in

4 Tips Terbaik agar iPhone Kamu Lebih Fungsional dan Aman

Tips iPhone Terbaik agar iPhone Kamu Lebih Fungsional dan Aman

Tips iPhone Terbaik – Mengenggam iPhone dengan mengikuti tips menggunakan iPhone bisa membuat pengguna mendapatkan banyak manfaat. Selain dipastikan iPhone Mu tetap nyaman untuk keperluan berkomunikasi. Menerapkan beberapa tips iPhone terbaik juga dapat membuat iPhone mu lebih aman dan fungsional.

Bila sebelumnya kamu, khususnya pengguna iPhone sudah mengetahui bagaimana melakukan kalibrasi color profile, mengaktifkan modus Low Power, dan membuat casing dengan desain khas dan unik.

Tips iPhone terbaik dalam postingan kali ini, disajikan untuk kamu pengguna iPhone agar berkirim email lebih mudah. Upgrade iOS dengan benar, serta terhindar dari ancaman virus berbahaya. Penasaran ingin tahu bagaimana caranya ?

Silahkan lanjutkan membaca seluruh tips iPhone terbaik agar iPhone kamu lebih aman dan fungsional dalam postingan ini hingga selesai.

1. Memasukan Banyak Foto Sekaligus ke dalam Email

Beberapa pengguna Apple iPhone khususnya iPhone yang berbasis iOS 10 cukup kesulitan ketika akan mengirim banyak foto melalui email. Bahkan beberapa dari mereka mungkin terpaksa harus mengirimkan banyak email agar semua foto terkirim.

Meski tetap mudah dilakukan, tapi cara tersebut bukanlah cara yang mudah dan terkesan merepotkan pengguna iPhone. Agar kamu dapat memasukan lebih dari satu foto ke dalam email, berikut tiga tips yang bisa dilakukan :

#A Copy Paste

Secara normal, pengguna iPhone dapat mengirim foto melalui email dengan cara mengakses ikon Share yang terpasang pada Aplikasi foto iPhone. Kamu cukup pilih salah satu foto lalu klik Mail yang berada dalam daftar ikon share. Namun jika memilih lebih dari satu foto, maka fitur Mail pada menu share ikon akan menghilang.

Nah, bagi pengguna iPhone iOS 10 yang ingin mengirim banyak foto sekaligus melalui satu email. Kamu bisa melakukan copy paste semua foto yang ingin dikirim ke kolom email.

Tips : Anda pilih terlebih dahulu foto-foto yang akan dikirimkan yang berada di dalam Aplikasi foto iPhone mu. Lalu scroll ke bawah untuk menemukan tap Copy, lalu klik Copy.

Selanjutnya buka aplikasi Mail pada iPhonemu, lalu paste file copy yang berada dalam clipboard ke kolom atau badan email.

Atau kamu bisa juga melakukan penekanan ke layar dibagian kolom email hingga menu pop up muncul. Selanjutnya baru tap Paste.

Tips iPhone Terbaik agar iPhone Mu Lebih Fungsional dan Aman

Perlu diketahui, mengirim email yang banyak foto sekaligus menggunakan cara Copy Paste pada iPhone memungkinkan penerima akan melihat seluruh foto di badan email, dan bukan dalam bentuk sebuah file lampiran.

#B Gunakan AirDrop

Ini adalah salah satu cara termudah yang memungkinkan pengguna iPhone berbagi banyak foto dengan cepat ke sesama pengguna iOS.

AirDrop memungkinkan kamu membagikan banyak foto melalui berbagai pilihan terbaik. Dan pastinya menu Mail juga muncul pada AirDrop. Berikut cara menggunakan AirDrop untuk memasukan banyak foto sekaligus ke dalam satu email :

Langkah awal : pastikan fitur Bluetooth dan WiFi iPhone mu dan iPhone penerima dalam posisi ON.

Tips iPhone Terbaik agar iPhone Mu Lebih Fungsional dan Aman

Langkah kedua : buka pengaturan AirDrop dengan cara melakukan swap ikon AirDrop pada layar dari bawah ke atas. Ini akan memungkinkan kamu mengakeses Control Center AirDrop.

Tips iPhone Terbaik agar iPhone Mu Lebih Fungsional dan Aman

Langkah ketiga :Tap AirDrop, lalu pilih salah satu pilihan visibility yang tersedia. Apakah kamu ingin terlihat hanya oleh pengguna iPhone yang ada dalam daftar kontak, atau terlihat oleh semua orang.

Langkah keempat : Setelah pengaturan visibilty iPhone selesai. “Kini saatnya untuk berbagi”. Buka aplikasi foto iPhone kamu, lalu pilih satu atau lebih bayak foto yang ada, lalu tap tombol share.

Tips iPhone Terbaik agar iPhone Mu Lebih Fungsional dan Aman

Langkah terakhir : Layar iPhone akan menampilkan pengguna AirDrop dari daftar kontak iPhone mu dan juga beberapa pengguna AirDrop lain yang terdekat. Pilih salah satu user yang akan dikirimkan foto, lalu pilih bagikan foto dengan Mail.

#C Menggunakan Bantuan Aplikasi

Pengguna iPhone juga dapat memanfaatkan bantuan aplikasi untuk mengirim banyak foto sekaligus hanya dengan satu lembar email.

Aplikasi populer yang bisa digunakan adalah Dropbox atau OneDrive. Aplikasi penyimpanan Awan ini memungkinkan pengguna iPhone membagikan banyak foto berukuran file yang cukup besar dengan mudah dan cepat.

Dengan asumsi bahwa semua foto di iPhone sudah terupload ke dalam aplikasi tersebut. Maka untuk melakukan pengiriman cukup gunakan fitur “share option” pada aplikasi tersebut. Maka aplikasi penyimpanan awan ini akan secara otomatis membuat sebuah link yang dapat kamu emailkan kepada satu penerima atau lebih banyak penerima.

Bagi kamu yang membutuhkan aplikasi lainnya. Kamu busa menggunakan aplikasi Send Anyware untuk iOS. Ini adalah salah satu aplikasi berbagi foto yang akan mengupload seluruh foto yang sudah kamu pilih ke dalam penyimpanan temporary, dan menciptakan sebuah link yang dapat kamu kirimkan ke orang lain.

Perbedaan dengan aplikasi penyimpanan awan lainnya adalah ketika penerima mengakses link kiriman, maka foto akan otomatis terdownload tanpa adanya preview.

Cara menggunakan aplikasi Send Anywhere for iOS cukup mudah. Untuk memilih foto yang akan dikirim cukup tap dan drag foto yang tampil pada layar aplikasi. Untuk membagikannya, cukup tap tiga ikon lingkaran di sudut kanan bawah aplikasi lalu pilih “Share Link”.

Selanjutnya sebuah email baru berisi link Send Anywhere akan terembed ke dalam badan email. Langkah terakhir kamu hanya perlu memasukan nama ke dalam daftar penerima email dan pilih “Send it”

2. Instalasi iOS 10.3 Beta Versi Final

Sistem operasi iOS 10.3 mulai dirilis oleh Apple pada akhir Maret 2017 lalu. Sebagai sistem operasi terbaru, iOS 10.3 menawarkan sejumlah fitur baru yang menarik bagi para pengguna iPhone. Salah satu yang paling menarik adalah fitur Find My Airpods, Apple File System (APFS) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bila sebelumnya iPhone kamu menjalankan iOS 10.3 versi beta

, maka kamu dapat mengupdatenya ke versi final beta. Keuntungan menggunakan versi final ini adalah kamu akan mendapatkan notifikasi cepat ketika ada sejumlah update terbaru.

Untuk menginstal iOS 10.3 versi final pada iPhone mu. Kamu cukup melakukan beberapa cara berikut :

Foto via CNET
  • Buka menu Settings > General > Profile & Device Management.
  • Pilih iOS Beta Software Profile, lalu tap Delete Profile.
  • Masukan Password Anda yang diminta pada layar
  • Terakhir, restart iPhone mu

Saat iPhone kembali menyala, buka menu Settings> General> Software Update. Perangkat iOS Anda akan menampilkan file update.

Instal file update seperti biasa. Penting untuk diketahui, bahwa kamu telah menghapus profil iOS 10.3 beta, maka iPhone kamu tidak akan lagi menerima notifikasi pembaruan versi beta lagi. Kecuali, jika kamu mengunjungi kembali situs web program beta dan mendownload ulang profilnya.

3. Hindari Jailbreak iPhone

Demi keamanan dan kenyamanan pengguna Apple telah menerapkan ekosistem tertutup pada iPhone. Hal ini membuat pengguna iPhone tidak dapat mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga dengan leluasa.

Namun beberapa pengguna yang menganggap hal ini tidak mengenakan, maka mereka bisanya melakukan jailbrake iPhone, untuk mendapatkan akses file ke sistem direktori.

Namun sayangnya banyak pengguna iPhone yang belum menyadari bahwa tindakan jailbreak justru menjadi celah bagi para peretas yang jahil. Melalui aplikasi pihak ketiga bukan dari Apple, peretas dapat mengeksekusi iPhone dengan mudah. Bahkan iPhone yang di jailbreak juga sangat rentan terserang virus dan malware.

Nah, bagi kamu yang sudah terlanjur melakukan jailbreak dan saat ini terinveksi virus dan malware. Kamu bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan dua cara di bawah ini :

#A. Bersihkan History dan Data Halaman Situs

Jika iPhone mu menampilkan banyak pop-up iklan selama kamu berselancar menggunakan safari. Kamu bisa atasi dengan membersihkan history dan data laman situs yang sudah dibuka. Buka menu Setting > Safari > Clear History and Website Data, dan ketuk Clear History and Data.

#B. Lakukan Factory Reset

Ini adalah salah satu cara Aman yang paling mudah yang bisa dilakukan ketika iPhone kamu benar-benar akut terserang virus. Segera lakukan factory reset iPhone agar semua virus hilang. Yang perlu dicatat adalah, pastikan kamu sudah malkukan backup seluruh file iPhone terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan backup file ke iCloud atau PC via iTunes.

4. Jaga Kerahasiaan dan Keamanan Apple ID iPhonemu

Apple ID adalah bagian terpenting bagi pengguna iPhone. Selain membuat iPhone terhindar dari tangan-tangan jahil yang ingin mengakses iPhone. Apple ID juga memudahkan kamu untuk melakukan transaksi online menggunakan iPhone.

Mengingat begitu pentingnya Apple ID, maka sebaiknya pengguna iPhone perlu menjaga kerahasiaan dan Keamanan Apple ID tersebut. Berikut tips terbaik yang bisa diterapkan :

#A. Buat Password yang Sulit

Apple ID dapat dibuat lewat Apple Store atau melalui halaman appleid.apple.com. Ketika membuat Apple ID sebaiknya buat Apple ID dengan paswrod yang sulit ditebak.

Password Apple ID sebaiknya mengikuti standard password yang ditentukan oleh Apple. Password harus terdiri dari 8 karakter, terdapat huruf kapital dan huruf biasa serta minimal memiliki 1 karakter angka.

#B. Catat dan Simpan Semua Pertanyaan Keamanan

Pertanyaan Keamanan atau Security Question pada iPhone terdiri dari tiga pertanyaan dan jawaban. Semua pertanyaan dan jawaban yang telah dibuat dapat digunakan ketika sewaktu-waktu kamu lupa password Apple ID iPhone mu.

Tips yang bisa dilakukan catat ulang semua pertanyaan keamanan yang telah dibuat, lalu simpan ditempat yang paling aman. Penyimpanan semua file pertanyaan keamanan dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan aplikasi password manager.

#D. Hindari Merubah Region Apple ID iPhone Mu

Karena Apple ID biasanya digunakan untuk keperluan transaksi online dan biasanya berisi saldo iTunes Gif Card atau terhubung ke sistem pembayaran dengan kartu kredit. Sebaiknya kamu jangan merubah region Apple ID.

Perubahan region pada Apple ID dapat menyebabkan akun terblokir dan yang paling buruk akun tidak dapat diakses lagi.

Tips yang bisa dilakukan, jika kamu dapat menikmati konten dari regional lain melalui iPhone mu. Sebaiknya kamu membuat akun Apple ID cadangan sesuai dengan regional yang kamu inginkan.

#E. Aktifkan Fitur Two-Step Verification

Agar Apple ID kamu tetap aman dan tetap tidak bisa diakses sekalipun password Apple ID kamu telah diketahui oleh orang lain. Maka sangat disarankan agar kamu juga mengaktifkan fitur Two-Step Verification.

Two-Step Verification adalah login dengan Apple ID dengan menggunakan password. Setelah itu Apple akan mengirimkan kode verifikasi di perangkat Apple yang sudah kamu daftarkan atau lewat SMS. Masukkan kode tersebut di jendela tampilan yang hadir di layar perangkat tersebut.

Penutup

Apple iPhone adalah salah satu smartphone terbaik yang paling direkomendasikan dan mudah untuk digunakan. Hadirnya beberapa tips iPhone terbaik diharapkan tidak hanya dapat membuat kamu nyaman, tapi juga diharapkan dapat membuat iPhone kamu lebih fungsional dan aman. Menariknya, seluruh tips iPhone yang ada juga mudah untuk diterapkan oleh seluruh pengguna iPhone.

Semoga beberapa tips iPhone terbaik yang saya rangkum dari beberapa sumber di atas dapat menjadi jawaban atas permasalahan iPhone yang sedang kamu alami. Nantikan juga beberapa tips iPhone lainnya yang mungkin kamu butuhkan pada postingan saya berikutnya. Salam.

Sumber : CNET, Teknoliputan6 & MakeMac

Author fdl2207

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0