Tekno

6 Perkembangan Teknologi Pada Smartphone ini Pasti akan MembuatMu Terpukau

 Smartphone merupakan gabungan dari kata ‘smart’ yang berarti cerdas dan phone yang berarti ‘telepon genggam’. Dengan kata lain perangkat smartphone merupakan sebuah telepon genggam yang cerdas. Sampai saat ini, teknologi pada smartphone semakin berkembang dengan sangat pesat.

Apa yang membedakan smarthphone dengan feature phone?. Jawabannya adalah teknologi dan fitur yang telah disematkan pada smartphone jauh lebih beragam dan lengkap untuk memenuhi kebutuhan kita.

Sedangkan feature phone hanyalah sebuah ponsel yang ditujukan untuk pengoperasian telepon dan olah pesan yang minim dengan teknologi canggih.

Pada era modern saat ini, orang – orang lebih memilih menggunakan smartphone dari pada sebuah feature phone karena berbagai aktivitas yang membutuhkan smartphone untuk memudahkannya.

Bahkan harga dari smartphone dapat dikatakan terjangkau untuk semua kalangan karena para vendor yang bersaing untuk memperoleh konsumen.

6 Perkembangan Teknologi Pada Smartphone yang akan Terus diInovasi

1. Kamera

Perkembangan Teknologi Pada SmartphoneTeknologi Kamera merupakan teknologi yang dapat mengabadikan berbagai momen dalam bentuk foto atau video yang sudah ada sejak tahun 1827.

Teknologi kamera merupakan sebuah teknologi yang memperkenalkan ‘perangkat smartphone’ kepada masyarakat dunia karena dinilai tidak bisa diaplikasikan pada feature phone. Teknologi kamera pada smartphone, umumnya digunakan oleh masyarakat untuk memotret dan berfoto selfie.

Teknologi kamera digital pada smartphone selalu dikembangkan oleh para vendor elektronik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dunia, termasuk aksesorisnya.

Loading...

Berbagai smartphone pada saat ini pada umumnya telah disematkan dua lensa kamera yaitu untuk kamera depan dan kamera belakang.

Kamera depan dari smartphone sendiri dapat digunakan untuk berfoto selfie (memotret diri sendiri), membuat video vlog dan melakukan video call.

Sementara kamera belakang yang menjadi kamera utama dari sebuah smartphone dapat digunakan untuk memotret dan membuat video dengan hasil yang bagus.

Berbagai aktivitas kita pada saat ini mendorong kita untuk menggunakan kamera untuk mengabadikan berbagai momen penting.

Tidak hanya digunakan oleh para pebisnis untuk kepentingan bisnis tetapi anak sekolah sekalipun sudah harus menggunakan kamera seperti memotret tugas sekolah.

Dengan kata lain, hadirnya teknologi pada smartphone tersebut sangat membantu memudahkan berbagai aktivitas manusia.

Sampai saat ini, lensa kamera sudah semakin canggih dengan ukuran megapixel yang cukup besar. Ada juga pihak vendor smartphone yang menyematkan kamera ganda untuk bagian belakang, ada pula yang memasang 4 kamera sekaligus seperti Smartphone Huawei Nova 2S

Bayangkan saja, anda tidak perlu membawa sebuah kamera DSLR yang berat atau bahkan kamera digital yang lebih tebal dibandingkan smartphone.

Selain digunakan untuk mengabadikan momen, kamera di smartphone juga dapat digunakan untuk menjalankan teknologi Augmented Reality.

Teknologi tersebut menggabungkan antara objek nyata dan maya yang dapat dilihat dengan menggunakan kamera pada smartphone.

2. Gyroscope dan Virtual Reality

Teknologi Pada Smartphone
via Phys

Apakah anda sudah pernah mendengar kata ‘Virtual Reality’ ?.

Mungkin bagi anda yang melek terhadap teknologi sudah tidak asing lagi dengan teknologi yang satu ini dan bagi yang belum tahu tentang teknologi ini memang tidak salah karena ‘Virtual Relaity’ merupakan teknologi baru.

Teknologi ini dapat mengubah lingkungan nyata menjadi virtual atau maya. Sehingga jika kita menggunakan teknologi ‘VR’ maka kita seolah-olah berada ditempat tersebut.

Teknologi Virtual Reality mulai banyak digunakan aplikasi, game dan bahkan film untuk kepentingan konsumen dunia. Sebuah smartphone dapat menggunakan teknologi Virtual Reality karena adanya peran sensor Gyroscope yang telah disematkan.

Teknologi Sensor Gyroscope merupakan sensor yang ditanamkan pada smartphone untuk mengenali pergerakan pada ponsel. Sensor Gyroscope sendiri memang memiliki basis yang sama dengan teknologi Accelerometer.

Akan tetapi Gyroscope dapat mengenali pergerakan smartphone secara menyeluruh, sementara sensor accelerometer hanya berdasarkan arah gravitasi bumi.

Dengan adanya teknologi pada smartphone tersebut, anda dapat melihat dunia maya secara nyata dengan bantuan teknologi Virtual Reality.

Sebagai catatan tidak semua smartphone telah mengusung sensor Gyroscope, jadi anda haruslah selektif dalam membeli smartphone.

3. NFC

Teknologi Pada Smartphone
via engadget

Smartphone dan dompet merupakan dua barang penting yang selalu kita bawa saat berpergian. Pasti beberapa dari kita sering ketinggalan dompet dan menjadi jengkel karena dapat mengganggu aktivitas kita sehari – hari.

Sekarang  anda dapat menjadikan smartphone kesayangan menjadi dompet sekaligus. Bayangkan saja, anda dapat membayar segala transaksi anda secara mudah tanpa harus membawa dompet atau bahkan kartu ATM.

Mungkin anda bertanya “Mengapa smartphone bisa menjadi dompet ?”

Jawabannya karena adanya teknologi NFC (Near Field Communication) yang telah disematkan pada smartphone anda. Teknologi NFC merupakan teknologi yang dapat berkomunikasi dengan jarak dekat.

Untuk mengoperasikan teknologi tersebut, smartphone dengan alat transaksi haruslah memiliki jarak maksimal 10 cm saja.

Teknologi pada smartphone ini sebenarnya tidak hanya untuk melakukan pembayaran saja. Anda juga dapat gunakan untuk berbagi media seperti musik, foto, video dan file.

Anda tidak perlu lagi repot untuk membawa dompet yang berisi uang tunai dan kartu ATM berkat teknologi NFC.

4. Teknologi Finger Print dan sistem biometrik lainnya

Teknologi Pada Smartphone
via RSInews

Ponsel merupakan sebuah perangkat komunikasi yang memiliki banyak informasi atau bahkan data pribadi yang tidak boleh diketahui orang lain. Oleh sebab itu, pada sebuah ponsel diberikan fitur pengaman.

Kebanyakan pengguna smartphone menggunakan pengamanan jenis pola dan sandi, akan tetapi beberapa tahun silam hadirlah teknologi Finger Print untuk memenuhi dorongan kebutuhan pengguna smartphone dunia.

Finger Print dinilai lebih efisien karena dapat membuka smartphone hanya dengan sentuhan jari saja, dan tentu lebih cepat dibandingkan harus mengetik sandi pengaman.

Tidak hanya lebih menghemat waktu untuk membuka pengaman, smartphone anda juga tidak dapat diakses oleh orang lain. Sebab teknologi pada smartphone ini hanya mengenali satu jenis jari untuk membuka smartphone kesayangan anda.

Dan anda tidak perlu khawatir jika seandainya smartphone anda ketinggalan karena teknologi pengaman fingerprint bisa digunakan bersamaan dengan pengaman lainnya seperti sandi atau pola.

Sampai saat ini, teknologi pada smartphone berupa sistem biometrik ini sudah sampai pada tahap struktur pengenalan Wajah Atau Face ID.

Sensor ini sendiri menggunakan kamera khusus yang dimana betugas memindai wajah penggunanya untuk proses autentifikasi.

5. Speech Recognition dan Virtual Asistant

teknologi pada smartphone
Cortana via Digital Trends

Teknologi speech recognition memungkinkan smartphone dapat menjalankan operasi sesuai dengan perintah berupa suara dari sang pengguna. Kehadiran teknologi virtual assistant adalah sebagai penghubung antara smartphone dengan sang pengguna.

Pelopor teknologi ini sebenarnya adalah Apple dengan teknologi bernama Siri yang terpadat pada Iphone series. Tidak ketinggalan, pihak Microsoft juga memiliki virtual assistent yang diklaim lebih cerdas dibandingkna Siri yaitu Cortana yang sudah disematkan pada perangkat windows.

Dan yang paling populer di Indonesia adalah Google Now, teknologi speech recognition pada Google Now lebih banyak digandrungi di Indonesia karena sudah mendukung bahasa Indonesia.

Dengan teknologi tersebut, anda dapat memberikan perintah apapun kepada smartphone dan virtual assistent akan melakukan operasinya.

Sebagai contoh, anda dapat memerintahkan untuk mengatur jadwal kerja, mencari restoran terdekat dan bahkan menghidupkan musik.

Teknologi pada smartphone tersebut selalu mendapatkan pengembangan dari pihak vendor untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Terbaru Google Assistant Akan Bisa Diajak Ngobrol dengan Bahasa Indonesia

Tidak hanya dapat menjalankan perintah yang penting saja, virtual asisstent juga dapat memberikan hiburan kepada anda seperti bernyanyi, mengatakan sebuah lelucon atau bahkan memutarkan video kesukaan anda.

6. Artifical Intelegence (AI)

Teknologi pada smartphone terbaru saat ini adalah Artifical Intelegence atau sering disebut teknologi AI yang merupakan sebuah teknologi kecerdasan buatan.

Beberapa smartphone kekinian yang sudah mengadopsi teknologi ini adalah Google Pixel, Huwai Mate, iPhone XSamsung S8, dan lainnya.

AI merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan memanfaatkan mesin, yang digunakan untuk memecahkan masalah yang rumit dengan cara lebih manusiawi.

Biasanya algoritma komputer akan diperkenalkan dengan contoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan manusia, untuk kemudian komputer tersebut menirunya.

Anda bisa baca disini : Beberapa Manfaat teknologi AI pada Smartphone

Setidaknya sampai tulisan ini diterbitkan, teknologi Artifical Intelegence ini sudah di adopsi ke smartphone.

Di masa yang akan datang, teknologi pada smartphone apa lagi yang akan di inovasi?



Loading...

Baca selengkapnya

I am a blogger, filmmaker, youtuber and karateka.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *