Optimasi Blog

Tips Membuat Artikel yang Human Friendly dengan Mudah

Halo semua, apakabar? Semoga ini menjadi hari yang membahagiakan buat kita semuanya, amiin. Pada kesemptan kali ini saya ingin mengulas mengenai tips membuat artikel yang human friendly.

Biasanya ketika hendak memposting sebuah artikel di blog, kita disarankan untuk membuat artikel yang SEO friendly, dengan berbagai aturan yang terkadang bisa membuat pembaca tidak nyaman. Atau bisa dibilang artikel tersebut tidak human friendly.

Lantas, apa sih artikel yang human friendly itu?

Terkadang di mesin pencari Google kita melihat sebuah artikel yang tidak menerapkan optimasi SEO justru berada di peringkat yang lebih tinggi daripada artikel yang menerapkan konsep SEO.

Apa penyebabnya? Bisa saja penyebab artikel tersebut memiliki peringkat lebih tinggi yakni karena artikel tersebut lebih human friendly. Artikel human friendly artinya artikel tersebut mempermudah para pembacanya untuk membaca dan memahami isi artikel tersebut.

Artikel human friendly biasanya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, ringan tidak rumit sehingga pembaca menikmati artikel tersebut dari awal hingga akhir dengan nyaman.

Hal ini yang sering dilupakan oleh para penulis yang lebih mementingkan SEO untuk setiap artikelnya. Mereka lupa bahwa artikel yang lebih enak dibaca dari awal hingga akhir juga merupakan nilai tambah di mata Google selain optimasi SEO.

Percuma saja jika Anda membuat artikel dengan konsep SEO tapi tidak enak dibaca karena terlalu memaksakan penyisipan kata kunci, menggunakan kosakata yang rumit dan sebagainya.

Sebagai catatan, Google mencatat jumlah halaman yang dibuka oleh pengunjung serta lama durasi pengunjung membuka website Anda dan mencatumkannya ke dalam laporan rata-rata bulanan Google Analytics. Jadi sebenarnya tidak hanya SEO yang perlu menjadi perhatian para penulis blogger tetapi juga perlunya membuat artikel yang human friendly.

Loading...

Lalu adakah tips membuat artikel yang human friendly yang ampuh dan bisa diterapkan dengan mudah? Tentu saja ada, berikut ini tips membuat artikel yang human friendly yang bisa Anda terapkan dengan mudah ketika hendak menerbitkan artikel di website Anda.

Tips Membuat Artikel yang Human Friendly

Membuat artikel yang human friendly

 

Membuat artikel dengan judul yang menarik perhatian pembaca

Judul atau headline artikel merupakan hal yang pertama kali kita perhatikan ketika membaca sebuah artikel blog atau website.

Salah-salah membuat judul bisa mengakibatkan pengunjung enggan berkunjung kembali ke website Anda. Bahkan menurut penelitian, hampir 90% pengunjung mengklik suatu tautan artikel disebabkan karena tertarik oleh judul artikel tersebut.

Ketika membuat artikel, pastikan judul artikel tersebut sesuai dengan isi artikel. Hindari menggunakan judul yang bermakna ganda dan membuat judul yang missleading atau menipu penonton.

Buatlah judul artikel yang menarik dan mengundang rasa penasaran pembaca. Membuat artikel dengan judul yang mengandung clickbait atau kata-kata tertentu sebagai umpan boleh saja digunakan asalkan masih relevan dengan isi artikel.

Kata-kata seperti “tahukah Anda…”, “bagaimana cara…”, “hindari…”, “jangan…” atau “rahasia…” merupakan kata-kata ampuh yang biasanya dipakai untuk menimbulkan rasa penasaran para pembaca artikel Anda.

Membuat artikel dengan judul yang masuk akal

Biasanya penulis artikel membuat artikel dengan judul yang berlebihan atau lebay untuk memikat pengunjung. Tapi, tidak selamanya judul yang hiperbola itu tampak menarik. Bahkan lama-kelamaan pengunjung bisa bosan terhadap tulisan Anda karena judul yang berlebihan justru membuat artikel menjadi terkesan mengada-ada atau membual.

Ada baiknya Anda mengurangi cara ini agar pengunjung tidak bosan terhadap tulisan Anda. Selain harus menarik perhatian pembaca, buatlah judul dengan kata-kata yang masuk akal, tidak terlalu berlebihan dan tidak melebihi dari 12 kata.

Tidak ada salahnya menggunakan judul yang deskriptif ketika membuat artikel yang human friendly untuk memberi gambaran isi artikel pada pembaca sebelum masuk ke bahasan utama artikel tersebut.

Membuat artikel dengan menyertakan gambar (feature image)

Membuat artikel yang human friendly

Selain membuat judul yang menarik, tips membuat artikel yang human friendly selanjutnya yakni menyertakan gambar (feature image) ke dalam artikel. Judul dan gambar suatu artikel merupakan dua senjata ampuh untuk memikat perhatian pengunjung mengklik artikel Anda.

Gambar di artikel tidak hanya bermanfaat untuk memperjelas dan memperkaya isi artikel. Tetapi juga bisa membuat tampilan artikel tampak lebih menarik ketika dibagikan di media sosial.

Oleh sebab itu, pertimbangkan pula untuk memasukkan gambar artikel yang menarik dan memicu kepedulian pembaca ketika membuat artikel. Dan pastikan gambar tersebut masih berhubungan dengan isi artikel.

Pusatkan perhatian di paragraf pertama

Selain judul dan gambar, salah satu faktor yang harus diperhatikan ketika membuat artikel yang human friendly adalah paragraf pertama artikel tersebut.

Pembaca artikel biasanya memusatkan perhatian mereka pada paragraf pertama artikel. Karena di paragraf pertama itulah biasanya mereka bisa mengetahui inti dari artikel tersebut.

Jika paragraf pertama sudah membuat mereka tertarik, nantinya mereka juga tidak akan keberatan untuk melanjutkan membaca ke paragraf selanjutnya hingga selesai.

Oleh sebab itu, sebaiknya buatlah paragraf pertama dengan kalimat yang padat berisi, mencerminkan inti dari artikel dan tidak berbasa-basi.

Membuat artikel dengan paragraf yang tidak terlalu panjang

Standar penulisan paragraf yang terdiri dari 5 kalimat atau lebih dari 5 baris dinilai tidak cocok untuk diterapkan dalam suatu artikel karena membuat mata lebih cepat lelah.

Ketika membuat artikel untuk website, Anda bisa menerapkan tips membuat artikel yang human friendly lainnya yakni membatasi setiap paragraf berisi maksimal 3-4 baris dengan panjang kurang dari 20 kata saja.

Membuat artikel dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca

Meskipun setiap orang kini bisa mengakses artikel Anda, belum tentu mereka memiliki tingkat pemahaman yang sama terhadap suatu artikel. Beberapa di antara mereka ada yang cepat menangkap isi artikel Anda, tapi ada juga di antara mereka yang memiliki pandangan berbeda terhadap satu artikel yang sama.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya menggunakan sudut pandang sebagai seorang amatir ketika membuat artikel. Agar tidak terjadi salah pemahaman isi artikel tersebut.

Pelajari pula karakter calon pembaca artikel Anda. Setiap tema artikel tentu memiliki peminat yang berbeda-beda juga. Sesuaikan bahasa yang Anda gunakan dengan tema artikel.

Sebagai contoh untuk artikel bertema khusus untuk remaja, Anda bisa menggunakan bahasa yang santai dan ringan agar lebih enak dibaca dan mudah dipahami. Atau untuk lebih mudahnya gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua kalangan. Jangan membuat bahasa berbelit-belit atau menggunakan istilah yang asing bagi orang awam.

Membuat artikel yang berkualitas baik dan berbobot

Tips membuat artikel yang satu ini mungkin sudah sering Anda dengar dari blogger-blogger lainnya. Tapi jangan merasa terbebani oleh aturan ini karena kualitas itu relatif.

Tidak semua orang memiliki kriteria artikel berkualitas yang sama. Ada yang menganggap artikel Anda berkualitas baik. Tetapi ada juga yang menganggapnya biasa-biasa saja dan itu adalah hal yang biasa terjadi di dunia tulis menulis.

Hal yang terpenting yakni menulislah sebaik-baiknya atau sebisa Anda dan biarkan kata-kata mengalir secara alami. Pahamilah tema artikel Anda dan pilih topik yang lebih luas agar bisa dikembangkan lagi menjadi lebih mendalam dan lebih berbobot.

Selain itu, jangan sungkan untuk menanggapi kritik maupun saran dari pengunjung dan gunakan hal itu untuk memperbaiki artikel Anda selanjutnya. Terus berlatih untuk membuat artikel yang bermanfaat tidak hanya untuk menaikkan nilai blog Anda. Tetapi juga untuk memberikan manfaat bagi pembaca tulisan Anda.

Membuat artikel dengan sub-sub judul

Artikel dengan jumlah kata lebih dari 500 kata atau 1000 kata yang memanjang berkelanjutan tentu akan melelahkan ketika dibaca terutama jika artikel tersebut tidak memiliki sub-sub judul pendukung.

Untuk membuat artikel yang human friendly sangat disarankan untuk membagi konten artikel menjadi sub-sub judul pendukung yang membagi konten menjadi lebih kecil. Anda juga bisa menambahkan list atau daftar di dalam konten sub judul tersebut agar lebih ringkas.

Selain memudahkan proses membuat artikel, sub-sub judul juga memudahkan pembaca memahami maksud dari artikel tersebut. Sub-sub judul ini juga bermanfaat agar pembaca tidak cepat bosan ketika membaca artikel Anda.

Membuat artikel dengan warna background dan tulisan yang ramah bagi mata pengunjung

Warna background dan tulisan dari artikel juga patut mendapat perhatian ketika Anda mencoba membuat artikel yang human friendly. Background maupun tulisan dengan warna yang mencolok tentu akan membuat mata pembaca lebih cepat lelah dan bisa mengganggu konsentrasi.

Ketika membuat artikel yang human friendly, sebaiknya gunakan warna background yang ramah bagi mata pengunjung atau gunakan warna yang polos. Demikian juga dengan warna tulisan artikel, hindari menggunakan warna yang mencolok. Lebih baik gunakan warna standar seperti hitam, abu-abu atau warna biru muda untuk menunjukkan link artikel.

Membuat artikel dengan jenis dan ukuran huruf yang mudah dibaca

Membuat artikel yang human friendly

Selain memperhatikan warna background dan warna tulisan, jenis dan ukuran huruf yang Anda gunakan juga harus diperhatikan dengan seksama ketika membuat artikel yang human friendly.

Meskipun artikel yang Anda tulis cukup menarik, tapi jika jenis hurufnya sulit dibaca, ukuran hurufnya terlalu kecil atau jarak antar barisnya terlalu kecil. Tentu akan membuat pembaca blog Anda akan kesulitan untuk membacanya dan enggan untuk meneruskan hingga selesai.

Lebih baik gunakan ukuran huruf 14-22px, jarak antar baris dan margin antar paragraf antara 1.5 – 2em serta lebar horizontal 480-720 px. Selain itu, gunakan jenis huruf yang mudah dibaca dan sering digunakan untuk membuat artikel website seperti Helvetica, Arial, Georgia dan Open Sans.

Periksa ejaan dan tata bahasa yang Anda gunakan

Tips membuat artikel yang human friendly yang satu ini memang terlihat sederhana tapi memiliki peranan penting.

Meskipun tema tulisan Anda bagus atau sedang tren, tapi jika tata bahasanya tidak teratur, ejaannya banyak yang salah atau bahasanya tidak baku tentu mengurangi penilaian pembacanya. Selain itu, Artikel yang mengandung banyak kesalahan dalam penulisan bisa memunculkan kesan tidak profesional dan asal-asalan.

Oleh sebab itu, ketika selesai membuat artikel, Anda bisa melakukan pemeriksaan tata bahasa dan ejaan secara manual. Bacalah artikel Anda dengan bersuara seperti ketika presentasi dan perbaiki jika terdapat kata-kata yang janggal.

Melakukan optimasi SEO

Optimasi SEO memang tidak terlalu penting pada saat membuat artikel yang human friendly, tapi bisa diterapkan setelah selesai menulis artikel.

Anda bisa menerapkan SEO di akhir proses penulisan artikel dengan cara mencantumkan meta description, URL dan link eksternal.

Meta description ini akan muncul sebagai ringkasan artikel di mesin pencarian dan biasanya berisi beberapa keyword penting. Sedangkan URL website biasanya akan muncul otomatis di mesin pencarian dan Anda bisa mengubahnya dengan menambahkan keyword maupun membuatnya menjadi lebih singkat.

Selain meta description dan URL, tips membuat artikel yang human friendly selanjutnya yakni dengan menambahkan internal link maupun eksternal link ketika membuat artikel.

Internal link merupakan link yang menghubungkan artikel tersebut dengan artikel lain yang masih berhubungan dengan tema artikel. Sedangkan eksternal link merupakan link yang menghubungkan artikel Anda dengan website lain. Hal ini sangat bermanfaat terutama untuk memperbaiki struktur website Anda.

Kurangi penggunaan pop-up dan iklan banner di tengah konten

Mengurangi penggunaan pop-up dan iklan banner di tengah konten artikel. Pop-up yang muncul ketika halaman website pertama kali dibuka tentu sangat mengganggu.

Belum lagi adanya iklan banner di tengah-tengah konten juga bisa membuat pembaca salah menyangka iklan tersebut merupakan bagian dari konten. Oleh sebab itu, jangan terlalu sering menggunakan iklan jenis ini. Cukup sesekali saja agar pengunjung tetap merasa nyaman ketika membuka halaman website Anda.

Mempercepat proses pemuatan halaman blog

Proses pemuatan (loading) halaman blog yang terlalu lama bisa membuat pengunjung bosan menunggu, bahkan mengurungkan niatnya untuk menikmati seluruh artikel yang ada di blog Anda.

Oleh sebab itu, ketika membuat artikel sebaiknya pertimbangkan untuk menghapus fitur-fitur maupun plugin yang tidak Anda perlukan serta memilih hosting yang reliable untuk website Anda.

Mempromosikan artikel Anda

Tips membuat artikel selanjutnya yakni jangan lupa untuk mempromosikan artikel Anda. Setiap hari ada jutaan artikel yang dirilis bersamaan dengan artikel yang Anda tulis. Sehingga untuk bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat tentu membutuhkan strategi khusus.

Nah, supaya artikel Anda diketahui dan dibaca oleh banyak pengunjung, Anda bisa mempromosikan tulisan Anda melalui media sosial, jaringan komunitas atau menyediakan tombol share untuk memudahkan pembaca membagikan tulisan tersebut.

Anda juga bisa melakukan blogwalking ke website rekan penulis yang lain untuk bertukar ilmu dan bertukar link untuk menambah jumlah pengunjung website Anda.

Terus berlatih menulis

Tips selanjutnya adalah terus berlatih menulis agar terbiasa membuat artikel yang human friendly . Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, meskipun tulisan Anda banyak menerima kritikan, teruslah menulis dan gunakan kritikan tersebut untuk memicu semangat Anda.

Ingatlah selalu bahwa kritik bisa saja merupakan saran yang menyakitkan, jangan abaikan tapi gunakan untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda. Semakin sering menulis, semakin banyak ide-ide yang muncul dan semakin banyak orang yang mengenal Anda.

Bila perlu belajarlah dari para penulis senior melalui forum-forum, seminar blog maupun buku-buku yang banyak beredar di pasaran untuk melatih keahlian menulis.

Itulah beberapa tips membuat artikel yang human friendly yang bisa Anda terapkan ketika hendak menerbitkan artikel di website Anda. Membuat artikel dengan menerapkan konsep SEO itu penting, tapi membuat artikel yang human friendly juga tak kalah penting agar tulisan Anda memiliki nilai tambah di mata pengunjung dan Google. Selamat menulis.

Referensi lain : Cara Agar Blog Tetap Eksis sampai Kapanpun Juga

Jangan lupa ya untuk share juga artikel ini jika serasa orang lain ingin mengetahuinya, semoga kita juga mendapatkan manfaat.

Terima kasih juga atas kunjunganya, semoga mendapatkan apa yang kalian inginkan.



Loading...

Baca selengkapnya

Blogedewek

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *