Mengamankan Artikel

Tips Mengamankan Artikel Anda Di WordPress Agar Tidak Dibajak atau Di Copas

Tentunya kita akan kesal ketika artikel yang sudah kita buat dalam waktu yang lama. Tahu-tahu ide tersebut dibajak dan dijadikan artikel mereka tanpa memberitahukan sumbernya. Nah, bagaimana cara untuk mengamankan artikel dan melindungi agar tidak dibajak atau di copy paste?

Sebenarnya hal ini tidak jadi masalah jika yang membajak rating SEO nya dibawah kita. Sebab posisi artikel tidak akan berubah ketika seseorang mencari dengan keyword tertentu. Dari hasil pencarian akan muncul di halaman pertama, apabila artikel benar – benar kuat dalam SERP

Tetapi bagaimana jika website tukang copas yang berada diatas kita. Maka hal ini pasti akan membuat kita kesal ditambah lagi ternyata artikel kita mendapat sambutan yang baik dari website mereka. Dua point kekesalan dialami oleh kita

Sebenarnya pembaca tidak perlu takut karena WordPress sebenarnya menyediakan plug-in untuk mengamankan artikel dengan cara yang mudah.

Cara mengamankan artikel dengan Plug-In WP Content Copy Protection

Pertama, unduh terlebih dahulu plugin WP Content Copy Protection. Saya yakin pembaca akan langsung paham cara menggunakan plugin ini.

Berikut adalah langkah-langkah yang akan saya jelaskan untuk menggunakan plug-in tersebut:

1. Install Plug-In WP Content Copy Protection

Tampilan Plug-in
Tampilan Plug-in via original Kivanger

Jika pembaca yang tidak mengetahui cara mendownload plug-in di WordPress maka pertama-tama pembaca silahkan masuk wordpress pembaca

  1. Klik Kiri Plugin yang berposisi dibagian kiri bawah,
  2. Cari di menu pencarian dengan keyword “WP Content Copy Proctection
  3. Lalu klik kiri logo dengan tulisan “WP Content Copy Protection & N..
  4. Setelah itu lihat dipojok kanan maka disana ada tulisan Instal (Klik kiri tombol install tersebut)
  5. Selesai

2. Masuk ke Menu Settings

Settings di WordPress
Settings di WordPress via original Kivanger

Setelah selesai penginstallan maka silahkan pembaca buka menu settings/pengaturan nanti akan muncul tulisan “WP Content Copy Protection” di dalam menu settings/pengaturan. Maka klik kiri pada bagian “WP Content Copy Protection“.

Loading...

3. Ada 4 Pilihan Perlindungan

Di Dalam Pengaturan WP Content Copy Protection
Di Dalam Pengaturan WP Content Copy Protection via original Kivanger

Fungsi dari settings/pengaturan di dalam WP Content Copy Protection adalah memberikan pilihan kepada pembaca untuk mengamankan artikel dan melindungi bagian mana saja di dalam blog WordPress.

Misalnya pembaca ingin melindungi text dan gambar. Maka cukup right click disable!! pada for image dan for text. Tetapi jika pembaca ingin 4 pilihan itu dilindungi. Maka lakukan seperti gambar diatas.

Setelah itu, sebelum pembaca meninggalkan bagian settings/pengaturan maka jangan lupa untuk menyimpan pengaturan tersebut. Caranya tinggal klik kiri “Save Settings” yang ada di kanan bawah.

Setelah pengaturan di save maka perlindungan secara otomatis sudah bekerja pada konten/artikel WordPress. Dengan begitu Anda berhasil Mengamankan Artikel dari para copaser dan mencegah konten dibajak oleh orang lain.



Loading...

Bagikan

Penulis

Kivanger
Kivanger
Penulis Novel yang belum mendapatkan kepercayaan dari Publisher tetapi tidak memutuskan semangat juang. Sekarang mencoba untuk berkontribusi dibidang artikel bertemakan games, travel, teknologi, dll. Jika kalian berminat silahkan kunjungi cahayapurnama819801588.wordpress.com. Semoga yang kalian cari ada disana 😀
Kivanger

Penulis

Penulis Novel yang belum mendapatkan kepercayaan dari Publisher tetapi tidak memutuskan semangat juang. Sekarang mencoba untuk berkontribusi dibidang artikel bertemakan games, travel, teknologi, dll. Jika kalian berminat silahkan kunjungi cahayapurnama819801588.wordpress.com. Semoga yang kalian cari ada disana :D

Komentar

    mengamankan artikel memang perlu agar terhindar dari kopas entah itu menggunakan wp atau blogger

    muslimpintar

    ( - 18:32)

    terimakasih min bermanfaat banget,, untuk protect konten yang ada di blog

    Uhendrayana

    ( - 08:50)

    Paling kesel memang klo artikel udah bikin cape capek dan lama terus di copas gitu aja tanpa memberikan link sumber nya..

    Hallo Admin KlikMania.
    Saya juga mengalami hal yang sama dengan artikel Anda , Tetapi disini saya sendiri mempunyai beberapa blog dan website yang di kelola, Tetapi saya sendiri juga bingung menghadapi blogger yang suka copy paste dan rewriter tanpa link sumber. Pertanyaannya .. Apakah itu benar atau tidak? Terima kasih informasinya.

      Kivanger

      Kivanger

      ( - 12:34)

      Silahkan adja dicoba gan untuk membuktikan benar atau tidaknya soalnya bila saya bilang benar tetapi belum dicoba tetep adja prcma. Cuman sebelum mencobanya silahkan agan cari referensiannya tentang plug-in yg saya berikan, dan hampir semua akan mengatakan bahwa fungsi plug-in ini utk mendisable copy-paste sehingga kita aman dari tindakan plagiat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *