Tempat Wisata Kuliner di Balikpapan

5 Tempat Wisata Kuliner di Balikpapan, yang Sangat Cocok untuk Berbuka Puasa

Tempat Wisata Kuliner di Balikpapan, merupakan suatu hal yang sangat mengasyikkan untuk kita bahas di bulan suci ini. Pasalnya selain memiliki tataletak kotak yang mempesona dan istimewa, Balikpapan juga ternyata memiliki banyak makanan yang sangat mengugah selera, terutama ketika kita menyantapnya saat berbuka puasa bersama keluarga tercinta.

Oleh karena itu jika saat ini sobat ada di Balikpapan, atau punya niat untuk pergi kesana maka 5 tempat wisata kuliner ini sangat sayang kalau tidak dikunjungi.

Masyarakat setempat yang banyak memiliki kreativitas tinggi, menjadikan kota ini memiliki kemampuan untuk menghadirkan hal-hal yang sangat istimewa. Salah satu keistimewaan ini tentu terletak pada tempat wisata kuliner di Balikpapan ini.

Karena ternyata tidak sedikit loh, orang-orang yang telah mengakui kepiawaian masayarakat Balikpapan, dalam memainkan cita rasa yang sangat mantap.

Baca jugaKota dan Tempat Wisata Idaman Populer Terbaik 

Dengan keahlian mereka inilah, akhirnya banyak tercipta jenis santapan yang sangat memajakan lidah. Sobat pasti penasaran kan, ingin mencicipi bagaimana rasanya aneka ragam masakan yang ada di Balikpapan ini? Coba saja berkunjung ke tempat wisata kuliner di Balikpapan berikut ini :

Daftar Tempat Wisata Kuliner di Balikpapan yang Terkenal Kelezatannya

Untuk lebih memudahkan sobat dalam memilih tempat wisata kuliner di Balikpapan, berikut uraian 5 tempat wisata kuliner terlezat tersebut :

1. Kedai Kopi Mantaw

via jalantikus.com

Loading...

Hal biasa memang kedengarannya jika kita menikmati secangkir kopi di sebuah kedai. Namun saat sobat ke kedai kopi Mantaw ini, sobat akan memiliki kesempatan untuk dapat menikmati sepotong rasa kukus ala China yang yang memiliki cita rasa manis.

Hal inilah yang merupakan salah satu keitimewaannya, sebab sobat tak harus jauh-jauh ke China hanya untuk sekedar menikmati makanan ini bukan.

Kedai Kopi Mantaw yang berada di Jalan Sudirman RT.06 Nomor 101, Pasar Baru sobat sudah bisa menikmati makanan tersebut.

Selain memiliki makanan khas China tersebut, di kedai kopi ini juga disediakan berbagai kuliner tradisonal. Contohnya ada soto ayam kampung, bubur ikan, bubur manado, dan bubur samarinda.

Selain itu disediakan pula olahan nasi, seperti nasi hainam, nasi tim ayam, dan nasi sop ayam kampung yang pasti sangat lezat untuk disantap.

Kerennya lagi, semua menu yang ada dijual dengan harga yang murah meriah, jadi tidak akan menguras banyak kantong sobat.

2. Kedai Bubur Ayam Samarinda

via jalantikus.com

Kelihatannya bubur ayam ini terlihat biasa saja. Namun sekali sobat mencicipinya di Kedai Bubur Ayam Samarinda yang ada di Jalan Ahmad Yani, maka cita rasanya akan terus menempel di lidah. Lantas apa bedanya bubur ayam ini dengan bubur ayam lainnya?

Hal yang sangat berkesan pada bubur ayam Samarinda ini adalah pada kuahnya yang seperti soto Lamongan. Selain itu bubur ayam ini juga ditaburi potongan tomat, emping, daun sop, dan daging ayam tentunya.

Selanjutnya dalam akhir sajian ini akan disajikan pula topping bawang goreng, ampela, dan hati ayam yang merupakan salah satu makanan favorit kebanyakan orang.

Usai menikmati sajian ini maka sensai lezatnya akan sukar untuk dilupakan, terutama jika sobat menyantapnya dalam keadaan hangat, terlebih lagi saat berbuka puasa. Waah makin istimewa tentunya.

Pada dasarnya santapan ini banyak di tawarkan di banyak tempat. Namun demikian santapan yang ada di kedai jalan Ahmad Yani lah yang paling diminati konsumen.

Kabarnya rasa dan aroma bubur ayam Samarinda di kedai ini tidak ada yang mampu menandinginnya. Selain itu dari segi harganya pun cukup murah meriah, yaitu hanya dengan uang kurang dari Rp. 30.000,- sobat akan bisa menyantap satu porsi dari menu ini.

3. Depot Simpang Empat

via jalantikus.com

Salah satu tempat wisata kuliner chinese food yang bisa sobat nikmati di kota ini, adalah yang ada di Depot Simpang Empat. Sapi lada hitam dan mantau adalah santapan favorit para pengunjung rumah makan, yang berada di Jalan Letjen Soeprapto Nomor 6, Kebun Sayur, Kota Balikpapan ini.

Bagi sobat yang belum pernah menikmati daging menjangan, di tempat ini menyediakan santapan daging tersebut yang sudah diracik dengan berbagai olahan.

Selain kuliner chinese food, di tempat ini disediakan pula makanan khas Thailand tom yam dengan kuah bening. Sekilas makanan ini memang mirip sekali dengan kuah Soto Banjar.

Namun saat sudah mencicipinya sobat baru akan sadar ternyata makanan ini memiliki rasa yang berbeda, terutama dari segi pedas dan lebih kecutnya.

4. Depot Cendrawasih

Tempat wisata kuliner di Balikpapan

Depot Cendrawasih berada di pinggir jalan raya yang berada di Gunung Malang. Kelezatan makanan yang disediakan di tempat ini, telah membuat banyak orang kepincut untuk dapat mengunjunginya.

Selain kelezatan masakannya, harganya yang murah meriahpun merupakan alasan yang cukup kuat. Sebab hanya dengan Rp. 17.000,- saja sobat sudah dapat menikmati satu porsi kuliner di warung ini.

Adapun menu yang menjadi andalan dari Depot Cendrawasih ini adalah soto khas Banjar dan Es Kacang merah yang sangat menyegarkan saat disantap ketika berbuka puasa.

Selain itu ada pula berbagai macam kue lezat, seperti pia Cendrawasih yang memiliki isi yang berbeda-beda, seperti keju, kumbu hitam dan kacang hijau.

5. Kedai Kopi Nam Min

tempat wisata kuliner di Balikpapan

Kedai Kopi Nam Min, merupakan tempat wisata kuliner di Balikpapan yang sangat legendaris. Kedai ini memiliki umur lebih dari 59 tahun, terhitung sejak didirikan pertama kalinya pada tahun 1958.

Awal mulanya lokasi kedai ini hanya ada di kawasan Pasar Pandan Sari, Kota Balikpapan. Namun dengan berjalannya waktu, kedai inipun akhirnya telah membuka cabang di belakang Kebun Sayur.

Meskipun berada di tempat yang berbeda, kekhasan rasa kopi yang dimilikinya tidak mengalami pengurangan sedikitpun.

Meskipun rasanya sangat enak dan legendaris, namun harga yang ditawarkannya sangat terjangkau dikantong kita semua. Sebab hanya dengan mengeluarkan uang Rp. 7.000,- saja, sobat sudah bisa menikmati hangatnya secangkir kopi.

Di tempat ini, umumnya sembari menikmati kopi, pengunjung juga akan ditemani dengan santapan kue pia rasa kacang hijau, dan roti sirkaya.

Nah itulah sobat tempat wisata kuliner lezat yang ada di Balikpapan. Saran penulis bijaklah saat berbuka puasa, agar tujuan ibadah dan tujuan kesehatan dari puasa, dapat benar-benar kita raih.

Karena sejatinya saat kita puasa, maka selain untuk ibadah, berati kita juga sedang memberi waktu istirahat sistem pencernaan, dalam mengolah makanan.

Oleh karena itu, jangan terburu-buru makan yang banyak saat berbuka. Jangan sampai pencernaan kita yang sedang istirahat tersebut menjadi kaget dengan hal itu.

Jangan lupa cukupi kebutuhan cairan kita dengan meminum banyak air putih. Penuhi kebutuhan serat dengan memakan buah dan sayur.

Untuk meningkatkan pahala ibadah puasa kita, berjuanglah untuk senantiasa melakukan hal-hal yang disunahkan Nabi, tak terkecuali saat berbuka puasa.

Seperti menyegarkan berbuka puasa, berbuka dengan rothb, tamr atau seteguk air, sebelum makan berbuka, mengucap Basmallah agar tambah barokahberdo’a sebelum berbukamemberi makan orang yang berbukadan lainnya.

Semoga berguna kawan

Jangan lupa tingkatkan iman dan taqwa kita di bulan Ramadhan.


Loading...

Bagikan

Penulis

Dede tatang
Dede tatang
خير الناس أنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Putra Kamal Larangan Brebes

Me Visit us :
https://www.duniaelektronik.net/
http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com
https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9A

Berusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).
Dede tatang

Penulis

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *