Tempat Wisata di Banjarnegara

14 Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Rekomended untuk liburan Bersama Keluarga

Tempat Wisata di Banjarnegara – Kabupaten Banjarnegara termasuk dalam daerah Provinsi Jawa Tengah dimana lokasinya berdampingan langsung dengan Kab. Banyumas di barat, Kab. Wonosobo di Timur dan Kab. Purbalingga di Utara.

Selain karena minuman khas Banjarnegara yaitu ‘Dawet Ayu’, ternyata kapubaten ini juga memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang menarik tentu saja karena adanya dataran tinggi Dieng.

Banyak yang menduga bahwa Dieng hanya berada di Wonosobo saja, padahal kenyataannya tidak. Objek wisata Dieng ternyata masuk ke dalam dua kabupaten yaitu Kabupaten Banjarnegara untuk Dieng Kulon dan Kabapaten Wonosobo untuk Dieng Wetan.

Selain Dieng, ada juga spot menarik lainnya yang bisa dikunjungi wisatawan. Kultur budaya ‘ngapak’ juga turut memeriahkan perjalananmu ke Banjarnegara, jadi kesannya benar-benar unik.

Tempat Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah

Nah, berikut adalah beberapa tempat wisata di Banjarnegara yang bisa kamu coba saat liburan nanti:

1. Curug Mrawu Banjarnegara

Tempat Wisata di Banjarnegara - Curug Mrawu

Yang pertama, ada objek wisata Curug Mrawu. Curug ini cocok sekali bagi pecinta tracking, karena untuk sampai ke wisata ini kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Meskipun begitu, rasa lelahmu akan tergantikan dengan pesona alam yang sangat asri. Tentu, ini bisa menjadi penghilang penat yang cukup ampuh.

Loading...

Angin sepoi-sepoi ditemani ceprikan curug juga akan menambah hawa yang menyejukkan. Di samping curug ini, ada juga Curug Genting yang memiliki pesona dan karakteristik tersendiri.

Berhubung lokasinya jauh dari pemukiman, wisata ini juga menjadi tempat yang sangat cocok untuk merefresh otak. Kalau kamu tertarik, silahkan datang langsung ke Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara.

2. Curug Pundung Sewu Banjarnegara

Tempat Wisata di Banjarnegara - Curug Pundung Sewu
Curug Pundung Sewu via TelukLove

Meski belum setenar wisata lainnya, Curug Pundung Sewu nampaknya bisa kamu jadikan referensi untuk berlibur bersama teman-temanmu. Suasana di sini benar-benar asli dan belum terjamah oleh yang lainnya.

Suasa tenang dan syahdu bisa kamu rasakan di curug ini, hawanya juga benar-benar sejuk. Tertarik datang ke Curug Pundung Sewu? Yuk datang saja ke Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara.

3. Curug Sikopel

Tempat Wisata di Banjarnegara - Curug Sikopel
Curug Sikopel via Java-promo.com

Di banding curug lainnya, Curug Sikopel punya daya tarik tersendiri. Selain karena pesonanya yang cukup indah, ternyata curug ini memiliki mitos yang beredar di masyarakat.

Menurut kepercayaan warga setempat, kalau mandi di Curug Sikopel bisa membuat awet muda. Hal ini yang mungkin menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan ketika berkunjung ke wisata ini di Banjarnegara.

“Namun kalau kita umat Islam, kita tidak boleh memercayai hal ini. Karena mungkin saja itu akan membuat kita jauh dari kebenaran yang sudah Allah berikan. “

Nah, wisata Curug Sikopel ini bisa kamu singgahi di Desa Babadan, Kecamatan Pagetan, Kabupaten Banjarnegara.

4. Curug Pitu Banjarnegara

Tempat Wisata di Banjarnegara - Curug Pitu
Curug Pitu via KSMTour.com

Ini nih curug yang paling MONCER di banding curug lainnya di Banjarnegara. Sebagai destinasi wisata, Curug Pitu mungkin menjadi salah satu tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi wisatawan ketika sedang berada di Banjarnegara.

Kalau kamu ingin berlibur di objek wisata ini, silahkan datang saja ke Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara.

Sesuai namanya “Curug Pitu”, air terjun ini memiliki 7 aliran air yang mengucur dari atas. Ada 7 tingkatan curug dimana kamu bisa melewatinya menggunakan tangga yang sudah disediakan oleh pengelola.

Kalau kamu suka basah-basahan, maka objek wisata ini sangat kami rekomendasikan.

5. Telaga Merdada Banjarnegara

Tempat Wisata di Banjarnegara - Telaga Merdada
Telaga Merdada via zonalibur.com

Berada di Dieng Banjarnegara, Telaga Merdada menyuguhkan pesona alam yang cukup menarik. Mirip seperti kaldera bekas gunung berapi yang kemudian tergenang dengan air.

Kabarnya, Telaga Merdada ini merupakan telaga yang paling luas di kawasan Dieng. Kalau kamu penasaran dan ingin singgah ke sini, silahkan berkunjung ke Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

6. Telaga Dringo

Tempat Wisata di Banjarnegara - Telaga Dringo
Telaga Dringo via Halodieng.com

Kalau Telaga Merdada merupakan telaga terluas di kawasan dieng. maka objek wisata Telaga Dringo merupakan yang tertinggi di kawasan daratan Dieng.

Banyak juga yang mengatakan bahwa telaga Dringo ini merupakan Ranukumbolo-nya Jawa Tengah. Karena pada dasarnya, sangat indah bung!

Namanya juga dataran tinggi, kamu tentu harus tracking terlebih dahulu. Sekiranya kamu membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke wisata ini. Namun tenang saja, wisata ini akan sangat menyenangkan untuk dinikmati karena panoramanya yang eksotis.

Telaga Dringo ini berada di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Sebenarnya, telaga ini letaknya tidak jauh dari Kawah Candradimuka. Jadi, kamu bisa mengunjungi 2 tempat sekaligus dengan mudahnya.

7. Waduk Mrica Banjarnegara

Di sini, Anda bisa melihat hamaparan permukaan air yang bagitu luas membentang. Waduk ini membendung Sungai Serayu untuk berbagai keperluan masyarakat dengan tembok yang begitu besar. Kabarnya, waduk Mrica juga digunakan sebagai pemasok listrik untuk Jawa dan Bali.

Buat yang ingin berkunjung ke sini, silahkan datang langsung ke Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara.

Ada berbagai fasilitas ditawarkan pengelola. Wisatawan bisa menaiki perahu, memancing hingga main golf.

8. Tampo Mas

Tempat Wisata di Banjarnegara - Tampo Mas
Tampo Mas via blog.umy.ac.id

Di objek Tampo Mas, kamu bisa mencari spot foto yang instragammable untuk background yang penuh dengan nuansa alam.

Dulunya, Tampo Mas ini merupakan sebuah gunung yang bernama “Gunung Tampo Mas”. Namun karena pembangunan Waduk Mrica, gunung ini akhirnya dihancurkan.

Nah, bekas reruntuhan dari gunung inilah yang membuat daya tarik tersendiri. Suasananya begitu anti-mainstream, apalagi bagian tekstur tebingnya yang begitu indah.

Selain wisata Tampo Mas itu sendiri, ada juga waduk yang berada di tengah-tengah bukit sehingga melengkapi keindahan tempat wisata di Banjarnegara ini.

Tampo Mas sendiri berada di Desa Masaran, Kecamatan Padegongan, Kabupaten Banjarnegara. Silahkan datang saja ke sini kalau kamu sedang berkunjung ke Banjarnegara, lumayan loh pemandangannya.

9. Arum Jeram Sungai Serayu

Selain wisata yang indah dan menawan, Banjarnegara juga menawarkan wisata yang memacu adrenalin. Salah satunya yaitu Arum Jeram Sungai Serayu yang berlokasi di Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara.

Wisata air ini tentunya cukup menarik karena kamu bisa menikmati pesona alam di sekeliling sungai sembari menyusuri lika-liku sungai.  Sehabis itu, kamu juga bisa bersantai dengan jajanan kuliner khas Banjarnegara.

10. Gunung Lanang

Tempat Wisata di Banjarnegara - Gunung Lanang
Gunung Lanang via tempatwisatakeluarga.com

Pemberian nama lanang (dalam Bahasa Indonesia, laki-laki) karena gunung ini memiliki bentuk yang menyerupai kelamin kaum adam jika dilihat dari kejauhan.

Selain indah, gunung ini juga disinyalir memiliki kesakralan tertentu sehingga orang-orang penganut animisme-dinamisme sering bertapa di sana. Banyak sesaji-sesaji yang ada di gunung ini, jadi wisatawan perlu berhati-hati dalam berkata maupun bersikap.

Berdoa juga kepada Allah supaya diberi kelancaran dalam perjalanan sehingga tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Kamu bisa singgah ke Gunung Lanang ini di Desa Masaran, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara.

11. Museum Kaliasa Dieng

Kalau kamu ingin berlibur sembari mencari ilmu, maka kamu bisa mengunjungi Museum kaliasa yang berada di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Museum ini memang masih baru di Banjarnegara, karena baru saja diresmikan pada 28 Juli 2008 yang lalu.

Pemberian nama Kaliasa karena merupakan tempat tinggal dari Dewa Syiwa. Di sini, kamu bisa melihat berbagai koleksi historis seperti warisan arkeologis, artefak, keterangan mengenai flora & fauna serta masih banyak lagi yang lainnya.

12. Anglir Mendung Banjarnegara

Anglir mendung merupakan tempat wisata di Banjarnegara yang menyuguhkan pesona alam yang begitu alami, kamu akan menikmati objek wisata ini diantara hutan lindung yang lebat.

Pemandangan hijau ditambah hawa sejuk khas pegunungan menjadi karakteristik objek wisata ini. Kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas seperti kolam renang dan taman sebagai tempat bermain.

Kalau kamu suka camping, ada juga bumi perkemahan dengan kapasitas sekitar 200 tenda. Komplit pokoknya.

Tertarik datang ke sini? Silahkan singgah ke Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara

13. Objek Wisata Kebun Binatang Serulingmas

Wisata Taman dan Kebun Binatang Serulingmas Banjarnegara berlokasi di Jalan Selamanik, Kutabanjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Objek wisata ini merupakan salah satu yang cukup ramai dikunjungi wisatawan, baik itu pada hari biasa maupun hari liburan.

Di Serulingmas, kamu bisa menikmati pemandangan yang asri sembari melihat aneka satwa di kebun binatang ini. Kalau kamu dan anggota keluargamu bingung mau liburan kemana, mungkin wisata ini bisa menjadi rekomedasi yang terbaik untuk kamu singgahi.

14. Surya Yudha Park Banjarnegara

Tempat Wisata di Banjarnegara - Surya Yudha Park
Surya Yudha Park via banjarnegarajaya.blogspot.com

Selain wisata air arum jeram, kamu juga bisa menikmati waterboom di Surya Yudha Park Banjarnegara. Di sini, banyak sekali wahana air yang bisa kamu coba dengan keluarga dan sahabatmu. Bisa dibilang, objek wisata air ini merupakan yang terlengkap di Banjarnegara.

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap seperti hotel berbintang, rafting, wisata outbound dan arena untuk olahraga.

Tentunya, hal ini sangat asyik untuk memeriahkan liburan bersama keluarga. Oh iya, ada satu lagi yang menarik.

Kalau kamu ingin berfoto dengan maskot Amerika dan Singapura, di Surya Yudha Park ini juga ada. Kamu bisa berofot dengan patung liberty dan merlion yang berdiri berdampingan.

Wisata Surya Yudha Park sendiri berada di Jalan Raya Karang Kobar KM.1, Desa Rejasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara.

Peta Kabupaten Banjarnegara

tempat wisata di banjarnegara

Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Banjarnegara yang ingin kami sampaikan. Namun setidaknya, beberapa wisata di atas sudah cukup membantumu untuk menemukan referensi liburan di Banjarnegara.

Kesimpulannya, tempat wisata di Banjarnegara memang tidak kalah indahnya dengan tempat wisata di daerah lainnya. Kalau tidak percaya, silahkan bandingkan sendiri dengan membaca referensi wisata lainnya berikut ini:

Selamat berlibur!



Loading...

Bagikan

Mr.R

Penulis

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Komentar

    Mayuf

    ( - 02:13)

    Wah banyak juga ya, boleh juga nih buat daftar kalo lagi liburan 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *