Blogging

Strategi Promosi Blog Terbaik untuk Pemula

Ada banyak sekali teknik maupun strategi promosi blog yang bisa didatangkan untuk mendatangkan trafik. Namun belum tentu hal itu akan berhasil dengan baik. Karena yang perlu anda tahu bahwa antara 1 blog dengan blog lainnya itu bellum tentu sama. Maka dari itu disini saya akan memberikan sedikit tips mengenai beberapa strategi promosi blog untuk mendatangkan trafik yang bisa anda coba.

Mungkin anda sendiri sudah punya strategi promosi blog yang begitu efektif untuk dicoba. Namun bagi anda yang belum punya strategi yang efektif, silakan simak pembahasannya dibawah ini.

Strategi promosi blog terbaik dan efektif untuk pemula

Strategi promosi blog

Banyak dari mereka selaku blogger pemula membuat blog lalu setelah beberapa waktu ditinggalin begitu saja karena tidak menghasilkan trafik sama sekali. Sebenarnya mereka itu mudah putus asa, tidak menghasilkan lalu ditinggalkan. Sebenarnya, kita ini bisa mencapai segala sesuatu yang kita inginkan asalkan berusaha dan tidak mudak putus asa.

Didalam artikel lain yang berjudul blog anda miskin konten jadi jangan dulu berharap lebih , disitu sudah menjelaskan bahwa menjadi blogger itu susah susah gampang. Kita perlu melakukan ini dan itu untuk bisa menghasilkan penghasilan yang konsisten. Jadi bisnis blog bukanlah bisnis yang sekali buat jadi dan bukan lah bisnis yang sekali pakai, namun bisnis yang berkepanjangan.

Jadi kita perlu ulet dan tekun untuk mengelola blog sampai menghasilkan dan memiliki banyak artikel. Namun memiliki banyak artikel saja juga tidak cukup. Kita perlu membantunya dengan promosi. Karena dengan promosi ini akan membuat lebih dikenal oleh orang banyak.

Strategi promosi blog ini ada berbagai macam. Nah anda bisa menerapkan beberapa strategi yang mungkin cocok untuk blog anda sendiri.

Dibawah ini ada beberap macam strategi promosi yang dapat anda terapkan untuk blog anda, diantaranya adalah:

Loading...

1. Gunakan grup Facebook

Strategi promosi blog

Facebook merupakan salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Jadi tidak ada salahnya kalau anda mencoba hal ini. Karena dengan memanfaatkan sosial media, maka anda akan lebih baik lagi kedepannya.

Facebook sendiri memiliki jutaan bahkan puluhan juta grup yang tersebar di seluruh dunia dan memiki milyaran pengguna. Ini adalah kesempatan untuk menjadi salah satu media promosi yang begitu efektif.

Lalu bagaimana cara promosi yang efektif? Yaitu dengan cara promosi yang relevan dan efesien. Jadi anda tidak perlu melakukan spam untuk melakukan ini dan itu, anda harus bisa mendapatkan trafik dengan menggunakannya secara relevan.

Misalnya anda memiliki grup tentang smartphone yang lebih spesifik seperti halnya samsung. Maka anda bisa masuk ke grup lalu sering berbuat sesuatu untuk membantu teman lainnya. Nah disini anda bisa mendapatkan trafik dengan menjawab pertanyaan dan disesuaikan dengan artikel yang anda mulai.

Apabila dalam blog anda membahas mengenai daftar hp samsung yang mendapatkan update android nougat, maka saat dari anggota lainnya ada yang bertanya maka anda bisa membantu menjawabnya dengan sedikit jawaban lalu menyarankan untuk membaca link blog anda untuk informasi selengkapnya.

Jadi dengan hal ini kan kita bisa mendapatkan trafik tanpa harus membuat spam yang tidak baik apalagi merugikan pihak lain. Hal ini harus anda buat sebaik mungkin agar tidak menimbulkan berbagai hal yang tidak baik. Karena kalau terlalu sering spam, selain akun blog anda bisa di blokir, link blog pun dapat di blokir.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri mengenai strategi promosi blog satu ini bisa dibilang begitu efektif, namun anda juga harus memperhatikan dulu mengenai grup itu. Karena ada juga blog yang melarang untuk melakukan promo link di situ.

Grup dengan pengunjung yang awam misalnya blog tentang kesehatan, tips game, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya, maka anda biasanya tidak melihat ada peraturan untuk menyebarkan link. Yang penting jangan sampai hal tersebut menganggu kenyamanan pengunjung.

2. Gunakan berbagai forum

Strategi promosi blog

Mungkin untuk forum indonesia sendiri ada forum yang mana kita boleh mencantumkan live link di signature, namun ada juga yang tidak boleh. Gunakan berbagai forum seperti kaskus, bersosial, ads id dan lainnya untuk menjaring trafik.

Menurut saya untuk bisa mendapatkan trafik dari web forum baik indo maupun luar negeri, kuncinya anda harus sering sering mengeshare segala sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak. Misalnya dengan mengeshare artikel mengenai sesuatu yang anda kuasai. Hal ini nantinya akan membuat banyak orang yang menjadi kenal dengan anda dan ingin tahu siapa anda.

Nah hal ini bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan blog anda. Misalnya saat mengeshare sesuatu yang bermanfaat anda bisa menuliskan nama blog anda atau bisa juga menggunakan alamat blog anda sebagai suatu example atau contoh dalam materi yang dimuat.

Strategi promosi blog ini termasuk salah satu yang efektif, karena dengan ini akan menjadikan blog lebih terkenal. Jadi selain dengan menulis artikel untuk blog sendiri, ada baiknya anda menulis di web milik orang lain, termasuk di berbagai jenis forum ini. Hal ini akan memberikan dampak besar apabila anda memang aktif disana.

Karena berbagai jenis forum merupakan salah satu pemilik member terbanyak setelah sosial media. Jadi anda harus bisa memanfaatkan hal inni dengan baik. Jangan mengangagap bahwa dengan berbagi informasi di situs forum ini tidak memberikan keuntungan untuk kita, salah satu keuntungan itu adalah untuk menjaring banyak trafik untuk blog.

3. Manfaatkan youtube

Strategi promosi blog

Siapa sih yang tak kenal youtube ini? Ya youtube ini memang sekarang sebagai situs paling populer nomor 3 di dunia setelah google dan facebook versi alexa. Bahkan beberapa waktu lalu sempat menggeser posisi facebook dan menempati peringkat kedua. Tentu hal ini sangat menjajikan kalau anda benar benar memanfaatkannya dengan baik.

Memang bagi sebagian blogger, mengaggap bahwa ngeblog sambil main youtube itu susah dan malah bikin tidak fokus. Namun kalau anda mengetahuinya, sebenarnya manfaat youtube ini untuk blog adalah saling melengkapi . jadi misal dalam blog membutuhkan konten berupa video, maka anda dapat menggunakan youtube dan menempelkannya di blog.

Selain menambah trafik blog, youtube ini dapat membuat blog menjadi terkenal apabila mampu menautkannya dengan baik. Jadi saat ada video viral, maka anda bisa menautkan blog anda di deksripsi atau didalam video itu sendiri. Jadi misal pengunjung youtube ingin mencari informasi selengkapnya, maka mereka akan mengunjungi blog anda tersebut.

Selain itu kalau ada artikel dalam blog yang viral, maka anda dapat menggunakan video sebagai pelengkap, jadi hal ini akan sangat membantu trafik keduanya.

Ada beberapa orang yang menerapkan strategi promosi blog satu ini. Ada yang berhasil dan ada juga yang tidak. Jadi mereka harus benar benar dapat membuat pengunjung yotube mengunjungi blog anda. Untuk chanel yang sudah terkenal pasti ini akan sangat efektif, namun bagi mereka yang belum terkenal, hal ini tidak akan mendatangkan begitu banyak trafik untuk blognya.

4. Manfaatkan twitter

Twitter ini juga dapat anda gunakan untuk sarana promosi blog log. Namun ada beberapa strategi promosi blog menggunakan twitter yang harus diperhatikan. Hal ini karena pengunjung yang datang dari twitter ini biasanya adalah orang muda. Ya 30 tahun ke bawah atau dibawah 35 tahun kebanyakannya. Berbeda dengan di facebook yang campur dari anak kecil hinnga orang tua sekaligus ada.

Jadi anda harus dapat menyesuaiakan dengan tema yang terdapat di dalam blog. Untuk masalah efektivitas, hal ini memang efektif. Karena pengunjung yang berasal dari twitter ini akan lebih banyak CTR nya untuk mengeklik tautan. Hal ini karena mereka sudah terbiasa dengan postingan yang pendek hanya 140 karakter saja. Jadi mereka akan lebih suka mengeklik tautannya karena dianggap sebagai bacaan selengkapnya.

Jadi kalau dibandingkan dengan facebook, twitter ini lebih baik soal urusan CTR terhadap link. Namun tentunya hal ini juga dipengaruhi oleh tingkat kesukaan pembaca dan juga jumlah follower yang sudah banyak.

Jadi kalau anda sudah memiliki jumlah follower twitter yang banyak, maka cara ini akan sangat efektif, karena hal ini akan lebih banyak terjadi interaksi yang mana jika terjadi suatu interaksi, maka akan lebih banyak tampil di berbagai beranda orang lain.

5. Manfaatkan instagram

strategi promosi blog

Instagram sudah menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh anak muda. Perkembangan dunia fotografi membuat banyak orang untuk mengikuti trend, mulai dari selfie hingga manequeen chalenge. Dan instragam menjadi salah satu tempat untuk mengabadikan berbagai momen itu. Jadi bagaimanapun juga, anda harus bisa memanfaatkan istragam sebagai salah satu ajang untuk mempromosikan blog anda.

Secara umum instagram dibuat untuk tujuan ajang fotografi. Sekarang berkembang lagi menjadi media video. Namun masih kalah dengan youtube yang memiliki kebebasan berekspresi lebih tinggi, apalagi di youtube lebih dihargai karena bisa menampilkan iklan.

Strategi promosi blog dengan menggunakan instragam bisa anda lakukan dengan menggunakan berbagai hal. Misalnya dengan sering menciptakan berbagai jenis video unik dan kreatif. Maka dalam kurun waktu tertentu akan lebih sering mendapatkan banyak follower secara sukarela.

Hal ini bisa di manfaatkan sebaik mungkin untuk menjaring pengunjung menuju blog. Misalnya dengan menautkan link dan sebagainya. Saya sendiri masih jarang aktif di sosial media yang satu ini. Karena mengurus kebanyakan sosial media akan membuat kepala tambah stress.

Jadi usahakan pilih salah satu media sosial yang benar-benar ampuh dan efektif. Daripada menggunakan semuanya dan tidak efektif, maka akan lebih baik lagi untuk menggunakan salah satu saja tapi yang benar-benar powerfull.

Kalau menurut saya strategi promosi blog di Twitter dan Instragam ini masih lebih efektif di Twitter. Mungkin karena di twitter basisnya adalah teks bukannya gambar, jadi akan lebih baik menggunakan twitter untuk mengalihkan pengunjung ke blog. Lalu untuk anda sendiri lebih menggunakan media sosial yang mana?

Selain itu, Instragam walaupun sama -sama milik facebook, namun untuk masalah kemanan lebih ketat di instagram. Spam sedikit saja seperti terlalu banyak memfollow seseorang dalam suatu waktu, maka akan dengan mudah terblokir. Berbeda dengan menggunakan facebook yang tidak terlalu sensitif. Jadi banyak internet marketer tidak suka menggunakan instragam karena tidak bisa menggunakan berbagai macam tools untuk spam.

Baca : Memanfaatkan Sosial Media Instagram Sebagai Sarana Mempromosikan Produk Secara Online

6. Gunakan fanspage facebook

Promosi blog di facebook

Fanspage facebook juga gak kalah pentingnya untuk dimanfaatkan. Ada kelebihan yang dimiliki dari menggunakan fanspage facebook ini. Namun ada juga kekurangannya yang membuat orang tidak menggunakan fanspage facebook dengan baik.

Salah satunya karena algoritma google tidak terlalu menguntungkan untuk hal ini. Misalnya anda menggunakan fanspage dan telah memiliki jumlah likers yang begitu banyak hingga jutaaan, namun paling hanya menghasilkan kurang dari 100 like. Dan bahkan ada yang kurang dari 10 like.

Coba anda mengunjungi fanspage resmi dari Tokopedia. Berapa jumlah likersnya? Jutaan bukan? Namun berapa jumlah likenya? Cuma beberapa doang bukan? Gak ada 1% nya sama sekali. Bahkan gak ada 0.1 % nya. Sungguh memprihatinkan bukan?

Sampai dengan artikel ini ditulis, lazada telah memiliki 1,8 juta likers di akun fanspage resminya. Namun hanya beberapa postingan saja yang memiliki jumlah like hingga ribuan. Dan ternyata yang berjumlah ribuan itu adalah postingan yang di promosikan. Untuk postingan lainnya yang tidak dipromosikan hanya mendapatkan beberapa like saja. Silakan tengok sendiri.

Untuk masalah jangkauan memang algoritma facebook tidak terlalu luas. Yang menyebabkan meluas itu kalau terjadi banyak interaksi. Makin banyak interaksi seperti komentar dan juga like maka akan semakin banyak jangkaunnya.

Hal ini dilakukan facebook guna menjadikan layanan iklannya laku dan laris. Hal ini juga yang membuat mereka yang punya modal besar untuk menggunakan FB ads secara besar-besaran. Jadi ini sebenarnya sudah diatur sedemikian rupa oleh facebook.

Dalam strategi promosi blog bagi pemula saat ini, saya tidak akan mengajarkan kepada kalian mengenai beriklan di FB ads. Karena apabila ingin menggunakan FB ads, harus punya berbagai jenis trik supaya biaya tidak bengkak. Karena kalau asal kirim uang seperti yang pernah saya coba, justru tidak balik modal.

Kalau terpaksa ingin beriklan sebagai media promosi saya sarankan untuk menggunakan google adwords. Dan pembahasan tentang hal tersebut akan saya bahas lebih lanjut dalam poin nomor 9 nanti.

7. Jangan lupakan gplus

berpromosi di gplus

Menurut saya gplus menjadi salah satu hal yang tak boleh anda lupakan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita raih apabila menggunakan gplus sebagai strategi promosi blog. Karena berdasarkan pengalaman saya pribadi, google plus ini lebih efektif dalam menjaring trafik untuk blog baru.

Ya saya sering kali menggunakan gplus untuk meningkatkan trafik, jadi setiap kali saya mengupdate artikel saya langsung share. Hal ini akan meningkatkan pengunjung yang berasal dari search engine. Karena saya sering menemukan artikel yang saya buat belum juga nongol di page one tapi sudah ada postingan gplus hasil share tadi di page one. Asal kata kuncinya relevan dengan pencarian pasti di komputer mana pun akan terlihat postingan hasil gplus. Terutama penampilan dari handphone.

Ada juga yang bilang bahwa gplus ini akan lebih meningkatkan nilai sosial share, atau perhitungan sosial sharenya lebih gede. Jadi kalau anda sering share artikel dan sering terjadi banyak interaksi seperti mendapatkan komen, plus atau share maka artikel itu lebih mudah tampil di mesin pencari.

Jadi jangan hanya menggunakan strategi promosi blog dengan sosial media lainnya saja. Tetapi gunakanlah gplus yang merupakan produk dari gplus sendiri. Selain itu, ada banyak komunitas blogger yang bisa anda pelajari di gplus. Disana juga anda bisa mendapatkan berbagai jenis informasi yang terbaru. Dan yang lebih menguntungkan lagi itu bahwa gplus itu tidak terlalu banyak iklan seperti di facebook. Jadi tidak terlihat banyak sekali tawaran dalam iklan yang menjerumuskan.

8. Blogwalking

Blogwalking ini adalah istilah untuk menunjukan kegiatan seseorang dengan berjalan jalan ke blog yang satu dengan yang lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan saling like, saling follow blog saling komen, dan saling kasih saran. Bahkan menjadi penulis tamu juga menjadi salah satu jenis blogwalking. Dan untuk guest post atau penulis tamu akan saya bahas lebih lanjut pada pembahasan poin selanjutnya.

Saya sering melihat blog yang sering melakukan blogwalking maka dia akan sering dikunjung balik juga. Jadi terjadi hubungan 2 arah, yaitu saling mengunjungi dan saling mengenal. Saya sering memperhatikan mereka yang sering blogwalking ini memiliki banyak sekali komentar di blognya. Hingga ratusan. Jadi hal ini akan memberikan dampak tersendiri untuk SEO. Karena konten dengan interaksi yang banyak akan meningkatkan authority di mesin pencari. Karena mesin pencari akan menganggapnya berkualitas.

Untuk saya sendiri bisa dibilang kurang suka BW aliasa blogwalking, karena selain menyita waktu juga akan menjadikan utang tak terbalas. Ya misalnya mereka sudah mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog kita namun kita tak mengunjungi balik padahal sudah terbiasa seperti itu kan jadi rasa tidak enak sendiri.

Hal ini akan lebih cocok untuk blog yang tidak memiliki rutinitas padat. Misal blog dengan update sebulan sekali atau 2 minggu sekali. Jika untuk blog dengan jumlah update artikel yang padat seperti blog ini nanti akan kesulitan jika harus balik komen satu-satu.

Dengan sering blogwalking ini akan memberikan manfaat, namun juga harus disesuaikan dengan kesibukan anda sendiri. Jika tidak sibuk maka silakan tapi jika sibuk saya rasa tidak perlu. Asalkan anda punya blog otoritas, pasti nantinya tidak akan akan perlu mendatangkan banyak visitor dengan cara BW ini. Namun pengunjung akan datang dengan sendirinya dari mesin pencari.

9. Guest post

Apakah guest post bisa menjadi media promosi blog? Ya bisa banget, malahan dengan guest posting ini akan menghasilkan backlink yang bisa dibilang berkualitas loh. Jadi dengan guest posting ini akan lebih menghasilkan manfaat yang besar, apalagi dengan ini akan lebih akan memberikan efek yang baik bagi personal branding dari blog itu sendiri.

Ya apabila kita guest posting ke beberapa blog besar atau blog yang sudah terkenal pasti akan menghasilkan banyak sekali keuntungan. Ini menjadi suatu strategi promosi blog yang begitu efektif namun butuh kerja yang bisa dibilang lebih ekstra.

Ya hal tersebut karena tentunya saat kita menginginkan untuk guest posting akan menjadikan kita perlu kerja ekstra. Untuk menulis di blog orang lain kita pun perlu menulis dengan menggunakan artikel original dan juga berkualitas, tidak sembarangan artikel bisa kita gunakan begitu saja.

Sama halnya dengan menulis di blog kita sendiri, kita pun perlu menulis di blog orang lain dengan tema sejenis. Jadi pastikan jika blog anda tentang kesehatan, maka anda harus menuliskannya dengan tema kesehatan juga di blog kesehatan. Carilah blog setema yang memiliki jenis sama dan menyediakan guest post. Jadi keduanya ini akan menjadi bagian tersendiri yang membutuhkan waktu lama.

Atau kalau anda tidak menemukan banyak artikel dengan tema sejenis yang menyediakan guest post, maka anda bisa menghubungi pemilik blog dan tanya apakah boleh untuk menjadi penulis tamu disana.

Baca : Apa enaknya Menjadi Guest Writer?

10. Gunakan iklan yang efektif

beriklan di facebook

Sebenarnya saya ragu untuk memasukan poin yang satu ini kedalam postingan, karena apakah perlu dilakukan oleh pemula ataukah tidak. Namun setelah saya pikir pikir hal ini justru perlu dilakukan karena pemula juga harus banyak belajar. Nah salah satunya adalah belajar untuk membuat iklan dan berani untuk mengeluarkan uang untuk mendapatkan profit yang lebih besar.

Ada banyak pilihan iklan yang dapat anda gunakan, namun yang saya rekomendasikan itu adalah iklan dari FB ads dan juga iklan dari google adwords. Karena menurut saya sendiri, kedua periklanan ini masih menjadi jenis periklanan yang begitu efektif.

Baca : Facebook Ads : Strategi Kreatif Membuat Iklan Facebook yang Menjual

Keduanya saat ini sudah bisa membayar tanpa menggunakan kartu kredit, tinggal di transfer saja uangnya. Jadi anda harus pandai-pandai untuk mengelola keuangan, jangan sampai karena tidak memahami sistem periklanan, anda malah menjadi rugi berat.

Bagaimanapun juga, beriklan di berbagai hal itu menjadi salah satu strategi promosi blog yang terbaik. Jika kita lihat saja situs hipwee itu dalam 3 bulan saja dari pertama kali didirikan sudah bisa menghasilkan jutaan pengunjung. Jadi ada efek besar yang bisa dirasakan dari menggunakan media lain untuk membantu kegiatan promosi blog kita.

Kesimpulannya

Nah seperti yang sudah saya jelaskan pada poin poin sebelumnya, bahwa iklan ini perlu jika kita ingin mendapatkan trafik lebih besar dari sosial media seperti halnya facebook. Dan karena algoritma facebook ini bisa dikatakan kurang menguntungkan, maka alangkah baiknya bagi anda untuk menggunakan periklanan dari facebook tersebut.

Anda bisa menggunakan berbagai jenis iklan yang menguntungkan dan membujuk seseorang untuk mengeklik tautan iklan anda tersebut. Jadi hal ini akan memberikan keuntungan yang lebih banyak. Nah untuk iklan di google adwords sendiri ini sistemnya adalah PPC atau pay per click jadi sistemnya itu tidak menggunakan jangka waktu atau jumlah tayangan, jadi akan lebih menguntungkan.

Ada kelebihan dan kekurangan tersendiri antara FB ads dan juga google adwords, hal tersebut bisa disesuaikan dengan kemudahan dan keefektifan menurut anda sendiri. Kalau berdasarkan pengalaman saya menggunakan fb ads, itu cukup mendatangkan banyak trafik, namun kebanyakan tidak terjadi klik, atau CTR lebih rendah karena pengunjung yang datang dari sosial media ini kebanyakan tidak tertarget, jadi akan lebih kacau iklannya, sehingga CTR nya juga rendah.

Demikianlah pembahasan mengenai strategi promosi blog untuk pemula. Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semuanya. jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat bagi orang lain.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Blogedewek

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait