Sukses Butuh Kejujuran

Mengapa untuk Menggapai Sukses Butuh Kejujuran?

Modal kejujuran adalah awal dari setiap langkah agar kita bisa menapaki dunia ini dengan banyak mendapatkan dukungan positif dari berbagai pihak. Kejujuran akan menimbulkan kepercayaan dan kepercayaan akan menjadikan kita lebih mudah bekerja sama dengan orang lain dan disitulah letak awal dari kesuksesan dimulai. Ya itulah sebab mengapa sukses butuh kejujuran.

Kita hidup di dunia ini memang tak terlepas dari orang lain, karena manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan antara 1 pihak dengan pihak lain, namun kadangkala apabila seseorang itu menginginkan keuntungan yang tidak semestinya, mereka akan menggunakan cara yang negatif dan salah satunya adalah dengan ketidakjujuran.

Sebagai umat muslim, Nabi Muhammad SAW telah memberikan banyak nasihat kepada kita selaku umatnya untuk senantiasa berbuat jujur. Apalagi dalam berbisnis dan berdagang, kejujuran adalah hal yang mutlak harus dilakukan.

Dan dalam Islam juga mengajarkan bahwa berbuat licik dalam suatu usaha seperti perdagangan, misalnya mengurangi timbangan, itu tidak akan membuat kita sukses dan kaya, melainkan kita akan merugi dan juga hati kita akan merasa tidak tenang. Itulah sebabnya untuk menggapai sukses butuh kejujuran.

Sukses Butuh Kejujuran
Image from https://www.pexels.com

Memang pandangan masyarakat terhadap kejujuran pedagang itu berbeda-beda, tapi mereka juga harus pandai pandai memilih mana yang terbaik dan terpercaya saat membeli sesuatu barang. Karena banyak sekali cara yang bisa dilakukan pedagang untuk berbuat curang alias tidak jujur.

Diantaranya yaitu mengurangi timbangan, mencampurkan bahan berbahaya seperti pengawet ke dalam makanan, memalsukan barang, menurunkan kualitas barang, berbohong dan sebagainya. Itu adalah bentuk ketidak jujuran yang sering dilakukan oleh para pedagang.

Kenapa sukses butuh kejujuran?

Ada banyak alasan mengapa seseorang yang tidak mengutamakan kejujuran akan rugi dan bangkrut sebelum mereka bisa sukses. Selain itu ada dampak negatif yang menyerang diri si pelaku, yaitu ketidaknyamanan hati mereka dalam setiap kondisi.

Hal inilah yang kadang mendasari orang yang tidak jujur selalu cemas, gelisah, dan jauh dari kebenaran. Walaupun mereka diingatkan, mereka akan terus menerus melakukan kesalahan, walaupun dirinya terus tersiksa dengan ketidaksenangan hidup.

Loading...

Memang, untuk menggapai sukses butuh kejujuran, karena yang namanya kejujuran adalah pondasi bagi kesuksesan itu sendiri. Jadi pondasi yang ditanam harus lebih dalam apabila bangunan yang dibangun semakin tinggi. Hal ini sama halnya dengan kesuksesan kita juga.

Apabila kita semakin sukses tapi tidak dibangun dengan pondasi kejujuran yang kokoh, maka saat terkena angin akan roboh. Semakin tinggi bangunan maka semakin dalam pula pondasi yang dibuat.

Sukses Butuh Kejujuran
Image from https://www.pexels.com

Dengan kejujuran akan melahirkan:

1. Kepercayaan

Salah satu hal tersulit bagi bisnis yang baru berkembang adalah mendapatkan kepercayaan. Apalagi di zaman sekarang ini banyak sekali jenis penipuan, baik secara langsung atau menggunakan media. Jadi apabila seseorang sudah bisa mendapatkan kepercayaan dari banyak orang, jangan sampai itu tercoreng karena pena kecil yang tidak kita jaga dengan baik.

2. Kemapanan

Semakin kita jujur dalam berbuat banyak hal, maka kita akan semakin mapan dalam posisi kita. Contohnya berbagai toko online seperti sekarang ini, mereka bisa menjadi mapan karena mereka memiliki kejujuran. Berbeda dengan toko online yang tidak jujur, baru berdiri satu hari aja pasti sudah ambruk lagi. Itulah alasan mengapa sukses butuh kejujuran yang tinggi. Karena kejujuran juga aset yang perlu kita jaga sebaik mungkin.

3. Relasi yang baik

Saat kita selalu menjaga kejujuran dalam segala hal, akan ada banyak relasi atau hubungan baik antara sesama pelaku usaha. Akan memiliki networking yang kuat dan besar, sehingga pencitraan baik kita dimata semua orang lebih terbuka lebar. Dengan relasi inilah kita bisa mendapatkan apa yang tidak kita punya yang dapat mengembangkan bisnis kita kedalam urusan yang lebih besar lagi.

Demikianlah beberapa alasan mengapa untuk menggapai sukses butuh kejujuran. Jadi jangan sampai diri kita merasa malu dan canggung untuk selalu berbuat jujur kepada semua orang. Karena kejujuran adalah langkah awal menuju sebuah pencapaian yang luar biasa.

Referensi lain : 10 Kebiasaan dan Sifat Orang Sukses yang Patut Anda Tiru

Jadi saya mengajak kepada kalian semua untuk senantiasa menjunjung tinggi kejujuran dalam segala hal, karena kejujuran inilah yang mampu membuat mereka kalian lebih sukses.

Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jumpa dilain waktu.


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *