

Oke sekian dulu postingan kali ini jika ingin melihat konten saya yang lain bisa ke youtube.com/chardsonz see ya on the next article. Tetap semangat. Tetap belajar bersama di Klik Mania

Nah, itulah yang dinamakan dengan promosi. Selain cara yang digunakan Richard, kamu juga bisa menggunakan cara Chandra Liow yang mengajak kolaborasi Youtubers lain.

Dengan melakukan kolaborasi seperti ini, tidak hanya si A atau si B yang diuntungkan, melainkan dua-duanya karena satu sama lain juga mendapatkan keuntungan alias simbiosis mutualisme.

Rahasia Youtubers yang lain juga cukup banyak, seperti:

  • Menjadi diri Sendiri
  • Fokus kepada konten
  • Challenge
  • Unboxing, seperti yang sudah dijelaskan Deddy Corbuzier di channel Youtubenya.
  • Prank
  • QnA
  • Buka-bukaan (fisik atau aib) sangat tidak dianjurkan.
  • Berdoa
  • dll

Baca jugaTips Agar Video Youtube Kamu Rank 1 di Pencarian

Kesimpulan

Rahasia Youtubers satu sama lain pasti berbeda, dan setiap kerja keras yang dijalankan atau hasil yang didapatkan pasti tidak akan persis satu sama lain. Yang menjadi pertanyaanya sekarang adalah kamu mau dikenal sebagai Youtubers apa?

Banyak yang menganggap menjadi seorang Youtubers itu enak, menikmati dollar Google Adsense tiap bulan tanpa harus bingung mencari pekerjaan. Segala sesuatu jika dilihat dari luar memang indah, namun seseorang terkadang lupa untuk mencapai sesuatu yang indah itu dibutuhkan perjuangan dan kehendak Tuhan.

Related Posts

About The Author

7 Comments

    • Leo Setiawan

Add Comment