Blogging

Strategi Meningkatkan Trafik Blog secara Ampuh dan Aman

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan strategi meningkatkan trafik blog, mulai dari spam hingga SEO. Semua itu dilakukan demi mendapatkan trafik yang melimpah, yang mana trafik bisa dikonversi menjadi sumber penghasilan yang sangat besar.

Mereka yang memiliki blog dengan jumlah jutaan visitor perbulan belum tentu bisa lebih besar penghasilannya daripada mereka yang hanya mendapatkan trafik setengahnya atau bahkan seperempatnya. Itu semua karena strategi mereka dalam mendapatkan trafik tersebut. Apabila visitor benar-benar tertarget dan sesuai dengan basis minat, maka akan terjadi banyak penjualan maupun hasil dari keuntungan.

Strategi meningkatkan trafik blog memang berbeda beda, antara satu orang dengan orang yang lainnya memiliki cara tersendiri. Kadangkala mereka menggunakan berbagai hal yang berkaitan dengan blackhat, atau ada juga yang menggunakan cara whitehat.

Cara blackhat adalah cara yang dilakukan dengan bermaksud merugikan suatu pihak dan dilakukan dengan mencurangi suatu pihak. Nah ini bukanlah sesuatu yang berbasis jangka panjang, namun yang dihasilkan bisa mencapai 10 kali hingga 50 kali lebih besar dibandingkan dengan cara whitehat dalam suatu rentang waktu yang sama.

Whitehat adalah cara yang digunakan dalam lingkup positif, maksudnya tidak menyebabkan kerugian suatu pihak pun. Ini bisa digunakan dalam jangkan panjang, sehingga walaupun hasil yang didapatkan tak se instant dari teknik blackat. Tetapi hasilnya bisa saja lebih besar, karena akan terus menerus menghasilkan.

Sedangkan cara greyhat ini adalah suatu teknik yang merupakan suatu kombinasi antara black hat dan white hat. Jadi keduanya ada di dalam satu teknik. Dibuatnya teknik meningkatkan trafik blog adalah dengan tujuan untuk mengambil keuntungan alias manfaat dari keduanya. Namun bisa saja bukan manfaat yang didapat, tetapi hal negatif dari keduanya.

Strategi Meningkatkan Trafik Blog

Nah pada artikel ini, saya akan membahas lebih lanjut mengenai strategi meningkatkan trafik blog, namun semua strategi dibawah ini adalah strategi yang bersifat whitehat, jadi aman dan tidak bersifat mengelabuhi siapapun.

Loading...

Saya selalu menyarankan kepada siapapun untuk melakukan segala sesuatu dengan teknik yang baik dan benar, terutama dalam meningkatkan trafik blog. Karena blog adalah aset yang digunakan dalam menghasilkan uang, apabila menggunakan cara blackhat, maka blog cepat tumbang. Selain itu uang yang dihasilkan juga termasuk uang black, alias uang haram.

Strategi meningkatkan trafik blog

Kadangkala yang diinginkan oleh blogger adalah memiliki banyak trafik melimpah, namun kebanyakan dari mereka tidak tahu caranya agar bisa memiliki artikel yang mampu menghasilkan trafik melimpah. Jadi dengan beberapa strategi meningkatkan trafik blog berikut ini, maka anda akan memiliki suatu blog dengan trafik yang melimpah ruah.

1. Pemilihan kata kunci yang tepat

Memilih kata kunci yang tepat adalah salah satu stategi menigkatkan trafik blog yang sudah banyak dilakukan oleh banyak blog. Maksudnya adalah dengan mencari kata kunci yang high trafik namun low competitor. Anda bisa mencari berbagai keyword dengan menggunakan berbagai tools yang sudah ada, baik yang berbayar maupun yang gratis alias free.

Hal ini sangat penting sekali, jadi jangan asal nulis begitu saja. Karena bisa menjadikan artikel kurang mendapatkan trafik yang maksimal. Apabila menggunakan berbagai hal yang berkaitan dengan tools keyword planer ini, anda harus benar-benar teliti untuk mencari beberapa kata kata yang memang banyak di cari.

Tools yang bisa digunakan untuk mencari keyword yang tepat adalah dengan cara menggunakan berbagai tool yang sudah ada. Seperti samurai market, semrush, google keywowrd planner, smallseotools ubersuggest dan sebagainya. Kalau mau yang powerfull tapi gak bayar, ya gunakan versi trial saja 😀

Menurut saya samurai market itu bagus, semrush juga bagus namun harganya yang agak mahal menurut saya, jadi terserah mau pilih yang mana.

Kalau saya menggunakan yang paling mudah dan paling gratis, yaitu menggunakan google keyword suggesst, jadi ini menurut saya udah power full. Selanjutnya untuk mencari tahu tingkat persaingannya maka tinggal search aja keyword tersebut di google, apakah sudah banyak yang nulis atau belum.

Hal itu lebih mudah daripada menggunakan google keyword planer dari adwords, karena sekarang lebih sulit menurut saya. Bahkan untuk akun baru itu gak mudah menggunakan alat ini terus menerus kalau tidak beriklan di adwords. Jadi google saat ini punya siasat sendiri untuk mengatasi hal ini.

Keuntungan melakukan riset keyword

Nah yang perlu anda perhatikan adalah dengan riset keyword yang akurat dan tepat. Maka artikel akan langsung bisa berada di halaman pertama dan akan mendapatkan banyak kunjungan.

Saya juga dulu punya pengalaman, punya blog yang hampir punya 2000 artikel unik alias artikel original. Tetapi saya tidak menggunakan riset keyword dan hanya mengandalkan asal tulis yang penting blog terisi, maka akan kalah dengan blog yang hanya memiliki 150 artikel.

Itu benar, blog dengan 150 artikel saja bisa menghasilkan 5000 pengunjung unik perhari dan 15000 page views perharinya. Sedangkan blog yang hampir 2000 artikel hanya punya trafik sebanyak 500 pengunjung unik dan 2000 an page views. Jelas berbeda bukan?

Maka dari itu, pahami strategi meningkatkan trafik blog, yaitu dengan selalu riset keyword untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak lagi untuk blog anda. Jadi, jangan asal nulis saja seperti mereka yang bukan menargetkan SE.

Mungkin anda pernah menemukan blog di sosial media yang judulnya sangat menarik bukan? Nah mereka tidak menggunakan riset keyword apapun, namun trafik yang mereka dapat juga besar. Karena blog itu menggunakan FB ads dan iklan lainnya, jadi jangan tiru blog blog besar yang punya banyak uang untuk membayar iklan ya. Kalau memang anda punya banyak uang ya ok ok saja seperti mereka.

2. Use the power of social media

Strategi Meningkatkan Trafik Blog

Anda bisa meningkatkan trafik blog dengan menggunakan berbagai jenis sosial media yang anda miliki, salah satunya adalah dengan menshare kepada mereka yang benar benar membutuhkan. Karena dengan ini anda tidak dianggap sebagai spam.

Karena spam seperti menggunakan auto post ke berbagai grup, itu termasuk hal yang bisa dikategorikan sebagai kategori blackhat. Jadi dengan melakukan spam, akan bisa mengancam reputasi dan citra baik dari blog yang anda miliki. Jangan sampai menggunakan sosial media untuk hal yang tidak baik.

Kekuatan sosial media memang sangat besar, sudah banyak sekali media lain yang membahas tentang hal ini. Jadi kalau anda menggunakan sosial media maka bijaklah.

Karena dengan sosial media menjadikan mereka yang tadinya tidak dikenal oleh banyak orang tiba-tiba menjadi populer. Danyang tadinya memiliki reputasi yang baik maka bisa langsung jatuh karena sosial media.

Ya itulah sosial media, dengan kekuatannya itu bisa berdampak baik dan juga bisa sebaliknya, yaitu berdampak buruk. Karena disana ada sebuah “power of viral” kekuatan dari viral, karena kita tahu di sosial media ada sebuah trend sesaat yang bisa menjadikan sesuatu langsung menjadi viral dan meledak popularitasnya.

Namun selang beberapa saat, trend itu akan hilang tanpa adanya ending, karena sudah ada hal lainnya yang mengalihkan perhatiannya.

Lalu apa power of social media untuk blog?

Manfaat yang bisa dirasakan untuk blog adalah mampu menjadikan blog seketika langsung terkenal. Selain itu sebagai wadah atau alat untuk menjalin hubungan baik dengan mereka para pegunjung loyal blog anda.

Mereka tidak hanya sekedar tahu lalau meniggalkan blog anda begitu saja, karena bagaimapun mereka adalah aset yang sangat berharga.

Perlu anda tahu, bahwa sosial media adalah alat untuk mendatangkan trafik sekaligus memperluas dan menyebarkan brand blog terbaik. Ya walaupun sosial media adalah pendatang trafik tertarget ke-3 terbaik setelah dari email newslatter dan juga dari search engine, namun dengan kekuatanya mereka bisa lebih baik dalam menjaring trafik.

Jadi mulai sekarang, buatlah sebuah wadah untuk menyatukan para pengunjung blog. Misal blog anda membahas mengenai komputer, maka bisa membuat fanspage atau grup yang bertemakan tentang komputer. Apabila ada yang bertanya tentang ini dan itu maka anda bisa memberi penjelasan ke mereka. Caranya dengan memberikan link blog anda, namun tentunya juga jangan keseringan agar tidak dianggap grup spam.

Namun apabila pengunjung dari twitter, mereka lebih sering membuka link blog yang kita bagikan. Jadi kalau jangkauanya sama-sama 1000. Apabila facebook yang membuka adalah 120, maka twitter bisa mencapai 180. Mungkin karena memang twitter dikhusukan untuk artikel yang pendek. Jadi pengunjung sudah terbiasa untuk membaca artikel selanjutnya di link yang ada di post.

Memanfaatkan sosial media adalah salah satu strategi meningkatkan trafik blog yang tidak boleh anda lewatkan, karena sampai kapanpun sosial media akan terus digandrungi oleh banyak orang untuk berbagai keluh kesah hidup mereka.

Walaupun mungkin trend sosial media berganti, namun sosial media tidak pernah mati. Misalnya sekarang twitter yang mulai agak tersenggol dengan instagram, sebetulnya trend pengguna saja yang berubah. Namun sebenarnya mereka tetap butuh yang namanya sosial media.

3. Endorse

Strategi Meningkatkan Trafik Blog

Menggunakan endorse atau menggunakan jasa dari artis adalah strategi meningkatkan trafik blog yang lumayan dahsyat. Endorse bisa anda lakukan dengan membayar sejumlah uang ke artis yang memang membuka jasa endorse. Karena kita tahu bahwa endorse merupakan gabungan dari kekuatan popularitas dan kekuatan sosial media yang mereka gunakan.

Anda bisa langsung menghubungi artis yang biasa melakukan endorse, namun saran saya adalah dengan memilih yang menggunakan instagram kalau anda ingin mempromosikan suatu produk barang. Dengan menggunakan instagram, maka tingkat penjualan makin baik. Kalau blog, pilih saja menggunakan twitter karena lebih efektif,

Saat ini, endorse menjadi sarana mempromosikan suatu hal yang ingin cepat viral, sehingga ini bisa menjadi strategi meningkatkan trafik buat anda yang ingin blognya cepat laris. Selain menjadi keuntungan tersendiri buat si artis tersebut, maka anda juga akan mendapatkan keuntungan yang banyak, atau setidaknya bisa lebih dikenal banyak orang.

Masing-masing artis memiki tarif tersendiri, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Ini tergantung seberapa banyak mereka memiliki followers atau subscriber seperti di youtube. Mereka yang menggunakan youtube, juga bisa lebih efektif untuk mempromosikan blog anda loh.

Situs forum kaskus, yang sekarang besar ini sudah terkenal banyak orang itu sebenarnya dulunya mulai dikenal masyarakat banyak karena menggunakan endorse. Dengan membuat kaos yang bertuliskan kaskus lalu mempostingnya di salah satu sosial media artis, seketika itu langsung viral, dan jumlah member pun terus naik.

Padahal sebelum itu, kaskus telah mempromosikan blognya di berbagai jenis media periklanan, mulai dari A-Z dan sudah mengeluarkan hingga ratusan juta rupiah. Namun karena endorse inilah kaskus mulai terkenal.

Jadi endorse ini bisa jadi strategi meningkatkan trafik blog yang lumayan bagus efeknya, apalagi kalau sudah menggunakan berbagai jenis iklan tapi tidak laku.

Baca juga: Cara meningkatkan trafik blog dengan trik sederhana

 

4. Optimasi sebaik mungkin

Disini kita bisa mengoptimasi blog sebaik mungkin, baik optimasi dari SEO, atau optimasi human friendly termasuk juga optimasi dalam promosi. Karena strategi meningkatkan trafik blog cara ini, anda akan mendapatkan banyak keuntungan terhadap blog, dan hasilnya adalah trafik yang membengkak.

Memang blog perlu di optimasi, kalau burung ya dengan cara dikasih makanan bergizi, dikasih suplemen, di jemur saat pagi hari, di mandikan dan sebagainya, itu semua demi kicau burung agar lebih merdu. Sama halnya dengan blog, yang di isi berbagai konten yang berkualitas, menghapus berbagai konten yang kurang baik, link yang sudah mati dan sebagainya.

Yang harus anda tekankan adalah optimasi untuk pengunjung dan optimasi untuk mesin pencari seperti google, bing dan sebagainya. Jadi selain dipandang baik oleh pengunjung blog, ini juga akan dipandang baik oleh mesin pencari.

Sampai kapanpun, SEO itu menjadi suatu strategi meningkatkan trafik blog yang terbaik, karena dengan itulah blog anda mudah dikunjungi oleh banyak orang. Jadi kalau trafik ingin naik, maka anda juga harus mempelajari apa itu SEO dan bagaimana seluk beluknya.

Pelajarilah SEO dari ebook “search engine optimitation guide” yang berasal dari google itu sendiri, disana akan mempelajari banyak hal. Mulai dari pemilihan domain hingga tentang hal hal yang berhubungan dengan google.

Untuk human friendly bisa dilakukan dengan menggunakan artikel yang rapi, teratur, dengan bahasa yang mudah dipahami. Selain itu, penampilan background yang tidak menyakitkan mata, pemilihan ukuran huruf yang pas, pembuatan paragraf yang tidak terlalu panjang. Iklan popup yang tidak bertebaran atau iklan yang tersusun rapi adalah semua hal yang berkaitan dengan human friendly.

5. Perbanyak artikel berkualitas

Memperbanyak artikel berkualitas juga salah satu strategi meningkatkan trafik blog yang dapat anda lakukan. Dengan memiliki artikel yang melimpah dan berkuaalitas, maka hasil yang di dapat juga akan lebih maksimal. Berbeda dengan mereka yang hanya punya artikel lebih sedikit, maka trafik yang didapat juga sedikit.

Selain itu, mengupdate blog secara konsisten dan teratur itu juga merupakan hal yang baik. Dengan mengupdate secara teratur, maka pengunjung loyal akan selalu datang ke blog anda karena rasa penasaran tentang informasi baru sesuai niche blog anda.

Dengan memiliki banyak artikel yang dibuat sebagian besar di halaman pertama google, maka trafik akan melejit.

Nah itulah beberapa hal mengenai strategi meningkatkan trafik blog. Jadi silakan anda mengikuti cara diatas apabila mempunya blog yang tidak kunjung mendatangkan trafik. Sehingga anda bisa lebih cepat mendapatkan uang lebih banyak lagi dari blog.

Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk kita semuanya, jika bermanfaat buat orang lain, silakan share artikel ini ya. Terima kasih.



Loading...

Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *