Membuat Baterai Smartphone Awet

Inilah 7 Tips Membuat Baterai Smartphone Awet dan Panjang Umur

Salah satu komponen utama dalam sebuah smartphone adalah baterai. Meski smartphone memiliki banyak fitur canggih atau memiliki kamera kualitas terbaik, semua akan percuma kalau baterainya rusak. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk merawat agar baterai smartphone awet dan tidak cepat rusak.

Seiring kemajuan zaman ini, baterai smartphone semakin memiliki kapsaitas yang tinggi, dari 3000 mAh hingga 5000 mAh. Besarnya kapasitas ini diharapkan membuat baterai semakin awet dan tidak perlu nge-charge ponsel berkali-kali.

Tips Membuat Baterai Smartphone Awet dan Panjang Umur

Apakah semakin besar kapasitas baterai menunjukkan semakin awet baterai smartphone tersebut? Belum tentu. Keawetan baterai juga bisa dipengaruhi oleh penggunaan smartphone yang sehat pula. Mau caranya? Berikut 7 tips yang membuat baterai smartphone kamu bisa awet dan tahan lama.

1. Perhatikan Suhu dan Temperatur Smartphone Kamu

Sebagian besar smartphone saat ini tidak bisa tahan terhadap suku yang ekstrem. Baterai smartphone semakin cepat habis dan rusak apabila berada pada suhu di bawah 0 derajat Celcius atau di atas 35 derajat Celcius.

Maka dari itu, usahakan untuk tidak membiarkan smartphone terkena sinar matahari secara langsung. Atau kamu cukup gila dengan memasukkan ponsel kamu ke dalam freezer.

2. Lakukan Kalibrasi pada Baterai Smartphone Kamu

baterai smartphone awet
Sumber: underspy.com

Kamu bisa melakukan kalibrasi terhadap baterai smartphone kamu secara rutin untuk membuatnya menjadi baru lagi. Proses kalibrasi ini bisa dilakaukan baik bagi smartphone yang sudah di-root maupun yang belum.

Kamu bisa melakukan kalibrasi pada baterai smartphone secara manual maupun dengan aplikasi. Tapi jarang terlalu sering melakukan kalibrasi. Pastikan kamu melakukan kalibrasi ketika performa baterai ponsel pintar kamu terasa menurun saja.

Untuk ponsel iPhone, Ini Dia Cara Kalibrasi Baterai iPhone yang Baik dan Benar

Loading...

3. Jangan Terlalu Sering Nge-Charge

Salah satu kebiasaan yang dapat merusak baterai smartphone adalah terlau sering melakukan charging. Tidak hanya nge-charge secara langsung, namun juga nge-charge sebantar-sebentar dan berkali-kali dengan Power Bank juga sangat tidak dianjurkan. Hal ini justru akan merusak baterai smatphone kamu.

Maka dari itu, hendaknya tidak terlalu sering neg-charge ponsel supaya baterai smartphone awet dan panjang umur.

4. Jangan Biarkan Baterai Smartphone Benar-benar Habis

Salah satu kebiasaan buruk yang justru sering dilakukan oleh sebagian kita adalah baru nge-charge hp kita setelah baterainya benar-benar habis.

Padahal kebiasaan ini justru dapat mengurangi umur baterai smartphone kita. Sebaiknya kita melakukan charging ponsel kita ketika baterai tersisa 15 hingga 20 %.

5. Segera Mencabut Charger Ketika Baterai Sudah Penu

Hal ini juga seringkali diabaikan oleh para penggunaa smartphone, yaitu membiarkan ponsel mereka tertancap di stop kontak meski baterai sudah 100%.

Meski saat ini sudah mulai banyak ponsel dengan charging protection chip, yang akan secara otomatis memutuskan arus listrik ketika baterai terisi penuh. Namun, akan lebih baik dan membuat baterai smartphone awet apabila mencabut charger kalau baterai kita sudah penuh.

6. Pastikan Kamu Menggunakan Charger Original

Charger Original
Sumber: indianonlineseller.com

Charger original tidak berarti harus charger bawaan smartphone yang kamu beli. Kamu bisa menggunakan charger lain asal charger itu original, bukan charger non-original yang mudah didapatkan dengan harga murah. Charger itu justru akan membuat baterai smartphone lebih cepat rusak.

7. Matikan Fitur Sync, Location, Bluetooth, Hotspot, dan WiFi

Fitur Auto-Sync lebih baik tidak diaktifkan, karena fitur ini hanya akan menghabiskan kuota serta baterai data kamu dengan cepat. Sebaiknya dimatikan kalau tidak diperlukan.

Fitur lain seperti Location alias GPS, bluetooth, WiFi juga merupakan fitur lain dapat menguras baterai dengan cepat. Lebih baik mengaktifkan fitur-fitur tersebut kalau mau digunakans aja. Apalagi selain itu, terlalu berlebihan menggunakan WiFi juga berbahaya bagi kesehatan.

Itulah 7 tips yang bisa dicoba untuk membuat baterai smartphone awet dan lebih tahan lama. Satu tips lain yang bisa kamu lakukan apabila baterai smartphone sudah terlanjur mengembung atau bocor adalah dengan tidak menggantinya dengan baterai palsu berharga murah. Akan lebih jika kamu menggantinya dengan baterai orginal meski harga lebih mahal.


Loading...

Bagikan

Heru NC

Penulis

Rain or shine, I want to see you smile.

Komentar

    Avatar

    Mamat Setiono

    ( - 14:18)

    Dulu pernah smartphone saya di charger lama bgt sampai batre mlembung. lupa di cabut kalo udah full

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *