Tutorial Blog

Panduan Lengkap : Cara Setting Plugin Yoast WordPress SEO Untuk Blog Baru

Siapa yang tak kenal dengan WordPress SEO plugins by Yoast, tercatat lebih dari 1 juta penguna aktif yang sudah menggunakan plugin ini. Selain versi gratis kita juga bisa membeli versi premium (berbayar) yang di bandrol dengan harga 89 Dolar, harga yang cukup murah di bandingkan dengan fungsi dan kegunaannya. Bagi pengguna yang masih awam dengan plugin ini, saya akan membahas tentang cara setting plugin yoast agar maksimal, khususnya untuk blog baru.

Sebelumnya saya masih sempat ragu untuk menulis artikel ini, sebab saya belum bisa melaporkan analisa secara keseluruhan setting plugin yoast sebelum ada hasilnya secara nyata. Nah, karena hasil dari pengaturan plugin yoast ini bekerja dengan memuaskan, sekarang saatnya untuk berbagi bersama anda. Ada bagian bagian penting untuk melakukan tahap ini, jadi saya harap simak secara baik baik.

Baiklah langsung saja to the point, setelah mengunduh plugin tersebut kita bisa mengaktifkannya melalui dashboar wordPress. untuk selanjutnya kita ikuti tahap demi tahap seting plugin yoast ini sampai selesai, butuh kira kira waktu 5 menit saja asalkan kita berkonsentrasi.

General Settings – Yoast SEO

cara setting plugin yoast
General setting yoast plugin

Pada bagian general, kita bisa mengisi bagian terpenting dalam kolom ini pada webmaster tools. Masukkan kode verifikasi dari alexa. bing webmaster tool dan google search console pada masing masing kotak, pada bagian security silahkan checklist Disable the Advanced part of the Yoast SEO meta box. Setelah selesai kita bisa menekan tombol ” Save Changes” untuk melakukan perubahan.

Titles & Metas – Yoast SEO

setting Titles & Metas
Setting Titles & Metas yoast plugin

Homepage

Untuk kolom ini penting sekali, ini adalah home page blog anda yang akan muncul di halaman google ketika orang mengetikkan nama blog anda di kotak pencarian google. Setting yoast plugin bagian ini yang nantinya memunculkan sitelink blog anda, termasuk diskripsi blog di bawahnya. Penampakannya bisa kita lihat seperti gambar di bawah ini.

setting yoast plugin
Homepage dan diskripsi blog yang muncul di halaman google
  • Pada kolom title template : Tulis nama blog anda dan title nya
  • Pada kolom meta discription template : Isi dengan diskripsi singkat blog anda (max 156 huruf)

Post types

setting yoast plugin
Setting post types

Pada bagian ini pangkas semua dan hanya menjadi title. Silahkan checklist “Date in snippet preview”, saya tidak menerapkan ini karena tanggal posting saya sembunyikan, termasuk di pencarian halaman google. Setelah selesai kita bisa simpan (Save changes) untuk melakukan perubahan.

Taxonomies

setting plugins yoast
Setting Taxonomies

Pada bagian ini checklist pada noindex, follow pada semua bagian sampai ke bawah. Setelah selesai tekan Save changes untuk melakukan perubahan.

Archives

setting yoast plugin
Setting archives

Pada kolom Archives, centang seperti gambar di atas dan simpan

Other

setting plugin yoast
setting other

Pada bagian other, checklist pada kotak sesuai pada gambar di atas.

Social – Yoast SEO

Selanjutnya masuk setting plugin yoast bagian social, di kolom ini anda harus menyiapkan URL pelengkap dari daftar media sosial yang anda miliki, seperti gambar di bawah ini.

setting plugin yoast
setting social media plugin yoast

Silahkan di isi sesuai dengan daftar social media yang anda miliki, kalau blog saya hanya punya Gplus sama Youtube saja.

XML Sitemaps – Yoast SEO

setting plugin yoast
Setting xml sitemap yoast plugin

Pada bagian ini, checklist kota “Check this box to enable sitemap functionality”. dengan begitu akan membuat sitemap berdasarkan setingan default dari yoast plugin. Jika untuk memasangnya di halaman google webmaster, kita tinggal klik XML sitemap pada kotak di atas. Copy URL sitemapnya dan pasang di google webmaster.

Baca :Memperbaiki Sitemap Error 404 Plugin Yoast SEO WordPress Tanpa instal ulang

Advanced – Yoast SEO

Pada kolom advanced terdapat pengaturan breadcrumbs, permalink dan RSS. Saya menggunakan pengaturan dari dashboard wordpress, yaitu pengaturan default. Jadi saya tidak merubah setting apapun dikolom ini.

Tools – Yoast SEO

Di bagian ini biarkan saja dan lewati.

Search Console – Yoast SEO

setting plugins yoast
Search Console setting

Di kolom ini adalah untuk Melihat dan mengelola data Search Console untuk situs terverifikasi Anda. Tekan pada get google Authorization Code. Setelah kode di dapatkan masukkan ke kolom di bawahnya dan tekan Authenticate.

Nah akhirnya selesai sudah setting plugin yoast wordpress SEO untuk blog baru anda, ini adalah setting yang sama persis diterapkan pada blog saya. jadi saya sendiri sudah ujicoba pengaturan plugin yoast ini kurang lebih 1 bulan. Dan bisa anda lihat, anda mungkin menemukan artikel ini dari hasil pencarian search engine.

Jika artikel di atas ada yang kurang paham dan belum jelas, bisa anda tanyakan langsung melalui bilik komentar di bawah, ini adalah tampilan plugins yoast versi terbaru. Jika anda mengikuti tutorial lain (dari artikel blog lain)  kemungkinan gambar dan tampilan agak sedikit berbeda. Semoga artikel ini bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

40 Comments

  1. Langsung ditepakan gan, hanya saja versi plugin yang saya instal sudah yang terbaru lagi jadi setingannya sedikit agak berbeda teteapi intinya sama.

  2. Mas Menu Titles & Metas / Home page di tempat saya koq ga da ya ? apa itu harus premium ??
    Kalo beli premium pa bisa di gunakan lebih dari satu web?

  3. Mohon bantuannya,

    category_sitemap.xml yg di generate plugin yoast seo di web saya di anggap tidak valid dan di anggap html oleh google console. bagaimana cara memperbaiki nya?

    terima kasih.

  4. Mohon Di replay Ya Mas Gani

    Saya masih bingung Mas. Mas Gani ngrekomendasikan pada type post agar semuanya dibabat habis kecuali %%title%%. Nah, tapi Mas Gani sendiri tidak menerapkannya karena Mas Gani menghilangkan tanggal update. Sementara ini saya juga menghilangkan tanggal update, kemudian cara penerapan pada pluginnya bagaimana ya mas (sesuai dengan apa yg Mas Gani terapkan)?

    Banyak sekali mas yang ingin saya pertanyakan. Tapi mau satu persatu dulu. Terimakasih Mas sudah mau jadi guru dari banyak blogger pemula seperti saya. 😀

    1. Dengan menyisakan i %%title%% berarti tampilan di halaman pencarian google adalah nama blog, kemudian disampingnya bisa di isi dengan diskripsi blog, contohnya silahkan ketikkan “Klik Mania” dipencarian google.

      null

      Untuk menghilangkan tanggal kita bisa modifikasi bagian theme php

  5. Di sett default saya pada tipe posting tercantumnya %%title%% %%page%% %%sep%% %%sitename%% semua
    bagusnya dirubah atau dibiarkan kang?

  6. Mas, beda hasil dari yang berbayar dengan yang gratisan bagaimana ya? Saya pakai All in one Seo sebenarnya, lalu sekarang tertarik pake Yoast karena banyaknya blogger yang ngunggulin plugin ini. Mohon saran. Trims

  7. Kalau mau aktifkan index untuk halaman search-nya itu gimana min?
    Mohon infonya dong…

    1. Untuk mengindex halaman search jangan dicentang noindex pada pengaturan post type. maka akan segera terindex setelah sitempa di submit ke webmaster.

  8. gimana cara ngisi Webmaster tools nya ? di situ masih bingung

    1. untuk tampilan yoast terbaru memang agak sedikit berbeda, tetapi intinya sama kok di halaman pengaturan tool webmaster. Bisa dibaca secara seksama petunjuknya.

  9. Panduannya mantap banget mas, saya terbantu sekali dengan panduan di atas. Salam sukses selalu

  10. Makasih mas, saya sangat terbantu sekali. tadi sudah saya langsung praktekin aja, dan hasilnya sama dengan tutorial yang mas kasih. hehe
    salam selalu mas..

  11. mas bisa update baru tutorialnya, sekarang yoast makin beda dan foem isi2 nya makin sedikit, bgi newbie makin pusing

  12. Pernah baca kalau di tahun 2016 ini yoast melakukan update, dan banyak settingan yang perlu dirubah juga. Mohon dishare juga dong buat settingan plugin yoast di tahun 2016 ini.

    Nuhun

    1. Pada dasarnya sama..yoast memang rutin melakukan update, perubahan hanya terletak pada kolom snipset penempatan kata kunci. 😀

  13. Untuk xml sitemap…setelah parameter Check this box to enable XML sitemap functionality kita check , apakah masih perlu install google xmlsitemap dari Arne Brachhold ?

    1. Tidak perlu lagi gan, cukup dari xml plugin yoast saja. Cek apakah sudah berfungsi dengan baik. Sebab jika menambahkan xml sitemap lagi akan ada peringatan eror dari plugin yoast karena bentrok sitemap.

  14. Plugin Yoast ini pernah saya pake mas sewaktu jadi penulis di Erudisi punyanya mas gee jhon (WP). Saya manfaatin untuk posting konten di blogger, bisa dikatakan untuk mendiagnosa awal apakah artikel tersebut sudah seo atau tidak. Terbukti ampuh mas hehehe. Beberapa diantaranya page one dengan mudah, blog saya yang SEO KILLER.

    1. Iya betul. tapi ingat menggunakan plugin yoast itu hanya sebatas penuntun agar lebih SEO, bukan jaminan atikel masuk 10 besar. Ini hanya mengtahui prediksi yang akan terlihat di mesin pencari. Kita tetap harus melakukan riset untuk menetahui kompetitor. Begitu kira kira mas @algazali 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close