Ini Dia Tempat Wisata Jambi yang Eksotis Untuk Berfoto Selfie

Tempat Wisata Jambi yang Eksotis. Indonesia sangat kaya tujuan wisata. Dari Pulau Sabang di bagian barat Aceh hingga Raja Ampat di Papua terhampar ribuan objek wisata dengan pemandangan yang cantik dan indah.

Tak ketinggalan Kota Jambi. Walaupun Jambi belum sepopuler kota-kota wisata lain di Indonesia, namun Kota Jambi saat ini telah mempunyai tempat tujuan wisata Jambi yang eksotis dan sangat cantik untuk foto-foto selfie.

Berikut ini adalah tempat wisata Jambi yang eksotis untuk selfie dan wajib dikunjungi :

Jembatan Gentala Arasy

wisata jambi
Jembatan Gentala Arasy senja hari. Foto : dokumen pribadi.

Jembatan Gentala Arasy merupakan jembatan pedestrian (jembatan khusus untuk pejalan kaki) yang menghubungkan pusat kota Jambi dengan wilayah kota yang terletak di seberang Sungai Batanghari (masyarakat Jambi biasa menyebutnya dengan istilah ‘seberang kota Jambi’).

Jembatan Gentala Arasy ini sekaligus tempat wisata Jambi yang eksotis untuk selfie, karena dikhususkan untuk para pejalan kaki dan kendaraan bermotor tidak diijinkan melaluinya.

Jembatan bertiang pancang sepanjang  530 meter dan lebar 4,5 meter ini terletak persis di depan Rumah Dinas Gubernur Jambi.  Bentuknya sangat unik, berkelok menyerupai huruf S.

Di ujung jembatan terdapat museum yang menyimpan benda bersejarah perkembangan Islam di Kota Jambi. Sedangkan di halaman museum tersedia bangku-bangku taman dan tempat duduk yang terlindungi layaknya payung di Mekkah.

Loading...

Jembatan Gentala Arasy bukan jembatan penyeberangan biasa. Jembatan Gentala Arasy merupakan salah satu ikon Kota Jambi yang dibangun untuk mengenang jasa salah seorang Gubernur Jambi yang lahir di tanah seberang Kota Jambi, yakni Abdul Rahman Sayuti yangmenjabat periode pada 1989— 1999.

Sepanjang jembatan, Anda dapat menikmati tiupan angin sungai yang kencang ditimpali aroma khas air Sungai Batanghari. Pemandangan eksotis Jembatan Gentala Arasy muncul di kala senja menjelang sun set (matahari terbenam).

Dengan latar cahaya matahari yang mulai meredup di ujung Sungai Batanghari, sangat indah untuk selfie bersiluet sunset.

Tugu Keris Siginjai

Tugu Keris Siginjai di malam hari. Foto : liptan6.com

Tugu Keris Siginjai merupakan tempat wisata Jambi terbaru yang dibangun oleh Pemerintah Kota Jambi. Sebelumnya, Tugu Keris Siginjai merupakan Tugu Jam atau dikenal dengan Tugu Monas karena memang bentuknya mirip Tugu Monas yang ada di Jakarta.

Perubahan nama dari Tugu Monas menjadi Tugu Keris Siginjai menurut Walikota Jambi, Syarif Pasha, dimaksudkna untuk menghargai perjuangan rakyat Jambi pada masa penjajahan Belanda.

Keris Siginjai sendiri merupakan lambang perjuangan Kesultanan Jambi. Uniknya, keris seberat 900 gram itu terbuat dari tembaga murni dan dikerjakan oleh perajin keris dari Yogyakarta.

Tugu Keris Siginjai terletak di jantung kota Jambi, tepatnya di bundaran Kotabaru persis di depan Kantor Walikota Jambi. Tugu Keris Siginjai ini diresmikan oleh Walikota Jambi tepat pada pergantian malam tahun baru 2018 yang lalu.

Saat malam tiba, diberlakukan car free night, di mana masyarakat bisa bebas berjalan kaki menikmati bundaran Tugu Keris tanpa takut berpapasan dengan kendaraan.

Anda dapat berfoto selfie dengan latar belakang rangkaian lampu cantik yang menghiasi tugu. Selain itu latar belakang taburan lampu gantung warni warna akan membuat Anda serasa mandi kilauan cahaya di malam hari.

Sedangkan hari minggu pagi, Tugu Keris Siginjai menjadi kawasan car free day dan dijadikan arena olah raga gratis bagi masyarakat Jambi. Sepanjang trotoar yang mengelilingi Tugu Keris Siginjai  disediakan alat fitnes yang bisa digunakan oleh masyarakat secara gratis.

Untuk yang hobi berburu kuliner, menjelang sore dan malam hari di kawasan Tugu Keris Siginjai berderet pedagang kaki lima yang menjajakan makanan khas Jambi.

Jembatan Aur Duri-2

wisata jambi
Sun set di Jembatan Aur Duri-2. Foto : dokumen pribadi.

Jembatan Aur Duri-2 terletak sekitar 7 kilometer sebelah timur laut dari Kota Jambi. Jembatan sepanjang 1,4 kilometer ini menghubungkan Kota Jambi dengan Kabupaten Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Timur.

wisata jambi
aboutdunia.blogspot.co.id

Selain itu, Jembatan Aur Duri-2 juga sebagai akses jalan utama menuju Candi Muaro Jambi.

Jembatan ini diresmikan pada tahun 2010 saat pemerintahan Gubernur Zulkifli Nurdin.

Menjelang sore hari, jembatan dengan konstruksi melengkung di atapnya ini menjadi ajang nongkrong anak muda menikmati udara sore dengan aroma air Sungai Batanghari.

Tak ketinggalan juga para pemancing ikan. Sisi pinggir jembatan merupakan tempat yang strategis untuk memancing ikan.

Saat matahari mulai terbenam dan langit cerah, view sunset terlihat sangat eksotis dilatarbelakangi liukan Sungai terpanjang di Sumatera, Sungai Batanghari.

Sangat pas untuk kamu yang hobi selfie dalam bingkai siluet.

Deretan pedagang makanan dan minuman khas Jambi juga siap mengobati rasa lapar dan haus setelah berfoto ria.

Candi Muaro Jambi

Suasana Candi Muaro Jambi. Foto : tribunnews.

Candi Muaro Jambi adalah salah satu tempat wisata Jambi yang eksotis untuk berfoto selfie. Kompleks candi terluas di Asia Tenggara ini terletak di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi.

Perjalanan menuju kompleks candi Buddha ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat sekitar 1 jam dengan jarak kurang lebih 26 kilometer dari Kota Jambi melintasi Jembatan Aur Duri-2.

Luas seluruh kompleks percandian adalah 3.981 ha dengan 82 menapo (reruntuhan bangunan kuno). Namun menapo yang telah dipugar baru sekitar 12 dan dapat dinikmati oleh pengunjung sebagai tujuan wisata.

Di kompleks percandian terhampar tanah lapang, udara terasa segar dengan aroma khas dedaunan yang sangat kental. Untuk mengelilingi 9 candi dengan jarak yang cukup jauh satu sama lain, disediakan penyewaan sepeda. Sehingga Anda dapat menjangkau seluruh kompleks candi.

Kompleks percandian yang dibangun pada masa kerajaan Sriwijaya ini, menaponya tidak terlalu tinggi seperti candi Prambanan atau Borobudur, sehingg naik ke atas candi sangat mudah dilakukan dan merupakan tempat favorit untuk berfoto selfie.

Baca jugaSerba-Serbi Kota Padang Panjang, Serambi Mekkah di Ranah Minang

Nah, setelah mengetahui tempat-tempat eksotis wisata Jambi, atur ulang jadwal traveling Anda dari tempat wisata yang sudah populer dan belokkan ke tempat wisata Jambi yang eksotis dan sarat petualangan. Semoga bermanfaat. (oen).


Loading...

Bagikan

Untari

Penulis

Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dibagikan kepada orang banyak, yang kelak akan dibawa ke akherat. Mari berbagi ilmu melalui tulisan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *