Internet

7 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan untuk Wisata Di Jogja Saat Liburan, Agar Kamu Nggak Nyesel Belakangan

Tips Wisata Di Jogja – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau Jogja merupakan wilayah yang memiliki sangat banyak tempat wisata. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata belanja, wisata kuliner dan berbagai macam wisata lainnya tersebar di seluruh wilayah Yogyakarta.

Karena sangat banyak tempat wisata di Jogja, maka Anda harus memperhatikan beberapa tips wisata di Jogja ini agar tidak merasa kecewa ketika liburan.

Baca juga : 9 Tempat Wisata di Kaliurang Jogja, Primadona Wisata Jogja.

Mendapatkan perjalanan wisata yang menyenangkan dan menghindari rasa kecewa tentu sangat diharapkan ketika sedang berlibur.

Karena tujuan dari berlibur adalah untuk merefresh kembali pikiran setelah mungkin berhari hari berpikir tentang pekerjaan.

Perlu dilakukan langkah – langkah yang direncanakan, agar penghambat perjalanan wisata bisa dihindari.

7 Tips Wisata di Jogja agar perjalanan menyenangkan

Wisata alam di Jogja bisa dikunjungi di wilayah Kabupaten Sleman di mana terdapat wisata Gunung Merapi, sedangkan sepanjang pesisir selatan Jogja terdapat banyak pantai yang keren.

Karena jarak antar tempat wisata yang cukup jauh, maka perlu perencanaan wisata yang matang sebelum berangkat.

Bukan hanya jarak yang cukup berjauhan, jenis wisata alamnya pun berbagai macam. Sehingga masing masing tempat wisata memerlukan persiapan yang berbeda beda.

Berikut ini adalah 7 tips wisata di Jogja yang harus diperhatikan agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

1. Tentukan waktu

Tips Wisata Di Jogja

Melakukan perjalanan wisata tentu saja memerlukan slot waktu khusus di antara kesibukan dan rutinitas sehari hari. Waktu yang terlalu mepet dengan agenda lain, tentu membuat perjalanan wisata kurang maksimal. Tentu saja tidak nyaman bukan, berwisata tetapi masih harus memikirkan pekerjaan.

Sebaiknya Anda memikirkan dan menentukan kapan Anda akan berwisata sejak jauh-jauh hari. Hal ini terutama jika wisata yang Anda rencanakan cukup jauh dari tempat tinggal.

Karena waktu Anda berwisata ini akan berhubungan dengan kelengkapan-kelengkapan yang perlu dipersiapkan. Misalnya, tiket perjalanan, tiket masuk lokasi wisata dan lain sebagainya.

Pada hari keberangkatan wisata Anda, perlu Anda pertimbangkan waktu Anda akan berangkat. Perjalanan malam hari tentu lebih baik apabila perjalanan Anda cukup jauh.

Apabila menggunakan pesawat, kereta api atau kendaraan umum lain, Anda akan sampai ditempat tujuan pada pagi hari, sehingga langsung bisa menuju tempat wisata.

Dan apabila mengendarai kendaraan pribadi, perjalanan malam hari tentu membuat jalanan lebih lengang dan terhindar dari kemacetan.

Namun apabila tujuan wisata Anda tidak jauh dari rumah, berangkat pagi hari tentu saja lebih baik. Jika tujuan Anda adalah kawasan wisata Kaliurang, Anda dapat menghindari kemacetan di jalan Kaliurang.

Sedangkan apabila tujuan Anda ke Pantai, tentu saja wisata di pantai terlalu siang tidak terlalu nyaman.

2. Tentukan lokasi

Lokasi wisata tentu saja menjadi hal yang paling penting untuk Anda fikirkan. Untuk tips wisata di Jogja yang paling penting adalah menentukan lokasi wisata.

Tempat wisata di Jogja tersebar di seluruh penjuru wilayah. Tempat wisata di Jogja bagian selatan kebanyakan adalah berupa pantai.

Sepanjang deretan pantai selatan Jogja, terdapat puluhan lokasi wisata yang baru dibuka maupun yang sudah populer seperti Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Depok, Pantai Drini dan lain sebagainya.

Tempat wisata di Jogja bagian utara kebanyakan adalah wisata alam, seperti Kaliurang, Stonehenge Merapi, Lava Tour Merapi, The Lost World Castle, Jeep Wisata Merapi dan lain sebagainya.

Sedangkan tempat wisata di Jogja bagian tengah terdapat berbagai macam. Wisata budaya mulai dari Candi Prambanan, Kraton Yogya, Tamansari serta wisata alam seperti bukit Mangunan, hutan Pinus Imogiri dan berbagai wisata pemandangan alam lainnya.

Lokasi yang Anda pilih untuk wisata di Jogja bisa di beberapa tempat wisata yang berdekatan. Namun Anda juga dapat memilih lokasi wisata yang berjauhan.

Apabila Anda menggunakan paket wisata yang disediakan oleh jasa penyedia travel, Anda akan ditawarkan berbagai macam paket.

Baca juga: Tempat Wisata Baru di Sleman Jogja yang Instagramable

Sayangnya pada akhir pekan dan libur panjang, berbagai lokasi wisata di Jogja akan dipenuhi oleh wisatawan.

Jika Anda berniat menghabiskan akhir pekan dan libur panjang di Pantai Parangtritis, Candi Prambanan atau Kaliurang, maka Anda akan menghabiskan waktu Anda bersama ribuan orang yang juga berwisata di sana.

Jika Anda membutuhkan ketenangan dalam berwisata, sebaiknya pilih tempat wisata yang berlum terlalu populer.

3. Pesan wahana wisata

Spotunik.com

Berbagai tempat wisata di Jogja banyak yang menyediakan jasa wahana wisata bagi para wisatawan. Beberapa wahana wisata ini seringkali menjadi ikon yang seolah harus dimanfaatkan oleh wisatawan.

Misalnya saja jika Anda berwisata di Lava Tour Merapi, maka melakukan perjalanan wisata denga Jeep Wisata Merapi adalah wahana yang sangat menyenangkan.

Atau jika Anda berwisata di Goa Pindul di Gunung Kidul, maka menyusuri sungai bawah tanah menjadi wahana yang menarik.

Baca juga : Lava Tour Merapi, wisata dengan memicu adrenalin di atas Jeep dan Trail.

Memesan wahana wisata sejak sebelum Anda berangkat wisata adalah pilihan yang sangat baik. Pada saat libur panjang, Anda akan berebut kesempatan untuk menggunakan wahana wisata yang ada di lokasi yang akan Anda kunjungi.

Jika Anda tidak memesan wahana wisata terlebih dahulu, Anda akan membuang waktu dengan sia-sia untuk menunggu antrian.

Misalnya, jika Anda memesan jasa perjalanan wisata dengan Jeep Wisata Merapi, Anda tidak perlu membayar uang muka (down payment) dan Anda akan mendapat nomor antrian yang diprioritaskan.

Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk mengefektifkan perjalanan wisata Anda di Lava Tour Merapi. Sama halnya jika Anda akan melakukan wisata rafting di Kali Progo.

Anda dapat memesan slot pada penyedia jasa wisata rafting agar Anda mendapat kepastian bahwa Anda akan dilayani di sana.

Tentu Anda akan sangat menyesal dan kecewa jika Anda sudah jauh jauh berkunjung, tetapi tidak dapat menikmati wahana wisata yang ada ditempat itu.

Sebaiknya persiapkan baik baik rencana wisata Anda. Sehingga tips wisata di Jogja ini tidak bisa Anda abaikan begitu saja dalam perencanaan perjalanan wisata.

4. Pesan travel

Tips Wisata Di Jogja
ardytravel.com

Jika Anda melakukan perjalanan wisata ke Jogja dan tidak menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda membutuhkan jasa perjalanan wisata.

Terutama jika Anda akan melakukan perjalanan wisata ke tempat yang jauh dari kota, karena kebanyakan tidak terdapat kendaraan umum yang mengakses lokasi wisata tersebut.

Namun jika yang ingin Anda kunjungi berada di kota Jogja, Anda dapat memanfaatkan bus Trans Jogja dengan tarif yang sangat terjangkau.

Di Jogja, terdapat sangat banyak yang menyediakan jasa wisata dengan berbagai macam pilihan paket yang menarik. Untuk mendapatkan penyedia jasa wisata yang terpercaya, Anda perlu memesan slot armada yang akan Anda gunakan jauh jauh hari.

Pada saat akhir pekan dan libur panjang, penyedia jasa perjalanan wisata akan banyak diserbu oleh wisatawan lain. Sehingga Anda perlu memesan terlebih dahulu, agar tidak perlu menghubungi banyak penyedia jasa perjalanan atau travel.

Sewa mobil di Jogja atau penyedia jasa perjalanan wisata, biasanya menyediakan sewa mobil bersama dengan sopirnya. Tidak banyak jasa sewa mobil di Jogja tanpa sopir.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena sewa mobil dengan sopir tidak membutuhkan budget yang terlalu besar. Selain itu, sopir dari travel justru akan memudahkan Anda untuk mengunjungi tempat wisata yang akan Anda kunjungi.

Namun jika Anda hanya melakukan perjalanan wisata berdua dan tidak ingin terjebak kemacetan di dalam mobil, Anda dapat menggunakan sepeda motor.

Jasa sewa motor di Jogja cukup mudah di temui. Anda cukup menyerahkan identitas diri sebagai jaminan, maka penyedia jasa sewa motor di Jogja akan menyewakan sepeda motor kepada Anda dengan harga yang terjangkau. Tips wisata di Jogja bagian ini tentu bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi.

5. Pesan hotel

Tips Wisata Di Jogja

Penginapan menjadi hal yang perlu Anda pertimbangkan jika Anda berwisata di Jogja. Terutama jika Anda bertempat tinggal jauh dari Jogja dan lebih dari satu hari di Jogja.

Memilih tempat menginap yang nyaman tentu akan membuat perjalanan wisata Anda menjadi lebih menyenangkan.

Memilih tempat menginap tentu perlu mempertimbangkan banyak hal. Pertama dari sisi lokasi wisata, Anda sebaiknya memilih tempat menginap yang dekat dengan sarana transportasi yang Anda gunakan.

Misalnya dekat dengan bandara, dekat dengan stasiun atau bahkan dekat dengan lokasi yang akan Anda kunjungi untuk efektivitas perjalanan.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah dari sisi budget, hotel di Jogja dan penginapan di Jogja terdiri dari berbagai macam variasi budget.

Mulai dari penginapan kelas melati, hotel di Jogja juga banyak yang berkelas bintang lima. Anda dapat melihat fasilitas yang ditawarkan oleh hotel dari website maupun dari aplikasi smartphone yang memudahkan Anda memilih hotel dan penginapan.

Jika Anda berwisata di Jogja bersama rombongan, Anda dapat menggunakan villa atau guest house agar lebih murah. Namun tidak ada salahnya juga menyewa banyak kamar di hotel untuk mendapatkan fasilitas yang baik.

Memesan hotel jauh jauh hari sebelum Anda melakukan perjalanan wisata tentu sangat disarankan. Anda bisa memeroleh potongan harga dan fasiltas lain apabla memesan jauh jauh hari.

6. Persiapkan kelengkapan wisata

Tips Wisata Di Jogja

Perlengkapan pribadi tentu perlu Anda persiapkan sebelum Anda berangkat wisata di Jogja. Perlengkapan yang Anda siapkan, harusnya disesuaikan dengan tempat wisata yang akan Anda kunjungi.

Meskipun membawa barang bawaan terlalu banyak saat berwisata sangat tidak direkomendasikan. Bawa keperluan secukupnya tetapi lengkap dan tepat sasaran.

Membeli banyak perlengkapan yang sebenarnya bisa Anda bawa, tentu cukup mengganggu kestabilan kantong dan dombet J.

Jika Anda merencanakan untuk perjalanan wisata Pantai di Jogja, Anda perlu menyiapkan pakaian ganti jika ingin bermain air. Termasuk tabir surya dan topi jika Anda tidak ingin terlalu terpapar panas.

Sedangkan jika Anda melakukan perjalanan wisata ke kawasan Wisata Lava Tour Merapi, Anda perlu memersiapkan masker dan topi.

Anda akan menyusuri hamparan pasir yang cukup luas sehingga sangat banyak debu yang dapat menerpa Anda. Demi kenyamanan wisata, Anda bisa membawa kelengkapan yang dibutuhkan sejak dari rumah atau membeli di lokasi wisata.

Anda bisa mencari informasi wisata yang akan Anda kunjungi dari internet. Memanfaatkan tulisan tulisan orang lain untuk mengetahui kondisi ditempat wisata tentu saja diperlukan. Sehingga Anda dapat mempersiapkan kebutuhan kebutuhan pribadi saat dalam kegiatan wisata.

7. Persiapkan gear dokumentasi yang mumpuni

Tips Wisata Di Jogja

Terakhir tips wisata di Jogja yang perlu disiapkan untuk kegiatan wisata di Jogja adalah gear dokumentasi yang mumpuni.

Bagi sebagian orang, kegiatan wisata adalah kegiatan untuk refreshing agar kembali semangat bekerja. Namun bagi beberapa orang, kegiatan wisata tentu tidak meninggalkan salah satu hal penting, yaitu dokumentasi.

Dokumentasi dapat berupa dokumentasi perjalanan, dokumentasi lokasi wisata, foto kelompok, foto selfi dan kegiatan dokumentasi lainnya.

Hasil dokumentasi ini bisa hanya disimpan untuk mengenang perjalanan atau diunggah di media sosial. Saat ini, tidak sedikit yang mengabadikan perjalanan, mengunggahnya di media sosial dan mendapatkan uang dari hasil dokumentasi yang diunggah.

Tempat wisata di Jogja sangat banyak yang menarik dan memesona untuk bisa diunggah ke media sosial. Oleh karena itu, mempersiapkan peralatan dokumentasi sangat diperlukan.

Jangan sampai ketika Anda berada di lokasi yang eyecatching dan instagramable, tetapi ternyata Anda kehabisan baterai atau kehabisan memori.

Membawa power bank, baterai cadangan dan memori cadangan sangat diperlukan. Selain itu, memilih kamera yang tepat juga diperlukan.

Jika memungkinkan membawa DSLR, Anda bisa membawanya. Namun jika lokasi wisata yang Anda kunjungi cukup ekstrim, membawa action cam tentu lebih nyaman dan aman. Selain itu, membawa ponsel dengan kemampuan kamera yang baik juga sudah cukup.

Baca juga: Wahana wisata The World Landmark Merapi Park Yogyakarta

Sekian tadi tujuh tips wisata di Jogja pada akhir pekan agar Anda tidak menyesal. Jogja menyimpan banyak lokasi wisata unik, menarik dan memesona yang tidak ada habisnya.

Setiap tahun Anda dapat menghabiskan waktu akhir pekan, libur panjang, libur akhir tahun dan tahun baru di Jogja tanpa pernah merasa jenuh.

Selamat berwisata 🙂


Loading...
Baca selengkapnya

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis. Banyak menulis tentang tips Android seperti cara memindahkan file, aplikasi dan lain sebagainya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close