Peluang usaha

Mari Bongkar 8 Tips Sukses Usaha Katering : Bisnis Asik Bagi yang Hobi Memasak

Sebelum memulai pembahasan tips sukses usaha katering, kita sebagai calon pengusaha harus tahu apa saja potensi dari melakukan bisnis ini. Bisnis katering hampir sama dengan bisnis lain yang memiliki basis kuliner seperti restoran, cafe, kedai, ataupun warung makan. Hal yang membedakan hanyalah pelanggan yang menggunakan jasa katering biasanya membeli dalam jumlah yang besar. Makanan dalam jumlah yang besar itu untuk mendukung acara seperti seminar, hajatan, pernikahan, ataupun acara kantor.

Bisnis katering memiliki potensi yang sama baiknya dengan bisnis restoran ataupun cafe. Selama masih ada manusia, kebutuhan akan makanan dan minuman pasti akan selalu ada. Ditambah lagi jumlah manusia semakin bertambah setiap tahunnya, sehingga potensi untuk sukses dalam usaha katering semakin terbuka lebar. Dengan besarnya permintaan, persaingan dalam bisnis ini pun akan semakin besar dengan masuknya pesaing-pesaing baru.

Namun selanjutnya muncul sebuah stereotip bahwa usaha katering hanya cocok dijalankan oleh ibu-ibu saja, sehingga anak muda tidak mau untuk mencobanya. Anggapan tersebut sangat salah jika anda terapkan untuk memulai sebuah bisnis. Didalam sebuah bisnis tidak ada kalimat “bisnis ini hanya cocok untuk orang seperti ini” atau “bisnis ini tidak cocok untuk saya jalankan”. Selama kita bisa melihat peluang, kita berhak untuk menjalankan usaha yang kita inginkan.

Peluang untuk sukses usaha katering bisa kita dapatkan, apalagi kita hidup disebuah kota besar yang banyak dari masyarakatnya menginginkan cara yang praktis. Masyarakat yang tidak ingin repot, pasti akan menggunakan jasa katering untuk acara yang mereka adakan.

Sekarang mari kita bongkar habis tips-tips sukses usaha katering yang bisa diterapkan saat akan memulai usaha ataupun memperbaiki usaha yang telah dijalankan.

Sukses Usaha Katering

Kualitas Makanan Tetap Nomor Satu

Tips sukses usaha katering yang sangat penting untuk anda perhatikan adalah kualitas makanan yang anda ditawarkan kepada pelangan. Jika anda sudah memiliki faktor penting ini, anda telah memenangkan sebagian dari pertandingan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan pihak yang menggunakan jasa anda adalah orang yang akan membuat sebuah acara dan mengundang banyak tamu.

Jika para tamu yang mereka undang tidak puas dengan kualitas makanan anda, yang akan menjadi sorotan tentu pihak penyelenggara acara. Cara mencegah masalah ini, pihak penyelenggara acara pasti akan memastikan kualitas makanan yang anda tawarkan kepada mereka. Hal ini untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan makanan yang benar-benar berkualitas dari segi rasa maupun kesegaran.

Anda wajib memastikan bahwa kualitas yang anda tawarkan kepada pelanggan merupakan kualitas yang terbaik. Beri mereka kesempatan untuk mencicipi masakan yang anda tawarkan kepada mereka. Dengan cara seperti ini, kepercayaan pelanggan dengan masakan anda akan lebih tinggi dan mereka akan lebih percaya dengan masakan yang anda hasilkan.

Selain soal rasa makanan untuk sukses usaha katering adalah anda harus memastikan masakan yang disajikan dalam kondisi yang segar. Pelanggan anda pasti akan merasa sangat kecewa jika masakan yang mereka pesan tidak lagi hangat dipiring para tamu undangan. Temukan cara yang tepat agar makanan yang dimasak dapat disajikan dengan segera, sehingga makanan masih tetap hangat dan segar.

Kualitas masakan yang juga perlu anda perhatikan adalah kebersihan makanan yang disajikan kepada tamu. Lakukan quality control kepada hasil masakan yang disajikan, pastikan rambut, kerikil, atau benda asing tidak masuk ke dalam masakan tersebut.

Keterampilan Memasak Harus Terus Ditingkatkan

Meraih sukses usaha katering harus disertai dengan keinginan untuk terus belajar. Mempelajari setiap hal yang berkaitan dengan bisnis katering akan menjadikan usaha yang anda jalankan memiliki potensi untuk berkembang. Salah satu keterampilan vital dalam bisnis ini adalah keterampilan memasak berbagai jenis masakan.

Dengan terus meningkatkan kemampuan memasak, anda bisa menghasilkan masakan yang berkualitas dari segi rasa dan tampilannya. Keterampilan memasak pun diperlukan untuk melakukan inovasi makanan yang akan anda tawarkan kepada para pelanggan nantinya. Bukan Cuma itu saja, meningkatnya keterampilan memasak membuat anda mampu untuk mengajarkan teknik memasak kepada para karyawan anda.

Teknik memasak yang selanjutnya adalah dengan menemukan cara mengolah bahan-bahan makanan agar tidak boros yang malah merugikan anda nantinya. Cari tahu dan pelajari cara menyimpan bahan makanan agar tetap bisa digunakan untuk masakan selanjutnya. Cara menghindari masakan menjadi basi pun perlu anda ketahui karena hal ini sering kali terjadi dalam bisnis katering.

Tekan Biaya Anda

Faktor yang membuat anda menghasilkan laba dari usaha katering adalah kemampuan anda dalam menekan biaya masakan yang dihasilkan. Namun perlu diingat dalam menekan biaya jangan sampai  anda mengorbankan kualitas masakan yang dihasilkan.

Cara terbaik menekan biaya tanpa harus mengorbankan kualitas makanan adalah dengan mengetahui tempat terbaik mendapatkan bahan makanan tersebut. Anda harus jeli memperhatikan tempat-tempat yang memiliki kualitas bahan makanan yang bagus namun tetap murah.

Sebagai contohnya pasar induk bisa menjadi pilihan anda untuk mendapatkan bahan makanan segar namun tetap memiliki harga yang miring. Sangat tidak disarankan anda membeli bahan makanan segar di supermarket karena itu sama dengan pemborosan belanja.

Jangan Sepelekan Promosi

Promosi dalam bisnis sangat diperlukan untuk keberlangsungannya dalam jangka panjang. Dengan melakukan promosi akan menjadikan usaha kuliner yang dirintis semakin banyak dikenal oleh orang. Semakin banyak masyarakat yang mengenal bisnis katering anda, semakin besar pula konversi transaksi dapat terjadi.

Cara promosi bisa anda lakukan dengan cara konvensional dan modern. Cara konvensional bisa anda lakukan dengan melakukan promosi langsung ke masyarakat. Caranya bisa dengan membagikan brosur usaha katering anda atau anda bisa menemui berbagai perusahaan untuk melakukan test masakan.

Anda bisa mendatangi perusahaan yang memiliki potensi sebagai calon pelanggan katering anda, kemudian berikan sampel gratis untuk mereka coba dan rasakan. Walaupun cara konvensional banyak memakan waktu dan terlihat tidak efektif, cara ini terbukti cukup ampuh mendatangkan pelanggan dalam usaha katering anda.

Cara selanjutnya yang bisa diterapkan adalah melalui media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Instagram bisa menjadi tempat yang cocok untuk melakukan promosi usaha anda. Kita cukup mengupload foto makanan dengan semenarik mungkin agar mengundang rasa penasaran para pengguna instagram. Cantumkan pula lokasi tempat usaha dan kontak anda agar mereka tahu kemana harus memsan makanan yang mereka lihat.

Kecepatan Layanan

Kecepatan pelayanan akan membantu sukses usaha katering yang dijalankan. Kecepatan pelayanan meliputi berbagai hal dalam usaha katering.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ketepatan waktu dalam mengantarkan makanan kepada pelanggan yang memesan. Anda harus bisa memastikan makanan yang dipesan datang tepat waktu sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Jangan sampai anda telat yang akan menjadikan pelanggan anda merasa kecewa terhadap pelayanan yang diberikan.

Hal kedua yang berkaitan dengan kecepatan pelayanan adalah apabila katering yang anda usung menggunakan konsep piring terbang. Konsep piring terbang adalah dimana para tamu undangan hanya duduk ditempat mereka masing-masing dan pramusaji lah yang datang menyajikan makanan kepada mereka.

Jika konsep piring terbang diterapkan dalam katering yang anda kembangkan kecepatan pelayanan harus anda berikan kepada para pelangan. Jangan membuat tamu undangan menunggu lama untuk sekedar mendapatkan makanan mereka. Bekali karyawan anda dengan keterampilan menyajikan makanan dengan cepat agar mereka dapat memberikan pelayana terbaik kepada pelanggan.

Lakukan Inovasi Masakan

Melakukan inovasi makanan merupakan kunci sukses usaha katering dalam jangka panjang. Inovasi makanan membuat para pelanggan yang menggunakan jasa anda tidak bosan dengan sajian yang anda tawarkan. Inovasi makanan sangat penting dilakukan disaat anda telah memiliki banyak pelanggan tetap dalam usaha katering.

Jika anda terus-terusan menyajikan makanan yang sama setiap harinya bukan tidak mungkin para pelanggan tetap menjadi bosan. Pelanggan yang bosan pada akhirnya akan mencari jasa katering yang lain dan lama kelamaan akan meninggalkan katering anda.

Apalagi ditambah dengan fakta bahwa usaha katering merupakan usaha yang memiliki banyak pesaing. Jika anda tidak melakukan terobosan lewat inovasi masakan, anda akan jauh tertinggal dengan para pesaing.

Lakukanlah inovasi masakan dengan mempelajari resep-resep baru yang bisa anda terapkan di dalam usaha katering. Sempatkan waktu untuk mencoba resep makanan baru untuk para pelanggan anda. Menu-menu inovatif yang terus anda kembangkan akan menjadikan para pelanggan senantiasa menggunakan jasa katering  yang anda tawarkan.

Jangan Pernah Berkata “Modal Menjadi Hambatan”

Modal seringkali menjadi sebuah hambatan seseorang untuk memulai usaha katering. Ketiadaan modal awal menjadikan ide mereka mendirikan usaha katering tidak bisa terealisasi.

Pada tahap awal usaha katering sebenarnya tidak terlalu memerlukan banyak modal. Sebagai contohnya modal peralatan masak bisa digunakan dari peralatan yang telah ada, sehingga tidak perlu membeli perlatan masak yang baru.  Selanjutnya untuk ruangan memasak anda bisa menata dapur dirumah untuk menjadi tempat anda memulai usaha.

Tidak perlu dipusingkan dengan modal dalam memulai usaha karena kita bisa memulai usaha katering dalam budget yang minim. Modal sebesar 5 juta rupiah bisa anda manfaatkan untuk membeli bahan-bahan makanan dan membuat pesanan awal anda.

Baca : Tips Mendapat Pinjaman Bank Untuk Modal Usaha dengan Lancar dan Mudah

Lewat modal tersebut anda sudah bisa mendapatkan laba yang selanjutnya bisa dimanfaatkan sebagai modal lagi. Sisihkan sebagian modal untuk mengembangkan usaha katering anda. Sedikit demi sedikit namun pasti akan menjadikan usaha katering anda sukses dan besar dimasa depan.

Harga yang Anda Tawarkan Harus Wajar

Usaha katering yang masih dalam tahap penetrasi pasar harus benar-benar memperhatikan harga yang dipatok kepada konsumen. Harga yang terlalu tinggi ditambah dengan masih awamnya masyarakat dengan katering anda menjadikan usaha yang dijalankan sepi peminat. Gunakanlah strategi promosi untuk mengenalkan citarasa makanan anda kepada masyarakat.

Anda juga bisa melakukan survei terhadap berbagai usaha katering yang menjadi saingan anda. Cari tahu harga masakan yang mereka patok kepada para pelanggan. Jangan sampai anda mematok harga terlampau tinggi dari para saingan anda.

Walaupun pasar yang anda target adalah pasar premium bukan berarti anda bisa menentukan harga yang sangat jauh dari harga para pesaing.  Ingat bahwa usaha katering anda masih baru dan belum banyak dikenal masyarakat. Harga yang kompetitif dan promosi bisa menarik pelanggan baru untuk menggunakan katering anda.

Lokasi Anda Menentukan Sukses Usaha Katering

Sukses usaha katering sangat bergantung terhadap lokasi anda yang dekat dengan konsumen anda. Hal ini sangat penting apalagi anda sering malakukan layanan pesan antar kepada konsumen. Lokasi yang berdekatan dengan konsumen akan menjadikan proses pengiriman barang menjadi lebih cepat sampai kepada pelanggan. Sehingga kualitas makanan yang dibuat tetap terjaga dan tidak terlalu lama didalam perjalanan.

Jarak yang dekat dengan konsumen juga menguntungkan anda sebagai pengusaha katering. Hal ini menjadikan anda dapat mengantarkan makanan dengan tepat waktu kepada para pelanggan anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close