Tutorial Blog

Tidak Berhasil Menghilangkan Tanggal Posting Blog Dari Mesin Pencari Google?

Cara menyembunyikan atau menghilangkan tanggal posting blog dari hasil pencarian dihalaman google ada yang berhasil dan ada yang tidak, alias gagal. Bahkan blog yang membuat artikel tentang “Cara menyembunyikan tanggal posting”, tanggal serta tahunnya masih terpampang jelas dimesin pencari. Silahkan cek aja di google dengan kata kunci tersebut, atau dengan kata kunci “menghapus tanggal postingan dari google”

Apa ada yang salah tentang artikel itu? Atau mereka belum melakukan praktek sebelumnya? Baiklah, saya tidak akan membahas tentang hal tersebut, tetapi apa fungsi dan manfaat menghilangkan tanggal serta tahun dalam postingan. Apakah tidak melanggar pedoman mutu webmaster?

Sebenarnya pihak google sendiri tidak pernah menyarankan untuk menghilangkan tanggal dan tahun di postingan, bahkan ketika kita berusaha melakukan hal tersebut akan menunjukkan hasil eror ketika kita kembali mengecek template di Structured Data Testing Tool, ataupun dihalaman google webmaster > Structured Data. seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Menghilangkan Tanggal Posting Blog

Hampir semua artikel mengalami missing update, begitu pula jika kita menghilangkan fungsi author, maka yang terjadi dihalaman google webmaster adalah missing author. Apakah yang seperti ini bagus untuk SEO? Mari kita simak uraian selanjutnya.

Kita lupakan sejenak aturan SEO yang kita bicarakan.

Apabila kita melihat semua artikel google, terutama halaman support google, disana tidak pernah mencantumkan tanggal serta tahun artikel tersebut dibuat. Bahkan ketika kita mencari artikel dan kebetulan menemukan halaman support google, semua tanggal dan tahun posting tersebut tidak pernah ada.

Kita bisa ambil contoh lagi halaman Wikipedia, anda juga tidak akan pernah menemukan tanggal, bulan serta tahun dipencarian google yang berkaitan dengan artikel wikipedia (biasanya dengan kata kunci tunggal). Kita akan tau tanggal artikel tersebut dibuat atau diperbaharui pada halaman artikel dibagian paling bawah. Nah, masih bertanya tentang SEO?

Jadi menghilangkan atau menyembunyikan tanggal serta tahun posting blog tidak akan mempengaruhi SEO atau kesehatan situs. Walaupun terlihat banyak eror dihalaman google webmaster (struktur data) dan hal itu tidak akan berpengaruh sama sekali jika kita melakukannya dengan benar.

Bisa anda cek menggunakan Site:https://www.klikmania.net, bahwa sebagian artikel di blog ini tidak menggunakan tanggal posting (sebagian lagi menunggu proses).

Justru artikel akan terlihat SEO, apabila seorang pengunjung melakukan pencarian 2 – 3 tahun yang akan datang, artikel masih terlihat baru karena pengunjung tidak mengetahui atu tidak melihat tanggal serta tahun dalam artikel tersebut. Semakin artikel tersebut banyak dibuka maka kekuatan SERP (Search Engine Results Page) akan terus meningkat.

Cara menyembunyikan tanggal posting dari hasil pencarian google

Mungkin anda pernah coba cara ini, karena sudah banyak teman blogger yang memposting. Jika anda belum berhasil menghilangkan tanggal dan tahun dalam postingan, bisa coba sedikit trik dibawah ini yang sudah saya praktekkan sendiri dan terbukti berhasil.

  • Buka dashboard blogger anda, masuk ke halaman tata letak > blog post.
    Menghilangkan Tanggal Posting Blog
  • Klik bagian edit, dan hilangkan semua centang pada kotak. Seperti gambar dibawah.

Menghilangkan Tanggal Posting Blog

  • Jika sudah selesai, klik simpan.

Akan terlihat eror jika kita langsung mengecek template dihalaman Structured Data Testing Tool, hal ini wajar dan tidak menjadi masalah.

Tunggu sampai halaman eror ini terdeteksi dihalaman goole webmaster (seperti gambar paling atas) biasanya proses ini membutuhkan waktu 2-3 hari, atau bahkan lebih. Cek saja dihalaman google webmaster, sampai terlihat pesan eror tersebut.

Jika sudah muncul pesan eror dihalaman webmaster, maka kembali ke dashboard blogger anda.

Masuk ke halaman tata letak > blog post . centang hanya dibagian

  • Diposkan oleh
  • komentar
  • Lalu klik simpan

Maka untuk posting selanjutnya, tanggal serta tahun akan disembunyikan dari hasil pencarian di google. Untuk posting lama membutuhkan waktu antara 14 hari dan mungkin bisa lebih, jadi harap bersabar saja.

Lantas bagaimana dengan halaman template kita yang eror di Structured Data Testing Tool?

Begitu kita mencentang “Di poskan oleh” maka halaman eror di template akan kembali normal. tetapi dihalaman google webmaster akan tetap terjadi peringatan eror, dan bahkan terus bertambah jika kita menambah posting. tetapi menurut saya itu tidak menjadi masalah. (hanya Warning saja).

Nah, itu pengalaman saya Menghilangkan Tanggal Posting Blog Dari Mesin Pencari Google. Apabila anda belum berhasil, bisa coba menggunakan trik diatas, semoga bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

32 Comments

  1. Hilangin tanggal sama tahun bisa menjadi penarik untuk visitor datang juga walaupun itu artikel lama

  2. Kalau untuk web yang memakai wordpress self host ada caranya? yang tidak pasang plugin kalau bisa.

  3. Bener banget mas dulu postingan saya semuanya kelihatan tanggal publisnya,sempet bingung mau diilangin / enggak akhirnya pas ganti template sekalian di hilangin tanggal nya sampai sekarang baik” aja blognya.

  4. Terima kasih gan atas artikelnya, saya sebenarnya masih ragu tentang penghapusan tgl ini soalnya untuk menghindari pengunjung yang melihahat blog kita kadluarsa, thanks sekali lagi.

  5. Sepertinya kalau untuk website yg update setiap hari bgus ada tanggal postingannya kyk portal berita. Tapi kalau web yg berisi panduan lbih bgus klw dihilangkan. Sy pngen hilangkan tanggalnya Tpi takut berpengaruh di pendaftaran adsensenya. Jdi masih nunggu review. Btw maksih mas infonya ternyata tanggal postingan gk ada pengaruhnya untuk seo.

  6. kalau cara menghilangkan tanggal yang ada di link bagaimana ya seperti website klikmania.net ini pada link diatas tanggal yang default itu tidak ada,

  7. Mas gani, terkait masalah tanggal dalam postingan ini, apakah beresiko penolakan jika sebuah blog baru mendaftar adsense dan menghilangkan tanggal pada postinganya mohon penjelasanya mas

    1. Sebaiknya dalam pengajuan ke Adsense jangan dihilangkan tanggalnya terlebih dulu.
      Sebab diharuskan memasang halaman arsip sebagai syarat pengajuan.

  8. Kalau saya mau kebalikannya mas.. saya mau hari dan tanggalnya muncul…
    Pada bagian edit post sudah saya centang hari dan tanggalnya.. tapi tetap tidak muncul blog..

    Contoh blog yang muncul seperti di website ini mas.. nusanews.com. kira2 bagaimana caranya ya??

    1. Kalau sebelumnya pernah menghilangkan tanggal ..untuk memunculkan kembali butuh waktu juga mas, paling tidak bisa sampai 3 harian.

  9. Bermanfaat sekali mas. Google terkesan tidak konsisten untuk peraturan yg di buat nya. Peraturan pada pedoman mutu webmaster menjadi blunder. Dilema mas jadi nya nih haha

    1. Ya secara logika akan terjadi eror mas Nino, hanya saja tidak akan berpengaruh kok. Soalnya saya sudah membuktikannya sendiri 😀

  10. walaupun dengan menyembunyikan tanggal serta tahun di posting blog, tidak akan mempengaruhi SEO atau kesehatan situs. namun, apakah menurut mas sendiri hal ini baik mas atau tidak menganggangu ? maksudnya dengan tampil pemberitahuan error di webmaster ?!

    1. Justru artikel lebih ke arah evergreen content mas, dibuka kapanpun akan masih terlihat baru. Tidak menjadi soal mas, karena tidak berpengaruh pada peringkat situs.

  11. Ternyata untuk menghilangkan tanggal di SERP Google ini sama hal nya dengan menghilangkan tanggal di postingan dengan melalui menu tata letak. saya kira harus mengedit pada bagian edit html template, ternyata tidak perlu ! makasih mas.

  12. Saya juga tercari tuan gani bagaimana untuk menghilang tarikh dan waktu pada posting saya yang lama dan panduan yang tuan Gani berikan saya akan praktikan dan saya akan info maklumatnya pada tuan nanti….terima kasih tuan gani dan saya susah $$$

    1. Untuk penerapannya bisa seperti pada posting Di atas Tuan Aree, memang tidak bisa secara langsung akan hilang, tetapi butuh proses setidaknya sampai 14 hari.

  13. Waduh bang, kirain kalau dicopot tanggalnya berbahaya gitu. Soalnya takut juga terjadi apa-apa sama blog saya, soalnya dari Google webmaster sendiri menyarankan untuk menggunakan tanggal bulan tahun gitu.

    tapi sekarang ingin saya copot tanggal bulan tahun blog dari pencarian google tapi ga berhasil bang. padahal ceklisnya sudah saya buang.

    Mohon sarannya bang.

    1. Butuh waktu mas @irfan maulana, tidak akan langsung berubah. Paling tidak sampai 14 hari dan mungkin bisa lebih. jadi harap bersabar saja. 😀

  14. Saya pemula dalam blog, tapi saya terus belajar membuat blog yang seo, dan saya banyak menjadikan tulisan2 mas rujukan saya. thanks buat tulisannya mas. Kalo tidak keberatan, sudialah kiranya mas jalan2 di blog saya, pasati banyak yg mas bisa infiormasikan untuk saya benahi. Thanks…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close