Kisah Inspiratif

Belajar Sukses dari Setia Furqon Kholid, Motivator Termuda di Asia Tenggara

Setia Furqon Kholid, siapa yang tak mengenal nama ini ? Nama yang begitu sangat indah diucapkan, begitu memberi motivasi saat dikenang, dan begitu memberi banyak hikmah, saat benar-benar mengenalnya.

Setia Furqon Kholid, merupakan salah satu motivator terbaik asal Indonesia. Lahir di Pandeglang, Banten, pada tanggal 30 Maret 1988. Merupakan anak kedua dari lima bersaudara, dari pasangan Setiawan Irianto,S.Pd dan Siti Sa’adiah.

Memulai karier nya sejak masih berusia 18 tahun, sehingga sampai dinobatkan sebagai Inspiring Motivator Termuda se Asia Tenggara, Versi Harian Umum Pikiran Rakyat.

Tak ayal pada tahun 2010. dirinya menerima penghargaan, Award Nasional “Lelaki Sejati Pengobar Inspirasi.”

Setia Furqon Kholid
Image from http://setiafurqon.com

Selain memiliki berbagai prestasi tersebut, pria yang selalu mendapat juara kelas saat sekolah ini, merupakan penerima beasiswa Putra Sampoerna Foundation, mahasiswa Berprestasi 2008 UPI, Nominator Danamon Award 2010, dan Fianlis Wirausaha Muda Mandiri 2010.

Selain sebagai motivator dan penulis buku best seller ternama, Setia Furqon Kholid, juga merupakan salah satu pengusaha sukses. Hal ini terbukti, dengan dirinya memiliki banyak usaha.

Ia merupakan Direktur utama Setia Training Centre Indonesia,  Owner Rumah Karya Publishing,  Owner Setianet (Cyber Edu Cafe),  Owner Setia Tours and Travel, dan lainnya.

Untuk mendapatkan semua kesuksesannya itu, Setia Furqon Kholid tidak mendapatkannya dengan instant. Apalagi pemberian orangtua, atau orang lain.

Loading...

Kemandiriannya bahkan telah membuatnya berupaya sekuat tenaga, untuk benar-benar bisa hidup mandiri, termasuk dalam hal biaya pendidikannya sekalipun.

Dirinya senantiasa berupaya untuk tidak terus membebani orangtua, bahkan sekuat tenaga ia berusaha untuk bisa membantu mereka.

Setia Furqon Kholid bukan berasal dari anak orang kaya, bahkan ia  pernah bercerita, jika semasa kuliah ia tidak mau diantarkan ayahnya sampai ke kampusnya.

Hal ini bukan karena motor tua yang digunakan ayahnya, lebih dari itu ia ingin menjunjung tinggi harga diri ayahnya. Dirinya tak mau menganggap orangtua nya sebagai ojek.

Berapa banyak mahasiswa di kampusnya yang menggunakan motor bahkan mobil mewah, namun Setia Furqon Kholid adalah seorang anak sederhana seperti kita.

Tanpa memiliki kendaraan roda empat. bahkan roda dua sekalipun.  Ada banyak hal yang bisa kita pelajari, dari proses kesuksesan nya. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Religius dan Sangat Dekat Dengan Orangtua

Motivator termuda se Asia Tenggara

Setia Furqon Kholid, merupakan salah satu motivator yang sangat religius. Selain sebagai hafidz Qur’an, dirinya pun begitu menjunjung tinggi akhlaqul kharimah.

Kang Furqon begitulah biasanya orang memanggilnya, merupakan salah satu anak yang juga sangat berbakti terhadap orangtuanya. Bahkan karena kepribadian baiknya inilah, ia akhirnya dipermudah Allah dalam meraih kesuksesan nya.

Keyakinan nya yang begitu tinggi terhadap do’a dan restu orang tua, telah membuatnya merasakan menjadi manusia kaya, yang penuh dengan karya dan manfaat.

Kekuatan do’a dan ridho orang tua

Pernah suatu ketika kang Furqon bertanya pada ibunya, yang lebih akrab ia panggil umi. “Umi, mau hadiah apa dari aa?” Ibunya saat itu menjawab : “Umi gak mau apa-apa, hanya ingin berhaji ke Mekkah.”

Dengan kerja keras, berani bermimpi, dan ridho orangtua tentunya, akhirnya beberapa tahun setelah itu, kang Furqon bisa berangkat haji bersama kedua orang tuanya.

Besarnya kekuatan do’a dan ridho orang tua ini juga telah dibuktikan kang Furqon, dimana berkat semua itu dirinya mampu membeli sebuah mobil, meski statusnya masih sebagai mahasiswa.

Ceritanya dulu kang Furqon menyewa sebuah mobil, untuk berkunjung ke kampung kelahirannya. Mobil yang mereka sewa terasa sesak, karena harus membawa keluarganya yang cukup banyak.

Hingga akhirnya ibunya berucap saat itu “Tahun depan, Insya Allah anak-anak Umi harus bisa nyetir dan punya mobil sendiri ya.”

Bukan hanya mengaminkan do’a tersebut, kang Furqon benar-benar berusaa merealisasikan, do’a dan harapan ibunda nya itu.

Langkah awal untuk merealissikan harapan orangtua nya tersebut, kang Furqon pun mengikuti kursus setir mobil, di suatu lembaga pelatihan kursus. Bahkan setelah itu meski belum lancar betul, dirinya memperkuat niatnya dengan membuat SIM A.

Tepat 4 tahun setelah mendapat SIM A (Surat Izin Mengemudi, untuk mobil), Kang Furqon akhirnya bisa membeli Toyota Avanza baru, padahal saat itu dirinya masih berstatus sebagai mahasiswa semester akhir.

Hingga akhirnya, saat dirinya di wisuda S1, Kang Furqon benar-benar bisa mewujudkan harapan ibunya. Dirinya membawa ibu dan semua anggota keluarga, dengan mobil Avanza nya untuk menghadiri acara wisuda nya.

Mobil Avanza tersebut pulalah, yang akhirnya merupakan cikal bakal kang Furqon mendirikan Setia Tours and Travel . Karena dua tahun setelah pembelian mobil pertama itu, akhirnya ia mampu membeli mobil-mobil berikutnya.

Berfikir kreatif

Menurut kang Furqon untuk menjadi pengusaha yang sukses, harus berfikir kreatif untuk terus menghasilkan.Jika kita memiliki barang yang hanya menjadi beban, maka harus bisa merubah nya menjadi investasi.

Kedekatan dan do’a orang tua sangat berpengaruh besar bagi kesuksesan Kang Furqon, dan siapa saja yang ingin sukses tentunya.

Berkat do’a dan kedekatan tersebut, selain mobil,  kang Furqon pun bisa memiliki rumah sebelum menikah, bahkan memiliki modal yang cukup untuk menikah di usia 23 tahun.

Tepatnya pada hari Sabtu 11 Juni 2011, Kang Furqon telah resmi menjadi suami dari Teh Ina Agustina.

2. Dermawan dan Peduli Sesama

Motivator termuda se Asia Tenggara

Selain religus dirinya pun sangat dermawan. Hal ini terbukti dalam setiap seminar nya ia senantiasa berbagi dengan peserta.

Penulis merupakan salah satu orang, yang pernah diberikan langsung sebuah buku karya nya dari tangannya sendiri, plus pelukan hangat darinya yang takan pernah penulis lupakan.

Ada rasa sayang yang begitu tinggi penulis rasakan untuk dirinya, inilah sebuah ikatan hati yang menyatu buah keimanan dari Tuhan.

Bahkan saking besar nya keimanan dan rasa sosial nya, rumah miliki kang Furqon yang berada di daerah Parakan Muncang pun, dibuat dengan konsep rumah pelatihan, pengajian dan pemberdayaan masyarakat.

Rumah nya juga ia gunakan sebagai madrasah untuk anak-anak sekitar mengaji setiap hari nya.

Bahkan tepat pada April 2012 lalu, dirinya juga membangun masjid Al-Furqon dengan uang pribadinya, dimana masjid tersebut juga dibangun diatas tanahnya, yang berada disebelah atas rumahnya.

Tidak Mengenal Putus Asa dan Pesimis

Seti Furqon Kholid merupakan orang yang tak mudah putus asa. Bahkan dirinya yang terbiasa peringkat satu dalam prestasi sekolahnya.

Namun, saat awal semester pertama di SMA harus menjadi peringkat 9. Hal itu tak membuat dirinya pesimis sama sekali.

Bahkan dirinya, berusaha mengalahkan prestasi 8 orang yang ada diatas nya. Ia mencatat semua nama-nama temannya itu, memperhatikan dengan seksama cara  belajar nya, hingga akhirnya kedelapan orang tersebut pun bisa ia kalahkan.

Bukti lain dirinya bukan orang yang pesimis dapat dilihat dari berbagai hal, satu diantaranya saat ia mendirikan Setianet.

Kang Furqon mengaku, jika saat kuliah pernah mendatkan nilai D pada mata kuliah Jaringan Komputer. Namun nyatanya, nilai tersebut tak membuat dirinya ragu dalam mendirikan Setia Net.

Penuh Semangat dan Selalu Berpikiran Positive

Saat ingin menjadi motivator dan training, kang Furqon terus berusaha memacu semangatnya untuk giat belajar dan berlatih.

Tak ayal selain ratusan audio motivasi yang ia dengarkan, ratusan buku yang ia baca, ia pun senantiasa mengasah kemampuannya di alam nyata.

Dirinya tak sungkan untuk menjadi MC, moderator, mengisi ceramah, dan mengisi khutbah Jum’at dalam setiap kesempatan.

Hingga akhirnya setelah itu dirinya menjadi trainer yang cakupan awalnya hanya pada tingkat SMP dan SMP se Bandung Raya.

Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya bahkan sampai tingkat mahasiswa dan beberapa instansi pun sering mengundang nya.

Untuk mengasah kemampuannya, meski dengan bayaran tak seberapa dirinya pun mau menjadi asisten salah satu trainer. Bahkan bayaran tak seberapa ini pernah ia rasakan saat mengisi training di suatu instansi.

Dimana saat itu bensin motornya benar-benar mau habis, namun ketika hendak pulang bayarannya justru adalah parcel buah.

Akhirnya kang Furqon harus mendorong motornya karena tidak ada bensin. Sebuah proses kesuksesan yang hanya bisa di raih oleh orang yang melihat segala sesuatunya dengan pikiran positif tentunya.

Berkat kegigihan, semangat, optimis, dan selalu berpikiran positif , akhirnya pada tahun 2009 karier kang Furqon pun melejit dengan pesat.

Tepatnya pada bulan Agustus 2009, Kang Furqon berhasil melaunching buku “Jangan Kuliah! Kalau Gak Sukses.”

Buku tersebut pada tahun 2012 pun sudah mampu 7 kali naik ke percetakan, dan lebih dari 35.000 eksemplar terjual. Hingga akhirnya setelah itu, training nya pun terus meningkat jadwalnya hingga hampir ke semua daerah di Indonesia.

Setia Furqon Kholid, tak pernah menyangka jika dirinya bisa naik pesawat dan traveling keliling Indonesia.

Namun berkat pertolongan Allah, akhirnya kini lebih dari 4 kali rata-rata, setiap bulannya ia pulang pergi dengan pesawat untuk menjalankan tugasnya sebagai trainer dan motivator.

Tak Mengenal Kata Puas dalam Berkarya dan Beramal

Setia Furqon Kholid
Image from http://setiafurqon.com

Khairunnas anfa’uhum linnas (Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain), nampaknya hadits tersebut sangat cocok untuk menggambarkan karakter kang Furqon.

Meski sudah banyak kesuksesan yang ia raih di usia belia nya, nampak nya ia tak pernah puas, untuk terus berkarya agar mempermudah dan memperbanyak ibadah dan memberikan kemanfaatan untuk umat.

Bahkan untuk bisa mencetak trainer yang sukses seperti dirinya, sejak tahun 2010 kang Furqon sudah mendirikan Indonesia Motivator Institute.

Konsep yang sangat terkenal dari dirinya adalah konsep SETIA, yaitu Spiritual Power, Emotional Power, True Financial Power, Intelektual Power, serta Action Power.

Kang Furkon, telah melebarkan sayap bisnisnya, dengan mendirikan Setia Corporation yang melingkupi berbagai bidang usaha, seperti bidang pendidikan, warnet, properti, travel, dan multimedia.

Sementara untuk kemaslahatan umat, kang Furkon juga mendirikan Setia Foundation, yang bergerak di bidang pengembangan kemandirian generasi muda, comunity development, pesantren dan lain-lain.

Rahasia Sukses dari Setia Furqon Kholid

Mengingat kang Furqon selain sangat bangga, juga membuat diri sendiri malu. Hal ini dikarenakan di usia yang sangat muda tersebut kang Furqon sudah mampu menorehakn banyak kesuksesan dan prestasi.

Namun sepertinya sangat tidak bijak kalau kita terus terhanyut dengan penyesalan karena tidak memanfaatkan masa muda dengan sebaik-baiknya.

Akan lebih baik jika kita meniru berbagai hal dari kang Furqon, agar kita bisa menoreh kan juga kesuksesan dialam fana dan Akhirat yang kekal nanti.

Berikut ini rahasia untuk meraih kesuksesan menurut kang Furqon
  1. Bermimpi
  2. Menuliskan semua mimpi untuk menjadi target dalam hidup
  3. Berdo’a dan melakukan percepatan dengan sedekah dan do’a dari orang tua. Dalam beberapa kesempatan, kang Furqon mengaku selalu menyengajakan diri untuk sedekah lebih besar dari biasanya. Jangan hanya sekedarnya. Tentu saja disamping sedekah rutin setelah sholat shubuh.
  4. Berusaha mencari jalannya
  5. Belajar dari yang ahli, atau senior usaha dan bisnis kita
  6. Niat yang mulia
  7. Ikhtiar lahir. Kita harus berusaha sekuat tenaga untuk mencari rizki yang halal dan berkah. Tidak mengambil hak orang lain, dan menjadi pribadi yang senantiasa jujur.
  8. Biasakan menabung

Jika sobat ingin  mengadakan acara training luar biasa dengan kang Furqon, sobat bisa menghubungi nya melalui :

HP : 085220412243
www.setiafurqon.com
www.setiatraining.com
Halaman Facebook : Setia Furqon Kholid
Halaman Facebook : Muda Karya Raya
Sumber : Kholid Setia Furqon. 2012, Muda Karya Raya, Bandung : Rumah Karya Publishing

Semoga berguna buat sobat yang membutuhkan

Salam Kepedulian

Detatang – Kamal



Loading...

Baca selengkapnya

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *