Dunia Internet

Sejarah Yahoo Hingga Dibeli oleh Verizon yang Dapat Kita Jadikan Pelajaran

Halo sobat klikmania, kita semua tahu bahwa sejarah Yahoo dari mulai berdiri hingga saat ini sangat panjang. Penuh lika liku dari puncak kesuksesan hingga saat ini yang sudah dimiliki oleh perusahaan lain. Memang segala sesuatu itu sulit untuk tetap bertahan, karena faktor persaingan dan juga faktor internal yang memang sangat sulit untuk dikalahkan. Sehingga kita butuh sesuatu yang lebih apabila ingin tetap berada dihati masyarakat.

Yahoo sebagai perusahaan internet yang booming waktu tahun 2000an, sebelum google terkenal memang sebuah perusahaan di bidang teknolgi yang kala itu sangat pesat sekali pertumbuhannya. Hal itu karena selain masih sedikit saingan, tentunya dalam pengelolaan masih mudah. Dibandingkan sekarang yang mana inovasi dalam suatu peusahaan sangat penting untuk diterapkan. Karena apabila kalah dalalm hal inovasi maka akan kalah dari yang lain.

Saat ini perkembangan di dunia informasi dan komuikasi daring / di internet memang sangat menarik untuk kita simak, karena mereka selalu bersaing dan bersaing mengejar banyak keuntungan. Hal inilah yang kadang membuat banyak start up maupun perusahaan yang sudah terkenal untuk diakuisisi oleh mereka para perusahaan raksasa yang begitu banyak uang. Mereka berani membayar mahal walaupun itu masih start up, hal itu karena ada potensi tersendiri disitu.

Memang sekarang akui mengakuisisi sangat sering kita dengar, seperti facebook yang dulu mengakuisisi whatsapp dalam jumlah yang sangat fantastis. Ada lagi google yang merupakan perusahaan dengan paling sering mengakuisisi berbagai perusahaan lain. Dan sekarang ini kita baru aja mendengar bahwa verizon sudah mengakuisisi perusahaan yang terkenal dengan layanan emailnya yaitu Yahoo mail.

Yahoo merupakan perusahaan yang memilik markas utama di Sunnyvale kota California. Yahoo dibeli oleh verizon secara keseluruhan dengan saham dan lainnya secara langsung seharga $US 4,8 atau setara dengan 63 triliun Rupiah. Nah untuk mengetahui sejarah Yahoo dari berdrinya hingga dibeli oleh verizon, silakan simak pembahasannya dibawah ini.

1. Sejarah Yahoo

sejarah yahoo

Yahoo pertama mulai berdiri pada tahun 1994 oleh dua orang lulusan universitas Stanford yaitu Jerry Yang dan satunya lagi yaitu David Filo. Yang pertama kali membuat mesin pencari dengan membuat suatu indeks dari mengcrawl berbagai situs diseluruh dunia.

Hal ini mungkin banyak orang tahu saat ini bahwa dulunya sebenarnya google itu 4 tahun lebih muda dari Yahoo. Karena google terus berkembang dengan berbagai inovasi yang tinggi, maka google pun bisa melebihi google dalam bentuk menampilkan di hasil pencariannya. Hingga saat ini saat orang ingin mengatakan sesuatu, kebanyakan mereka mengatakannya pasti cari aja di google, bukan di Yahoo.

Loading...

Namun saat itu mereka belum terlalu sempurna sehingga butuh banyak sekali bantuan dari seseorang untuk menyempurnakan Yahoo waktu itu.

2. Mulai dikenal masyarakat

Lalu setelah mereka sempurna, pada bulan April tahun 1996 mereka go public. Dengan saham pertamanya, di Bursa Nasdaq senilai 24 dollar perlembarnya ke publik. Memang saat itu pernah naik turun mulai dari 43 dollar dan turun lagi hingga 33 dollar. Segala sesuatu itu perlu dikenal oleh masyarakat luas, sehingga produk-produk yang kita buat ini bisa digunakan oleh mereka.

3. Puncak kesuksesan

Ini adalah sejarah Yahoo yang paling menyenangkan. Enam tahun dari berdirinya Yahoo atau tepatnya pada tanggal 3 januari pada tahun 2000, dalam sejarah Yahoo memegang rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah.

Harga per lembar pada saat itu diantaranya yaitu 475 dollar amerika per lembarnya. Itu adalah jumlah yang sangat besar, sehingga setiap perusahaan besar pun ingin memiliki sahamnya tersebut.

Segala sesuatu memang gak seperti yang dibayangkan, termasuk kesuksesan ini juga. Sejarah Yahoo mencatat bahwa ini tidak bertahan lama, dalam beberapa hari saham turun dengan nilai cuma 8 dollar Amerika saja. Penurunan yang sangat drastis bukan?

Hal itu disebabkan karena mereka memiliki masalah dengan kondisi ditempat mereka. Seperti adanya terorisme dan juga ada masalah pada jatuhnya situs bubble.com yang menjadikan harga saham terjun bebas.

4. Mengakuisisi flickr

Tak hanya google saja yang seringkali memiliki hobi untuk mengakuisisi, tapi dalam sejarah Yahoo pun pernah mengakuisisi filckr pada tanggal 20 Maret pada tahun 2005 secara utuh. Dengan harga yang dimungkinkan adalah senilai 50 juta dollar amerika.

Saat itu flickr sudah mulai ada perkembangan yang sangat drastis, sehingga hal ini membuat Yahoo sangat tertarik untuk mengakuisisinya. Flickr saat itu sudah mempunyai pengguna 100 juta lebih dan saat itu sedang sangat ngetrend.

Flickr ini merupakan tempat hosting sekaligus sebagai layanan berbagi foto dan video. Kalau sekarang yang ngetrend instagram, nah inilah yag disesalkan Yahoo. Kenapa dulu tidak membeli instagram saja saat sedang ada di puncak kejayaannya, sehingga kalau saja mereka mengakuisisi instagram, pasti sekarang mereka tidak bangkrut.

Perusahaan yang didirikan oleh ludicorp ini dulu pada tahun 2004 memang sedang naik daun, dan itulah alasan mengapa Yahoo mengakusisi itu.

5. Menolak dibeli microsoft

Pada tahun 2008 Yahoo masih berdiri gagah, google mungkin masih bersanding ataupun masih dbawahnya. Sehingga mereka menolak untuk di akuisisi oleh microsoft dengan harga sekitar 44 milyar dollar lebih, hal ini tentunya menjadi kenangan bagi Yahoo kenapa dulu tidak menjualnya saja.

Tepatnya pada bulan Februari 2008, tawaran itu ditolak karena mereka berkeyakinan masih bisa menjalankan roda perusahaan dengan baik. Namun takdir berkata lain, 8 tahun kemudian Yahoo cuma terjual seharga 4 millyaar saja. Inilah pelajaran yang dapat kita jadikan contoh saat kita memiliki bisnis.

6. Akusisi oleh verizon

Sejarah Yahoo yang terakhir adalah akuisi oleh verizon pada bulan Juli 2016 kemarin. Tepatnya pada tanggal 25 juli 2016 lalu Yahoo diakuisisi oleh verizon seharga 4,83 milyar dolar amerika.

Kepemimpinan Yahoo memang labil, inilah yang menjadikan mereka sulit bertahan dari segala perubahan zaman. Para CEO kurang bisa menjalankan roda perusahaan Yahoo dengan maksimal sehingga seringkaali terjadi pergantian CEO atau presiden direktur.

Sebelum dibeli oleh verizon, kepemimipinanya diambil alih oleh Marissa Mayer yang sebelumnya pernah bekerja di google sebagai Vice President. Dan kabarnya pun ia tetap menjadi CEO walaupun sejarah Yahoo sudah ditangan perusahaan lain.

Kita bisa mengambill banyak pelajaran dari sini, karena perusahaan segede Yahoo saja bisa goyang dan tumbang, apalagi kita yang memiliki perusahaan yang masih kecil.

Referensi lain : Tips Mengembangkan Karier dalam Pekerjaan

Penyebab utama mereka tumbang adalah kurang pandai dalam memanfaatkan peluang, inovasi dan juga kepemimpinan yang buruk. Sehingga mereka pun akhirnya menyerah ditengah jalan saat harus berhadapan dengan banyak pesaingnya.

Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semuanya. Terima kasih atas kunjungan Anda di blog ini, sampai jumpa di pembahasan selajutnya…



Loading...

Baca selengkapnya

Blogedewek

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *