Review ProdukTekno

Realme 3 Pro di Tahun 2020, Masih Worth it Kah?

Realme 3 Pro di Tahun 2020, Masih Worth it Kah? – REALME, brand pendatang baru yang sempat menghebohkan dunia pergadgetan di Indonesia akhir-akhir ini.

Seakan menantang Xiaomi di pasar smartphone kelas menengah, Realme selalu merilis smartphone dengan spesifikasi mumpuni dan harga yang terjangkau dengan kantong masyarakat Indonesia.

Contohnya saja Realme 3 Pro, smartphone keluaran Realme yang banyak diperbincangkan sejak awal kemunculannya.

Smartphone yang dirilis pada April 2019 ini sempat menjadi smartphone idaman bagi para pengguna yang membutuhkan spesifikasi tinggi dengan harga murah.

Lalu, apakah Realme 3 Pro masih worth it digunakan di tahun 2020? mengingat banyaknya bermunculan smartphone baru termasuk penerusnya yaitu Realme 5 Pro.

Oke, saya akan membagikan pengalaman saya menggunakan smartphone ini selama kurang lebih 1 bulan penggunaan.

Performa

review Realme 3 Pro
Sumber: www.techburner.in

Mengapa performa saya bahas duluan? Karena inilah yang menjadi alasan terkuat seseorang membeli smartphone ini.

Ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 710 dengan fabrikasi 10 nm menjadikan smartphone ini mampu menjalankan game-game seperti Mobile Legends, PUBG, dan game-game lainnya dengan baik. Selama pemakaian saya jarang terjadi lag atau frame drop.

Namun, sayangnya dalam urusan multitasking terkadang masih ada reload di beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Saya tidak tahu apakah ini memang fitur ColorOS 6.0 yang sengaja menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang, bagi yang tahu silakan komen ya.

Kamera

Selain performanya yang mumpuni, kualitas kamera dari Realme 3 Pro juga lumayan ternyata. Hasil kamera yang ditangkap menurut saya lebih dari cukup.

Berikut ini adalah contoh gambar yang dihasilkan dari kamera Realme 3 Pro.
Untuk perekaman video, settingan favorit saya adalah 1080p dengan 60 FPS. Hal ini menyebabkan video yang ditangkap menjadi lebih smooth. Tersedia juga opsi 30 FPS jika kamu kurang suka dengan settingan 60 FPS.

Hadirnya fitur EIS (Electronic Image Stabilization) menjadikan perekaman video menjadi lebih stabil. Sehingga kamu bisa ngevlog tanpa perlu bantuan stabilizer/ gimbal.

Yang saya suka dari perekaman videonya adalah suara mic-nya yang cukup keras sehingga tanpa mic eksternal suara video kamu akan tetap terdengar jelas.

Baca juga: Review Google Pixel di Tahun 2020

Baterai

Sumber: Realme Community

Di sektor baterai, smartphone ini bisa bertahan seharian penuh. Untuk pemakaian pribadi, jika hanya digunakan untuk streaming dan sosial media.

Biasanya dari bangun tidur kondisi baterai full dan ngecharge lagi ketika mau tidur lagi. Sedangkan, ketika diselingi dengan gaming biasanya sore baru saya charge lagi.

Selain itu, untuk waktu charging lumayan cepat dengan adanya fitur VOOC 3.0 yang mana ngecharge dari 0-50% membutuhkan waktu 30 menit saja.

Fitur fast charging dari realme ini sangat membantu ketika kamu sedang buru-buru dan baterai smartphone kamu membutuhkan daya.

Harga

Untuk harga tentunya sudah turun dibandingkan dengan pertama kali rilis. Saat ini Realme 3 Pro memiliki rentang harga 2.3 – 3 jutaan.

Apakah kamu pengguna Realme 3 Pro juga? share pengalaman kamu di kolom komentar ya.


Loading...
Baca selengkapnya

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU. Kunjungi: @PenggunaGadget

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close