Nokia Communicator series

Seri Nokia Communicator dan Fakta Menariknya yang Perlu Kamu Tahu

Nokia Communicator – Seperti yang kita tahu, saat ini perangkat seluler yang bisa dibilang paling canggih adalah, ponsel yang mengusung sistem operasi Android dan IOS. Karena, banyak fitur canggih yang bisa kita dapatkan dari dua operasi sistem tersebut.

Baca : Transformasi Perkembangan OS Android dari Masa ke Masa Hingga Sekarang

Tapi sebelum munculnya kedua sistem operasi tersebut, ada sebuah sistem operasi yang bisa dibilang cukup canggih pada masa nya. Sistem itu bernama Symbian.

Mengingat nama Symbian, tentu didalam pikiran kita pasti muncul nama Nokia, kan? Karena memang, hanya Nokia lah yang terkenal menggunakan sistem operasi tersebut.

Padahal, Samsung maupun Sony Ericson juga pernah menggunakan sistem operasi itu.

Bila dibandingkan dengan Android maupun IOS, tentu Symbian bukanlah apa-apa. Namun, pada masa kejayaannya, Symbian dapat kita akui kehebatannya.

Oleh sebabnya, sistem ini pernah membuat salah satu ponsel legenda memiliki harga yang fantastis.

Tentu ini bukan soal sistem operasinya saja. Pasalnya, ponsel ini juga memiliki banyak fitur canggih yang ditawarkan. Nama ponsel ini adalah Nokia Communicator.

Loading...

Fakta tentang Nokia Communicator

Nokia Cominicator 9000
Nokia Communicator 9000, Wikimedia.org

Nokia Communicator merupakan serangkaian nama merek yang di tawarkan oleh Nokia Corporation. Rilis pada tahun 1996 dengan nama seri Nokia 9000 Communicator, mengusung sistem operasi PEN / GEOS 3.0, dengan prosesor Intel 80386EX 24 MHz.

Ponsel ini memang bisa dibilang ponsel yang paling canggih dimasa nya. Karena hanya orang-orang tajir saja yang bisa memiliki ponsel ini, walaupun belum menggunakan sistem operasi Symbian.

Selang dua tahun (1998), Nokia kembali meluncurkan seri kelanjutannya, yang diberi nama Nokia 9110 Communicator, dengan menggunakan sistem operasi yang sama, namun prosesor yang berbeda.

Pada seri ini, Nokia 9110 dibekali prosesor AMD Elan SC450 486, 33 MHz.

Nah, barulah pada sekitar tahun 2000 Nokia mulai mempertimbangkan untuk menaruh sistem operasi Symbian pada seri kelanjutan Communicator nya, yaitu pada Nokia 9210 Communicator.

Symbian yang digunakan pada waktu itu adalah Symbian OS versi 6.0, dengan prosesor ARM920T 52 MHz.

Nokia Communicator 9210
Nokia Comunicator 9210, Wikimedia.org

Tak berhenti sampai disitu saja! Karena melihat antusias masyakarat yang positif mengenai ponsel ini, Nokia pun terus mengembangkan seri Communicator nya agar menjadi lebih baik lagi.

Dan pada tahun 2004, muncullah Nokia 9500 Communicator, menggunakan Symbian OS versi 7.0s, disokong prosesor Instrumen Texas OMAP 1510, 150 MHz,.

Dengan peluncuran Nokia 9500 Communicator, membuat seri ini semakin canggih di kelasnya., dan tentu saja, orang yang memilikinya semakin terlihat berwibawa.

Nokia E90 Communicator

Kemudian yang mungkin menjadi yang paling canggih untuk seri ini adalah Nokia E90 Communicator, yang rilis pada tahun 2007.

Nokia E90 Communicator
Nokia E90 Communicator, Wikimedia.org

Ponsel ini menaruh Symbian OS versi 9.2, dibalut Texas Instruments OMAP 2420, 332 MHz. Membuat ponsel ini semakin elegan saat digenggaman.

Sebenarnya, ada lagi seri Communicator lainnya. Namun pihak Nokia tidak menaruh nama Communicator pada perangkat-perangkat tersebut.

Yaitu Nokia 9300 dan 9300i yang menjalankan Symbian versi 7.0 yang sangat mirip dengan Nokia 9500. Namun tidak dipasarkan dengan nama Communicator oleh Nokia.

Demikian juga, Nokia E7 yang menjalankan Symbian ^ 3 pada tahun 2011, yang juga mirip dengan seri Communicator. Tetapi tidak dipasarkan dengan menggunakan nama Communicator.

Itulah seri Nokia Communicator yang melegenda pada masanya. Diketahui juga bahwa seri ponsel ini pernah dijual hingga harga 9 juta, tepatnya pada seri E90.

Bila dilihat dari kepopulerannya pada masa nya, tentu itu adalah harga yang wajar. Terlebih digadang-gadang, ponsel ini merupakan cikal-bakal nya terlahir smartphone. Bagaimana tidak?

Ponsel yang diluncurkan pada tahun 2007 silam ini, sudah mengusung spesifikasi yang cukup canggih. Seperti kamera beresolusi 3,15 mp dan LED flash, serta baterai sebesar 1.500 mAh.

Selain itu, kecanggihan lainnya dari ponsel ini adalah sudah tersedia GPS maupun maps. Yang mana pada waktu itu, GPS tidak mudah kita temukan pada perangkat lainnya.

Ditambah ponsel ini disebut-sebut hasil dari kolaborasi Silent Circle dengan Geeksphone. Yang mana diklaim bahwa ponsel ini anti-sadap dan bisa langsung terhubung dengan satelit.

Dengan kata lain, ponsel ini mengutamakan privasi dan keamanan bagi penggunanya.

Gimana? Cukup menarik kan, bila kita flashback dengan ponsel legenda ini?

Baca juga3 Smartphone Terbaru Nokia, Harganya Murah Ramah Di Kantong

Ya walaupun sekarang nama Nokia sudah seperti asing ditelinga kita, tapi pada kenyataannya, Nokia lah yang paling banyak memberi kenangan untuk para pengguna ponsel, terutama saya.

Tulis pendapat kamu di kolom komentar, ya!



Loading...

Bagikan

Ahaerudin13

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *