Tekno

Smartphone Kekinian Hampir Semuanya Dilengkapi AI, Apa Sih Manfaatnya ?

Smartphone kekinian yang dilengkapi dengan AI (Artifical Intelegence) atau yang kita kenal dengan kecerdasan buatan, telah membuatnya semakin canggih. Banyak smartphone kekinian yang dirilis pada tahun 2017 lalu, yang telah menyematkan AI pada smartphonenya.

Beberapa smartphone kekinian tersebut diantaranya adalah Google Pixel, Huwai Mate, iPhone X, Samsung S8, dan lainnya.

Adapaun beberapa teknologi AI yang banyak disematkan di smartphone kekinian keluaran 2017 tersebut antara lain adalah seperti facial recognition biometrics, augmented reality, machine learning, dan sebagainya.

BacaSistem Pengaman Sensor Biometrik Terbaru yang Digunakan Pada Smartphone

Kelihatannya di tahun 2018 ini, trend AI pada smartphone kekinian akan terus mengalami perkembangan yang signifikan. Apa sebenarnya kecerdasan buatan (AI) itu, dan apa manfaatnya ?

Apa Itu AI ?

AI pada dasarnya merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan memanfaatkan mesin, yang digunakan untuk memecahkan masalah yang rumit dengan cara lebih manusiawi.

Biasanya algoritma komputer akan diperkenalkan dengan contoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan manusia, untuk kemudian komputer tersebut menirunya.

Oleh karena itu, AI biasanya berhubungan erat dengan bidang ilmu lain, seperti Matematika, Biologi, Psikologi, pengamatan dan lain sebagainya.

Loading...

Dimana nantinya semua bidang yang sangat berhubungan erat dengan manusia tersebut, dihubungkan dengan ilmu komputer.

Kombinasi antara berbagai ilmu pengetahuan dan ilmu komputer tersebut, akhirnya memunculkan berbagai kecerdasan buatan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kecerdasan buatan, merupakan bagian ilmu komputer yang difungsikan agar komputer dapat bekerja dengan baik seperti layaknya manusia.

Manfaat AI pada Smartphone Kekinian

Dengan hadirnya AI pada sebuah smartphone, tentu akan membuat sebuah smartphone semakin canggih, hingga mampu menjawab kebutuhan para penggunanya yang semakin kompleks.

Dilansir dari Kompas.com (02/03/2018), setidaknya ada 5 kecanggihan AI di smartphone dewasa ini. Berikut ulasannya :

1. Kualitas Kamera Smartphone dalam Mendeteksi Objek Meningkat

smartphone kekinian
via bgr

Dengan adanya kecerdasan buatan, maka kualitas kamera smartphone semakin tinggi. Sehingga tak heran, teknologi AI telah membuat pabrikan smartphone berlomba untuk berinovasi dalam hal kamera produknya.

Baca Juga : Nokia Pro Akan Hadir dengan 5 Kamera Belakang Sekaligus

Dengan adanya AI pada kamera smartphone, maka kameranya tersebut akan mampu mendeteksi objek dalam frame foto, entah itu objek bunga, maupun pemandangan yang diambil dengan cara landscape dengan detail yang lebih tajam.

Selain bisa mendapatkan kualitas foto yang sebelumnya hanya bisa didapatkan dari hasil jepretan kamera digital, sistem AI yang menggunakan teknologi facial racognition membuat smartphone dapat memiliki fitur pengenal wajah pemiliknya.

2. Mampu Menerjemahkan Secara Real-Time Meski Tanpa Internet

Dengan adanya AI, maka sebuah smartphone mampu memiliki beberapa aplikasi penerjemah.

Aplikasi-aplikasi tersebut, memiliki kemampuan menerjemahkan teks, gambar, video, maupun suara secara real-time atau saat itu juga, meskipun tanpa ada koneksi internet sekalipun.

Contoh aplikasi ini adalah iTranslete, dimana aplikasi ini mampu menerjemahkan banyak bahasa tanpa kita terhubung dengan internet.

3. Sistem AI Memiliki Sistem untuk Membantu Tugas Harian

AI telah didesain untuk dapat belajar hingga beradaptasi setiap kali sobat gunakan. Dalam sebuah smartphone, teknlogi ini akan mempelajari pengguna saat menggunakan smartphone, dimana setelah itu di aplikasikan dalam penggunaan sehari-hari.

Misalnya, seperti menon-aktifkan nada dering, mengaktifkan bluetooth, atau menutup aplikasi yang berjalan di background tiap beberapa jam.

4. Pemindai wajah

Pemindai wajah merupakan salah satu teknologi yang sangat tren akhir-akhir ini. Sebut saja OPPO F5, smartphone yang menyematkan kecerdasan buatan pada kamera depan 20MP ini, kabarnya mampu memindai 200 titik pada wajah penggunanya.

Selain itu dengan hadirnya kecerdasan buatan tersebut, maka seri OPPO F5 dapat dipakai juga untuk mendeteksi lebih detail penggunanya seperti usia, jenis kelamin, dan warna kulita. Dimana kesemuanya itu tak mungkin terwujud jika tanpa adanya kecerdasan buatan.

Selain OPPO,  dalam Iphone X, Apple pun berargumen jika Face ID pada smartphone tersebut mampu memindai menggunakan 30.000 titik infra merah, dan gambar infra merah 2D untuk memetakan kontur wajah dengan kamera TrueDepth nya.

5. Voice assistant

Assistant digital telah banyak bermunculan dibeberapa smartphone kekinian. Sebut saja Alexa, Bixby, Cortana, hingga Google Assistant.

Baca Juga : Keren! Google Assistant Akan Bisa Diajak Ngobrol dengan Bahasa Indonesia

Dengan adanya Asisten digital maka smartphone akan mampu melakukan berbagai perintah penggunanya melalui pesan suara, seperti menjawab pesan singkat, memutarkan lagu, atau membacakan isi berita.



Loading...

Baca selengkapnya

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button