Internet

Tempat Wisata di Karanganyar, Pesona Alam Perbatasan Jawa tengah

Karanganyar adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Karanganyar itu terkenal dengan nama “Kota Jemani” karena disini merupakan penghasil jemani yang berkualitas bagus pada jaman dahulu. Sampai sekarang komoditas utama di Karanganyar yaitu tanaman dan sayur-sayuran. Selain itu terdapat pula tempat wisata di Karanganyar yang menjadi favorit.

Lokasi Karanganyar sendiri yaitu sekitar 14 km di sebelah timur Kota Surakarta. Ngomongin soal Karanganyar, kita tak bisa lepas dari yang namanya kecamatan Tawangmangu. Tawangmangu adalah sebuah kecamatan yang paling terkenal yang ada di Karanganyar.

Selain udara yang sejuk dan berada di dekat lereng Gunung Lawu, Tawangmangu mempunyai banyak sekali yang namanya tempat wisata. Banyak sekali wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke Karanganyar khususnya Tawangmangu.

Untuk mengisi waktu libur anda, tak ada salahnya anda berkunjung ke Tawangmangu. Berikut ini tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di Karanganyar :

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Tempat Wisata di Karanganyar

Inilah tempat yang pertama kali anda harus kunjungi yaitu Grojogan Sewu. Grojogan Sewu adalah tempat wisata di Karanganyar yang menawaran indahnya air terjun pegunungan. Oh ya, grojogan itu berarti air terjun. Letak Grojogan Sewu sendiri berada di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar atau berada di lereng Gunung Lawu.

Grojogan Sewu merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu dan  berada kurang lebih 27 km dari timur Kota Karanganyar. Lokasi yang strategis, berada di hutan wisata, dan udaranya yang sejuk menyebabkan lokasi ini banyak dinikmati oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Hal yang menarik ketika berkunjung ke tempat wisata di Karanganyar ini adalah jika anda datang ke Grojogan Sewu yaitu banyak sekali kera-kera yang liar dan berkeliaran yang berada di Grojogan Sewu. Tetapi anda tidak usah khawatir, hal ini dilakukan untuk menambah kesan alami yang dimiliki oleh Tawangmangu sendiri.

Hati-hati dengan tas, plastik atau barang bawaan anda yang bisa mengundang para kera untuk menyerobot / mengambil barang bawaan anda karena kera-kera yang ada disana sangat suka dengan hal itu.

Dan hal lain yang menarik dari sana yaitu jarak tempuh perjalanan untuk melihat air terjun Grojogan Sewu. Anda harus menaiki anak tagga yang jumlahnya tidak sedikit yaitu sekitar 1.250 anak tangga. Cukup banyak bukan? Namun rasa capek dan lelah anda akan terbayar dengan pemandangan yang sangat indah yang ada di tempat wisata Grojogan Sewu.

Selain air terjunnya, hutan wisata Grojogan Sewu juga tidak kalah kerennya. Hutan yang memiliki luas sekitar 20 Ha ini banyak ditumbuhi jenis pohon hutan dan banyak dihuni oleh sekelompok kera jinak. Di sekitar Tawangmangu, ada tempat wisata di Karanganyar juga terdapat Air terjun yaitu Air Terjun Jumog dan Air Terjun Pringgodani yang tidak kalah indahnya.

2. Gunung Lawu

Tempat Wisata di Karanganyar
Pendakian gunung lawu via http://jalan2men.com

Jika anda seorang traveler dan suka mendaki gunung, tak ada salahnya untuk mencoba mendaki gunung yang satu ini. Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 meter dpl. Gunung ini terletak di 3 kabupaten sekaligus, yaitu Kab. Karanganyar, Kab. Ngawi, dan Kab. Magetan yang merupakan perbatasan jawa tengah dan jawa timur.

Banyak sekali orang yang sering menaiki gunung ini. Selain kita bisa menikmati alam yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, kita juga bisa menaiki gunung ini tanpa rasa khawatir karena gunung ini sampai saat ini masih berstatus gunung api yang sedang istirahat. Jadi, sangat cocok bagi pemula untuk menaiki gunung lawu ini.

Puncaknya sendiri ada 3 , yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumilah dan Hargo Dumiling. Puncak yang tertingginya yaitu Hargo Dumilah. Setiap malam 1 Sura  banyak orang berziarah dengan mendaki hingga ke puncak gunung lawu ini.

Ada hal unik yang ada di Gunung Lawu ini, yaitu ada tempat orang yang tinggal dan berjualan dibawah puncak yang ada di Gunung Lawu. Dan tidak jarang juga, pendaki yang beristirahat di rumah tersebut.

Tempat wisata di karanganyar ini menyuguhkan alam nan indah

Ada 3 juga jalur pendakian yang standar bagi pendaki yaitu Cemorokandang, Cemoro Sewu, dan satu lagi yang jarang dilewati oleh pendaki yaitu jalur Cetho. Jalur ini memang sangat jarang dilewati bagi orang yang ingin mendaki gunung lawu ini karena didalam track nya ada banyak tempat / jalur yang misterius, salah satunya yaitu Pasar Setan.

Memang dinamakan hal itu karena banyak pendaki yang sering mendengar kegiatan tranksasi jual beli padahal tidak ada orang yang melakukannya. Bagaikan pasar yang ada di daerah-daerah. Setiap orang yang ingin menaiki gunung lawu ini , harus menjaga perbuatannya maupun lisannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Candi Cetho dan Candi Sukuh

Tempat Wisata di Karanganyar
Candi Cetho via http://hellosemarang.com

Selain tempat-tempat dengan pemandangan yang indah, tempat-tempat religius yang ada di Tawangmangu pun juga ada diantaranya yaitu Candi Cetho dan Candi Sukuh. Keduanya merupakan peninggalan Agama Hindu di Indonesia yang masih ada hingga sekarang.

Banyak sekali warga asing yang sering menuju ke candi ini. Dan menurut sejarah sendiri, Cetho merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. WOW!! Keunikan dari candi cetho sendiri yaitu terdapat patung yang berbentuk alat kelamin laki-laki.

Lahan yang ada di sana juga adalah lahan yang berbentuk berundak dan memiliki teras yang masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Tak jauh dari Cetho, terdapat Candi Sukuh. Hampir sama dengan Candi Cetho dan memiliki patung yang tidak lazim. Struktur bangunannya pun tidak sama dengan umumnya bangunan candi yang ada di Indonesia.

Tempat Wisata di Karanganyar ini menurut banyak orang, strukut bangunan candi ini lebih mirip dengan bangunan suku Maya di Meksiko atau suku Inca di Peru

Keduanya jugas sering digunakan untuk tempat pertapaan bagi orang Asli Jawa.  Tak kalah hebatnya bukan? Silahkan anda berkunjung jika mempunyai waktu luang.

4. Perkebunan Teh Kemuning

Tempat Wisata di Karanganyar
Perkebunan Teh Kemuning via http://anjanglestary.blogspot.com

Perkebunan teh ini berada di lereng Gunung Lawu juga. Perkebunan yang menyuguhkan tanaman teh dan udara yang sejuk, dingin, dan segar ini terletak tepatnya di Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Disini anda disuguhkan dengan hamparan tanaman-tanaman teh yang sangat indah dan panjang.

Dan jika anda beruntung, anda bisa melihat para petani tanaman teh yang biasanya di dominasi oleh kaum perempuan ini memetik langsung teh-teh yang siap di gunakan oleh masyarakat umum.

Mereka terlihat bekerja dengan keras dan sangat sabar dalam menjalani profesi ini

Dan tidak kalah pentingnya, mereka sangat ramah kepada pengunjung yang ingin bertanya-tanya ataupun hanya berbincang-bincang semata. Disini banyak sekali tempat yang berjualan minuman teh khas dari perkebunan yang ada disana dan banyak sekali homestay yang disiapkan bagi para pengunjung yang ingin beristirahat.

Salah satu tempat yang paling terkenal yaitu Rumah Teh Ndoro Dongker. Disini terdapat banyak jenis teh yang disediakan bagi para penikmat teh. Ditemani dengan indahnya alam sekitar, membuat rumah teh ini sangat digemari para pengunjung ketika berada di sana.

5. Sekipan

Tempat Wisata di Karanganyar
Sekipan camp via http://instajogja.com

Tempat wisata di karanganyar lainnya yaitu Sekipan. Memang belum cukup terkenal untuk tempat yang satu ini. Ini merupakan tempat yang biasanya digunakan untuk camping orang-orang yang sejuk dan segar udaranya.

Jadi Sekipan ini berupa bumi perkemahan ditujukan bagi para siswa, mahasiswa, sampe keluarga yang ingin melakukan kegiatan. Sekipan dibuka secara resmi pada tahun 2015 dan dibuka oleh seseorang yang bernama Joko Sutrisno.

Disini ada banyak fasilitas yang bisa digunakan oleh para pengunjung tempat wisata di Karanganyar ini diantaranya :

  • Waterboom

Wahana ini bisa dibilang waterboom mini karena luasnya yang lumayan kecil dan kolam yang dangkal diperuntukkan untuk anak-anak. Ada juga kolam renang yang mempunyai kedalaman 1 m. Disini juga ada perosotan, air tumpah, dll. Siapkan diri anda, karena jika anda ingin berenang disini, air nya cukup dingin. Maklum, tempat ini berada di daerah pegunungan.

  • Taman

Taman ini terdapat gazebo-gazebo yang pastinya digunakan untuk tempat nongkrong dan bercerita disaat kita berada disana. Dan bisa juga digunakan untuk istrahat sesudah melakukan aktivitas / kegiatan.

  • Rumah Makan

Sesuai dengan namanya, tempat ini digunakan untuk makan, hehe. Tempat ini terdapat joglo dan tempat lesehan yang cukup besar di dekat kolam ikan. Menunya sangat bervariasi mulai dari ikan, lele, cumi, ayam, makanan kecil dan lain-lain.

  • Villa, Hotel dan Musholla

Bagi pengunjung Sekipan yang ingin menginap, disediakan villa dan hotel oleh pihak pengelola. Villa yang disediakan cukup bervariasi dan isi dari villa sendiri seperti isi dari villa pada umumnya yakni terdapat wifi/hotspot, meja, kamar dan lain sebagainya. Dan juga tersedia tempat yang bisa digunakan untuk orang banyak seperti untuk arisan, berkumpul keluarga besar dan masih banyak yang lainnya

  • Outbound Area

Luas dari tempat outbound sendiri kurang lebih sekitar 3000 meter. Hal yang menarik dari sini yaitu ada outbound yang bernuansa islami seperti miniatur Ka’bah, tempat untuk lempar jumrah / jamarot, Tempat untuk Sa’i, dan Kain Ikhrom. Fasilitas yang disediakan lainnya yaitu tanah lapang, kolam renang, jembatan goyang, flying fox, trampolin dan masih banyak yang seru lainnya

Selain itu disediakan juga tempat parkir yang cukup luas. Semakin lama, tempat ini menjelma menjadi tempat wisata di Karanganyar yang sering dicari oleh wisatawan / pengujung. Anda kapan???

6. Wisata Goasari Ngargoyoso

Tempat Wisata di Karanganyar
Turbing ngargoyoso via http://senatahadventure.blogspot.com

Tempat Wisata di Karanganyar ini menawarkan wahana “Tubing”. Mungkin anda bertanya tanya apakah itu Tubing? River Tubing atau yang sering dinamakan Tubing ini adalah aktivitas menyusuri sungai-sungai yang ada di sekitar dengan menggunakan ban.

Jika anda sering bermain rafting, maka hal ini hampir sama dengan rafting, tetapi bedanya ini menggunakan ban. Peralatan yang digunakan hampir sama dengan ketika kita bermain rafting.

Sesuai namanya, Tubing ini terletak di Ngargoyoso, Karanganyar. Wisatawan yang kesini semakin lama semakin banyak. Walaupun tak seindah rafting, tetapi air yang ditawarkan di wisata ini berbeda yaitu air yang dingin khas pegunungan.

Dan medannya saat kita bermain tubing ini sangat beragam, tetapi kebanyakan yaitu bebatuan khas pegunungan. Sangat cocok bukan untuk tempat refreshing bersama keluarga / teman?

7. Taman Ria Balekambang

Tempat Wisata di Karanganyar
Taman Ria Balekambang via https://joglosemar.co

Taman dan tempat wisata di Karanganyar ini biasanya digunakan pengunjung untuk menikmati keindahan yang ada di sekitar Tawangmangu dan bisa digunakan untuk refreshing juga.

Udara yang sejuk dan segar disertai dengan pemandangan yang indah menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung kesini. Fasilitas yang ada disana cukup banyak diantaranya kolam renang, Sanggar Lukis dan ada yang lainnya. Di kawasan Tawangmangu hampir sama dengan yang ada di Puncak Bogor.

Walaupun tak seramai di Bogor tetapi tempat ini menjadi kekayaan alam yang harus dilestarikan. Di akhir pekan, pengunjung yang datang kesini sangat ramai jadi diusahakan ketika kamu ingin mengunjungi tempat ini dalam keadaan sepi, jangan mendatanginya di akhir pekan.

8. Petik Buah Strawberry

Tempat Wisata di Karanganyar

Tempat Wisata lainnya yang cocok untuk anda kunjungi yaitu Buah Strawberry yang berlokasi di Gondosuli,Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Buah berwarna merah dan mempunyai rasa yang khas ini memang tumbuh di dataran tinggi seperti di Tawangmangu.

Disini anda dapat memetik sendiri buah strawberry, nantinya setelah anda memetik lalu dihitung beratnya. Pembayaran dilakukan sesuai berat yang anda petik.

Itulah beberapa tempat wisata di Karanganyar.

Nikmatilah alam ini dan jangan sampai anda merusaknya. Jaga alam ini untuk anak cucu kita nanti. Jika anda ingin mengetahui tempat wisata lainnya yang indah silahkan berkunjung dibawah ini.

Menikmati Indahnya Pesona Alam di Bukittinggi


Loading...
Baca selengkapnya

Nama saya Andryan Sulistyo dan saya masih duduk di kelas 12. Hobi saya yakni Futsal dan Basket

Artikel terkait

3 Comments

    1. ya memang, karena kebanyakan dataran tinggi gan. terima kasih sudah mampir, sering-sering ya gan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close