InternetReview Produk

Review Situs KitaBisa : Situs Crowfunding yang Bermanfaat Untuk Ummat

Review Situs KitaBisa – Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Apa yang kita lakukan ketika kita melihat ada suatu masjid yang hancur akibat sebuah bencana atau sebuah hal yang membuat masjid tersebut hancur?

Tentunya kemungkinan besar kita akan tergerak untuk membantu masjid tersebut, entah itu dengan tenaga ataupun dengan harta. Namun kemungkinan besar kalau rusaknya parah tentu menggunakan tenaga, kemudian menyewa para kuli bangunan untuk memperbaiki masjid tersebut. Nah artikel kali ini kita akan bahas tentang review situs KitaBisa.

Namun apa jadinya apabila ternyata kita belum memiliki uang atau dana untuk membantu masjid tersebut? Nah maka kemungkinan besar juga akan muncul ide untuk membuat sebuah penggalangan dana kepada masyarakat yang nantinya akan di donasikan kepada si masjid tersebut.

Alhamdulilah sekarang untuk menggalang dana kita tidak perlu capek-capek turun ke jalan untuk menggalang dana kepada para masyarakat, namun sekarang menggalang dana sudah sangat mudah, yakni dengan cara online.

Situs KitaBisa

Indonesia mungkin patut berbangga karena di Indonesia ternyata ada anak bangsa yang telah berhasil menciptakan sebuah startup bermanfaat untuk masyarakat yang bernama KitaBisa.com.

Dan pada postingan kali ini saya akan melakukan review terhadap si situs KitaBisa ini. Yuk mari langsung saja kita bahas, ini dia review situs KitaBisa.

Memulai Review situs KitaBisa Dari Tampilan Websitenya

Baik, seperti biasa pada bagian ini kita akan membahas tampilan situs KitaBisa.com terlebih dulu. Silahkan kamu bisa lihat homepage dari situs KitaBisa.Com tersebut di url berikut: https://www.kitabisa.com.

Loading...

Nah silahkan lihat tampilannya, namun ingat jaga mata ya, hehe.

Menurut kamu bagaimana tampilan dari website situs KitaBisa.Com? Kalau menurut saya tampilannya bagus. Dengan tampilan menu navigasi serta tombol navigasi yang jelas dan menarik tentunya membuat pengunjung atau pengguna situs KitaBisa.Com menjadi semakin tertarik dan betah untuk menggunakan berbagai layanan di situs ini.

Disitu juga terdapat beberapa campaign yang di featured sehingga saat pengunjung baru di situs KitaBisa.Com akan melihat beberapa campaign yang menarik. Sehingga hatinya tergerak untuk berdonasi atau bersedekah di berbagai campaign yang ada di homepage situs KitaBisa.Com.

Ada pula pada bagian navbar atau bagian menu (yang letaknya di paling atas yang memiliki background warna biru), terdapat menu-menu yang dimana apabila kamu lihat. Menu-menu tersebut juga mengarah ke berbagai campaign, namun tentunya ada yang berbeda dari campaign-campaign yang diletakkan di bagian navbar.

Salah satu contohnya adalah menu #Zakat, dimana apabila kamu klik menunya, maka kamu akan melihat perbedaan dari berbagai campaign yang ada.

Jadi saya simpulkan, campaign-campaign yang ada di bagian navbar tersebut mempunyai perbedaan dari berbagai campaign yang ada di situs KitaBisa.Com. Artinya campaing-campaign tersebut juga mempunyai sisi urgent yang besar (mungkin).

Seperti menu #AleppoisBurning yang tentunya kita harus melihat bagaimana penderitaan para penduduk Aleppo yang terkena serangan dari rezim Suriah yakni para rezim Syiah.

Sementara tema warna pun menurut saya sudah pas, dengan nuansa biru membuat yang melihat tampilan website situs KitaBisa.Com menjadi adem lan ayem. Sehingga membuat para pengguna situs KitaBisa.Com memiliki kemungkinan besar untuk berdonasi di salah satu campaign yang ada di situs ini.

Apabila kamu scroll kebawah, maka kamu akan melihat sebuah bagian yang bertuliskan Cerita Kebaikan yang tentu bagian tersebut memiliki banyak kisah-kisah menarik.

Review situs KitaBisa: Apa itu Kita Bisa?

Baik, mungkin saya perlu mengulangi mengenai apa itu situs KitaBisa. Situs ini merupakan sebuah website yang dimana kita dapat berdonasi maupun kita juga dapat menggalang dana namun dengan metode online. Sehingga hal ini tentu saja dapat memudahkan kita untuk menggalang dana untuk beberapa hal yang memang kita benar-benar sama sekali tidak mampu.

Dan tentunya Kita harus bersyukur kepada Allah karena ada situs seperti ini sehingga kita dimudahkan untuk berbuat amal sholeh dengan menginfakkan harta kita dengan tanpa capek-capek pergi kesana kemari. Kita tinggal ngeklik ini dan itu dan kita dapat memberikan donasi atau infak.

Dan siapa saja dapat menggalang dana maupun berdonasi di situs KitaBisa.Com ini. Mulai dari individu, komunitas, yayasan bahkan organanisasi pun dapat memulai campaign atau kampanye penggalangan dana di website situs KitaBisa.Com. Dan tentunya kita dapat memilih berbagai kategori yang banyak, mulai dari membangun masjid bantuan medis, beasiswa, serta juga pendidikan, dan yang lain sebagainya.

Diluar negeri sendiri ada juga situs yang memiliki konsep yang serupa, yakni mereka memiliki website yang memperbolehkan orang-orang untuk menggalang dana maupun berdonasi. Dan biasanya website seperti itu dinamakan website crowfunding.

Namun saya ingatkan, setidaknya kita jangan gampang untuk meminta-minta atau menggalang dana, kenapa?

Karena meminta-minta itu haram kecuali dalam keadaan tiga hal berikut:

  1. Seseorang yang menanggung hutang orang lain, dia boleh meminta-minta sampai dia melunasinya, lalu berhenti
  2. Seseorang yang ditimpa musibah yang menghabiskan hartanya, ia boleh meminta-minta sampai ia mendapatkan sandaran hidup, dan
  3. Seseorang yang ditimpa kesengsaraan hidup sehingga ada tiga orang yang berakal dari kaumnya mengatakan, ‘Si fulan telah ditimpa kesengsaraan hidup’, ia boleh meminta-minta sampai mendapatkan sandaran hidup.

Silahkan baca artikel milik Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas yang berjudul Hukum Meminta-Minta (Mengemis) Menurut Syari’at Islam.

Saya harap teman-teman malah menjadi donatur ya, karena memang menginfakkan harta di jalan Allah itu sangat bagus.

Baik, kita kembali lagi untuk membahas situs KitaBisa.Com ini.

Situs KitaBisa.Com sebenarnya sudah ada sejak tahun 2013 di bulan Juli yang lalu, dan juga situs ini sudah menjadi yayasan resmi pada tahun 2014 yang lalu. Dan akhirnya tim situs KitaBisa.Com sudah bekerja secara full-time untuk mengembangkan situs KitaBisa.Com ini dengan membuat PT Kita Bisa Indonesia di tahun 2015 yang lalu.

Dengan hal ini kita tau bahwa situs KitaBisa.Com sudah lama ada di Indonesia, tepatnya pada tahun 2013 yang lalu, dan sudah menjadi perusahaan atau PT di tahun 2015 yang lalu. Sehingga tentu kemungkinan besar pelayanan si situs KitaBisa.Com ini sudah berpengalaman dan juga sudah profesional sehingga kita dapat percaya kepada situs ini.

Gimana sih situs KitaBisa.Com ini Bisa Ada?

Baik, sekarang pada bagian ini kita akan bahas ide awal terbentuknya situs KitaBisa.Com. Sebelumnya perlu kamu ketahui bahwa pendiri atau founder situs KitaBisa.Com bernama Alfatih Timur yang memiliki sapaan akhrab bernama Timmy. Adalah seorang aktifis yang tentu masih aktif dalam berbagai pergerakan sejak dia masih berstatus sebagai mahasiswa.

Situs KitaBisa

Setelah mas Alfatih Timur ini sudah lulus, mas Timmy atau mas Lafatih ini menjadi asisten Prof. Rhenald Kasali serta juga dia bertemu dengan berbagai maca tokoh yang bergerak di bidang sosial.

Nah disitulah mas Alfatih Timur ini tau bahwa yang namanya penggalangan dana merupakan salah satu problem yang dialami oleh berbagai maca pergerakan dan juga inisiatif sosial.

Dari sini kita tau bahwa mas Alfatih Timur ini sudah berpengalaman dalam hal sosial yang tentu kemungkinan besar juga sudah tau apa-apa saja yang paling dibutuhkan oleh sebuah masjid, para korban bencana alam, para korban yang sedang berada dala lingkungan perang (seperti di Suriah atau di Rohingya, atau juga di Palestine, dll)

Sehingga terbentuknya ide untuk membuat situs KitaBisa.Com ini semoga saja dapat menghancurkan salah satu masalah yang sering hinggap pada hal-hal yang berbau pergerakan sosial yang contohnya sudah saya sebutkan tadi.

Situs penggalangan dana online

Eits, tapi ternyata ide situs KitaBisa.Com belum sampai dari cerita yang saya tulis sebelumnya. Di saat yang sama, ternyata mas ALfatih Timur ini melirik berbagai website crowfunding atau kalau istilahnya di Indonesia adalah website penggalangan dana online yang sedang tenar di luar negeri. Dan akhirnya mas Alfatih Timur melihat hal ini menjadi sebuah solusi sehingga hal ini dapat juga diaplikasikan di negeri ini yakni Indonesia.

Mas Alfatih Timur akhirnya menyatukan pergerakan sosial dengan kekuatan teknologi digital. Akhirnya terciptakan sebuah ide untuk menghubungkan orang-orang yang baik dalam sebuah tempat, yakni situs KitaBisa.Com.

Kemungkinan besar untuk mendapatkan sebuah ide semacam ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Namun juga Alhamdulilah sekarang situs KitaBisa.Com sepertinya sudah menjadi situs crowfunding (situs penggalangan dana dan donasi) yang besar di Indonesia, dan tentunya kita pautut bersyukur atas hal ini.

Apalagi dari yang saya lihat di situs KitaBisa.Com ini kebanyakan memiliki campaign yang berkaitan tentang pembangunan masjid, penyantunan anak yatim, dan yang lain sebagainya. Tentunya hal ini membuat umat Muslim semakin mudah dan praktis untuk mencari pahala dan menggapai ridha Allah Subhanallah Wa Ta’ala.

Pengin Ngasih Donasi, Tapi Apakah Terpercaya?

Situs KitaBisa

Mungkin pertanyaan tersebut sering diucapkan oleh para calon pengguna situs KitaBisa.Com yang ingin memberikan donasinya kepada salah satu pembuat campaign atau kepada salah satu pembuat program penggalan dana. Tenang kawan, pihak situs KitaBisa.Com sudah mengatasi masalah ini.

Dari informasi yang saya dapat, situs KitaBisa.Com ini melakukan sebuah semacam penilaian dan juga verfikasi terhadap setiap pengguna situs KitaBisa.Com yang ingin menggalang dana. Nah proses verifikasi tersebut berupa scan KTP, dan meminta beberapa dokumen, koneksi ke sosial media, serta juga menyerahkan foto.

Bukan hanya itu, pihak situs KitaBisa.Com juga memberikan kewajiban kepada orang-orang yang ingin menggalang dana untuk memberikan laporan penggunaan dana kepada para donatur.

Dengan adanya sistem seperti ini, tentunya membuat orang-orang semakin percaya dan aman serta nyaman ketika ingin melakukan donasi terhadap salah satu user yang menggalang dana.

Apakah Pihak situs KitaBisa.Com Mendapatkan Keuntungan?

Pertanyaan ini mungkin juga sering berputar-putar di benak teman-teman. Ya, apakah di situs KitaBisa nanti mendapatkan keuntungan?

Kemungkinan besar pihak situs KitaBisa.Com ini mendapatkan keuntungan dari biaya admin dari setiap donasi yang terkumpul, yakni sebesar 5%. Kecuali untuk kategori medis emergency yang memang mungkin uangnya sangat butuh sekali untuk pengobatan.

Pada kategori tersebut situs KitaBisa hanya mengenakan biaya admin sebesar 2.5% saja, sementara untuk kategori bencana alam, situs KitaBisa.Com hanya mengenakan biaya admin sebesar 0%.

Menurut saya hal ini diberlakukan tentunya sudah wajar, karena tentunya pihak situs KitaBisa.Com pun memerlukan biaya untuk meng-upgrade berbagai macam hal. Seperti fitur yang nantinya dapat memudahkan para donatur dan para penggalang dana, dan yang lain sebagainya.

Ingin Menggalang Dana?

Nah bagi teman-teman sekalian yang kepengin menggalang dana di situs KitaBisa.Com, tentunya mudah dan juga praktis menurut saya. Dibagian ini juga akan saya lampirkan bagaimana cara daftar, berdonasi, dan menggalang dana di situs KitaBisa.Com.

Cara Daftar di situs KitaBisa.Com

Untuk mendaftar sebagai salah satu memberi di situs KitaBisa.Com tentunya sangat mudah, silahkan teman-teman bisa klik alamat berikut: http://www.kitabisa.com.

Selanjutnya pada bagian atas terlihat tombol masuk dan juga tombol daftar. Tentunya teman-teman klik tombol daftar tersebut.

Review KitaBisa

Selanjutnya teman-teman akan dibawa ke suatu halaman yang berisi formulir, dan silahkan isi formulir tersebut. Tenang, formulir tersebut hanya memiliki 2 kolom isian saja kok.

Situs KitaBisa

Dari gambar diatas kita tau bahwa ternyata kita juga dapat mendaftar dengan menggunakan sosial media milik kita. Yakni ada dua media sosial yang tersedia, yaitu Facebook dan Google Plus, terserah temen-temen sih mau pilih metode yang mana.

Nah saya yakin teman-teman semua sudah paham dan sudah pada bisa daftarnya, wong cuman dua isian tok kok, hehe.

Baik, setelah teman-teman klik tombol Daftar, selanjutnya temen-temen akan melihat tampilan seperti ini. Yang berarti temen-temen tentunya harus ngecek email masing-masing untuk nantinya mengaktifasi akun situs KitaBisa.Com milik temen-temen sekalian.

Apabila temen-temen merupakan pengguna Gmail, mungkin teman-teman tidak melihat email pemberitahuan dari si situs KitaBisa.Com. Namun tenang, temen-temen bisa ngecek pada tab Promotions, maka mungkin temen-temen akan melihat email masuk dari si situs KitaBisa.Com tersebut.

Review KitaBisa

Aktifkan akun Anda

Kemudian pada gambar dibawah ini merupakan tampilan email yang dikirimkan oleh si situs KitaBisa.Com. Nah pada gambar dibawah juga terlihat ada sebuah link yang bertuliskan Aktifkan akun Anda. Silahkan temen-temen klik link tersebut supaya nantinya dapat mengaktifkan akun temen-temen.

Situs KitaBisa

Setelah temen-temen sudah mengaktifkan atau mengklik link tersebut, temen-temen akan dibawa ke suatu halaman dimana nanti temen-temen juga akan bertemu dengan dua kolom isian. Nah kolom tersebut adalah password, dimana temen-temen nantinya ahrus mengisi password yang sesuai dengan kemauan temen-temen sekalian.

Review KitaBisa

Setelah temen-temen sudah mengisi passwordnya dan juga sudah mengklik tombol Daftar, temen-temen semua akan dibawa ke suatu halaman yang menyatakan bahwa akun teman-teman sudah bisa digunakan. Dan juga disitu terlihat ada link login yang mungkin mengisyaratkan teman-teman sudah bisa melakukan login.

Review KitaBisa

Dan dari sini kita sudah berhasil mendaftar di situs KitaBisa.Com yang artinya kita sudah bisa membuat sebuah campaign atau kita bisa menggalang dana.

Cara Menggalang Dana atau Membuat Campaign di situs KitaBisa.Com

Sekarang kita akan belajar bagaimana cara menggalang dana atau membuat sebuah campaign di situs KitaBisa.Com.

Namun sebelum kamu membuat sebuah campaign atau ingin menggalang dana, hendaknya kamu terlebih dahulu membaca artikel dari Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas yang berjudul Hukum Meminta-Minta (Mengemis) Menurut Syari’at Islam.

Jadi dengan kata lain, mohon gunakan cara ini dengan bijak. Tutorial atau cara yang akan saya tulis ini merupakan khusus bagi kamu yang memang masuk ke dala 3 kategori berikut ini:

  1. Seseorang yang menanggung hutang orang lain, dia boleh meminta-minta sampai dia melunasinya, lalu berhenti
  2. Seseorang yang ditimpa musibah yang menghabiskan hartanya, ia boleh meminta-minta sampai ia mendapatkan sandaran hidup, dan
  3. Seseorang yang ditimpa kesengsaraan hidup sehingga ada tiga orang yang berakal dari kaumnya mengatakan, ‘Si fulan telah ditimpa kesengsaraan hidup’, ia boleh meminta-minta sampai mendapatkan sandaran hidup.

Baik, mari langsung saja kita bahas berikut ini adalah cara menggalang dana atau membuat campaign di situs KitaBisa.Com.

Step yang pertama tentunya kamu perlu untuk login terlebih dulu, silahkan kamu klik tautan berikut ini: https://kitabisa.com/login

Setelah itu tentunya kamu perlu mengisi username/email serta juga password untuk dapat masuk ke akun situs KitaBisa.Com milik Kamu.

Setelah kamu login ke akun situs KitaBisa.Com milik kamu, selanjutnya kamu akan digiring menuju homepage dari si situs KitaBisa.Com ini. Maka yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah dengan mengklik tombol Galang Dana yang tombolnya berada di header atau bagian atas homepage situs KitaBisa.Com tersebut. Atau kamu bisa juga mengklik tautan berikut ini: https://kitabisa.com/buat-campaign

Selanjutnya kamu akan dibawa ke suatu halaman yang berisi panduan untuk menggalang dana di situs KitaBisa.Com ini, tepatnya ada 5 langkah, yakni sebagai berikut:

Panduan untuk menggalang dana

  1. Membuat campaign galang dana. Di sini kita mungkin akan disuruh untuk mengisi formulir online, tentunya kalau online kita hanya perlu menulisnya menggunakan laptop kita ata PC atau smartphone mungkin bisa, dan juga di form tersebut kita disuruh untuk menceritakan tujuan dari penggalangan dana kita.
  2. Meverifikasi identitas kamu. Step yang selanjutnya adalah dengan memverifikasi identitas kamu, dari informasi yang saya dapat. Kamu perlu meng-upload KTP kamu, foto serta akun sosial media kamu supaya nantinya akun kamu dapat terverifikasi. Nah, ada hal yang perlu kau tau disini, yakni apabila kamu tidak atau belum melakukan verifikasi, maka kamu tidak dapat mencairkan donasi yang sudah terkumpul (mungkin).
  3. Melakukan share campaign kamu. Step yang selanjutnya adalah dengan membagikan campaign kamu, dengan mengajak keluarga kamu, teman dan juga kerabat kamu untuk berdonasi. Ada setidaknya 5 opsi untuk transfer bank atau kartu kredit (kalau yang kartu kredit saya benar-benar tidka merekomendasikan karena dari yang saya tau, kartu kredit memiliki unsur riba). Nah kemudian para donatur tersebut akan muncul ke dala list donatur.
  4. Mencairkan dana. Langkah yang selanjutnya adalah dengan mencairkan dana yang sudah terkumpul dari para donatur, yang nantinya donasi tersebut dapat terkumpul kapan saja ke rekening yang kamu tentukan lewat dompet kebaikan milik kamu.
  5. Menulis update. Selanjutnya adalah dengan menulis update dari tujuan yang kamu tuju. Misal begini, ketika kamu sudah mendapatkan dana dari para donatur sebanyak 500 juta, kemudian dana 500 juta tersebut kamu gunakan untuk pembangunan pagar masjid misalnya. Maka tentunya kamu harus menulis update bahwa pagar masjid sudah di buat dan usahakan diberikan fotonya.

Kemudian mungkin kamu akan melihat sebuah checkbox yang tentunya perlu kamu klik atau check sehingga nantinya tombol Galang Dana Sekarang.

Setelah itu silahkan kamu klik tombol tersebut, maka kamu akan diarahkan menuju sebuah formulir yang tentunya kau perlu mengisi berbagai isian yang ada. Saya asumsikan temen-temen disini sudah bisa mengisi dan paham tentang apa yang diminta oleh pihak situs KitaBisa.Com pada formulir tersebut.

Cerita Campaign

Dan setelah di isi semua kolom formulir yang tertera, kamu bisa menulis Cerita Campaign yang bisa kamu temukan di tab Cerita Campaign yang letaknya berada di atas (silahkan kamu bisa scroll sedikit ke atas).

Selanjutnya kamu bisa next dan silahkan iktui petunjuk yang ada, dan tentunya kemungkinan besar kamu sudah berhasil membuat sebuah campaign atau halaman penggalangan dana.

Membuat sebuah campaign seperti ini tentunya memang mudah dan praktis. Namun perlu diingat lagi, bahwa meminta-minta itu haram kecuali tiga hal, yakni:

  1. Seseorang yang menanggung hutang orang lain, dia boleh meminta-minta sampai dia melunasinya, lalu berhenti
  2. Seseorang yang ditimpa musibah yang menghabiskan hartanya, ia boleh meminta-minta sampai ia mendapatkan sandaran hidup, dan
  3. Seseorang yang ditimpa kesengsaraan hidup sehingga ada tiga orang yang berakal dari kaumnya mengatakan, ‘Si fulan telah ditimpa kesengsaraan hidup’, ia boleh meminta-minta sampai mendapatkan sandaran hidup.

Silahkan baca artikel milik Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas yang berjudul Hukum Meminta-Minta (Mengemis) Menurut Syari’at Islam.

Nah pada saat membuat sebuah dokumentasi, agar para calon donatur merasa bahwa kamu sebagai si penggalang dana terpercaya. Hendaknya untuk membuat dokumentasi yang baik dan terlihat meyakinkan, seperti menyertakan sebuah video dokumentasi tentang campaign yang sedang kamu buat.

Misal begini, ketika ada suatu masjid di sebuah kampung yang terlihat tidak terurus, kemudian kamu ingin membantu masjid tersebut untuk memerbaikinnya namun sayangnya kamu mampu untuk memberikan bantuan.

Sementara kamu punya ide untuk menggalang dana kepada masyarakat untuk merenovasi masjid tersebut. Maka tentunya kamu perlu merekam atau membuat video dokumentasi tentang keadaan dari masjid tersebut sebelum kamu posting di halaman penggalangan dana yang kamu buat.

Yang selanjutnya juga kamu perlu menyertakan gambar-gambar yang menggambarkan masjid tersebut, sehingga semakin terpercaya. Dan jangan lupa untuk share ke media sosial.

Review Halaman Penggalangan Dana/Campaign

Pada bagian ini kita akan melakukan review atau membahas atau mengulas tampilan dari sebuah campaign, kita akan lihat sisi interface atau sisi tampilannya agar kita dapat mengenal lebih dekat dengan si situs KitaBisa.Com ini.

Di sini saya mengambil contoh campaign yang bernama “Bantu Ustadz Iskandar Wujudkan KAMPUNG QURAN“, yang merupakan sebuah campaign keren dimana apabila kita melakukan donasi pada campaign yang dibuat oleh sebuah lembaga bernama Sedekah Sahabat tersebut.

Maka donasi kita akan membuat warga Sumedang, Jawa Barang, tepatnya di sebuah daerah pegunungan yang tinggi dan juga sepi yang bernama Parakan Muncang. Ide pembuatan pesantren ini dibuat oleh seorang Ustadz yang masih muda, yakni yang bernama Ustadz Iskandar Dzulqarnain.

Baik, mari kita mulai review. Silahka sebelumnya kamu bisa lihat tapilan campaign-nya pada tautan berikut ini: https://kitabisa.com/kampoengquran

Dan berikut adalah tampilan dari si campaign tersebut.

Situs KitaBisa

Kita akan bahas sebentar tampilannya, kita akan mulai dari sisi sidebar kanan.

Sisi Sidebar Kanan

Bisa kita lihat pada sisi sidebar kanan, kamu akan melihat sebuah statistik dana yang sudah terkumpul dari para donatur. Disitu terlihat bahwa campaign tersebut sudah mendapatkan setidaknya Rp. 153.036.946 dan akan terus bertambah tentunya, Insya Allah.

Dan dibawah angka dana yang sudah terkumpul terdapat target dana dari si campaign tersebut, yakni sebesar Rp. 200.000.000, dan di bawahnya lagi kamu dapat melihat presentase dari dana yang sudah terkumpul di campaign tersebut. Disitu terlihat sudah mencapai 77%, dan ada pula deadline dari campaign ini, yakni sekitar 6 hari lagi.

Dibawah statistik dana tersebut, terdapat pula dua tombol yang berwarna merah dan berwarna biru. Yang berwarna merah tersebut terdapat tulisan “Donasi Sekarang” yang tentunya tombol tersebut dikhususkan bagi para pengguna situs KitaBisa.Com untuk dapat mendonasikan dananya kepada si penggelar campaign tersebut (nanti kita akan bahas tentang bagaimana caranya berdonasi).

Kemudian dibawahnya juga terdapat satu tombol yang khusus bagi kamu yang ingin share campaign tersebut kepada para teman kau di sosial media.

Dan hal tersebut tentunya bagus untuk kamu yang memang belum memiliki uang untuk berdonasi, maka melakukan share ke media sosial juga merupakan suatu hal yang sangat bagus.

Nah bagi kamu yang malas buka media sosial, tenang kamu dapat melakukan embed kode terhadap campaign tersebut. Metode ini sangat bagus sekali bagi kamu para blogger atau pemilik suatu website. Apa sih gunannya emang embed kode tersebut? Embed kode tersebut berguna menampilkan sebuah campaign yang di embed kodenya ke website kau.

Jadi nanti blog atau website kamu akan terlihat sebuah campaign yang sebelumnya sudah di embed kodenya. Nah untuk mengcopas atau melakukan copy paste, kamu tinggal klik tombol Salin yag memiliki background berwarna merah tersebut. Maka kode sudah terotomatis ter-copy yang selanjutnya tentu perlu di pastekan di web atau blog kamu.

Oke, kita gulir atau scroll lagi kebawah sedikit untuk melihat apa saja yang ada di tampilan campaign di situs KitaBisa.Com ini.

Review KitaBisa

Pada bagian atas di screenshot tersebut, kamu dapat melihat foto profile dan nama dari si pembuat campaign. Dan disampingnya juga terdapat dari sebuah organisasi atau yayasan (mungkin). Hal ini tentunya menandakan bahwa situs KitaBisa.Com sangat memperhatikan terhadap keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna situs KitaBisa.Com.

Ada juga pada bagian samping, terdapat sebuah teks yang juga terdapat sebuah link, dimana disitu tertulis bahwa apabila kamu mencurigakan campaign tersebu. Kamu bisa melaporkannya lewat link Laporkan tersebut. Nah mari kita coba-coba melihat bagaimana tampilan halaman report tersebut.

Silahkan klik tautan tersebut, tapi sebelumnya perlu saya tekankan bahwa ini hanya sebagai contoh dan percobaan saja, bukan beneran loh ya. Kita hanya menjajal fitur ini, dan tentu kita tidak akan melaporkan campaign ini.

Review KitaBisa

Screenshot atau gambar diatas merupakan sebuah tapilan dari halaman report pada situs KitaBisa.Com. Halaman tersebut sangat sederhana, hanya terdiri dari teks-teks dan juga terdapat text editor di bawahnya. Iext editor tersebut merupakan kolom untuk mengisi atau menulis laporan tentang penyalahgunaan campaign yang ingin kamu laporkan.

Tentunya laporan kamu harus detail serta harus jangan melaporkan hal yang tidak nyata alias palsu. Karena selain hal tersebut dapat mendapatkan dosa, hal tersebut juga kemungkinan besar akan membuat situs KitaBisa.Com mem-banned kamu.

Dan Saya lihat pada text editor di situ lumayan lengkap fiturnya. Terdapat text align kanan, kiri, dan tengah serta rata kanan-kiri, dan juga terdapat fitur-fitur lainnya yang ada pada text editor disitu.

Setelah kamu mengisi formulir tersebut, tentu yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mengirimkannya, yakni dengan cara mengklik tombol Kirim yang terdapat pada bawahnya si text editor tersebut. Kamu scroll ke bawah sedikit maka akan melihat tombolnya.

Baik, sekarang mari kita kembali lagi ke tapilan dari halaman penggalang dana tadi.

Sekarang kita akan melirik sebuah tab yang berisi tiga menu. Yakni Detail, Fundraiser, dan Pesan.

a. Detail

Pada bagian ini tentunya mungkin sudah bisa kamu tebak. Pada bagian detail, kamu akan melihat deskripsi dari si penggalang dana, dan tentunya di dalamnya terdapat dokumentasi foto-foto atau bahkan bisa juga berbentuk video.

Adanya deskripsi ini tentunya mungkin salah satu fungsinya adalah untuk membuat para calon donatur semakin percaya kepada si pendiri campaign sehingga si calon donatur menjadi seorang donatur.

b. Fundraiser

Ada pula menu Fundraiser. Pada menu ini terdapat orang-orang yang melakukan share campaign tersebut dan berhasil mengajak orang-orang untuk berdonasi lewat kamu.

Kamu dapat mengajak orang-orang untuk berdonasi menggunakan beberapa metode. Mungkin ada yang bisa menggunakan metode share ke media sosial, ada juga dengan cara copas short link campaign situs KitaBisa.Com tersebut.

Review KitaBisa

Silahkan kamu klik tombol Copy tersebut yang berwarna background merah, dan dari situ kamu sudah bisa meng-copy link pendek dari campaign yang dimaksud.

c. Pesan

Fitur ini merupakan fitur yang dapat memudahkan kamu untuk mengirim pesan kepada si pemilik campaign atau pemilik penggalang dana tersebut.

Review KitaBisa

Baik, mungkin para teman-teman sekalian ada yang bingung cara mengisi formulirnya. Pada bagian Nama Lengkap, tentunya teman-teman harus mengisi nama lengkap teman-teman semua.

Kemudian pada bagian Email, kamu harus mengisi atau menulis alamat email kamu yang tentunya yang masih aktif. Karena mungkin saja pesan balasan akan dikirim lewat email kamu.

Ada juga bagian Perihal. Pada bagian ini tentunya kamu perlu mengisi tentang masalah apa yang ingin kamu sampaikan, makanya dinamakan perihal.

Dan yang terakhir ada Tulis Pesan Anda. Disini kita perlu menulis pesan yang ingin kita sampaikan kepada si pemilik campaign.

Setelah semua diisi, yang perlu kamu lakukan tentunya adalah dengan mengklik tombol Kirim yang terdapat pada bagian bawah kolom Tulis Pesan Anda tersebut sehingga pesannya nanti akan terkirim, Insya Allah.

Lalu Gimana Caranya Berdonasi?

Baik, sekarang mari kita coba berdonasi.

Sekarang mari kita menuju ke salah satu campaign atau halaman penggalangan dana di situs KitaBisa.Com. Disini saya mencoba memilih campaign yang bernama Aleppo is Burning (https://kitabisa.com/helpsyria).

Disitu terdapat tombol donasi, silahkan kamu klik tombol tersebut.

Situs KitaBisa

Setelah kamu mengklik tombol tersebut, kamu akan diarahkan menuju sebuah halaman yang berisi berbagai kolom isian. Dan tentunya disitu kamu disuruh menulis nominal berapa yang ingin kamu berikan kepada campaign tersebut.

Review KitaBisa

Silahkan kamu tulis nominal yang ingin kamu masukkan disitu. Nah disitu terlihat ada checkbox yang apabila kamu klik checkbox tersebut maka kamu nama kamu akan menjadi anonim. Hal ini juga sangat bagus sekali bagi teman-teman yang ingin berdonasi namun tidak ingin diketahui namanya. Sehingga hal tersebut dapat mencegah terjadinya riya atau ujub (bangga diri).

Dibawahnya apabila temen-temen scroll sedikit maka akan melihat sebuah textarea atau kolom untuk menulis sesuatu. Silahkan temen-temen bisa menulis catatan disitu namun ini sifatnya opsional. Kemudian silahkan kamu klik tombol lanjut yang berwarna background pink/merah tersebut.

Selanjutnya kamu disuruh untuk login atau masuk ke akun situs KitaBisa.Com milik kamu. Atau kamu juga hanya bisa menulis email dan nama lengkap kamu. Serta jangan lupa untuk mengisi nomor HP kamu supaya nantinya kamu akan mendapatkan informasi status donasi kamu.

Dibawahnya akan terlihat berbagai opsi atau pilihan untuk memilih metode pembayarannya. Kamu bisa memilih:

  1. Transfer BCA,
  2. Transfer BNI,
  3. Transfer BNI Syariah (recommended),
  4. Transfer BRI,
  5. Transfer Mandiri

Sementara untuk transfer lewat credit card saya benar-benar tidak merekomendasikannya karena kita tau bersama bahwa kartu kredit memiliki bunga. Sehingga hal tersebut masuk ke dalam kategori riba, dan tentunya riba dilarang dalam Islam.

Kemudian kamu akan diarahkan menuju suatu halaman berupa informasi transfer, yakni misalnya kamu transfer ke rekening bank BCA. Maka sistem di situs KitaBisa akan memberikan informasi rekening BCA secara otomatis, dan tentunya akan dilampirkan informasi transfernya. Seperti nominal, informasi nomor rekening, dan yang lain sebagainya.

Bekerja di situs KitaBisa.Com

Ternyata di situs KitaBisa.Com juga sedang mencari para team loh. Nah bagi kamu yang belum mempunyai pekerjaan, mungkin kamu bisa melamar di situs KitaBisa.Com ini.

Kamu bisa lihat pada halaman Karir di situs KitaBisa.Com, silahkan klik tautan berikut ini: https://kitabisa.com/careers

Nah disitu kamu dapat lihat apa saja posisi yang dibutuhkan, mulai dari Front End Programmer, Tester, Digital Marketing Intern.

a. Font End Programmer

Untuk bagian ini mungkin akan sangat disukai oleh para web designer. Nah untuk posisi yang satu ini dibutuhkan kemampuan berupa pengetahuan tentang teknologi client-side web, contohnya seperti HTML, CSS, dan juga JavaScript/JQuery. Bagi kamu yang bisa membuat desain responsive juga merupakan nilai tambah.

Jadi bagi kamu yang suka “oprek-oprek” bikin sebuah desain website, kamu bisa mencoba untuk melamar pekerjaan di situs KitaBisa.Com ini.

b. Tester

Saya pribadi tidak terlalu tau tentang pekerjaan tester ini, hehe. Namun dari yang baca dari sumber informasi, bahwa pekerjaan tester ini masih ada kaitannya dengan programmer, yakni untuk mencari bug dari code yang dibuat oleh para bagian development.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa cek di link berikut ini: https://kitabisa.com/careers/4/tester

c. Digital Marketing Intern

Tentunya pada bagian ini para calon pekerja di situs KitaBisa.Com (di bagian ini) nantinya kamu bekerja untuk menyusun strategi marketing untuk situs KitaBisa.Com ini. Mungkin seperti itu sih, untuk lebih jelasnya kamu bisa cek link berikut ini: https://kitabisa.com/careers/6/digital-marketing-intern

Terus, berapa gaji yang akan diperoleh? Wah kalau soal itu tentunya saya gak tau, soalnya juga saya lihat di halaman hiringnya si situs KitaBisa.Com tidak ada informasi mengenai gaji.

Ada kemungkinan gajinya akan diatas UKM, atau mungkin tidak. Yang jelas biar lebih jelas, temen-temen semua bisa langsung kontak sama customer service dari situs KitaBisa.Com

Dan Alhamdulilah sekarang kita dimudahkan untuk dapat menghubungi pihak situs KitaBisa.Com secara langsung menggunakan metode live chat. Nah live chat ini dapat kamu gunakan walau kamu tidak login ke akun situs KitaBisa.Com sekalipun.

Tombol live chat ini dapat kamu temukan pada bagian sisi sampaing kanan bawah yang bertuliskan Perlu Bantuan dan memiliki warna tombol berwarna biru. Nah berikut penampakkan dari tombol tersebut.

Review KitaBisa

Dari situ silahkan kamu klik tombol berwarna biru tersebut. Dan coba mulai chat.

Oiya satu lagi, bagi kamu yang menghubungi Customer Service situs KitaBisa.Com pada hari Sabtu dan Minggu, mungkin harus bersabar. Karena kemungkinan besar pada kedua hari tersebut pihak customer service situs KitaBisa.Com tidak online di dua hari tersebut.

Jam kerja atau hari dimana para customer service situs KitaBisa.Com ini online yakni pada hari Senin – Jum’at jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Sehingga tentunya kamu akan bisa menikmati fitur live chat tersebut apabila kamu sedang berada di antara hari Senin atau sampai hari Jum’at dan juga di jam yang sudah saya tulis sebelumnya.

Apa Harapan situs KitaBisa.Com Kedepannya

Baik pada bagian ini kita akan mengetahui tentang harapan dari si situs KitaBisa.Com ini secara kedepannya.

Harapan disini dapat juga kita sebut dengan target. Nah ternyata target atau harapan situs KitaBisa.Com ini adalah menjadi channel nomor satu bagi orang-orang yang ingin bersedekah atau berinfak (berdonasi) dan juga untuk menggalang dana untuk sebuah atau lebih kabaikan.

Tentu hal ini sangat bagus sekali, jadi Indonesia gak kalah sama luar negeri yang juga memiliki sebuah website yang memiliki fungsi yang sama yaitu website penggalangan dana dan donasi.

Saya juga berharap banyak kaum Muslimin yang memanfaatkan fasilitas ini untuk membantu agama Allah. Mungkin dengan membuat madrasah, masjid, atau bisa juga pesantren.

Saya Ingin Main ke situs KitaBisa.Com, Mana ya Alamatnya?

Bagi temen-temen sekalian yang ingin main atau bertamu ke situs KitaBisa.Com, tentunya mungkin bisa, nah alamat kantor situs KitaBisa.Com ini adalah sebagai berikut:

Jl. Ciputat Raya no. 27D
Pondok Pinang, Kebayoran Lama
Jakarta Selatan 12310

Alamat diatas saya dapatkan dari situs resminya situs KitaBisa.Com tentunya, tepatnya pada bagian footer pada website situs KitaBisa.Com.

Nah ada pula bagi teman-teman sekalian yang ingin berkomunikasi dengan salah satu customer service di situs KitaBisa.Com, bisa melalui beberapa metode, salah satu metodenya adalah tadi seperti yang saya sebutkan diatas, yakni dengan melalui layanan live chat. Atau bisa juga ke beberapa nomor berikut:

  1. 082817081665
  2. 021 750 9468
  3. 085280587434

Silahkan kamu bisa menghubungi pihak situs KitaBisa.Com lewat salah satu dari tiga nomor diatas. Dan nomor atau informasi diatas saya dapatkan dari situs resmi di situs KitaBisa.Com, yakni pada bagian footer situs KitaBisa.Com tersebut.

Penutup

Jadi bagaimana menurut kamu tentang website situs KitaBisa.Com ini? Menurut saya dengan adanya website dan layanan sepert ini sangat membantu kita untuk menjadi lebih baik lagi di kedepannya. Bagaimana tidak, kita dimudahkan untuk bersedekah serta berinfak di jalan Allah. Bayangkan dulu kita tidak ada fasilitas ATM sehingga kita mungkin harus berjalan jauh dari rumah menuju tempat untuk bersedekah.

Namun sekarang dengan mudahnya, yakni kita tinggal klik ini dan klik itu, maka kita pun sudah bersedekah dengan sangat mudahnya. Sehingga hal tersebut diharapkan dapat membuat kita menjadi semakin semangat untuk membantu agama Allah serta membantu memberantas kemiskinan di tanah air kita ini.

Harapan saya kepada situs KitaBisa.Com ini adalah terus maju, dan jangan patah semangat untuk memberikan berbagai macam layanan yang baik untuk ummat. Bukan hanya layanan yang baik, namun juga layanan yang syar’i untuk membuat negeri ini menjadi makmur. Sehingga membuat negeri ini menjadi bahagia, serta memiliki generasi bangsa yang baik.

Oke, sekian artikel ini saya sampaikan, semoga artikel review situs KitaBisa ini dapat membuat teman-teman terteguh hatinya danmulai menyumbangkan hartanya lewat situs KitaBisa.Com ini.

Dan juga bagi teman-teman yang melihat ada masjid, pesantren, atau sekolah yang butuh pendanaan, maka temen-temen bisa menggalang dana di situs KitaBisa.Com.

Baca juga : Review Sebangsa: Sosial Media Asli Buatan Indonesia!

Baik, terima kasih artikel ini saya sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Sekian dan terima kasih, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Loading...