Ulasan Bisnis

Strategi Bisnis Bukalapak dalam Mengembangkan Jaringan

Setiap perusahaan pasti punya sebuah taktik dan strategi dalam membangun dan memajukan bisnisnya. Antara satu perusahaan dengan perusahaan lain belum tentu sama. Misalnya saja walau sama sama marketplace, antara bukalapak dan tokopedia mereka memiliki strategi yang berbeda. Misal strategi bisnis bukalapak work belum tentu work jika dilakukan oleh tokopedia.

Perkembangan salah satu market place yang menjadi tempat berkumpulnya jutaan penjual ini tak terlepas dari dukungan banyak orang. Memang sih strategi apapun yang digunakan oleh suatu perusahaan jika mereka tidak bisa mendapatkan tempat di hati banyak orang, maka itu tidak akan bisa berkembang menjadi lebih besar lagi.

Jika saya amati, kesuksesan bukalapak tidak semudah yang dibayangkan. Mungkin anggapan orang situs marketplace ini lahir dan langsung bisa menjadi besar seperti itu, padahal sebelum hal itu terjadi banyak perjuangan yang dilakukan dengan penuh jerih payah kesusahan dan penuh dengan tantangan.

Nah pada kesempatan ini, saya ingin membahas mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan strategi bisnis bukalapak. Harapannya bisa menjadi inspirasi buat kita semuanya dalam menggunakannya untuk membangun bisnis yang sedang kita rintis. Karena bagaimanapun juga dengan menggabungkan trik terbaik dari berbagai strategi bisnis yang dilakukan oleh banyak orang, maka kita bisa mengetahui dan mengalami sendiri mana yang terbaik untuk kita lakukan.

Untuk mengetahui pembahasan lebih lanjut, silakan simak artikelnya dibawah ini.

Strategi bisnis bukalapak

Inilah berbagai strategi bisnis bukalapak yang kami rangkum dari pengamatan sendiri dan berbagai referensi di internet. Silakan simak.

1. Investasi

Perlu anda tahu, ternyata bukalapak belum bisa menghasilkan keuntungan dari situsnya tersebut. Untuk menggaji para karyawannya, bukalapak masih mengandalkan uang dari investor. Memang untuk pendapatan dari iklan sendiri belum ada, dan dari sistem push sendiri pun belum bisa mencukupi untuk membantu mengembangkan situs tersebut.

Dengan kucuran dana hingga triliunan rupiah itulah dari berbagai investor yang membuat situs ini masih bisa berjalan hingga saat ini. Berkat sang investor yang begitu banyak menyumbang dana inilah bukalapak terus memperluas jajarannya.

Jadi antara berinvestasi dan menggaet investor itu dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan oleh bukalapak. Tentu walaupun sekarang hal ini mungkin belum bisa menghasilkan keuntungan yang banyak, namun secara tidak langsung dengan berinvestasi hal ini menjadi salah satu hal yang bisa dipanen hasilnya di suatu saat nanti.

Tujuan utama sekarang ini adalah untuk mengembangkan dan mengenalkan terlebih dahulu market place miliknya kepada orang banyak. Nanti jika sudah banyak memiliki penjual dan pembeli, maka secara tidak langsung hal ini akan menjadikan apapun bisa dilakukan bukalapakan dengan mudah.

Misalnya dengan menarik dana potongan dari pembeli setiap transaksi. Coba saja jika satu hari terjadi sebanyak 1 juta transaksi dan biaya potongannya sebesar 1000 saja, pasti sudah menghasilkan 1 milyar perhari alias 30 milyar perbulan. Belum lagi dari promoted content.

Jadi keuntungan yang diambil dari bukalapak termasuk keuntungan jangka panjang. Mereka tidak mengharapkan keuntungan dalam jangka waktu dekat. Karena yang penting bisa berdiri terus berkat dukungan dana dari para investor.

Strategi bisnis bukalapak satu ini juga menjadi salah satu hal untuk memperluas jaringan bisnisnya. Karena semakin banyak orang yang terhubung maka para investor pun akan datang untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan itu. Maka dari itu, seringkali pemilik perusahaan bisa saja nantinya tidak memiliki saham lagi diperusahaan itu jika sudah menjadi perusahaan yang besar karena saking banyaknya sang investor.

2. Berani tampil nyeleneh

Perlu anda tahu, bahwa bukalapak merupakan salah satu perusahaan yang berani tampil aneh dan nyeleneh dimuka publik. Salah satunya adalah dalam hal iklan, baik di sosial media ataupun di televisi. Bahkan jarang jarang ada perusahaan yang mengiklankan produknya dengan si pemiliknya sendiri yang mengiklankan.

Jika kita amati setiap hari iklan bukalapak di televisi memang terlihat aneh bahkan konyol, mulai dari awal hingga akhir. Tapi isi yang ditampilkan itu mengena dan bisa masuk di hati para penonton. Bahkan iklannya sebenarnya sangat sederhana, tak ada hal apapun yang terkesan mewah ataupun mahal. Mungkin itu strategi bisnis bukalapak dalam mengurangi pembiayaan terhadap iklan.

Video : Gilanya Belanja di Bukalapak (contoh video nyleneh bukalapak)

 

Tampil nyeneh dan terkesan aneh ini tidak meninggalkan kesan buruk dimasyarakat, justru sebaliknya, dari hal itulah semakin banyak orang yang tahu dengan bukalapak dan mengenal dengan bukalapak. Maka dari itu tim kreatif akan terus memanfaatkan berbagai waktu istimewa untuk dijadikan sesuatu yang istimewa.

Misalnya saat bulan ramadhan tahun lalu dengan adanya fitur bonus yang dilakukan dengan menggoyang goyangkan handphone, maka banyak yang menanggapi hal positif hal ini. Karena itu akan membuat ketertarikan terhadap banyak orang untuk menjajal seperti apa sih fitur terbaru itu.

Berani tampil beda dan sedikit aneh menjadi salah satu kesuksesan bukalapak

 

Maka dari itu, jika anda ingin brand anda terkenal oleh banyak orang, maka jangan ragu untuk tampil beda dan bahkan terkesan aneh. Asalkan itu masih dalam lingkup positif, maka hal itu tidak masalah. Selain itu, dengan kreasi yang anda miliki untuk menciptakan sesuatu yang unik dan menarik, maka itu akan menarik banyak orang untuk menjajal produk anda tersebut.

Bukalapak juga sering mengadakan Festival Iklan Bukalapak, Silahkan buka, hasil pemenangnya ada disitu. Video dengan durasi kurang dari 1 menit ini sungguh menggelitik dan bikin menarik.

Walaupun strategi bisnis bukalapak ini sukses dilakukan olehnya, belum tentu juga sukses dilakukan oleh diri anda. Maka dari itu, anda perlu mencobanya, karena jika tak mencoba dan masih takut gagal, maka sampai kapanpun anda tidak akan pernah bisa berhasil. Percayalah hal itu.

Bahkan jajaran orang yang paling berpangaruh saat ini pun bisa menggapi predikat itu karena mereka menerapkan strategi bisnis dengan berani tampil beda dan berbuat beda. Bahkan dalam mengambil risiko mereka sangat berani. Karena mereka tahu bahwa dengan mengambil risiko itu mereka lebih besar pada keberhasilan dari pada kegagalan.

3. Pemanfaatan iklan yang dimaksimalkan

strategi bisnis bukalapak
Blog Bukalapak

Dalam beriklan bukalapak memang tak sekeras Tokopedia yang menghabiskan triliunan perquartal, dalam beriklan bukalapak cenderung menargetkan pada waktu waktu yang populer dan strategis. Selain itu, iklan juga dilakukan secara konsisten menggunakan FB ads, google adwords dan iklan di TV. Walau frekuensi gak besar, tapi karena konsisten mengiklankan secara langgeng, maka akan memiliki pengaruh juga dalam menggaet konsumen.

Pemanfaatan iklan yang maksimal ini juga disesuaikan dengan budget yang dmilikinya. Jika saya amati, bukalapak dalam beriklan di adwords itu menargetkan kata kunci yang tidak bisa diraihnya diposisi utama. Ya walaupun banyak sekali top keyword yang dimiliki bukalapak di hasil pencarian google, namun ada juga yang tidak maksimal, mungkin diposisi nomor 2 dan seterusnya, namun hal itu terus didukung dengan yang namanya iklan.

Pemasaran berbayar memang dilakukan lebih penting daripada hanya menggunakan pemasaran free. Memang sih suatu brand bisa hanya dengan menggunakan fanspage sosial media atau hanya dari chanel youtube untuk bisa mengenalkan kepada banyak orang mengenai dirinya. Namun hal itu tidak bisa menghasilkan dengan cepat atau efek untuk terjadi penjualan pasti akan lama. Maka dari itu, penting sekali untuk menyisihkan modal dalam beriklan.

Namun jika anda ingin bisa mengembangkan bisnis dengan cepat, maka anda bisa menggaet iklan dari berbagai hal. Misalnya dengan endorse dari teman yang memiliki banyak follower, atau mengiklankan dengan adwords dengan biaya seadanya. Jika hal itu dilakukan secara konsisten, maka brand anda akan lebih cepat dikenal banyak orang dan keuntungan pun akan semakin cepat didapat.

4. Cepat mengikuti perkembangan zaman

strategi bisnis bukalapak
Nego cincai Bukalapak

Mungkin dulu bukalapak hanya sebatas pada website saja. Namun seiring dengan perilaku masyarakat yang lebih condong kepada smartphone, maka bukalapak pun langsung putar halauan untuk bisa memaksimalkan dalam penggunaan handphone. Contohnya dengan membuat laman versi mobile, versi wap dan juga versi aplikasi baik android ataupun ios.

Hal itu tentunya dilakukan karena tidak ingin kehilangan banyak pengunjung. Karena jika sampai tidak mengikuti perkembangan zaman dan trend, maka pengunjung pun akan beralih kepada pihak lain yang lebih nyaman dan aman.

Dalam dunia digital memang yang namanya perkembangan itu tak ada habis habisnya sama sekali. Jika sudah selesai di A pasti nanti akan ada yang lebih baik dari A. Namun pada dasarnya perkembangan zaman itu didasarkan pada pengguna itu sendiri, karena dari kebutuhan dan trend masyarakat perkembangan zaman itu bisa berubah.

Maka dari itu, bisnis apapun juga tak boleh melewatkan kesempatan untuk mengikuti trend yang ada. Karena pada dasarnya dengan mengikuti perkembangan zaman ini akan menjadikan bisnis lebih mudah diterima oleh orang lain.

5. Memanfaatkan SEO

Sudah barang tentu siapapun yang menjalankan bisnis di internet pasti mengenal SEO. Bahkan tak mengenal saja, tapi harus bisa menguasi lebih lanjut mengenai ilmu SEO atau search engine optimization. Kalau sekelas bukalapak, tentunya sudah ada para pakar SEO yang khusus untuk meningkatkan performa website. Jadi bukan sekelas jasa seo lagi yang dibutuhkan, tapi orang yang sudah benar benar ekspert untuk dijadikan bagian dari perusahaan.

Memang biaya untuk bisa memangkan SERP atau halaman pencarian search engine itu tak semudah yang dibayangkan. Kita tidak bisa hanya dengan menyusun web sebaik mungkin, namun kita juga harus bisa memanfaatkan sisi lain, misalnya seo offpage yang justru lebih banyak menelan biaya. Maka dari itu, strategi bisnis bukalapak dalam menjaring pelanggan lebih banyak yang nantinya bisa digunakan untuk memperluas jaringan adalah memanfaatkan seo sebaik mungkin.

Jika kita amati, sebagian besar keyword yang berhubungan dengan penjualan diduduki oleh bukalapak. Padahal toko online yang lebih besar dan lebih dahulu populer yaitu lazada malahan dibawah bukalapak. Hal ini karena begitu gencarnya bukalapak dalam mengalokasikan dana dan waktu untuk SEO. Karena bagaimanapun SEO itu adalah sumber pengunjung yang paling relevan, paling stabil dan juga gratis. Namun tentunya hal itu tidak bisa dilakukan dengan mudah instant begitu saja, karena seo adalah proyek jangka pendek dan jangka panjang.

SEO adalah memperbanyak konten

Mengoptimasi mesin pencari agar sesuai dengan apa yang kita harapkan itu memang tak bisa dilakukan dengan instant. Bagi anda yang mengaku blogger, tentunya sudah paham dengan hal ini, dan sudah memakluminya. Karena bagi sebagian orang perlu bersusah payah bahkan perlu menggunakan berbagai cara mulai dari yang gratis hingga berbayar untuk bisa tampil dihalaman pertama google tersebut.

Saya sendiri juga menganggap seo itu hal yang butuh perhatian. Jadi seo itu seperti sebuah seni dalam suatu kompetisi. Kadangkala kita sudah menganggap diri kita baik tapi bisa jadi saingan kita lebih baik daripada kita. Jadi kita harus selalu mengasah kemampuan diri sendiri dan selalu belajar agar bisa bertahan disetiap adanya perubahan.

Menurut Achmad Zaky selaku pendiri bukalapak mengatakan bahwa rahasia untuk bisa memenangkan banyak persaingan adalah dengan selalu memperbanyak konten yang tersimpan di database google. Jadi semua konten yang ada di situs itu harus bisa terindeks sempurna di database google walaupun itu live atau tidak. Bahkan untuk tahun 2014 lalu, bukalapak sudah memiliki 1 juta barang yang live dan 5 juta barang yang tidak live, tapi kesemuanya itu sudah ada didalam database google.

strategi bisnis bukalapak
Achmad Zaky

Dia mengungkapkan bahwa semakin banyak konten dalam suatu situs, maka bisa memenangkan persaingan di mesin pencari dengan lebih mudah. Dia juga menyinggung situs Reddit yang katanya adminnya memiliki akun duplikat jumlah sangat banyak yang mana hal itu bisa menunjang SEO. Selain itu dia mengatakan bahwa situs detik dan kaskus merupakan situs yang belum ada tandingannya saat ini dalam jumlah konten.

Maka dari itu, anda bisa mencontoh strategi bisnis bukalapak dengan cara menciptakan konten sebanyak mungkin dan mengusahakan semuanya terindeks di mesin pencari. Dengan itulah maka situs anda bisa memenangkan pencarian lebih banyak di mesin pencari.

6. Memilih sales profesional

Dia pernah mengatakan bahwa dengan meremehkan seorang sales maka itu adalah sebuah kesalahan yang sangat fatal. Karena bagaimanapun juga sales itulah yang akan memberikan sebuah hasil yang nyata kepada bisnis yang sedang anda lakukan.

Zaky sendiri mengakui bahwa pada awalnya saat mula mula bukalapak berdiri, dia juga menjadi seorang sales. Dia mengatakan bahwa setiap harinya ia menghubungi 1000 orang di kaskus untuk bergabung dengan bukalapak setiap harinya. Jadi pendiri bukalapak pun pernah merasakan bagaiamana menjadi sales sehingga tahu bagaiaman peran sebuah sales untuk memasarkan produknya hingga terkenal oleh banyak orang.

Memang dalam hal apapun yang namanya pemasaran itu sangat penting. Namun yang tak kalah penting adalah strategi yang digunakan dalam pemasaran itu sendiri. Apakah efektif ataukah tidak. Jadi pemasaran yang efektif ini juga tergantung kepada sumber daya manusia itu sendiri, apakah mampu menjual ataukah tidak.

Memang bukalapak dalam merekrut seseorang untuk menjadi bagian dari perusahaannya itu tidak sembarangan. Termasuk dalam memilih sales ini. Karena kemampuan seseorang sebenarnya lebih diutamakan daripada hanya sekedar teori saja. Tiang tiang penyangga perusahaan itu adalah berasal dari sumber daya manusia yang berkualitas. Jika tidak bisa bersikap profesional maka secara tidak langsung hal itu akan menjadikan perusahaan mudah terguncang dan mudah roboh.

Penutup

Jadi jika anda ingin meniru strategi bisnsi bukalapak yang satu ini untuk diterapkan di bisnis yang sedang anda kelola maka anda harus memiliki bagian sales yang profesional. Karena sebenarnya bagian itu yang memiliki peran besar sebagai perantara antara perusahaan dengan calon konsumen.

Demikianlah pembahasan mengenai strategi bisnis bukalapak yang menjadikannya menjadi perusahaan yang besar, terus berkembang dan terus memperluar jaringan. Silakan anda bisa menerapkan salah satu atau keseluruhan strategi itu dalam bisnis anda sendiri. Meniru taktik dan strategi terbaik dari berbagai perusahaan yang telah sukses untuk diterapkan di usaha anda itu boleh saja. Malahan itu yang bisa membuat bisnis kita menjadi cepat berkembang.

Semoga pembahasan mengenai strategi bisnis bukalapak ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog klikmania untuk mendapatkan berbagai informasi yang unik dan menarik setiap harinya. Terima kasih.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close